BlogLifestyleDoa Sholat Tasbih yang Harus Kamu Ketahui
0
0

Doa Sholat Tasbih yang Harus Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
solat tasbihtop-right-banner

Menjalankan sholat sunah merupakan salah satu amalan yang disukai oleh Allah SWT. Salah satu sholat yang dapat dikerjakan yaitu sholat tasbih. Sholat tasbih dapat dilakukan pada siang atau malam hari. Sholat ini dianjurkan untuk dikerjakan paling tidak satu kali seumur hidup. Tata cara sholat sunah ini mirip dengan sholat lainnya. Namun dalam sholat tasbih ada bacaan doa khusus yang harus dibaca. 

Pinhome – Berikut dijelaskan tata cara sholat tasbih dan doanya. Dengan mengetahui doa sholat tasbih dan artinya, Pins akan semakin menyempurnakan amalan sunah ini. Yuk, simak langsung uraiannya!

Baca Juga: Begini Tata Cara Sholat Jenazah, Beserta Bacaan Niat Dan Doanya

Hukum Sholat Tasbih

Source : Pexels

Secara definisi, sholat tasbih adalah sholat sunah yang diiringi bacaan tasbih sebanyak 300 kali. Konon, sholat ini dikerjakan untuk mendapatkan keutamaan malam Lailatur Qadar. 

Mengenai hukum sholatnya sendiri, beberapa ulama memiliki pendapat yang berbeda. Menurut sebagian ulama Syafi’iyyah, hukum sholat tasbih adalah sunah, jika dikerjakan mendapatkan pahala dan bila tidak dikerjakan tidak apa-apa. Sementara itu, ada pula ulama yang menyebut bahwa hukum sholat tasbih adalah mubah atau diperbolehkan. 

Meski terdapat dua pendapat yang berbeda, Pins tidak perlu bingung. Jika ingin menjalankannya, pun lebih baik, karena artinya Pins turut mengamalkan ibadah yang disukai oleh Allah SWT. 

Baca Juga: Niat Sholat Tahajud Dan Witir Ternyata Mudah Diingat Lho!

Tata Cara Sholat Tasbih

Source : Pexels

Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar membedakan pengerjaan sholat tasbih pada siang dan malam hari. Dalam hal ini, ia menyebut bahwa sholat tasbih siang hari bisa dikerjakan dengan dua metode, yakni empat rakaat sekali salam atau empat rakaat dua kali salam. 

Sementara itu, sholat tasbih pada malam hari dapat dikerjakan dua rakaat secara berurutan. Dalam kitab tersebut, Imam Nawawi mengatakan seperti berikut: 

”\”Bila sholat dilakukan pada malam hari maka lebih kusukai bila bersalam dalam dua rakaat. Namun bila (dilakukan) pada siang hari maka bila mau bersalam (dalam dua rakaat) dan bila mau maka tidak bersalam (dalam dua rakaat).”

Cara mengerjakan sholat tasbih sebetulnya mirip dengan sholat lainnya. Namun ada satu perbedaan utamanya, yakni tambahan bacaan tasbih “Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar\” dalam setiap gerakan sholatnya. 

Berikut tata cara sholat tasbih dan doanya yang perlu Pins ketahui:

Membaca niat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى 

Arab latin: Ushalli sunnat tasbīhi arba‘a rak‘ātin lillāhi ta‘ālā. Artinya, “Aku menyengaja sholat sunah tasbih empat rakaat karena Allah Ta\’ala.” 

Niat sholat tasbih empat rakaat dua kali salam sebagai berikut. 

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى 

Arab latin: Ushalli sunnat tasbīhi rak‘ataini lillāhi ta‘ālā. 

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah tasbih dua rakaat karena Allah SWT.\’\’

Urutan gerakan sholat tasbih

Source : Pexels

Nabi Muhammad SAW kepada Abbas bin Abdul Muthalib mengatakan bahwa sholat tasbih diisi dengan membaca tasbih sebanyak 300 kali. Bacaan tersebut dibagi dalam empat rakaat. Dengan demikian, maka setiap rakaat seseorang akan membaca 75 kali tasbih yang dibagi dalam setiap gerakan sholat. 

