BlogLifestyleTeknologi10 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di iPhone
0
0

10 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di iPhone

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 15, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
sim card tidak terbaca di iphonetop-right-banner

Kartu SIM card di iPhone Pins bermasalah? Tenang, kamu bisa melakukan cara mengatasi SIM card tidak terbaca di iPhone. Bagi banyak orang khususnya di perkotaan seperti Jakarta Pusat, smartphone telah menjadi aset utama sebagai mesin pencari uang untuk bekerja. Tak heran jika banyak orang yang resah jika mengalami SIM card tidak terbaca di iPhone.

Sebenarnya, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kartu SIM tidak terbaca di iPhone seperti kesalahan pengaturan, atau kartu SIM yang memang sudah rusak. Pins bisa melakukan pengecekan pada pengaturan jaringan ketika mengalami masalah tersebut.

Selain karena kartu SIM yang rusak atau pengaturan yang salah, telat melakukan update iOS juga bisa menjadi penyebab SIM card tidak terbaca di iPhone. Usahakan untuk selalu melakukan cek pembaharuan sistem sebagai cara menjaga kesehatan baterai, sistem, juga kelancaran ponsel. Yuk, simak beberapa cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa membaca SIM card berikut ini!

Baca juga:

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di iPhone

Membawa HP ke tempat servis bisa menjadi solusi untuk mengatasi kartu SIM tidak terbaca di iPhone. Namun, sebelum membawa iPhone ke tempat servis, Pins bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi SIM card yang tidak terbaca berikut ini!

Mengatur Ulang Jaringan di Pengaturan

Source : Taucepat.com

Langkah pertama yang bisa Pins lakukan untuk mengatasi SIM card tidak terbaca di iPhone ataupun HP Android lainnya adalah dengan mengatur ulang jaringan. Terkadang Pins tidak sengaja melakukan beberapa pengaturan yang menyebabkan jaringan menjadi eror.

Kartu SIM yang tidak terbaca bisa saja terjadi karena hal tersebut. Berikut cara mengatasinya:

  • Masuk ke pengaturan di iPhone kemudian pilih General.
  • Klik Reset kemudian pilih Reset Network Settings.
  • Masukkan Passcode iPhone yang digunakan.
  • Jaringan di iPhone akan langsung diatur ulang oleh iPhone.
  • Selesai.

Baca juga: Spesifikasi iPhone 13, Cek Detailnya Sebelum Membeli!

Membersihkan Kartu SIM

Source : MacPoint

Membersihkan kartu SIM bisa menjadi solusi untuk mengatasi kartu SIM tidak terbaca di iPhone. Kendala saat jaringan tidak terbaca bisa saja terjadi karena kartu yang digunakan kotor.

Pasalnya, kartu SIM yang sering dicabut dan dipasangkan kembali rentan terhadap kotoran. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba untuk mencabut kartu terlebih dahulu kemudian membersihkannya menggunakan kain microfiber.

Mencoba Kartu SIM di HP Lain

Source : Beebom

Selanjutnya, cara untuk SIM card tidak terbaca di iPhone adalah mencoba untuk memasangkan kartu SIM di ponsel lain. Pins bisa melakukannya tanpa menggunakan perangkat sesama iPhone sekalipun, asalkan jenis ukuran slot kartu yang digunakan sesuai.

Misalnya, kamu mencoba memasangkannya di HP Xiaomi, Samsung, atau merk lainnya. Jika pada saat dipasangkan di HP lain masih tidak terbaca, bisa jadi kartu SIM tersebut rusak.

Baca juga:

Mengganti Pengaturan Jaringan ke 3G atau 4G

Source : Teknoped.com

Dalam suatu kondisi, ponsel mungkin tidak bisa menerima jaringan tertentu yang digunakan pada HP tersebut. Seperti yang kita ketahui, saat ini masih ada berbagai wilayah di Indonesia yang belum mendapatkan jaringan internet yang baik.

Namun, bagi penghuni rumah di Jakarta Pusat, atau area Jabodetabek lainnya, tentu hal ini tidak menjadi masalah untukmu. Pasalnya, dilansir dari Detik.com, DKI Jakarta tercatat memiliki persentase aksesibilitas internet tertinggi di Indonesia, yaitu sekitar 89,04%.

