BlogLifestyleHobi10 Jenis Tanaman Aquascape di Sawah yang Mudah Ditemui
0
0

10 Jenis Tanaman Aquascape di Sawah yang Mudah Ditemui

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 21, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
tanaman aquascape di sawahtop-right-banner

Tanaman aquascape di sawah adalah jenis tanaman yang dirancang dan ditanam dalam akuarium untuk menciptakan tampilan yang indah dan estetis seperti dalam lanskap alami. 

Aquascape merupakan seni merancang dan mengatur tanaman, batu, kayu, substrat, dan elemen lainnya dalam akuarium untuk menciptakan tampilan yang mirip dengan ekosistem perairan alami, seperti laut, danau, sungai, atau rawa-rawa.

Sebelum lanjut, kamu ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Panorama Bekasi Residence atau rumah second di Kab Bandung bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah. Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa pasang iklan properti di Pinhome. 

Baca juga: Cara Membuat Hiasan Aquarium dari Batu yang Unik dan Menarik

Ciri Utama Aquascape

Tanaman Aquascape di Sawah
Source : Wikimedia Commons

Seperti dijelaskan sebelumnya, tujuan utama dari aquascape adalah untuk menciptakan tampilan yang menenangkan, harmonis, dan estetis yang dapat dinikmati sekaligus memberikan lingkungan yang baik bagi ikan dan organisme akuatik lainnya dalam akuarium

Sebelum membahas jenis tanaman, ada baiknya kamu mengetahui ciri-ciri utama aquascape itu sendiri berikut ini.

1. Tata Ruang yang Terencana

Aquascape dirancang dengan perencanaan tata letak yang matang, mengikuti prinsip desain seperti aturan perbandingan emas dan titik fokus visual.

Selain itu, tanaman untuk aquascape dipilih dengan cermat untuk menciptakan lanskap yang menarik dan seimbang. Tanaman tersebut bisa memiliki bentuk, ukuran, dan warna yang bervariasi.

2. Struktur Batu dan Kayu

Batu dan kayu digunakan untuk memberikan dimensi dan tekstur dalam desain aquascape. Batu-batu diatur sedemikian rupa untuk menciptakan lereng, gua, atau pegunungan kecil. Kayu dan batu juga bisa digunakan sebagai hardscape. 

Dalam aquascape juga perlu diperhitungkan substrat tanah yang tepat untuk memberikan nutrisi pada tanaman dan menciptakan pondasi yang baik untuk pertumbuhan akar.

Baca juga: Yuk Ikuti, 7 Cara Mudah Membuat Aquarium Ikan untuk Pemula!

3. Pencahayaan yang Sesuai

Pencahayaan yang cukup dan sesuai adalah kunci bagi pertumbuhan tanaman aquascape. Lampu yang kuat dan cahaya yang merata diperlukan. Kamu juga bisa memilih lampu warna-warni agar suasananya lebih hidup.

4. Manajemen Air dan Nutrisi

Air dalam akuarium harus dijaga kualitasnya, termasuk suhu, pH, dan kejernihan. Pemupukan dan penambahan CO2 mungkin diperlukan untuk pertumbuhan tanaman yang optimal.

Jenis Tanaman Aquascape di Sawah

Ada banyak sekali jenis tanaman untuk aquascape, bahkan ada pula yang tumbuh liar di sawah sehingga mudah ditemukan. Berikut beberapa jenis tanaman aquascape.

1. Marimo Moss Ball

tanaman aquascape di sawah
Source : Wikimedia Commons

Tanaman ini juga dikenal dengan istilah bola lumut marimo dan termasuk tanaman aquascape yang paling mudah ditemukan di dunia. Sebenarnya, tanaman ini bukan lumut, melainkan bola alga cladophora yang terbentuk secara alami.

Perawatan utamanya adalah dengan menggulung bola marimo dengan ringan di tangan setiap kali melakukan penggantian air agar bentuknya tetap bulat dan semua bagian alga mendapatkan akses ke cahaya. 

Tanaman ini cukup murah dan terlihat unik, sehingga orang sering membeli tanaman ini untuk mengisi akuarium ikan hias di rumah. 

