BlogLifestyleEdukasi18 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar
0
0

18 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Mei 25, 2023

18 menit membaca

Copied to clipboard
surat lamaran kerjatop-right-banner

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mencari pekerjaan adalah mengirimkan surat lamaran kerja yang benar. Pasalnya, surat ini yang nantinya mengantarkan kamu menuju sesi interview hingga penawaran kerja.

Sayangnya, banyak orang yang kurang paham seputar format lamaran kerja sehingga tidak tembus hingga dilihat oleh perusahaan. Itu sebabnya, Pins bisa mencoba menerapkan cara membuat surat lamaran kerja hingga melihat deretan contohnya di bawah ini!

Baca juga:

Contoh Surat Lamaran Kerja

Setiap perusahaan memiliki lowongan yang berbeda setiap departemen. Jadi, tidak heran bila penulisan surat lamaran kerja akan berbeda. Itu sebabnya, kamu bisa melihat dan menerapkan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini.

Baca Juga:

Contoh Lamaran Kerja Sederhana

[Alamat Anda] [Tanggal]

[Alamat Perusahaan]

[Perhatian: Nama Penerima]

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Hormat Kami,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

[Nama Lengkap Anda]

[Alamat Anda]

[Nomor Telepon Anda]

[Alamat Email Anda]

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan [Nama Perusahaan]. Saya tertarik untuk bergabung dengan tim Anda dan berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan yang luar biasa.

Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan yang saya percaya akan mendukung saya dalam peran ini. Saya telah menyelesaikan gelar [Nama Gelar] dari [Nama Universitas] dan memiliki [Jumlah] tahun pengalaman kerja di bidang [Bidang Pekerjaan]. Selama pengalaman kerja saya, saya telah mengembangkan keterampilan dalam [sebutkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar], serta mengelola proyek dengan efektif dan bekerja sama dalam tim.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa saya percaya saya akan menjadi aset berharga bagi perusahaan:

  1. Keahlian saya dalam [sebutkan keterampilan atau pengetahuan yang relevan].
  2. Pengalaman kerja saya yang kuat di [sebutkan bidang kerja] yang telah mengasah keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan kerja tim saya.
  3. Dedikasi saya terhadap kualitas dan keunggulan dalam setiap tugas yang saya kerjakan.
  4. Kemampuan saya untuk beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan kerja yang beragam dan tuntutan yang berbeda.

Saya memiliki minat yang besar untuk berkembang dan belajar lebih banyak di bidang [sebutkan bidang pekerjaan yang Anda lamar]. Saya yakin bahwa kerja keras, motivasi, dan keterampilan saya akan membuat saya menjadi kontributor yang berharga bagi tim Anda.

Saya sangat antusias untuk menjelajahi peluang ini lebih lanjut dalam wawancara. Saya siap untuk hadir pada waktu yang nyaman bagi Anda. Terlampir, saya sertakan resume lengkap saya untuk referensi Anda.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran saya. Saya berharap dapat segera mendengar kabar baik dari Anda. Jika Anda memerlukan informasi tambahan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui telepon atau email yang tercantum di atas.

Hormat saya,

[Nama Lengkap Anda]

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Alamat Perusahaan]

[Perhatian: Nama Penerima]

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Hormat Kami,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

[Nama Lengkap Anda]

[Alamat Anda]

[Nomor Telepon Anda]

[Alamat Email Anda]

Dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan [Nama Perusahaan]. Saya baru saja menyelesaikan pendidikan saya dan sangat antusias untuk memulai karier saya di bidang [Bidang Pekerjaan] dan berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan yang luar biasa.

Saya telah menyelesaikan gelar [Nama Gelar] dari [Nama Universitas] dengan prestasi yang memuaskan. Meskipun saya adalah seorang fresh graduate, saya telah mendapatkan pemahaman yang kuat tentang [sebutkan bidang atau disiplin ilmu yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar] selama studi saya. Saya juga telah mengambil beberapa proyek yang melibatkan [sebutkan keterampilan atau pengetahuan yang relevan] untuk mengembangkan keterampilan praktis.

Saya memiliki motivasi yang tinggi untuk terus belajar dan berkembang di bidang [Bidang Pekerjaan]. Saya percaya bahwa dengan kerja keras, ketekunan, dan kemauan untuk belajar, saya dapat menjadi kontributor yang berharga bagi perusahaan Anda. Saya memiliki kemampuan analitis yang baik, keterampilan komunikasi yang efektif, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim yang kooperatif.

Saya sangat antusias untuk memiliki kesempatan untuk bergabung dengan tim Anda dan mempelajari lebih lanjut tentang industri ini. Saya yakin bahwa dengan latar belakang pendidikan saya yang kuat, motivasi yang tinggi, dan kemauan untuk belajar, saya dapat beradaptasi dengan cepat dan memberikan kontribusi yang berarti.

Terlampir, saya sertakan resume lengkap saya dan transkrip akademik untuk referensi Anda. Saya juga siap untuk menghadiri wawancara jika diberikan kesempatan.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran saya. Saya sangat berharap dapat berdiskusi lebih lanjut tentang kesempatan ini. Jika Anda memerlukan informasi tambahan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui telepon atau email yang tercantum di atas.

Hormat saya,

[Nama Lengkap Anda]

Contoh Surat Lamaran Kerja Magang

[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Alamat Perusahaan]

[Perhatian: Nama Penerima]

Perihal: Lamaran Pekerjaan Magang

Hormat Kami,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

[Nama Lengkap Anda]

[Alamat Anda]

[Nomor Telepon Anda]

[Alamat Email Anda]

Dengan ini saya mengajukan lamaran untuk program magang di perusahaan [Nama Perusahaan]. Saya sangat tertarik untuk mendapatkan pengalaman praktis di industri ini dan belajar dari para profesional yang berpengalaman.

Saya saat ini adalah seorang mahasiswa di [Nama Universitas] dan sedang menempuh program studi [Nama Program Studi]. Saya memiliki minat yang kuat dalam [sebutkan bidang yang Anda minati] dan berharap dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan saya dalam lingkungan kerja nyata.

