BlogLifestyleHobiTanaman Hortikultura, Bisa Punya Kebun di Rumah
0
0

Tanaman Hortikultura, Bisa Punya Kebun di Rumah

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jul 18, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
tanaman hortikulturatop-right-banner

Mempunyai rumah dengan pekarangan yang luas memang bisa meningkatkan estimasi nilai sebuah properti. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan sebagian pekarangan untuk berkebun, menanam sayuran, buah-buahan, atau tanaman lainnya, seperti pohon rambutan. Salah satu jenis tanaman yang paling banyak ditanam di pekarangan rumah adalah tanaman hortikultura.

Beberapa orang mungkin cukup asing dengan istilah hortikultura. Faktanya, jenis tanaman ini justru sering Pins jumpai dalam kehidupan sehari-hari, tetapi kamu mungkin tidak sadar apa nama jenis tanamannya. Maka dari itu, sebelum mulai berkebun tumbuhan hortikultura, simak informasi lengkapnya di sini agar kamu bisa berkebun di rumah, seperti rumah di Bali Resort Tangerang.

Apa itu tanaman hortikultura?

tanaman sayuran yang bisa ditanam di rumah

Sebelum menerapkan cara berkebun dengan hortikultura, kenali lebih jauh tentang konsep ini. Hortikultura adalah cabang dari ilmu pertanian tanaman yang mengkhususkan tanaman pekarangan.

Umumnya, jenis tanaman ini adalah buah-buahan, sayuran, dan juga tanaman hias. Jadi, hortikultura adalah konsep tanamn yang berfokus pada buah-buaha, sayuran, tanaman bunga, taman, dan tanaman apotik atau obat.

Hortikultura jika didefinisikan secara keseluruhan merupakan seni membudidayakan tumbuhan kebun. Tanaman hasil dari konsep ini menghasilkan panen yang segar-segar. Walaupun menghasilkan panen tanaman dan buah yang segar, ketahanan dari hasil panen hortikultura tidak cukup bertahan lama.

Jika memiliki hobi menanam atau berkebun di rumah, menuai hasil panen dari kebun sendiri, konsep tanaman dengan hortikultura adalah cara yang tepat untuk diaplikasikan.

Baca juga: Mengenal Tanaman Paku, Hiasan di Taman Rumah

Karakteristik tanaman hortikultura

Tanaman hortikultura sebenarnya dibagi menjadi dua fungsi konsep. Pertama, hortikultura memiliki keuntungan yang bermanfaat karena memberikan hasil panen yang bernilai di pasar domestik dan luar negeri. Sementara itu, hortikultura bisa meningkatkan jumlah komoditas pangan dan obat-obatan.

Menurut Food and Agriculture Organization (FAO) hortikultura memiliki lima karakteristik yang mencirikan tanamannya. Berikut di bawah ini rincian dari lima karakteristik hortikultura.

  • Hasil panen yang musiman dan tidak selalu tersedia selama setahun penuh, seperti buah rambutan atau buah manggis.
  • Hortikultura memerlukan ruangan yang besar sehingga membutuhkan biaya transportasi yang tidak sedikit.
  • Wajib punya area tanam yang sesuai dengan geografi yang spesifik.
  • Hasil panen hortikultura punya nilai estetika yang harus memenuhi permintaan pasar.
  • Tanaman hortikultura, seperti buah dan sayuran segar, lebih cepat membusuk.

Manfaat punya kebun hortikultura di rumah

Inspirasi Kebun Sayur dan Buah di lahan sempit
photo via trees.com

Sama seperti tanaman lainnya, misalnya pohon cengkeh, memiliki kebun hortikultura di rumah tentu menawarkan segudang manfaat. Berikut ini daftar manfaat yang bisa Pins peroleh dari hortikultura.

