BlogLifestyleHobi15 Jenis Tanaman Pangan di Indonesia yang Bisa Tumbuh Subur
0
0

15 Jenis Tanaman Pangan di Indonesia yang Bisa Tumbuh Subur

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 20, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
tanaman pangantop-right-banner

Indonesia dikenal sebagai negara agraris, yaitu negara yang dimana sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian di berbagai bidang pertania, seperti budi daya tanaman pangan. Indonesia juga termasuk negara dengan iklim tropis yang bisa memberikan banyak keuntungan tersendiri.

Suhu dan struktur tanah yang cenderung ideal untuk mengakomodir berbagai kegiatan pertanian dan perkebungan, tidak terkecuali bercocok tanaman pangan adalah skala rumah tangga. Pada saat wabah Covid-19 menyerang, banyak masyarakat Indonesia yang mulai terdorong untuk memproduksi tanaman pangan di rumah masing-masing.

Indonesia mempunyai beberapa jenis tanaman pangan. Tanaman pangan adalah sumber kehidupan bagi manusia. Jadi, keberadaannya akan selalu dibutuhkan selagi manusia masih hidup. Kelompok tanaman yang termasuk komoditas pangan adalah tanaman pangan, tanaman hortikultura non tanaman hias dan kelompok tanaman lain penghasil bahan baku produk pangan.

Pins dapat menemukan rumah dijual cantik seperti di Bali Resort Tangerang atau rumah dijual di Tangerang Selatan lainnya. Cari tahu lebih lanjut, yuk!

Baca juga: 

Jenis Tanaman Pangan

Tanaman pangan merupakan kelompok tanaman yang menjadi sumber karbohidrat dan protein untuk dijadikan sumber energi manusia agar dapat fit menjalankan aktivitas sehari-hari. Salah satu contoh tanaman pangan yang kita kenal selama ini adalah padi. Bahkan, beras yang merupakan hasil panen dari tanaman padi sudah menjadi makanan pokok utama di negara Indonesia.

Dikelompokkan berdasarkan umur, yaitu tanaman tahunan dan tanaman semusim, yaitu ialah tanaman yang dipanen pada satu musim tanam, berkisar antara 3-4 bulan, contohnya jagung dan kedelai, atau antara 6-8 bulan seperti singkong.

Tanaman tahunan adalah tanaman yang tetap tumbuh setelah bereproduksi atau menyelesaikan siklus hidupnya dalam jangka waktu lebih dari 2 tahun, contohnya sagu dan sukun.

Tanaman pangan juga dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu umbi-umbian, kacang-kacangan, dan serealia. Kelompok umbi-umbian menghasilkan umbi batang atau umbi akar, sedangkan kelompok kacang-kacangan dan serealia menghasilkan biji sebagai produk hasil budidaya.

Nah berikut jenis-jenis tanaman pangan yang dapat tumbuh subur di Indonesia. Simak baik-baik ya!

1. Ubi Jalar

tanaman pangan
Source : Pixabay

Jika kamu menginginkan tanaman pangan yang dapat tumbuh dengan cepat, maka kamu dapat mencoba untuk menanam ubi jalar. Tanaman ini dapat tumbuh dalam waktu kurang lebih 90 hari sejak mulai ditanam sampai siap untuk dipanen.

2. Jagung

Jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang dapat tumbuh pada tanah yang berbeda-beda. Kamu harus memastikan untuk menanam bibit jagung pada halaman ketika sudah memasuki awal musim kemarau. Walaupun tanaman yang satu ini dapat tumbuh pada udara yang panas, akan tetapi kamu tidak boleh lupa untuk menyiram dan memberikan pupuk secara rutin. Hal ini diperlukan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan tidak mengering.

3. Kentang

Source : Pixabay

Kentang termasuk ke dalam tanaman pangan yang mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi kentang, kamu dapat menurunkan risiko terserah penyakit berbahaya salah satunya penyakit jantung.

Menanam kentang tidaklah sulit, kamu hanya perlu menggali lahan dengan kedalaman minimal 10 cm, lalu tanam bibit kentang yang sudah siap tanam ke dalam tanah.

Siram secara rutin serta berikan pupuk agar kentang bisa bertumbuh dengan baik.

4. Garut atau Ararut

Umbi garut akan menghasilkan pati berkualitas tinggi, berukuran halus dan mempunyai harga yang mahal. Rimpang dari garut juga bisa dijadikan sumber karbohidrat alternatif untuk menggantikan tepung terigu.

Tepung garut bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang baru sembuh dari suatu penyakit, hal ini disebabkan karena tepung garut mudah dicerna oleh penderita dengan masalah perut dan usus.