Saya percaya bahwa program magang di perusahaan Anda akan memberikan kesempatan berharga bagi saya untuk mengaplikasikan pengetahuan yang saya peroleh di bangku kuliah. Saya sangat antusias untuk belajar dari tim yang berdedikasi dan berkontribusi dalam proyek-proyek yang relevan dengan bidang studi saya. Saya siap untuk mengambil tanggung jawab dan belajar dengan tekun demi mencapai tujuan perusahaan.

Saya memiliki beberapa keterampilan yang relevan dengan program magang ini, termasuk [sebutkan keterampilan yang relevan seperti pemrograman, desain grafis, analisis data, dll.]. Selain itu, saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu bekerja dalam tim, serta memiliki keinginan yang besar untuk terus belajar dan berkembang.

Saya telah melampirkan resume saya yang merinci pendidikan, pengalaman, dan keterampilan yang saya miliki. Saya juga siap untuk menghadiri wawancara atau tes seleksi yang mungkin diperlukan.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran magang saya. Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan Anda dan berkontribusi dalam upaya perusahaan. Jika Anda memerlukan informasi tambahan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui telepon atau email yang tercantum di atas.

Hormat saya,

[Nama Lengkap Anda]

Baca Juga:

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

[Alamat Anda]

[Tanggal]

Manajer SDM PT [Nama Perusahaan] Alamat Perusahaan Kota, Kode Pos

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Hormat Kami,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

[Nama Lengkap Anda] [Alamat Anda] [Nomor Telepon Anda] [Alamat Email Anda]

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan di PT [Nama Perusahaan]. Saya sangat tertarik dengan kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan yang terkemuka dan berprestasi seperti PT [Nama Perusahaan]. Saya yakin bahwa latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya akan menjadi aset yang berharga bagi perusahaan.

Saya telah menyelesaikan gelar [Nama Gelar] dari [Nama Universitas/Tingkat Pendidikan] dan memiliki [Jumlah] tahun pengalaman kerja di bidang [Bidang Pekerjaan]. Selama pengalaman kerja saya, saya telah mengembangkan keterampilan dalam [sebutkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar], serta mampu mengelola proyek dengan efektif dan bekerja dalam tim yang solid.

Saya tertarik untuk berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan PT [Nama Perusahaan]. Saya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang kuat tentang [sebutkan bidang pekerjaan atau industri yang relevan]. Selain itu, saya memiliki keterampilan yang baik dalam [sebutkan keterampilan yang relevan seperti pemrograman, analisis data, kepemimpinan, dll.] yang akan mendukung kinerja saya di perusahaan.

Saya memiliki kualitas kepribadian yang baik, termasuk kemampuan komunikasi yang efektif, kerja tim, dan keinginan untuk terus belajar dan berkembang. Saya siap untuk menghadapi tantangan baru, menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang dinamis, dan memberikan kontribusi yang berarti kepada PT [Nama Perusahaan].

Terlampir, saya sertakan resume lengkap saya, yang merinci pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang relevan. Saya juga bersedia menghadiri wawancara atau tes seleksi jika diperlukan.

Saya sangat berharap untuk mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan PT [Nama Perusahaan] dan berkontribusi dalam mencapai kesuksesan perusahaan. Saya yakin bahwa dengan dedikasi, kerja keras, dan komitmen saya terhadap kualitas, saya akan menjadi aset yang berharga bagi tim Anda.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran saya. Saya berharap dapat segera mendengar kabar baik dari Anda. Jika ada informasi tambahan yang diperlukan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui telepon atau email yang tercantum di atas.

Hormat saya,

[Nama Lengkap Anda]

Contoh Surat Lamaran Kerja Apoteker

[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Yayasan/Firma/Apotek]

[Alamat Yayasan/Firma/Apotek]

[City, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Apoteker

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan sebagai apoteker di [Yayasan/Firma/Apotek]. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim kerja yang terhormat di [Yayasan/Firma/Apotek] dan berkontribusi dalam menyediakan layanan farmasi yang berkualitas kepada pasien.

Saya telah menyelesaikan program studi Apoteker di [Nama Universitas/Tingkat Pendidikan] pada [Tahun Kelulusan]. Selama studi saya, saya mendapatkan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip farmakologi, penanganan obat, serta manajemen farmasi. Selain itu, saya juga telah menyelesaikan praktek kerja di beberapa apotek terkemuka, di mana saya dapat mengasah keterampilan praktis saya dalam berinteraksi dengan pasien, memahami resep, mengelola inventaris, dan memberikan konseling obat yang efektif.

Berikut adalah beberapa kualifikasi dan pengalaman yang saya miliki:

  1. Pendidikan: Saya lulus dengan gelar Sarjana Farmasi di [Nama Universitas/Tingkat Pendidikan] dengan predikat yang memuaskan. Selama studi, saya belajar tentang berbagai aspek farmasi, termasuk farmakologi, farmasetika, dan farmakoterapi.
  2. Sertifikasi: Saya telah lulus ujian profesi apoteker dan telah mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh [Otoritas Regulasi Apoteker].
  3. Pengalaman Kerja: Selama studi saya, saya juga bekerja paruh waktu sebagai asisten apoteker di [Nama Apotek]. Di sana, saya bertanggung jawab untuk menerima resep, mengisi obat-obatan, memberikan konseling obat kepada pasien, dan mengelola inventaris.
  4. Keterampilan: Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, yang memungkinkan saya berinteraksi dengan pasien dengan baik. Saya juga terampil dalam menggunakan perangkat lunak farmasi dan sistem manajemen inventaris.

Saya sangat antusias untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas layanan farmasi yang diberikan oleh [Yayasan/Firma/Apotek]. Saya yakin bahwa pengetahuan saya dalam farmasi, kemampuan interpersonal yang baik, dan dedikasi saya terhadap profesi ini akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi tim Anda.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV) saya dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya siap menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Baca Juga:

Contoh Surat Lamaran Kerja Pramuniaga

[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Nama Perusahaan/Ritel]

[Alamat Perusahaan/Ritel]

[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Pramuniaga

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan sebagai pramuniaga di [Nama Perusahaan/Ritel]. Saya tertarik untuk bergabung dengan tim kerja yang terhormat di [Nama Perusahaan/Ritel] dan memberikan kontribusi dalam memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Saya memiliki minat yang besar dalam bidang penjualan dan layanan pelanggan. Saya memiliki pemahaman yang baik tentang industri ritel dan pengalaman kerja yang relevan dalam peran serupa. Saya yakin bahwa keterampilan dan pengetahuan saya dapat menjadi aset berharga bagi [Nama Perusahaan/Ritel] dalam mencapai tujuan penjualan dan memberikan pengalaman positif kepada pelanggan.

