Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari
Des 4, 2023
4 menit membaca
Daftar Isi
Karisma merupakan salah satu motor jadul yang pernah laris manis pada zamannya. Motor Karisma kini banyak yang mengalami modifikasi dan soket CDI memberikan pengaruh pada pembakaran. Pins perlu memahami soket CDI Karisma jika ingin memodifikasi mesin kendaraan.
Soket CDI Karisma memiliki beberapa warna kabel. Setiap warnanya menunjukkan instalasi kelistrikan tertentu. Yuk simak informasi terkait soket CDI motor ini dari ulasan di bawah ini!
CDI ialah singkatan untuk capacitor discharge ignition. Fungsi dari CDI adalah mengatur timing agar menciptakan percikan api yang dihasilkan dari busi sebelumnya sudah melalui proses kemudian dibantu komponen koil untuk memicu proses pembakaran yang berlangsung di ruang bakar mesin.
Motor Honda Karisma memiliki cc lumayan besar pada zamannya. Konsumsi bahan bakar Karisma terbilang irit dan unggul di pasaran. Karisma dilengkapi dengan sistem TSS (Throttle Switch System) yang memiliki sensor untuk mengatur konsumsi bahan bakar yang digunakan.
Terminal CDI pada Honda Karisma memiliki 5 unit dan setiap kabelnya dilengkapi warna yang berbeda-beda. Warna kabel soket CDI pada motor diciptakan oleh berbagai produsen dengan sistem dan warna kabel yang tidak sama.
Tujuannya adalah untuk menghindari plagiarisme sebab pembentukan setiap unit motor dari berbagai produsen mempunyai cara kerja dan pengaturan yang berbeda-beda.
Baca juga:
Dengan warna kabel yang berbeda memudahkan untuk mengetahui fungsi soket CDI. Berikut penjelasan singkat terkait warna kabel pada soket CDI Honda Karisma:
Adapun informasi warna kabel soket CDI Honda lainnya juga bisa Pins simak sebagai berikut ini:
Baca juga:
Kiprok berperan sebagai penyearah yang terdiri atas rangkauan dioda tersusun 4 unit. Kiprok juga menjadi penyetabil aliran arus listrik menuju CDI. Komponen ini di motor Karisma berada di bawah pas bak bensin dan dibaut dengan rangka motor.
Warnanya sendiri adalah hijau dan ada seperti plat aluminium sebagai heat transfer ketika kiprok bekerja. Jalur kiprok Karisma terdiri atas 4 kabel warna yakni sebagai berikut:
Motor Karisma tergolong motor tua sehingga spare part akan sulit ditemukan di pasaran. Untungnya ada persamaan sparepart dari motor lain yang bisa digunakan seperti jalur pengapian antara Karisma dan Supra X 125 merupakan tipe serupa.
Pins bia menggunakan sparepart motor Supra X 125 pada Karisma jika tidak menemukan sparepart di pasaran.
Gambaran dari soket CDI Honda Karisma bisa Pins lihat dari gambar di atas! Setiap jalur memiliki warna masing-masing sebagai penanda baik itu massa, saklar, spul, pulser, sekring dan lainnya.
Pada instalasi CDI Honda Karisma digunakan aki dengan tegangan 12 volt. Setiap komponennya saling terkait satu dengan lainnya.
Dengan mengetahui soket CDI Karisma serta warna tiap jalurnya membantu dalam modifikasi mesin. Dengan begitu rangkaian motor tetap bisa bekerja normal meskipun terjadi perubahan secara besar-besaran.
Baca juga:
Source Feature Image: Pexels
Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah
© lifestyle.pinhome.id