  • Memiliki akses terhadap produk segar berkualitas tinggi, seperti sayuran, buah-buahan, dan rempah-rempah.
  • Membantu mengurangi stres karena bisa menikmati waktu di kebun sambil berinteraksi dengan tanaman dan alam.
  • Memberikan keindahan visual dengan warna-warni bunga, bentuk daun yang menarik, dan variasi tekstur pada halaman rumah.
  • Membantu meningkatkan kualitas udara dengan menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen.
  • Mengurangi biaya belanja harian dan menghemat uang yang mungkin bisa membantu cicilan KPR.

Baca juga: Kenali Tanaman Pacar Air dan 5 Jenisnya!

Jenis tanaman hortikultura

Hasil panen dari tanaman ini umumnya lebih kepada produk-produk konsumsi seperti sayuran dan buah-buahan yang ada di kebun. Selain itu, hortikultura dapat menghasilkan tanaman obat yang berguna untuk berbagai penyakit. Berikut beberapa jenis tumbuhan yang biasa ditanam dengan konsep hortikultura.

1. Cabai

Source : Agriculture Monthly

Cabai merupakan tanaman komoditi yang punya lonjakan harga relatif cukup tinggi. Pasalnya, perubahan cuaca yang cukup ekstrim banyak menggagalkan hasil panen cabai dan membuatnya langka untuk memenuhi permintaan pasar.

Walau begitu, Pins bisa menerapkan konsep hortikultura untuk menanam cabai di kebun rumah. Tidak perlu jauh-jauh ke pasar untuk membeli cabai, dengan cara menanam tumbuhan yang tepat, Pins bisa memanen cabai untuk memenuhi kebutuhan memasak harian.

2. Bawang-bawangan

Konsep tanam hortikultura juga dapat menghasilkan panen bumbu dapur, yaitu bawang-bawangan. Misalnya, bawang putih, bawang merah, dan daun bawang. Jenis bawang-bawangan ini bisa kamu budidayakan sendiri di rumah, lho.

Untuk menghasilkan tanaman bawang ini, Pins cukup menyediakan lahan di rumah yang tidak begitu besar. Cukup dengan kebun kecil di pekarangan rumah yang dipersiapkan dengan polybag. Setelah itu, kamu dapat merawatnya dengan menyiram bawang secara rutin.

Baca juga: Ini Dia 14 Manfaat Timun Suri Buah Primadona Saat Ramadhan

3. Lidah buaya

Lidah buaya menjadi salah satu tanaman hortikultura yang cukup banyak dikonsumsi sebagai obat atau bahan dasar kecantikan. Pasalnya, tanaman ini mengandung senyawa yang memberikan manfaat bagi kesehatan. Tidak heran bila banyak orang yang membudidayakan lidah buaya di rumahnya, sama seperti dengan banyak orang menanam bunga saffron.

Dalam membudidayakan lidah buaya, Pins perlu meletakkan tanaman ini di area yang teduh. Usahakan agar tumbuhan tetap terkena sinar matahari untuk kesuburannya. Untuk merawatnya, Pins cukup menyiram tanaman ini secara rutin dan jangan sampai terlampau kering.

4. Tomat

Tomat merupakan hasil panen dari hortikultura yang juga kerap digunakan sebagai komponen dalam memasak. Permintaan pasar terhadap tomat juga terbilang sangat tinggi namun dengan harga yang cukup stabil.

Tanaman yang satu ini dapat difungsikan sebagai bahan bumbu masakan dan juga sebagai obat. Pins dapat dengan mudah membudidayakan tomat di rumah sendiri dengan pengaplikasian konsep hortikultura. 

Itulah informasi mengenai tanaman hortikultura yang dapat Pins aplikasikan di rumah dan juga beberapa jenis hortikultura yang biasa dihasil oleh konsep tanam ini. Dengan menerapkan hortikultura, Pins dapat dengan mudah menghasilkan buah-buahan dan sayuran sendiri. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cek 17 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami [Nama dan Link Property Primary] dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download