Berikut adalah beberapa kualifikasi dan pengalaman yang saya miliki:

  1. Pendidikan: Saya memiliki gelar [Nama Gelar Pendidikan] dari [Nama Universitas/Tingkat Pendidikan] dengan fokus pada manajemen bisnis atau bidang terkait. Pendidikan saya telah memberi saya pemahaman tentang prinsip-prinsip penjualan dan manajemen operasional.
  2. Pengalaman Kerja: Saya telah bekerja sebagai pramuniaga di [Nama Perusahaan/Ritel] selama [Durasi Kerja]. Selama waktu tersebut, saya bertanggung jawab untuk melayani pelanggan, menjaga ketersediaan stok barang, mengelola kasir, dan mengoptimalkan penjualan. Saya juga terlibat dalam pelatihan staf baru dan berkolaborasi dengan tim untuk mencapai target penjualan.
  3. Keterampilan: Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, yang memungkinkan saya berinteraksi dengan pelanggan dengan baik. Saya juga terampil dalam mengoperasikan sistem kasir, mengelola inventaris, dan memiliki pemahaman tentang produk yang dijual di [Nama Perusahaan/Ritel].

Saya sangat antusias untuk menjadi bagian dari tim [Nama Perusahaan/Ritel] dan menyumbangkan keterampilan serta dedikasi saya dalam mencapai target penjualan dan memberikan layanan pelanggan yang luar biasa. Saya percaya bahwa sikap positif, kemampuan interpersonal yang baik, dan keterampilan dalam menjual akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi perusahaan.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV) saya dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya sangat senang untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

[Alamat Anda] [Tanggal]

[Nama Hotel] [Alamat Hotel] [Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan di Bidang Hotel

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan di [Nama Hotel]. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim kerja yang terhormat di hotel yang terkemuka ini, dan berkontribusi dalam menyediakan layanan berkualitas tinggi kepada tamu hotel.

Saya memiliki hasrat yang kuat dalam industri perhotelan dan keahlian dalam memberikan pengalaman tamu yang luar biasa. Saya yakin bahwa keterampilan dan pengetahuan saya akan membuat saya menjadi aset berharga bagi [Nama Hotel] dalam mencapai tujuan perusahaan dan memberikan pengalaman tak terlupakan kepada tamu.

Berikut adalah beberapa kualifikasi dan pengalaman yang saya miliki:

  1. Pendidikan: Saya telah menyelesaikan program studi di bidang [Nama Program Studi Terkait] dari [Nama Universitas/Tingkat Pendidikan]. Selama studi saya, saya mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang manajemen perhotelan, layanan pelanggan, dan operasi hotel.
  2. Pengalaman Kerja: Saya memiliki pengalaman kerja sebelumnya di industri perhotelan. Saya telah bekerja sebagai [Posisi Kerja Terkait] di [Nama Hotel/Tempat Kerja Sebelumnya]. Selama waktu tersebut, saya telah mengembangkan keterampilan dalam melayani tamu, menangani reservasi, mengelola check-in/check-out, dan menangani keluhan tamu dengan profesional.
  3. Keterampilan: Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, yang memungkinkan saya berinteraksi dengan tamu dengan baik. Saya juga terampil dalam penggunaan perangkat lunak hotel dan sistem manajemen reservasi. Saya memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tim, mengatasi situasi yang menantang, dan menjaga profesionalitas tinggi dalam lingkungan kerja.

Saya sangat antusias untuk menjadi bagian dari tim [Nama Hotel] dan menyumbangkan dedikasi serta keterampilan saya dalam menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi tamu hotel. Saya percaya bahwa komitmen saya terhadap layanan pelanggan, ketepatan waktu, dan sikap ramah akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi hotel ini.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV) saya dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya sangat senang untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Baca Juga:

Contoh Surat Lamaran Kerja Perbankan

[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Nama Bank]

[Alamat Bank]

[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan di Bidang Perbankan

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan di [Nama Bank]. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim kerja yang terhormat di bank yang terkemuka ini, dan berkontribusi dalam memberikan layanan perbankan yang berkualitas kepada nasabah.

Saya memiliki minat yang kuat dalam industri perbankan dan kualifikasi yang relevan untuk posisi yang tersedia di bank. Saya percaya bahwa keterampilan, pengetahuan, dan komitmen saya terhadap pelayanan pelanggan akan membuat saya menjadi aset berharga bagi [Nama Bank] dalam mencapai tujuan perusahaan dan membangun hubungan yang baik dengan nasabah.

Berikut adalah beberapa kualifikasi dan pengalaman yang saya miliki:

  1. Pendidikan: Saya telah menyelesaikan program studi di bidang [Nama Program Studi Terkait] dari [Nama Universitas/Tingkat Pendidikan]. Selama studi saya, saya mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang keuangan, perbankan, analisis risiko, dan etika perbankan.
  2. Pengalaman Kerja: Saya memiliki pengalaman kerja sebelumnya di industri perbankan. Saya telah bekerja sebagai [Posisi Kerja Terkait] di [Nama Bank/Tempat Kerja Sebelumnya]. Selama waktu tersebut, saya telah mengembangkan keterampilan dalam melayani nasabah, melakukan transaksi perbankan, mengelola rekening, dan memberikan informasi produk dan layanan kepada nasabah.
  3. Keterampilan: Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, yang memungkinkan saya berinteraksi dengan nasabah dengan baik. Saya juga memiliki pemahaman yang baik tentang produk dan layanan perbankan, serta terampil dalam menggunakan perangkat lunak perbankan dan sistem manajemen informasi. Saya memiliki kepekaan terhadap kebutuhan nasabah dan kemampuan dalam menangani situasi yang rumit.

Saya sangat antusias untuk menjadi bagian dari tim [Nama Bank] dan menyumbangkan dedikasi serta keterampilan saya dalam memberikan layanan perbankan yang unggul kepada nasabah. Saya percaya bahwa integritas saya, ketepatan waktu, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi bank ini.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV) saya dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya sangat senang untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Surat Lamaran Kerja di Bidang Pendidikan

[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Nama Sekolah/Institusi Pendidikan]

[Alamat Sekolah/Institusi Pendidikan]

[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan di Bidang Pendidikan

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan di [Nama Sekolah/Institusi Pendidikan]. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim kerja yang terhormat di bidang pendidikan dan berkontribusi dalam membentuk masa depan para generasi muda.

