BlogLifestyleEdukasiSukulen Kaktus Bukan Tanaman yang Sama? Ini Dia Perbedaannya!
0
0

Sukulen Kaktus Bukan Tanaman yang Sama? Ini Dia Perbedaannya!

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 24, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
sukulen kaktustop-right-banner

Mempunyai kebun vertikal atau biasa disebut dengan vertical garden pada hunian, kini sedang digandrungi masyarakat perkotaan. Keterbatasan dalam hal lahan bagi masyarakat perkotaan, membuat koleksi tanaman hias menjadi alternatif menggiurkan dalam membuat hunian asri. Sukulen kaktus misalnya, tanaman cantik tersebut ternyata memiliki perbedaan satu dengan lainnya. 

Pinhome – Sering menjadi pelengkap kalimat tanaman kaktus, sukulen sendiri ternyata merupakan salah satu sebutan untuk sifat tumbuhan kaktus. Sukulen kaktus merupakan sebuah istilah bagi kaktus yang mempunyai daya serap terhadap air tersimpan dalam batangnya. Namun tidak hanya sebagai pelengkap sifat tumbuhan saja, sukulen sendiri memiliki daun yang menarik. Nah, untuk mengetahui lebih detail lagi akan perbedaan dua tumbuhan ini, terlampir secara singkat penjelasannya. 

Ciri-Ciri Tumbuhan Sukulen dan Kaktus

Sukulen

Source : engledowgrup

Secara fisik sukulen adalah tumbuhan yang mempunyai daun menyerupai kelopak dengan ketebalan berbeda dari tumbuhan lainnya. Bila tumbuhan kaktus mempunyai jaringan daun berduri, lain hal dengan sukulen. Kelopaknya seperti berdaging, membengkak, dan tumbuh tak kalah cantik dengan tanaman kaktus. Warnanya pun menarik, tidak seperti tanaman kaktus yang mayoritas berwarna hijau. Sukulen bisa berwarna keunguan maupun biru tergantung jenisnya.

Karakter tumbuhan satu ini memang digunakan secara keilmuan sebagai definisi genus pada tingkat spesies tunggal. Maka dari itu tidak heran sering melekat pada jenis sukulen kaktus. Sukulen sendiri berasal dari kata latin sucus yang berarti getah. Tanaman satu ini mampu menyimpan air pada bagian dari tumbuhan itu sendiri seperti pada daun dan batang. Tidak dapat dipungkiri spesies lainnya yang juga dapat menyimpan cadangan air baik itu dalam akar, daun maupun batang dianggap tanaman sukulen.

Kaktus

Ciri utama dari tumbuhan kaktus adalah berduri. Namun, apa Pins tahu dibalik tubuh berdurinya ada badan yang lunak? Hal tersebut dikarenakan kaktus banyak menyimpan cadangan air dalam tubuhnya. Mirip seperti tanaman sukulen dengan ciri daun tebal, kaktus sukulen tidak mempunyai daun. Proses fotosintesis nya diambil alih oleh badan gempalnya. Cukup menarik bukan?

Daun yang berubah bentuk menjadi duri pada tanaman kaktus memiliki fungsi utama mengurangi penguapan air. Maka dari itu spesies ini mampu bertahan lama tanpa adanya asupan air. Kaktus mengambil karbondioksida pada malam hari ketika suhu sedang rendah.

Karbondioksida yang telah tertampung akan digunakan kaktus sukulen pada siang hari. Tidak hanya sampai disitu akar panjang yang juga dimiliki kaktus dapat berfungsi mengumpulkan air dengan beberapa cara. Jangan heran, akar kaktus bisa menyebar hingga 15 kaki lho! Ini menjadi bukti bahwa kaktus benar bisa bertahan dalam cuaca ekstrem.

