Dipublikasikan oleh Disfira Ika Amelia dan Diperbarui oleh Disfira Ika Amelia
Apr 13, 2023
6 menit membaca
Daftar Isi
Jumlah fresh graduate di dalam negeri yang sangat banyak secara tak langsung membuat lulusannya harus mencari otak supaya bisa dilirik oleh recruiter. Supaya bisa lebih menonjol dan menunjukkan potensi dirimu dari kandidat lain, kamu juga bisa melakukan strategi dengan membuat surat lamaran kerja Bahasa Inggris.
Pada dasarnya, Lamaran pekerjaan Bahasa Inggris tak berbeda jauh dengan yang versi Bahasa Indonesia. Ada nilai plus yang bisa didapatkan dengan menyiapkan berkas ini. Salah satunya adalah praktis. Dengan menyiapkan satu dokumen ini, kamu bisa melamar untuk perusahaan yang berbasis di dalam negeri, multinasional, maupun internasional.
Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Pagi Bahasa Inggris
Komunikasi melalui korespondensi melalui surat elektronik juga membutuhkan proses perkenalan antara pelamar dan recruiter. Pada bagian kiri atas, kamu wajib menuliskan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat terkini, nomor telepon, email, media sosial. Supaya meninggalkan kesan profesional, pastikan untuk memasukkan akun media sosial yang mencakup portofolio yang biasanya tercantum di LinkedIn, Instagram, serta blog maupun website pribadi.
Seperti komunikasi verbal pada umumnya, kamu juga perlu menuliskan salam pembuka yang ditujukan kepada pihak yang terlibat langsung dalam proses rekrutmen. Kamu bisa menyebutkan sebutan ini sebagai alternatif:
Di paragraf pembuka, kamu juga perlu menyebutkan tentang sumber informasi lowongan serta posisi yang kamu dapatkan. Hal ini akan memudahkan pihak recruiter untuk menentukan platform dan metode yang lebih efisien. Setelah itu, tunjukkan antusiasme dari lowongan tersebut.
Poin penting yang perlu dicantumkan dalam contoh application letter adalah di bagian motivasi dan alasan melamar posisi tersebut. Dari kualifikasi yang disebutkan di desain lowongan, kamu perlu menyiapkan beberapa aspek untuk dimasukkan ke dalam paragraf ini sebagai berikut:
Baca Juga: Contoh Surat Resmi dan Cara Membuatnya
Selain menggarisbawahi alasan, kamu bisa menarik perhatian recruiter dengan menyebutkan kualifikasi posisi dengan kemampuan yang kamu miliki. Ini adalah bagian di mana kamu bisa menonjolkan skill dan prestasi yang pernah diraih serta relevan dengan posisi yang dilamar. Rangkai juga kalimat yang menggambarkan tentang kontribusi yang bisa kamu berikan jika diterima di perusahaan tersebut.
Dalam membuat surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang baik dan benar, kamu tidak boleh melupakan penutup untuk menyudahi obrolan tertulis dengan pihak terkait. Di paragraf terakhir ini, kamu bisa menyebutkan tentang dokumen apa saja yang sudah ikut dilampirkan di email tersebut.
Ucapkan terima kasih kepada recruiter yang sudah meluangkan waktu untuk membaca CV dan surat lamaran yang sudah kamu kirimkan. Untuk menarik hati dan tidak terkesan biasa saja, kamu bisa memilih sinonim sapaan penutup dari daftar ini:
Baca Juga: Ini Dia Contoh Surat Hibah Tanah yang Baik dan Benar
Proses membuat surat lamaran kerja Bahasa Inggris memang terbilang menantang. Pasalnya, ada beberapa langkah tambahan yang lebih banyak dibandingkan dengan membuat dalam versi Bahasa Indonesia. Berikut ini adalah tips dan trik yang bisa diaplikasikan supaya output yang didapatkan bisa maksimal dan membuat kamu menjadi kandidat yang bersinar dan potensial.
Perbedaan bahasa juga menuntut kamu untuk menguasai grammar. Paling tidak kamu memahami tenses yang penggunaannya tepat untuk surat lamaran kerja Bahasa Inggris. Untuk itu, kamu dituntut untuk membuka kamus dan memperbanyak referensi bahasa formal yang saat ini sudah bisa diakses dengan mudah dari mesin pencari.
Selain mempelajari dan mengimplementasikan grammar yang tepat, kamu juga bisa menjadi kandidat yang potensial masuk ke fase rekrutmen berikutnya dengan memilih sinonim yang tepat dan tak pasaran. Kamu bisa mengecek thesaurus dan memilih alternatif kata yang sesuai dengan konteks.
Di bagian kualifikasi, kamu bisa menyebutkan beberapa pencapaian yang pernah kalian dapatkan. Pilih yang prestasi yang paling menonjol. Di paragraf ini, tulis secara singkat dan tidak bertele-tele.
Karena berformat surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang singkat, kamu disarankan untuk memakai angka untuk menjelaskan prestasi dan pengalaman kerja yang pernah digeluti sebelumnya.
Setelah selesai merangkai kalimat di surat ini, proses yang tak kalah penting adalah mengecek typo. Perhatikan baik-baik penulisan nama perusahaan, nama posisi, dan grammar yang tepat. Supaya mendapatkan referensi yang tepat, kamu bisa menjadikan contoh di bawah ini saja.
Baca Juga: Pengertian dan Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Barang
Safitri Rahayu
081-234-567-8910
rahayu.safitri@gmail.com
LinkedIn: Safitri Rahayu
Dear Hiring Manager,
This letter is an application for the Office Coordinator position at your company. I have worked within the administrative field for 2 years. I gained 1 years of experience as an Office Coordinator at Inovasi Advertising. My interpersonal and communication skills have proven to be essential for this role. I strongly believe I would be an asset to your business. I am excited about exploring an opportunity with such a reputable company.
At Inovasi Advertising, I was responsible for creating schedules for office personnel and field agents. In addition, I generated weekly and monthly productivity reports for management and managed inventory and was responsible for processing purchase orders for various departments. I also greeted customers and prospective clients and provided administrative and sales support to the management team. During employment, I was recognized once as “The Extra Mile Achiever.”
My previous experience relates directly to what you are looking for. My duties included ensuring that all files were coded properly, updated regularly, submitting monthly purchase orders to the supply procurement clerk, and coordinating monthly meetings with all department leaders. I also managed the inter-department schedule and monitored the staff’s time and attendance.
I am grateful for the opportunity to apply for this position. My extensive office experience has prepared me to excel in this role as an Office Coordinator. I can easily adapt in any office setting. My advancement and achievements reflect my dedication to growth and success. I look forward to being selected as a viable candidate. I am available for various shifts. I can also be reached by phone or email any day of the week between 8 am and 8 pm.
Sincerely,
Safitri Rahayu
Semoga referensi surat lamaran kerja Bahasa Inggris di atas bisa membuatmu mendapatkan pekerjaan impian. Ikuti caranya dan masa depan cerah ada di genggamanmu.
Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.
Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.
© lifestyle.pinhome.id