Saya memiliki dedikasi yang kuat untuk bidang pendidikan dan keyakinan bahwa setiap individu memiliki potensi unik yang dapat dikembangkan melalui pendidikan yang berkualitas. Saya yakin bahwa kualifikasi dan pengalaman saya akan membuat saya menjadi aset berharga bagi [Nama Sekolah/Institusi Pendidikan] dalam mencapai tujuan pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.

Berikut adalah beberapa kualifikasi dan pengalaman yang saya miliki:

  1. Pendidikan: Saya telah menyelesaikan program studi di bidang [Nama Program Studi Terkait Pendidikan] dari [Nama Universitas/Tingkat Pendidikan]. Saya telah memperoleh pemahaman yang mendalam tentang teori dan praktik pendidikan, serta strategi pengajaran yang efektif.
  2. Pengalaman Mengajar: Saya memiliki pengalaman mengajar sebagai [Posisi Mengajar] di [Nama Sekolah/Institusi Pendidikan]. Selama waktu tersebut, saya telah mengajar [Mata Pelajaran/Level] dan telah berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, mendorong partisipasi aktif siswa, dan mencapai hasil belajar yang memuaskan.
  3. Keterampilan: Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, yang memungkinkan saya berinteraksi dengan siswa, rekan kerja, dan orang tua dengan baik. Saya juga memiliki keterampilan dalam merancang dan mengimplementasikan program pembelajaran yang inovatif, serta kemampuan dalam memanfaatkan teknologi pendidikan untuk meningkatkan proses pembelajaran.

Saya sangat antusias untuk menjadi bagian dari tim [Nama Sekolah/Institusi Pendidikan] dan menyumbangkan dedikasi serta keterampilan saya dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang memotivasi dan memberikan dampak positif bagi siswa. Saya percaya bahwa semangat saya untuk membantu siswa tumbuh dan belajar, kemampuan mengelola kelas yang baik, serta kolaborasi yang efektif dengan rekan kerja akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi sekolah ini.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV) saya, salinan transkrip akademik, dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya sangat senang untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Contoh Surat Lamaran Kerja Part Time

[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Nama Perusahaan/Ritel]

[Alamat Perusahaan/Ritel]

[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan Part Time

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan part time di [Nama Perusahaan/Ritel]. Saya tertarik untuk bergabung dengan tim kerja yang terhormat di perusahaan/ritel ini dan memberikan kontribusi dalam pekerjaan paruh waktu yang tersedia.

Saya memahami bahwa perusahaan/ritel ini memiliki kebutuhan untuk memenuhi kegiatan operasional dan layanan pelanggan pada waktu-waktu tertentu. Dalam rangka itu, saya ingin menyatakan kesiapan saya untuk mengisi posisi part time yang tersedia dan menjalankan tanggung jawab dengan penuh dedikasi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa saya merasa cocok untuk pekerjaan part time di [Nama Perusahaan/Ritel]:

  1. Fleksibilitas Waktu: Saya memiliki jadwal yang fleksibel yang memungkinkan saya untuk bekerja di waktu-waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan/ritel ini. Saya siap untuk mengatur waktu kerja saya dengan baik agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan/ritel.
  2. Keterampilan dan Pengalaman: Saya memiliki keterampilan yang relevan dan pengalaman sebelumnya dalam pekerjaan sejenis. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan dalam pelayanan pelanggan, dan pemahaman tentang tugas-tugas yang terkait dengan pekerjaan part time di bidang ini.
  3. Motivasi dan Kepercayaan Diri: Saya memiliki motivasi yang tinggi dan kepercayaan diri untuk menjadi bagian dari tim kerja perusahaan/ritel ini. Saya siap belajar dan beradaptasi dengan cepat, serta melakukan pekerjaan dengan baik meskipun dalam lingkungan yang sibuk.

Saya sangat antusias untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan/Ritel] dan berkontribusi dalam pekerjaan part time yang tersedia. Saya percaya bahwa keterampilan, kemauan untuk belajar, dan sikap positif saya akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi perusahaan/ritel ini.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV) saya dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Security

[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Nama Perusahaan Keamanan]

[Alamat Perusahaan Keamanan]

[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Security

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan di [Nama Perusahaan Keamanan]. Saya tertarik untuk bergabung dengan tim keamanan yang terhormat di perusahaan ini dan berkontribusi dalam memastikan keselamatan dan keamanan yang optimal bagi klien dan lingkungan sekitar.

Saya memiliki komitmen yang kuat terhadap keamanan dan kepatuhan terhadap prosedur yang ditetapkan. Saya percaya bahwa kualifikasi dan pengalaman saya membuat saya menjadi kandidat yang tepat untuk posisi security yang tersedia di perusahaan ini.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa saya merasa cocok untuk pekerjaan security di [Nama Perusahaan Keamanan]:

  1. Keahlian dan Pelatihan: Saya telah mengikuti pelatihan keamanan dan memperoleh sertifikasi yang relevan dalam bidang ini. Saya memiliki pengetahuan tentang taktik keamanan, pemantauan CCTV, pengendalian akses, penanganan situasi darurat, dan kebijakan keamanan.
  2. Pengalaman Kerja: Saya memiliki pengalaman kerja sebagai security di [Nama Perusahaan/Tempat Kerja Sebelumnya]. Selama waktu tersebut, saya telah mengamankan area, mengendalikan akses, melakukan patroli, dan menangani situasi yang berpotensi membahayakan dengan tenang dan profesional.
  3. Keterampilan: Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, yang memungkinkan saya berinteraksi dengan karyawan dan pengunjung dengan efektif. Saya juga memiliki kemampuan fisik yang baik, kewaspadaan yang tinggi terhadap lingkungan sekitar, dan kemampuan dalam mengambil keputusan cepat dalam situasi yang menantang.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan Keamanan] dan berperan dalam memastikan keamanan yang optimal. Saya percaya bahwa komitmen saya terhadap integritas, kewaspadaan, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi perusahaan ini.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV) saya dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Contoh Surat Lamaran Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS)

[Alamat Anda]

[Tanggal]

Kepada, Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat]

[Instansi Pemerintah]

[Alamat Instansi]

[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Dengan hormat,

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di [Instansi Pemerintah]. Saya tertarik untuk bergabung dengan layanan publik yang terhormat di instansi ini dan berkomitmen untuk berkontribusi dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Saya memiliki minat yang kuat terhadap pelayanan publik dan keinginan yang tulus untuk berkarier sebagai PNS. Saya yakin bahwa kualifikasi, pengalaman, serta komitmen saya terhadap integritas dan pelayanan akan menjadikan saya calon yang tepat untuk bergabung dengan [Instansi Pemerintah].

