BlogLifestyle12 Jenis Tanaman Begonia yang Cantik untuk Rumahmu
0
0

12 Jenis Tanaman Begonia yang Cantik untuk Rumahmu

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Jul 17, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tanaman begonia merupakan salah satu tanaman hias yang sering ditanam di rumah-rumah. Sebagai tanaman hias begonia, tanaman ini mempunyai keunikan sendiri sehingga banyak yang suka untuk memeliharanya. 

Pins, sebelum membahas lebih detail mengenai tanaman begonia dan jenis tanaman begonia, kamu juga bisa lho cek informasi program KPR dan simulasi KPR di Pinhome. 

Bagi kamu yang tinggal di area Kertamukti Sakti Residence atau Pesona Ciputih pasti pernah mendengar tanaman begonia, ya. Apalagi kamu yang tinggal di perumahan di jakarta selatan pasti pernah mendengar tanaman ini, kan? 

Mengenal Tanaman Begonia

Tanaman begonia masuk ke dalam kategori famili Begoniaceae, yaitu tanaman berbunga. Begonia merupakan nama umum dan nama generik untuk semua anggota keluarga di famili Begoniaceae. 

Tanaman begonia tumbuh subur di lokasi tropis basah di dataran rendah hingga dataran tinggi yang mencapai 2.400 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Hal yang membuat tanaman begonia begitu dilirik oleh pecinta tanaman adalah karena tanaman ini mempunyai daun yang beragam bentuknya. Keunikan bentuk daun pada tanaman begonia membuatnya menarik hati dan berbeda dengan daun pada umumnya. 

Jika tanaman bunga mawar, melati atau anggrek dilirik karena rupa bunganya yang cantik dan menawan, maka tanaman begonia dilirik karena daunnya yang berwarna-warni dan bercorak menarik. 

Baca juga: Kenali Lebih Dalam Bunga Mawar dan 8 Fakta Menariknya

Cara Merawat Begonia

Source : Radar Lampung

Merawat begonia pada dasarnya tidak terlalu sulit. Namun perlu konsistensi dalam merawat tanaman begonia. Berikut ini beberapa cara merawat tanaman begonia yang harus kamu tahu, ya Pins.

Menyiram Dengan Rutin

Tanaman begonia merupakan jenis tanaman yang tidak bisa menyimpan cadangan air dalam jumlah banyak. Oleh karena itu tanaman ini memerlukan siraman air yang lebih rutin agar tidak kekurangan air. Ketika kekurangan air atau bahkan kering, tanaman begonia akan layu dan mati. 

Perhatikan Pencahayaan

Seperti pada tanaman pada umumnya, tanaman begonia juga memerlukan pencahayaan. Hal ini agar mereka mendapatkan cahaya untuk melakukan proses fotosintesis. Ketika tidak mendapatkan cahaya tanaman begonia tidak akan menampilkan keindahan daunnya. Namun, jangan langsung meletakkan tanaman begonia di bawah sinar matahari karena ini akan membuatnya layu atau mati. 

Berikan Pupuk

Berikan pupuk NPK dengan jumlah ideal (tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sakit). Pastikan pemberian pupuk ini sesuai takaran ya Pins agar tidak membuat tanaman layu dan mati. 

Baca juga: Simak! Inilah 8 Fakta Menarik dari Bunga Daisy

Usir Hama dan Gulma

Salah satu cara untuk merawat tanaman begonia lainnya adalah dengan mengusir hama serta gulma di sekitar begonia. Pastikan kamu menyiangi gulma rumput yang merambat atau tumbuh di sekitar tanaman begonia. Gulma bisa menyerap nutrisi tanah dan juga air di sekitar begonia sehingga membuat begonia bisa kekurangan nutrisi dan air. Hama seperti serangga, ulat daun dan lain-lain juga perlu kamu usir Pins menggunakan semprotan anti hama ke area daun. 

Periksa Daun dan Bunga yang Layu

Apabila ada daun dan batang yang layu, cobalah gunting dan patahkan bagian layu itu. Tujuannya agar tidak mengganggu proses pertumbuhan bagian tanaman yang lainnya, Pins. 

12 Jenis Tanaman Begonia

Source : Harian Merapi

Berikut ini ada 12 tanaman begonia yang bisa menjadi referensi jika kamu ingin membudidayakan tanaman begonia di rumah. Yuk disimak selengkapnya, Pins!