Untuk cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa membaca SIM card yaitu dengan mengubah jaringan yang digunakan. Berikut langkah mudahnya:

  • Masuk ke pengaturan di iPhone.
  • Klik Mobile Data, Kemudian pilih Mobile Data Options.
  • Klik Voice & Data, kemudian ganti jaringan dari 3G ke 4G ataupun sebaliknya.
  • Selesai.

Cek Pengaturan Carrier iPhone

sim card tidak terbaca di iphone
Source : iToolab

Sistem atau pengaturan carrier merupakan suatu settings untuk mendapatkan pembaharuan di iPhone. Update ini biasanya dilakukan untuk menyempurnakan fitur jaringan dari operator yang terkoneksi ke iPhone. Berikut cara untuk mengoperasikannya:

  • Masuk ke pengaturan di iPhone, kemudian pilih General.
  • Klik About, kemudian klik Update.
  • Selesai.

Restart Ulang iPhone

sim card tidak terbaca di iphone
Source : iPhone Life

Salah satu alasan kenapa kartu SIM tidak terbaca di iPhone bisa jadi karena kesalahan atau bug pada sistem iOS. Untuk mengatasinya, Pins bisa mencoba untuk melakukan restart ulang HP kemudian menyalakannya kembali. Jika pada saat dinyalakan tetap saja SIM card tidak terbaca di iPhone, mungkin kerusakan terjadi karena hal lainnya.

Baca juga: 11 Cara Menghemat Baterai iPhone Supaya Lebih Awet

Menyalakan Kemudian Mematikan Ulang Mode Airplane

sim card tidak terbaca di iphone
Source : iOS Gadget Hacks

Kartu SIM yang tiba-tiba tidak terbaca bisa saja terjadi karena mode pesawat atau airplane mode di HP aktif. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menyalakan terlebih dahulu mode tersebut kemudian mematikannya kembali. Berikut caranya:

  • Buka pengaturan di iPhone, kemudian cari menu Airplane mode.
  • Geser toggle ke kanan untuk mengaktifkannya.
  • Tunggu beberapa saat kemudian matikan kembali.
  • Selesai.

Lakukan Update iOS

sim card tidak terbaca di iphone
Source : CNN Indonesia

Terkadang Pins mungkin lupa bahwa iPhone yang digunakan belum diupdate iOS-nya. SIM card tidak terbaca di iPhone bisa saja terjadi karena iOS yang belum diupdate pada ponsel. Kamu bisa melakukan update dengan langkah berikut:

  • Buka pengaturan di iPhone, kemudian klik menu General.
  • Pilih Software Update, kemudian klik Download and Install untuk memperbaharui sistem iOS dengan yang terbaru.
  • Selesai.

Ganti Kartu SIM

sim card tidak terbaca di iphone
Source : Urban Digital

Mengganti SIM card adalah solusi terakhir sebelum Pins melakukan servis HP ke Apple Authorized Service Center. Jika memang kendala SIM card tidak terbaca di iPhone karena kartu yang sudah rusak, kamu bisa membeli kartu yang baru dan menggantinya. Dengan begitu, jaringan pada iPhone akan normal kembali.

Service iPhone ke Apple Authorized Service

sim card tidak terbaca di iphone
Source : Service Apple Mitracare

Solusi terakhir jika semua cara di atas sudah dilakukan namun masih belum berhasil, yaitu dengan membawa iPhone ke Apple Authorized Service Center. Tempat service Apple ini akan mudah dijangkau jika rumahmu berada di lokasi strategis seperti Paradise Serpong City 2.

Sebelum membawa ke tempat servis, usahakan Pins sudah menelepon call center untuk membooking waktu servis. Selain lebih aman, kamu juga akan mengetahui apa saja penyebab dari tidak terbacanya kartu SIM tersebut.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi SIM card tidak terbaca di iPhone yang bisa Pins lakukan dengan mudah. Namun, jika kendala terus berlanjut dan tidak membuahkan hasil, ada baiknya jika kamu melakukan servis HP di tempat servis authorized Apple. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured image source: Indiatimes

Editor: Syahya Rembulan


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download