Berikut adalah beberapa informasi mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya:

  1. Pendidikan: Saya telah menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang [Nama Program Studi Terkait] dari [Nama Universitas]. Selama studi saya, saya mendapatkan pengetahuan yang luas tentang bidang terkait dan memperoleh pemahaman yang baik tentang administrasi publik, kebijakan pemerintah, dan prinsip-prinsip manajemen.
  2. Pengalaman Kerja: Saya memiliki pengalaman kerja yang relevan di sektor publik maupun swasta. Saya telah bekerja sebagai [Posisi Kerja] di [Nama Perusahaan/Instansi] selama [Jangka Waktu]. Selama waktu tersebut, saya telah mengembangkan keterampilan dalam manajemen proyek, koordinasi tim, serta penanganan administrasi dan keuangan.
  3. Kemampuan dan Keterampilan: Selain pendidikan dan pengalaman kerja, saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan. Saya juga memiliki keterampilan dalam mengelola data, menggunakan perangkat lunak kantor, dan analisis kebijakan. Saya berkomitmen untuk terus mengembangkan diri dan belajar agar dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam pekerjaan sebagai PNS.

Saya sangat antusias untuk menjadi bagian dari [Instansi Pemerintah] dan berperan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang PNS. Saya percaya bahwa dedikasi saya, keterampilan, dan semangat saya untuk pelayanan publik akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi instansi ini.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV), salinan transkrip akademik, dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Supir

[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Supir

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Supir di [Nama Perusahaan]. Saya memiliki minat yang kuat dalam bidang transportasi dan pengalaman sebagai supir yang akan membuat saya menjadi kandidat yang tepat untuk posisi ini.

Saya memahami bahwa menjadi seorang supir membutuhkan tanggung jawab besar dalam mengemudi dengan aman, menjaga kualitas pelayanan, serta menjaga kebersihan dan perawatan kendaraan. Saya memiliki komitmen yang tinggi untuk memenuhi tugas tersebut dengan penuh dedikasi dan profesionalisme.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman saya:

  1. SIM dan Rekor Mengemudi: Saya memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku dengan kelas yang sesuai untuk posisi ini. Rekor mengemudi saya bersih dan bebas dari pelanggaran lalu lintas yang serius.
  2. Pengalaman Kerja: Saya memiliki pengalaman sebagai supir di beberapa perusahaan dan organisasi. Selama ini, saya telah mengemudikan berbagai jenis kendaraan seperti mobil penumpang, minibus, dan truk. Saya terbiasa dengan rute di daerah ini dan memiliki pengetahuan tentang aturan lalu lintas yang berlaku.
  3. Pelayanan Pelanggan: Selain keterampilan mengemudi, saya juga memiliki keterampilan dalam pelayanan pelanggan yang baik. Saya berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang nyaman dan aman bagi penumpang, serta menjaga sikap sopan dan ramah dalam berinteraksi dengan mereka.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan] dan memberikan kontribusi dalam tim transportasi. Saya percaya bahwa kesediaan saya untuk bekerja keras, kemampuan mengemudi yang baik, serta keterampilan komunikasi yang baik akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi perusahaan ini.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV) saya, salinan SIM, dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Contoh Surat Lamaran Kerja SPG

[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Nama Perusahaan/Ritel]

[Alamat Perusahaan/Ritel]

[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Sales Promotion Girl (SPG)

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Sales Promotion Girl (SPG) di [Nama Perusahaan/Ritel]. Saya tertarik untuk bergabung dengan tim pemasaran dan menjalankan tugas sebagai SPG dengan profesionalisme dan dedikasi.

Saya memiliki minat yang besar dalam bidang penjualan dan layanan pelanggan. Saya percaya bahwa kualifikasi, kemampuan komunikasi yang baik, dan keahlian dalam mempromosikan produk akan menjadikan saya calon yang tepat untuk posisi SPG di perusahaan/ritel ini.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman saya:

  1. Pendidikan: Saya telah menyelesaikan pendidikan [tingkat pendidikan] di [Nama Sekolah/Perguruan Tinggi]. Selama masa studi, saya telah memperoleh pengetahuan yang kuat dalam bidang pemasaran, komunikasi, dan psikologi konsumen.
  2. Pengalaman Kerja: Saya memiliki pengalaman dalam pekerjaan yang melibatkan layanan pelanggan dan penjualan. Saya pernah bekerja sebagai SPG di [Nama Perusahaan/Ritel], di mana saya berhasil mempromosikan produk, memberikan informasi kepada pelanggan, serta mencapai target penjualan yang ditetapkan.
  3. Keterampilan: Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan kemampuan untuk menjelaskan fitur dan manfaat produk dengan jelas kepada pelanggan. Saya juga memiliki kemampuan dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, berinteraksi dengan tim kerja, serta bekerja dalam lingkungan yang dinamis dan sibuk.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan/Ritel] dan berperan dalam mempromosikan produk dan memberikan pengalaman berbelanja yang positif kepada pelanggan. Saya yakin bahwa semangat saya dalam penjualan, kemampuan komunikasi yang baik, serta keterampilan pelayanan pelanggan akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi perusahaan ini.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV) saya dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat

[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Nama Rumah Sakit/Klinik]

[Alamat Rumah Sakit/Klinik]

[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Perawat

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan sebagai perawat di [Nama Rumah Sakit/Klinik]. Saya memiliki minat yang kuat dalam bidang kesehatan dan pelayanan pasien, serta berkomitmen untuk memberikan perawatan yang terbaik kepada mereka.