1. Rex Begonia

Rex ini merupakan salah satu tanaman begonia yang tidak mempunyai bunga. Namun, hal ini tidak mengurangi daya tarik dari tanaman Rex tersebut. Tanaman Rex begonia ini mempunyai daun yang berbentuk seperti perisai. Warna tanaman Rex berwarna ungu, silver dan hitam. Perpaduan warna ini membuat daunnya menarik dan cantik.

2. Wax Begonia

Source : Wax Begonia

Wax begonia merupakan salah satu tanaman begonia yang mempunyai bunga. Namun, tidak hanya bunganya yang menarik melainkan daunnya pun mempunyai keunikan sendiri. Bagian bunga mempunyai kelopak yang kecil dan juga daun yang berbentuk bulat dengan lapisan lilin pada permukaan daunnya. 

3. Dragon Wing Begonia

Dragon Wing merupakan salah satu tanaman begonia yang mempunyai bunga. Tanaman begonia jenis dragon wing ini mempunyai daun dan bunga uang rimbun. Warna bunganya adalah merah muda (pink) dan mempunyai daun berbentuk perisai yang memiliki corak garis-garis. 

Baca juga: Kenali Lebih Dalam Bunga Camelia dan 7 Fakta Menariknya

4.  Shrubs Begonia

Source : Gramedia

Merupakan salah satu tanaman begonia yang mempunyai bunga. Pada tanaman ini bunganya berwarna merah muda dan terdapat daun rimbun yang melindungi sekitar tanamannya. 

5. Solenia Begonia

Solenia begonia merupakan salah satu tanaman begonia yang mempunyai bunga warna pink dengan daun berwarna hijau. Bunga pada tanaman solenia berbentuk seperti seperti bunga mawar. Keindahan pada solenia begonia ini menjadi daya tarik dan cocok menjadi hiasan di taman atau di teras.

6. Rieger Begonia

Adalah salah satu tanaman begonia yang mempunyai bunga. Warna bunga rieger adalah merah muda, ada juga yang kuning dan oranye. Rieger begonia umumnya mempunyai tanaman yang berbentuk kecil sehingga bisa diletakkan di atas meja atau digantung di atas teras rumah.

7. Rhizomatous Begonia

Jenis tanaman begonia yang satu ini tidak memiliki bunga namun mempunyai daun yang unik. Tentunya daun dari tanaman rhizomatous tersebut menjadi daya tarik bagi pecinta bunga atau tanaman hias begonia, Pins.

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Bunga Sepatu dan Fakta Uniknya

8. Thick Stemmed Begonia

Source : Rupa rupa

Thick stemmed begonia merupakan salah satu jenis tanaman begonia yang hanya memiliki daun. Namun, daun tanaman ini bentuknya unik dan menarik sehingga membuat para pecinta tanaman hias akan menyukainya. 

9. Scandent Begonia

Scandent begonia mempunyai bunga berwarna merah yang cantik. Sebagai salah satu jenis tanaman begonia dengan bunga, scandent begonia memiliki ukuran tanaman yang cukup besar dan lebih cocok untuk ditempatkan pada area luar rumah. Hal ini dikarenakan cabang pada daun-daun scandent begonia yang panjang membentuk sulur bunga sehingga tampak rimbun.

10. Cane Begonia

Source : Ruparupa

Cane begonia adalah jenis tanaman begonia yang mempunyai corak daun unik. Bagian daun memiliki pattern yang berbentuk totol atau garis putus-putus. Daun juga berbentuk seperti perisai yang di setiap sisi daun terdapat pola gerigi. 

11. Begonia Cocktail

Adalah jenis begonia yang mempunyai bunga dan daun. Bunga pada begonia cocktail berukuran kecil dan memiliki daun yang juga mekar. Jika dilihat bunga dan daun pada tanaman ini terlihat seperti mekar bersama seolah sedang saling menari dan beriringan. 

12. Begonia Tuberhybrida

Adalah jenis tanaman begonia yang ukurannya kecil dan bantet. Tanaman hias begonia ini untuk dan bisa digunakan sebagai penghias pada meja kerja. Bentuknya yang mungil tentu bisa menjadi hiasan yang digantung pula, Pins. Kamu pun bisa menyusun tanaman begonia ini di rak besi dan diletakkan di teras rumah.

Itu saja informasi mengenai tanaman hias begonia, semoga penjelasan di atas bermanfaat ya, Pins! 

Baca juga:

Sumber featured image: Rupa rupa


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download