Des 4, 2023
5 menit membaca
Daftar Isi
Suspensi motor biasa terdapat pada bagian depan dan bagian belakang dari sepeda motor. Adanya suspensi motor ini diharapkan dapat menambah kenyamanan pengendara motor. Terutama ketika melewati jalan jelek dan penuh lubang.
Setiap kendaraan bermotor pasti dilengkapi dengan suspensi motor, baik motor bebek, motor matic sampai motor pembalap F1. Jadi suspensi ini berperan menjaga stabilitas kenyamanan kamu dalam berkendara saat terjadi guncangan. Karena fungsi utamanya sebagai peredam getaran.
Kamu dapat melihat beberapa jenis komponen suspensi motor beserta fungsinya di artikel ini.
Baca juga: Kisaran Biaya untuk Service Shockbreaker Motor
Pada sepeda motor terdapat dua suspensi motor yaitu suspensi depan dan suspensi belakang. Untuk kamu yang masih asing dengan istilah suspensi mungkin pernah mendengar istilah shockbreaker.
Nah Pins, suspensi dan shockbreaker itu adalah benda yang sama hanya berbeda penyebutannya saja. Suspensi dari penyebutan bahasa Indonesia dan shockbreaker dari penyebutan bahasa inggris.
Jenis suspensi motor ini sesuai dengan penyebutannya yang berarti terletak di bagian belakang roda dari sepeda motor. Biasanya suspensi depan sering disebut juga dengan istilah rear suspension.
Suspensi depan biasanya terdiri dari dua jenis suspensi. Yaitu suspensi monoshock dan suspensi twin shock.
Suspensi motor depan terbagi menjadi tiga jenis yaitu telescopic fork,bottom link fork dan upside down.
Baca juga: Fungsi Crankcase Motor & Penyebabnya Rawan Jebol
Suspensi motor baik suspensi depan dan suspensi belakang terdiri dari beberapa komponen pendukung. Komponen ini saling berhubungan untuk menunjang fungsi dari suspensi itu sendiri.
Ketika salah satu komponen mengalami kerusakan dan tidak dapat bekerja secara baik maka suspensi juga tidak akan bekerja dengan baik. Jadi penting untuk kamu mengetahui jenis komponen suspensi motor dan fungsinya.
Berikut ini adalah 9 komponen dari suspensi motor bagian depan beserta fungsinya.
Pegas garpu memiliki dua fungsi. Fungsi pertama adalah sebagai penahan torak bergerak ke atas. Fungsi keduanya untuk meredam getaran saat roda melewati jalan berlubang dan jalan jelek.
Komponen ini akan bekerja berat saat sepeda motor melewati jalan yang rusak. Semakin rusak jalan maka kerjanya akan semakin berat. Fungsi utama pegas reaksi adalah untuk menerima getaran dari roda dan menyerapnya.
Kamu tentu penasaran dengan fungsi dari torak garpu. Torak ini memiliki fungsi untuk membagi ruang bawah dan atas torak garpu..
Tabung garpu berfungsi untuk menciptakan sekat antara silinder garpu dan tabung garpu.
Silinder garpu berfungsi sebagai tempat atau wadah dari minyak oli shockbreaker. Minyak oli harus segera diganti agar fungsi peredam kejut dapat bekerja dengan baik.
Komponen selanjutnya adalah baut garpu yang memiliki fungsi utama mencegah oli agar tidak keluar dari shockbreaker.
Fungsi utama dari seal oli adalah menjaga agar oli pada shock tidak keluar dari silinder garpu. Biasanya kerusakan bagian ini terjadi karena usia atau kotoran yang melekat.
Lebih baik kamu rutin membersihkan komponen ini agar masa pakainya berlangsung lebih lama.
Debu dapat mengkontaminasi minyak pada shock sehingga menurunkan kemampuan meredam getaran. Untuk itulah seal debu dibuat agar menjaga kotoran tidak masuk ke silinder garpu.
Cincin stopper termasuk kedalam jenis komponen yang sangat penting. Hal ini karena fungsinya sebagai penahan oli shock agar tidak bergerak ke atas ketika terjadi tekanan.
Baca juga: Apa Itu LCGC?
Suspensi pada bagian belakang sepeda motor memiliki komponen yang lebih sedikit dari pada suspensi bagian depat. Berikut ke lima suspensi tersebut.
Komponen spring berfungsi sebagai penahan beban kendaraan dan memudahkan proses rebound. Bentuknya ulir yang melingkar dengan panjang tertentu dan lebih sering disebut sebagai per.
Piston road atau yang biasa dikenal sebagai shaft. Komponen ini memiliki fungsi sebagai jalur penampang piston dan dudukan piston. Untuk jarak pemasangan shockbreaker akan disesuaikan dengan panjang dan pendeknya piston road.
Komponen ini memiliki bentuk seperti bulan dan bagian dalamnya terdapat karet. Bagian karet ini nantinya yang akan masuk ke baut pemegang shockbreaker belakang.
Berfungsi untuk tempat tampungan oli yang mengisi ruang shock dan sebagai tabung pengisian gas nitrogen. Piggyback hanya digunakan pada beberapa jenis motor saja.
Dua komponen yang terpasang pada suspensi bagian belakang ini memiliki fungsi untuk mengatur sirkulasi oli di bagian dalam tabung. Sehingga oli bisa bekerja menyerap getaran dengan maksimal.
Baca juga: 7 Cara Mengendarai Motor kopling Untuk Pemula
Featured Image Source: naikmotor
Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.
© lifestyle.pinhome.id