Saya percaya bahwa kualifikasi, pengalaman, dan semangat saya dalam bidang perawatan akan membuat saya menjadi calon yang cocok untuk posisi perawat di rumah sakit/klinik ini. Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan dalam bidang ini.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman saya:

  1. Pendidikan: Saya telah menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Keperawatan dari [Nama Universitas/Sekolah Keperawatan]. Selama masa studi saya, saya memperoleh pengetahuan yang luas tentang anatomi, fisiologi, farmakologi, dan praktik perawat yang baik. Saya juga telah melengkapi pendidikan dengan magang di beberapa rumah sakit, yang memperluas pemahaman saya tentang praktik klinis.
  2. Sertifikasi dan Lisensi: Saya memiliki lisensi sebagai perawat yang terdaftar dan telah lulus ujian sertifikasi yang diperlukan untuk praktek di bidang ini. Saya juga terus berusaha untuk mengikuti perkembangan terbaru dalam praktik perawat dan menjaga keahlian saya dengan mengikuti pelatihan dan kursus yang relevan.
  3. Pengalaman Kerja: Saya memiliki pengalaman kerja sebagai perawat di [Nama Rumah Sakit/Klinik] selama [Jangka Waktu]. Selama bekerja di sana, saya telah menghadapi berbagai kondisi medis, merawat pasien dengan penuh perhatian, melaksanakan prosedur medis yang diperlukan, serta berkolaborasi dengan tim kesehatan untuk memberikan perawatan yang komprehensif.

Saya sangat antusias untuk bergabung dengan [Nama Rumah Sakit/Klinik] dan berkontribusi dalam memberikan perawatan yang berkualitas kepada pasien. Saya yakin bahwa keahlian saya dalam merawat pasien, kemampuan interpersonal yang baik, dan dedikasi terhadap kesehatan dan kesejahteraan mereka akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi rumah sakit/klinik ini.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV) saya, salinan transkrip akademik, sertifikat, dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan

[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Nama Rumah Sakit/Klinik/Puskesmas]

[Alamat Rumah Sakit/Klinik/Puskesmas]

[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Bidan

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan sebagai bidan di [Nama Rumah Sakit/Klinik/Puskesmas]. Saya memiliki minat yang besar dalam bidang kesehatan ibu dan anak, serta berkomitmen untuk memberikan perawatan berkualitas kepada pasien.

Saya percaya bahwa kualifikasi, pengalaman, dan semangat saya dalam bidang kebidanan akan menjadikan saya calon yang tepat untuk posisi bidan di rumah sakit/klinik/puskesmas ini. Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan dalam bidang ini.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman saya:

  1. Pendidikan: Saya telah menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Kebidanan dari [Nama Universitas/Sekolah Kebidanan]. Selama masa studi saya, saya memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang anatomi, fisiologi, perawatan ibu dan bayi, kehamilan, persalinan, dan pasca persalinan. Saya juga telah melengkapi pendidikan dengan magang di beberapa fasilitas kesehatan, yang memperluas pemahaman saya tentang praktek kebidanan.
  2. Sertifikasi dan Lisensi: Saya memiliki lisensi sebagai bidan terdaftar dan telah lulus ujian sertifikasi yang diperlukan untuk praktek di bidang ini. Saya juga terus berusaha untuk mengikuti perkembangan terbaru dalam praktik kebidanan dan menjaga keahlian saya dengan mengikuti pelatihan dan kursus yang relevan.
  3. Pengalaman Kerja: Saya memiliki pengalaman kerja sebagai bidan di [Nama Rumah Sakit/Klinik/Puskesmas] selama [Jangka Waktu]. Selama bekerja di sana, saya telah merawat ibu hamil, memfasilitasi persalinan normal, memberikan perawatan pasca persalinan, serta memberikan dukungan emosional dan pendidikan kesehatan kepada pasien dan keluarga mereka.

Saya sangat antusias untuk bergabung dengan [Nama Rumah Sakit/Klinik/Puskesmas] dan berkontribusi dalam memberikan perawatan yang aman dan komprehensif kepada ibu dan bayi. Saya yakin bahwa keahlian saya dalam kebidanan, kemampuan interpersonal yang baik, dan dedikasi terhadap kesehatan ibu dan anak akan membuat saya menjadi aset yang berharga bagi rumah sakit/klinik/puskesmas ini.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV) saya, salinan transkrip akademik, sertifikat, dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Contoh Surat Lamaran Kerja Kasir


[Alamat Anda]

[Tanggal]

[Nama Perusahaan/Ritel]

[Alamat Perusahaan/Ritel]

[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Kasir

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat],

Saya, [Nama Anda], dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan sebagai kasir di [Nama Perusahaan/Ritel]. Saya tertarik untuk bergabung dengan tim kerja di perusahaan/ritel ini dan memberikan pelayanan pelanggan yang terbaik.

Saya percaya bahwa kualifikasi, kemampuan matematika yang baik, ketepatan, serta kemampuan komunikasi yang baik akan menjadikan saya calon yang tepat untuk posisi kasir di perusahaan/ritel ini. Saya memiliki pengalaman sebelumnya dalam bekerja di bidang penjualan dan pelayanan pelanggan yang telah membantu saya mengembangkan keterampilan dalam menangani transaksi keuangan dengan cepat dan akurat.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman saya:

  1. Pendidikan: Saya telah menyelesaikan pendidikan [tingkat pendidikan] di [Nama Sekolah/Institusi]. Selama masa studi, saya memperoleh pengetahuan tentang matematika, manajemen keuangan, dan penggunaan sistem kasir.
  2. Pengalaman Kerja: Saya memiliki pengalaman kerja sebagai kasir di [Nama Perusahaan/Ritel] selama [Durasi Kerja]. Selama bekerja di sana, saya bertanggung jawab untuk mengelola transaksi keuangan, menghitung uang secara akurat, dan memberikan pelayanan pelanggan yang ramah dan efisien.
  3. Keterampilan: Saya memiliki keterampilan dalam menggunakan sistem kasir modern dan pemrosesan transaksi elektronik. Saya juga memiliki kemampuan dalam menangani uang secara tepat dan efisien. Selain itu, saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik yang memungkinkan saya berinteraksi dengan pelanggan dengan baik, menjawab pertanyaan mereka, dan menangani keluhan dengan profesionalisme.

