Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari
Des 4, 2023
5 menit membaca
Daftar Isi
Suspensi merupakan komponen yang berfungsi untuk meredam kejutan maupun getaran saat melintasi permukaan jalan yang tidak rata. Jenis suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah tipe berbeda dengan mobil.
Walaupun suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah model berbeda namun fungsinya sama seperti milik mobil yakni meredam getaran kendaraan. Adapun jenis suspensi yang digunakan pada bus dan truk bisa Pins simak di bawah ini!
Sebelum mengetahui suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah tipe berbeda ketahui dulu fungsi dari suspensi secara umum. Sistem suspensi diantaranya adalah sebagai berikut:
Komponen dalam suspensi terbagi menjadi tiga yakni pegas, peredam kejut dan lengan suspensi. Pegas terbagi menjadi tiga tipe yakni coil spring, leaf spring dan pegas puntir atau pegas batang torsi.
Pegas berfungsi untuk menerima getaran dari roda namun tidak menyalurkan ke rangka kendaraan. Peredam kejut bermanfaat untuk meredam getaran yang diterima oleh pegas.
Sedangkan lengan suspensi atau suspension arm berfungsi untuk memegang rangka roda kendaraan.
Baca juga:
Jenis suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah model berbeda. Adapun jenis suspensi bus yang biasa digunakan dari masa ke masa adalah sebagai berikut:
Suspensi ini umumnya disebut dengan per keong atau per obat nyamuk. Jenis suspensi ini sering ditemukan pada bus Mercedes Benz seri pertama yang masuk ke Indonesia. Penggunaan coil spring untuk suspensi depan namun bagian belakang cenderung memakai per daun atau leaf spring.
Suspensi ini banyak digunakan pada bus maupun truk khususnya pada awal mula kemerdekaan Indonesia. Tipe ini sering dipakai pada bus asal pabrikan Amerika Serikat seperti DODGE atau FORD.
Suspensi ini terkenal akan daya tahan dan kemampuan mengangkat beban kuat. Suspensi ini terdiri atas lapisan plat baja dengan bentuk vertikal yang bisa Pins bongkar pasang.
Suspensi ini biasa digunakan untuk sasis bus premium dan sudah ada di Indonesia sejak 1996. Dulunya pengguna air suspension digunakan pada Mercedes Benz OH 1634 atau sering digunakan pada megatrend milik perusahaan otobus asal Aceh yaitu PO.Kurnia.
Kelebihan suspensi udara adalah mampu meredam getaran lebih baik sebab memakai udara sebagai fluida. Dampaknya mampu mengurangi kebisingan dan getaran untuk kenyamanan selama di perjalanan.
Baca juga:
Fungsi utama dari suspensi khususnya pada truk adalah mendukung berat kendaraan untuk diteruskan ke tanah. Suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah yang mampu melindungi badan kendaraan dari goncangan vertikal roda-roda ke badan truk.
Suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah independent suspension system. Ada beberapa keuntungan dan kelemahan dari jenis suspensi ini yakni sebagai berikut:
Suspensi ini disebut kaku karena roda kiri dan kanan hanya terhubung satu axle. Badan kendaraan bertumpu pada axle tersebut dan menggunakan per daun. Keunggulannya adalah harga murah dengan struktur sederhana namun tetap kuat.
Kelemahannya adalah pemakaian per daun di bagian depan membuat kendaraan mengalami goncangan dan gaya putar pengemudian. Per daun juga cukup berat dan memiliki variasi panjang dan bentuk yang disatukan menjadi leaf spring assembly.
Suspensi ini merupakan pengembangan suspensi tipe ke dua di atas. Umumnya digunakan untuk truk yang memakai dua gardan belakang seperti Nissan Diesel dan Scania.
Trunnion Shaft berada di tengah jarak gardan belakang, duduk rangka truk diikat dengan trunnion bracket. Rangkaian per daun diikat pada trunnion shaft dengan U-bolt. Pada ujung per daun terikat masing-masing rear-front axle dan rear-rear axle yang mendukung keseluruhan beban truk.
Truk juga dibekali dengan 6 buah torque rod assembly yang ujungnya terdapat parts yang dinamakan torque rod bushing atau disingkat dengan rubber bushing. Dalam 1 unit truk biasanya membutuhkan 12 buah rubber bushing yang mana di bawah axle kiri ada 4 buah begitu pula dengan sisi bawah kanan dan bagian tengah.
Rubber bushing bermanfaat untuk mengikat hubungan axle dengan rangka truk. Parts ini terdiri atas baja dan bantalan karet sebagai peredam getar bagi pergerakan axle.
Suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah per daun atau suspensi udara. Penggunaan per ini biasanya dikombinasikan dengan jenis lainnya.
Baca juga:
Source Feature Image: Wikipedia Commons
Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah
© lifestyle.pinhome.id