5. Sukun

Jika kamu tertarik untuk membudidayakan sukun di rumah, hal pertama yang kamu perlu lakukan yaitu menyiapkan bibir lalu masukkan ke dalam tanah. Timbun bibit pada tanah biasa di bagian bawah baru dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang pada bagian atas.

Ketika menanam sukun, tambahkan juga pupuk NPK sebanyak 100 gram pada setiap lubang. Lalu berikan air agar tanah bisa dimampatkan sehingga posisi tanaman ini akan menjadi lebih kuat dan kokoh.

6. Talas

Source : Pixabay

Talas merupakan salah satu tanaman umbi yang mempunyai banyak kandungan mineral dan vitamin di dalamnya sehingga menjadikannya sehat untuk dikonsumsi. Talas juga bisa menjadi salah satu tanaman pangan yang kamu bisa tanam di rumah dengan mudah.

7. Singkong

Source : Pixabay

Singkong adalah salah satu tanaman pangan yang kaya akan vitamin dan serat. Tidak hanya itu, singkong juga sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai makanan yang berbeda.

Untuk menanam singkong, kamu membutuhkan stem dari tanaman indukannya, potong-potong juga singkong sampai berukuran kecil serta menanamnya kembali ke dalam tanah.

8. Kacang Tanah

Kacang tanah juga termasuk ke dalam tanaman pangan yang mudah subur di Indonesia. Menanam bibit kacang tanah dapat dilakukan dengan mudah. Hanya dengan menanam bibit, masing-masing 1 bibit per polybag yang sudah terisi tanah pada kedalaman sekitar 3 cm. Simpan pada tempat yang terkena paparan sinar matahari atau lebih teduh.

9.Sorghum

Jika dibandingkan dengan nasi atau beras, sorgum diklaim lebih unggul dalam hal gizi. Kandungan Kalsium, protein, Vitamin B1, fosfor, zat besi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras.

Sorgum juga diklaim baik untuk dikonsumsi bagi para penderita penyakit diabetes, hal ini dikarenakan kandungan gulanya yang rendah. Untuk kamu yang sedang berdiet, sorgum juga bisa dijadikan kawan bersantap yang ideal. Kamu akan merasakan kenyang lebih lama karena kandungan serat yang tinggi.

10. Selada

tanaman pangan
Source : Pixabay

Selada sangat mudah tumbuh dan dapat ditanam baik dengan cara konvensional atau dengan cara hidroponik. Sayuran selada mempunya teksutr yang renyah dan memiliki rasa yang lebih segar. Banyak orang yang menyukai selada untuk dijadikan sebagai lalapan pada setiap menu masakan.

11. Bawang Merah dan Bawang Putih

Hampir setiap menu masakan membutuhkan bawang merah dan putih sebagai penambah cita rasa. Oleh karena itu kebutuhan akan bawang merah dan putih terus meningkat. Bawang merah dan putih juga termasuk jenis sayuran yang cepat panen.

12. Sawi Hijau

Sawi hijau tidak membutuhkan sinar matahari yang banyak. Sayurang ini juga lebih cocok ditanam pada suatu tempat dengan intensitas cahaya sekitar 3-4 jam sehari. Tempat yang lembab juga mempunyai unsur hara yang sangat dibutuhkan agar sayurang sawi hijau ini bisa tumbuh dengan cepat.

13. Lobak

Lobak mempunyai sistem perakaran yang pendek. Sayuran ini juga mudah tumbuh meskipun ditanaman pada wadah yang kecil. Untuk masa panennya, lobak dapat panen cepat dalam waktu kurang lebih 24-60 hari.

14. Bayam

Bayam bisa tumbuh subur pada tempat yang teduh dan berada di bawah sinar matahari. Tidak hanya itu, bayam juga dapat ditanam dalam ruangan yang dekat dengan jendela. Jika kamu tanam bayam pada pot, maka sebaiknya kamu menggunakan pot dengan ukuran sekitar 6-8 inci.

15. Kangkung

tanaman pangan
Source : Pixabay

Budidaya kangkung bisa dibilang mudah karena dapat ditanam di musim apa saja. Kangkun bisa dipanen pada umur 3 minggu dari penanaman biji. Terlebih lagi, kangkung dapat ditanam di lahan sempit sekitar rumah kamu. Cara menanamnya pun beraneka ragam, salah satunya adalah dengan cara hidroponik.

Dengan membudidayakan kangkung secara hidroponik ini, kamu bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan juga.

Itu dia beberapa jenis tanaman pangan yang dapat tumbuh sumbur di Indonesia. Kamu bisa memulai menanam tanaman pangan mulai dari sekarang, karna tanaman yang satu ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kamu. Semoga bermanfaat !

Baca juga:

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download