Saya sangat antusias untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan/Ritel] dan berkontribusi dalam memberikan pengalaman berbelanja yang positif kepada pelanggan. Saya yakin bahwa keahlian saya dalam mengelola transaksi keuangan, kemampuan komunikasi yang baik, dan ketepatan dalam pekerjaan akan menjadikan saya aset yang berharga bagi perusahaan/ritel ini.

Saya melampirkan riwayat hidup (CV) saya dan dokumen pendukung lainnya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau tes yang mungkin diperlukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama lengkap Anda]

[Tanda tangan]

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

[Your Address]

[City, Postal Code] [Date]

[Recipient’s Name]

[Company Name]

[Company Address]

[City, Postal Code]

Subject: Job Application

Dear [Recipient’s Name],

I am writing to express my interest in the position available at [Company Name], as advertised on [Source of Advertisement]. With my qualifications and passion for [relevant field], I believe I would be a valuable addition to your team.

I have recently completed my [Degree/Qualification] in [Field of Study] from [University/Institution]. Throughout my academic journey, I have developed a strong foundation in [relevant skills and knowledge]. Additionally, I have gained practical experience through internships and part-time jobs, which have allowed me to apply my theoretical knowledge in real-world scenarios.

During my time at [Previous Company/Organization], I was responsible for [specific responsibilities and achievements]. This experience not only honed my [relevant skills], but also taught me the importance of teamwork, time management, and attention to detail. I am confident that these skills, coupled with my strong work ethic, will enable me to contribute effectively to the success of your company.

I am fluent in English, both spoken and written, and have excellent communication skills. I have had the opportunity to utilize my language abilities in various professional settings, including [specific instances]. I am confident in my ability to communicate effectively with colleagues, clients, and stakeholders from diverse backgrounds.

Moreover, I possess strong analytical and problem-solving skills, which I have demonstrated through [specific examples]. I am a quick learner, adaptable to new environments, and thrive in fast-paced work environments that require critical thinking and decision-making.

I am excited about the opportunity to join [Company Name] and contribute to its ongoing success. I believe that my skills, qualifications, and enthusiasm align perfectly with the requirements of the position. Enclosed is my resume, which provides further details about my education, work experience, and achievements.

Thank you for considering my application. I would welcome the opportunity to discuss how my skills and experience can benefit [Company Name]. I am available for an interview at your convenience. Please feel free to contact me via email at [Your Email Address] or by phone at [Your Phone Number].

Thank you for your time and consideration.

Sincerely,

[Your Full Name]

[Your Signature]

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Job hunting photo created by ijeab – www.freepik.com

Umumnya, Pins tidak perlu menulis tangan surat lamaran pekerjaan. Berkat teknologi saat ini, kamu bisa menggunakan komputer dengan berbagai aplikasi, seperti Microsoft Word, untuk membuat lamaran kerja.

Usahakan menulis surat lamaran semenarik mungkin agar perusahaan yang membuka lowongan tertarik dan ingin mengetahui kamu lebih dalam. Berikut ini beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam cara bikin surat lamaran kerja.

Data Pribadi Pelamar

Salah satu hal penting yang patut ditulis saat membuat surat lamaran pekerjaan adalah data pribadi, antara lain:

  • Nama Lengkap
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Alamat
  • Telepon dan/atau HP
  • E-mail (bila ada, tidak wajib)
  • Status Perkawinan

Jangan sampai melupakan pengisian nomor kontak untuk memudahkan perusahaan menghubungi Pins saat hendak melakukan sesi interview. Bila tidak punya nomor telepon, minta izin ke tetangga atau saudara untuk menggunakan nomor ponsel mereka.

Pendidikan

Tulislah rekam jejak pendidikan yang pernah dijalani, baik pendidikan secara formal atau pendidikan non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang dijalani mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan juga perguruan tinggi.

Sementara itu, untuk pendidikan non formal seperti kursus, pelatihan atau hal apapun yang menunjang kemampuan Anda.

Baca Juga:

Pengalaman Bekerja

Bila pernah bekerja di perusahaan lain, tulislah pengalaman bekerja. Hal ini mencakup berapa lama pekerjaan tersebut dilakukan, posisi, dan jenis pekerjaan yang pernah dijalani. Jika belum pernah bekerja sebelumnya, lewatkan bagian ini.

Lampiran Surat Pengalaman Kerja

Lengkapi surat lamaran kerja dengan bukti-bukti yang mendukung pernyataan kamu di dalam surat tersebut. Fungsi lampiran ini mempertegas surat lamaran untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan atau instansi yang menawarkan pekerjaan. Lampiran tersebut meliputi:

  • Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
  • Foto copy Ijazah terakhir
  • Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
  • Pas Foto terbaru
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
  • Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)

Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan

Source : Journal.sociola.com

Surat lamaran pekerjaan ternyata memiliki beberapa fungsi yang sangat penting Pins untuk menunjukan dedikasi seorang pelamar. Berikut beberapa fungsi utama dari surat lamaran pekerjaan:

Sebagai Tanda Pengajuan Permohonan Pekerjaan

Ketika Pins mengirimkan surat pengajuan lamaran pekerjaan, maka surat tersebut akan langsung diterima oleh HRD di perusahaan tersebut. Untuk itu, surat tersebut akan dijadikan sebagai pertimbangan penting bagi HRD yang menerimanya. Pins perlu memastikan bahwa surat tersebut dibuat dengan sebaik mungkin untuk menunjukan dedikasi.

Sebagai Alat Komunikasi

Setiap surat lamaran yang dibuat pasti mengandung informasi yang diperlukan oleh penerima atau HRD di perusahaan. Sedangkan dalam surat lamaran pekerjaan, informasi yang dibutuhkan adalah informasi mengenai data dan identitas dari pelamar. Hal yang biasanya terlampir dalam surat lamaran pekerjaan adalah ijazah, daftar riwayat hidup, foto copy KTP dan keterangan pengalaman pekerjaan.

Semua hal tersebut sangat dibutuhkan oleh sebuah instansi atau perusahaan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menerima karyawan baru. Itulah mengapa saat Pins akan melamar pekerjaan di sebuah instansi atau perusahaan, sebaiknya kamu mempersiapkan semua persyaratannya.