Nah, berikut urutan atau tata cara sholat tasbih yang umum dikerjakan:

  1. Takbiratul ihram 
  2. Membaca surah Al-Fatihah 
  3. Membaca doa iftitah
  4. Membaca surah pendek
  5. Membaca tasbih sebanyak 15 kali
  6. Rukuk dengan membaca tasbih rukuk
  7. Sebelum bangun untuk i\’tidal, membaca tasbih lagi sebanyak 10 kali
  8. Dalam posisi i\’tidal sebelum sujud, membaca tasbih sebanyak 10 kali
  9. Sujud, dalam posisi sujud sebelum bangun untuk duduk di antara dua sujud, membaca tasbih sebanyak 10 kali 
  10. Duduk di antara dua sujud, dalam posisi duduk membaca tasbih 10 kali
  11. Sujud kedua, dalam posisi sujud kedua sebelum bangun, membaca tasbih 10 kali
  12. Duduk untuk bangun melanjutkan rakaat kedua. Sebelum bangun dalam posisi duduk membaca tasbih 10 kali
  13. Bangun, lalu lakukan rakaat kedua seperti rakaat pertama
  14. Untuk rakaat terakhir sebelum salam, baik rakaat kedua atau keempat sebelum salam membaca tasbih sebanyak 10 kali. Jadi, tetap dalam rakaat tersebut jumlah tasbih yang dipanjatkan yakni 75 kali. 

Doa Sholat Tasbih dan Artinya

Source : Pexels

Selesai sholat, Pins dianjurkan membaca doa berikut: 

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك تَوْفِيقَ أَهْلِ الْهُدَى وَأَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِينِ وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَ،

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجِزُنِي عَنْ مَعَاصِيكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِك عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاك وَحَتَّى أُنَاصِحَكَ بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْك حَتَّى أَخْلُصَ لَك النَّصِيحَةَ حَيَاءً مِنْكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا وَحَتَّى أَكُونَ أُحْسِنَ الظَنَّ بِكَ، سُبْحَانَ خَالِقِ النُّورِ. ا هـ وَفِي رِوَايَةٍ خَالِقِ النُّورِ

Arab latin: Allâhumma innî as’aluka taufîqa ahlil hudâ, wa a‘mâla ahlil yaqîn, wa munâshahata ahlit taubah, wa ‘azma ahlis shabri, wa wajala ahlil khasyyah, wa thalaba ahlir raghbah, wa ta‘abbuda ahlil wara‘i, wa ‘irfâna ahlil ‘ilmi hattâ akhâfak. Allâhumma innî as’aluka makhâfatan tahjizunî ‘an ma‘âshîka hattâ a‘mala bi thâ‘atika ‘amalan astahiqqu bihî ridhâka wa hattâ unâshihaka bit taubah, khaufan minka hattâ akhlusha lakan nashîhata hayâ’an minka wa hattâ atawakkala ‘alaika fil ’umûri kullihâ wa hattâ akûna ’uhsinuz zhanna bika, subhâna khâliqin nûr.

Artinya: “Ya Allah, kepada-Mu aku meminta petunjuk mereka yang terima hidayah, amal-amal orang yang yakin, ketulusan mereka yang bertobat, keteguhan hati mereka yang bersabar, kekhawatiran mereka yang takut (kepada-Mu), doa mereka yang berharap, ibadah mereka yang wara’, dan kebijaksanaan mereka yang berilmu agar aku menjadi takut kepada-Mu. Ya Allah, masukkanlah rasa takut di kalbuku yang dapat menghalangi diri ini untuk mendurhakai-Mu. Dengan demikian aku dapat beramal saleh yang mengantarkanku pada ridha-Mu, dan aku bertobat setulusnya karena takut kepada-Mu. Dengan itu pula aku beribadah secara tulus karena malu kepada-Mu. Dengan rasa takut itu aku menyerahkan segala urusanku kepada-Mu. Karena itu juga aku dapat berbaik sangka selalu kepada-Mu. Maha Suci Engkau Pencipta cahaya..”

Demikian tata cara sholat tasbih dan doanya. Semoga dapat menjadi petunjuk bagi Pins yang hendak mengamalkannya. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti koleksi pada perumahan Vasa Jagakarsa di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download