Cara Merawat Tanaman Kaktus Maupun Sukulen

(

Jika Pins tertarik mengoleksi tanaman hias jenis kaktus sukulen, Pins perlu mengetahui masing-masing perawatannya. Hal tersebut agar tanaman dapat bertahan lebih lama dan tidak cepat mati. Pertama, Pins perlu menjadwalkan penyiraman air untuk kedua tanaman tersebut. Sukulen adalah tanaman yang menyimpan banyak cadangan air, maka dari itu hindari pemberian air secara berlebihan. Ini justru akan membuat kaktus dan sukulen tak dapat bertahan lama. Satu minggu sekali cukup.

Kedua, perhatikan asupan cahaya matahari untuk kedua tanaman tersebut. Sebaiknya bila berada di dalam ruangan, tetap jadwalkan setiap harinya untuk dapat terkena sinar matahari. Namun perlu diperhatikan penempatannya, agar tidak terkena cahaya secara langsung. Cukup tempatkan pada area yang terang. Tidak hanya manusia yang membutuhkan adaptasi untuk bertahan di tempat baru, kaktus bahkan sukulen pun seperti itu. 

Ketiga, pilihlah tempat yang tepat untuk menyimpan kedua tanaman ini. Ada baiknya yang mempunyai sirkulasi di dalamnya atau yang memiliki lubang. Ini akan membantu tanaman hidup lebih lama tanpa adanya air yang menggenang pada media penanaman. Satu hal lagi, cobalah untuk mencampur pupuk kompos, kerikil dan sekam untuk media tanamnya ya! Ini merupakan kombinasi terbaik untuk kedua tanaman ini.

Contoh Tanaman Kaktus Sukulen Terunik

Setelah melihat cara perawatan umum dan ciri khasnya, kini saatnya Pins melihat ragam jenisnya yang unik dan tentunya cocok menghiasi hunian.

Jenis-Jenis Kaktus

Tanaman kaktus memiliki jenis beragam yang sangat cantik untuk dirawat. Mulai dari jenis kaktus golden barrel, pear cactus, LB Hybrid, Gymnocalycium Mihanovichii, kaktus Mini Astrophytum dan masih banyak lagi. Bila dihitung akan ada puluhan spesies yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Jenis-jenis kaktus pun ada yang bisa dirawat dalam ruang maupun luar ruangan namun ada pula yang bisa tumbuh dalam kondisi keduanya.

Source : lowersandflowerthings

Walaupun berduri daunnya, namun beberapa tanaman kaktus ada yang dapat dikatakan unik. Contohnya seperti kaktus Cephalocereus senilis yang dapat Pins lihat dalam gambar di atas. Kaktus satu ini disebut kaktus orang tua karena ciri khas layaknya helaian rambut orang tua berwarna putih yang menyelimuti tubuhnya. Menarik sekali ya Pins!

Baca Juga: Ini Dia, Jenis-Jenis Kaktus Termahal Beserta Cara Merawatnya

Jenis-Jenis Sukulen

Sukulen Kaktus
Source : Pixabay

Tidak kalah dengan tanaman kaktus, sukulen pun mempunyai banyak spesies yang dapat kamu koleksi dalam hunian. Tanaman sukulen sangat cantik menghiasi rumah dengan berbagai keindahan spesiesnya. Keunggulan tanaman satu ini memang merupakan tumbuhan yang tidak cepat layu, namun bila Pins tidak merawatnya dengan baik, apalagi ditaruh di tempat yang lembab, maka sukulen akan mudah membusuk.

Jenis sukulen bisa kamu miliki mulai dari sukulen ekor keledai, roseum plant, tanaman jade, Echeveria Minima dan masih banyak lagi. Bila melihat keunikannya dengan tampilan mirip dengan kaktus Cephalocereus senilis, sukulen juga mempunyai nya. Terkenal dengan nama sukulen panda, tanaman ini memiliki bulu-bulu berwarna putih layaknya tubuh panda. Masuk dalam kategori tanaman kecil, sukulen panda sangat cocok menghiasi ruang tamu minimalis.

Kesimpulannya adalah semua tanaman kaktus merupakan jenis sukulen, namun tidak semua sukulen adalah kaktus. Ini menjadi gambaran baru untuk Pins yang ingin merawat kedua tumbuhan ini. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Tanaman Hias yang Cocok untuk Dirawat Oleh Pemula, Apa Saja?

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download