Baca juga: 13 Rekomendasi Merk Filter Aquarium Terbaik dan Berkualitas

2. Amazon Sword

tanaman Aquascape di Sawah
Source : Wikimedia Commons

Tanaman aquascape klasik ini dikenal karena kemampuannya tumbuh besar dan menghiasi akuarium ikan di rumah dengan warna hijau yang indah.

Saat pertama kali membelinya, tanaman ini biasanya memiliki daun besar berbentuk bulat. Setelah ditempatkan di air, daun besar ini akan hilang saat tanaman menyerap kembali nutrisinya untuk membuat daun yang lebih panjang dan lebih sempit.

3. Pakis Jawa 

tanaman Aquascape di Sawah
Source : Wikimedia Commons

Pakis Jawa atau Java Fern merupakan tanaman ini hampir tidak bisa dihancurkan dan sangat pemaaf. Tumbuh dengan baik bahkan dalam pencahayaan sedang dan cukup kuat untuk berada di akuarium dengan beberapa ikan di dalamnya. 

Tempelkan ke permukaan yang keras seperti batu atau kayu apung. Dengan tampilan unik yang menarik bagi banyak pecinta aquascape, Java fern dapat ditempatkan di hampir setiap area akuarium. 

4. Lumut Jawa

tanaman Aquascape di Sawah
Source : iStock

Nama lain lumut jawa adalah Java moss, yaitu tanaman hidup paling populer untuk akuarium karena hampir tidak mungkin mati. Tempelkan ke batu atau permukaan keras lainnya. Lalu biarkan ia tumbuh dan menutupi akuarium dengan karpet hijau yang indah. 

5. Dwarf Sagittaria

tanaman aquascape
Source : Pinterest

Ideal untuk akuarium rendah, karena dwarf sagittaria benar-benar berhenti tumbuh ketika mencapai 2-4 inci. Saat berakar ke substrat dan menyebar ke bagian bawah akuarium, daun hijau cerahnya akan menghiasi akuarium serta memberikan perlindungan bagi ikan. 

Baca juga: Cara Membuat Aquascape di Aquarium dengan Cara yang Mudah

6. Anubias Nana

tanaman aquascape
Source : Pinterest

Tanaman ini bisa mentolerir hampir semua kualitas air dan lingkungan, sehingga cocok menjadi tanaman aquascape. Mereka tumbuh perlahan tetapi kuat dan akan tumbuh dengan baik bahkan di akuarium dengan cahaya redup. Daun semi besar sangat cocok untuk dekorasi dan perlindungan ikan.

7. Dwarf Hairgrass

tanaman aquascape
Source : Pinterest

Ini adalah adalah salah satu tanaman “karpet” yang lebih mudah tumbuh dan sangat berguna dalam akuarium kamu. Terlihat bagus di samping bebatuan dan memberikan kontras yang bagus dengan pasir atau tanah yang gelap. 

Jika diberi kondisi optimal, termasuk pencahayaan dan pemupukan yang baik, ia akan tumbuh dengan cepat. Bersihkan secara teratur agar tetap bebas dari kotoran dan terlihat cantik.

8. Dwarf Baby Tears

tanaman aquascape
Source : Pinterest

Tanaman ini menjadi favorit para pecinta tanaman aquascape. Pasalnya, dwarf baby tears memberikan lanskap dunia air yang indah. Apalagi ketika ditambah dengan CO2, ia akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan gelembung kecil oksigen.

9.  Ludwigia Peruensis

tanaman aquascape
Source : Pinterest

Tanaman yang sangat indah ini hadir dalam warna mulai dari merah hingga coklat, menawarkan semburat warna yang elegan di akuarium. Dengan pencahayaan dan pemupukan yang ideal, kamu bisa menumbuhkan warna merah pekat yang akan menarik perhatian.

10. Pygmy Chain Sword

tanaman aquascape
Source : Pinterest

Meskipun pygmy chain sword bukanlah tanaman akuarium yang paling umum, tanaman ini terlihat sangat baik di sekitar benda hardscape seperti batu atau kayu apung. Namun tanaman ini perlu pencahayaan dan substrat yang baik untuk menghasilkan lanskap yang indah. 

Itulah 10 tanaman aquascape yang bisa kalian temukan di sawah dengan mudah. Tertarik pakai yang mana?

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cikarang Griya Pratama dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download