Sebagai Bahan Pertimbangan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa surat lamaran kerja yang masuk ke sebuah perusahaan akan memberikan informasi mengenai data diri kamu. Hal tersebut sangat dibutuhkan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengisi pekerjaan atau jabatan yang kosong. Untuk itu, HRD akan mempertimbangkan apakah Pins cukup berpotensi untuk mengisi kekosongan posisi jabatan di perusahaan tersebut

Ciri-Ciri Surat Lamaran Pekerjaan

Setiap jenis surat tentu akan memiliki ciri-cirinya tersendiri, berikut beberapa ciri dari surat lamaran pekerjaan selengkapnya!

Tempat dan Tanggal

Tempat dan tanggal diletakkan di bagian pojok kanan atas tanpa diakhiri dengan titik karena tempat dan tanggal bukan merupakan suatu kalimat.

Contohnya : Jakarta, 14 Oktober 2019

Lampiran dan Perihal

Dalam menulis kata “Lampiran” dan “Perihal” tidak boleh disingkat seperti menjadi Lamp atau Hal. Selain itu dalam penulisan angka dalam kolom lampiran harus menggunakan huruf.

Contohnya :

Lampiran : Dua Lembar
Perihal : Lamaran Kerja

Alamat Surat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis alamat surat yang dituju seperti berikut ini :

  • Dalam penulisan kata “Kepada” disingkat menjadi “Yth”.
  • Disarankan dalam menulis alamat tidak lebih dari tiga baris.
  • Jika kamu menulis suatu jabatan tidak diperbolehkan menggunakan gender seperti penggunaan kata bapak ataupun ibu.
  • Kata “Jalan” dari sebuah alamat tidak boleh di singkat dalam penulisannya.
  • Jangan menggunakan titik di setiap lahir baris.

Contohnya:

Yth. Manager Pintarnesia
Jalan Susukan No. 02
Banjarnegara

Salam Pembuka

Dalam salam pembuka Pins harus meletakkan koma setelah menulis kata “Dengan Hormat”. Akan lebih baik jika kamu menjadikan kata dengan hormat menjadi satu baris dengan kalimat yang selanjutnya, meskipun menulis kalimat selanjutnya berbeda baris dengan kata dengan hormat juga tetap bisa digunakan.

Contohnya :

Dengan Hormat, kalimat selanjutnya….. (yang sebaiknya di pakai)
Dengan Hormat,
Kalimat selanjutnya…… (tidak masalah jika menggunakan ini)

Alinea Pembuka

Dalam penulisan alinea pembuka sebaiknya Pins menggunakan bahasa yang baik dan sopan, jangan sampai kalimat yang kamu buat membuat instansi atau perusahaan yang membacanya tersinggung. Hal ini akan sangat mempengaruhi potensi Pins untuk diterima di perusahaan tersebut.

Isi

Dalam isi surat lamaran pekerjaan terdapat beberapa hal yang dapat membangun kualitas surat seperti:

  • Identitas

Identitas adalah keterangan data diri yang mencakup nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir, dan ada beberapa hal lagi sesuai dengan kebutuhan. Dalam penulisan keterangan di atas menggunakan awalan kata huruf kecil.

Contohnya :

nama : Anita Putri
tempat tanggal lahir : Jakarta, 28 September 1991
pendidikan terakhir : S1 Teknik Informatika
alamat : Dukuhturi, Bumiayu, Brebes, 52273

  • Maksud dan tujuan

Maksud dan Tujuan berisikan tentang alasan pengirim atau pelamar pekerjaan menulis surat.

  • Menyatakan lampiran

Dalam surat lamaran pekerjaan, pelamar harus menyertakan beberapa lampiran yang diminta oleh Instansi atau perusahaan yang membutuhkan pekerja. Oleh karena itu pelamar harus memenuhi hal tersebut. Dalam lampiran setiap di akhiran kalimat harus disertai dengan tanda titik koma dan pada akhir lampiran menggunakan titik.

Contohnya :

1. Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir;
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk;
3. Foto ukuran 3×4 dua lembar.

  • Penutup

Pins harus memperlihatkan keantusiasan kamu dalam melamar pekerjaan di instansi atau perusahaan yang dituju di bagian penutup.

Contoh: Demikianlah surat lamaran pekerjaan yang telah saya buat, saya berharap agar saya bisa segera bergabung dengan perusahaan ini…

  • Tanda tangan dan nama terang

Penulisan tanda tangan dan nama terang berada di bagian pojok kanan bawah surat, setelah itu tulis nama lengkap kamu di bawah tanda tangan.

Contoh :
Hormat saya
(ttd)
Anita Putri

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Setiap jenis surat tentu akan memiliki strukturnya masing-masing. Untuk jenis surat lamaran pekerjaan, biasanya memiliki struktur penulisan sebagai berikut:

  • Tempat dan Tanggal pembuatan surat lamaran pekerjaan
  • Lampiran
  • Perihal
  • Alamat Surat
  • Salam Pembuka
  • Alinea Pembuka
  • Alinea Isi
  • Alinea Penutup
  • Salam Penutup
  • Tanda Tangan dan Nama Terang

Pins bisa menggunakan struktur penulisan di atas agar surat lamaran pekerjaan yang dibuat terlihat lengkap dan lebih sempurna.

Bagian-Bagian Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan memiliki beberapa bagian yang dapat menjadikannya utuh, berikut adalah beberapa bagian-bagian dari surat lamaran pekerjaan:

  • Tempat dan tanggal surat lamaran pekerjaan dibuat.
  • Terdapat hal dan perihal.
  • Beberapa lampiran berkas
  • Alamat yang di tuju
  • Salam pembuka
  • Isi surat biasanya di bagi menjadi empat bagian yaitu paragraf pembuka, isi surat, daftar lampiran, dan paragraf penutup.
  • Salam penutup.
  • Nama terang dan tanda tangan pelamar.

Unsur-Unsur Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran sendiri memiliki beberapa unsur yang dapat membangun agar menjadi suatu kesatuan utuh dan berkualitas. Berikut adalah unsur-unsur yang ada di dalam surat lamaran pekerjaan:

  • Kop surat atau kepala surat.
  • Tempat dan tanggal surat tersebut ditulis.
  • Salam pembuka.
  • Kata pembuka.
  • Tujuan dari penulisan surat.
  • Lampiran dan persyaratan yang telah ditentukan.
  • Penutup surat.
  • Tanda tangan dan nama terang dari pelamar.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download