BlogLifestyleHobi13 Jenis Tanaman Perdu yang Cocok untuk di Depan Rumah
0
0

13 Jenis Tanaman Perdu yang Cocok untuk di Depan Rumah

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Jul 18, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Lavender menjadi salah satu tanaman yang cocok di depan rumah.top-right-banner

Tanaman perdu adalah salah satu jenis tanaman yang paling populer ditanam di halaman rumah. Dengan menambahkan tanaman perdu ke taman rumah, suasana di rumah akan terasa lebih indah.

Selain itu, udara di dalam rumah juga akan terasa lebih segar. Bahkan menanam tanaman di halaman rumah juga dapat memperindah pemandangan dari luar rumah dan jalan depan rumah.

Akan tetapi sebelum membahas berbagai tanaman perdu dan jenis-jenisnya yang cocok untuk di depan rumah, tentu Kamu perlu menanamnya di rumah eksklusif, terutama di Nismara Harapan Indah.

Lokasinya dekat dengan perumahan di Jakarta Timur yang tentunya bisa Kamu lihat melalui iklan jual rumah online gratis di PinValue. Kamu juga bisa cek Simulasi KPR-nya.

Baca juga: 47 Tanaman Hias Outdoor Rumah Yang Mudah Dirawat

Mengenal Tanaman Perdu

Philodendron merupakan salah satu tanaman perdu.
Source : Freepik

Tanaman perdu merujuk pada jenis tumbuhan berkayu yang tumbuh dengan cabang-cabang rendah yang dekat dengan permukaan tanah. Biasanya, tinggi tanaman ini tidak melebihi 5-6 meter. Banyak orang menyebutnya sebagai semak-semak.

Ciri khas dari tanaman perdu adalah ukurannya yang kecil, cabang-cabang yang dekat dengan tanah, dan kurangnya batang yang kokoh. Menariknya, meskipun batangnya tidak begitu kokoh, tanaman perdu ini cukup kuat dan dapat tumbuh di berbagai jenis tanah.

Baca juga: Tanaman Sayuran yang Bisa Ditanam di Rumah

Jenis-Jenis Tanaman Perdu untuk di Depan Rumah

Bunga Soka jadi pilihan tanaman perdu untuk di depan rumah.
Source : Freepik

Berikut ini adalah berbagai jenis sekaligus contoh tanaman perdu yang bisa Kamu tanam di depan rumah agar tampak cantik:

1. Lavender

Lavender adalah tanaman perdu yang terkenal dengan aroma khasnya yang menyegarkan dan bunganya yang indah. Tanaman ini memiliki batang kayu yang tegak dan daun yang sempit dan hijau abu-abu. Bunga Lavender biasanya berwarna ungu atau biru muda, meskipun ada juga varietas dengan bunga putih atau merah muda.

Dalam taman, Lavender dapat tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki sinar matahari yang cukup dan tanah yang baik drainasenya. Tanaman ini sering digunakan untuk membuat hiasan taman, pagar hidup, atau sebagai tanaman pembatas.

2. Rembosa Mini

Rembosa Mini adalah tanaman perdu berukuran kecil yang memiliki sifat semak. Daunnya menyerupai daun Melati, tetapi berukuran lebih kecil. Bunga Rembosa Mini berwarna putih, mirip dengan bunga melati, meskipun tidak memiliki aroma yang harum.

Tanaman ini cocok untuk ditanam sebagai pagar hidup antara bagian taman dan tembok rumah, garasi, lantai, atau pagar. Perawatannya juga mudah, hanya perlu disiram dan dipupuk secara teratur. Ketika tumbuh subur, Kamu dapat memangkas daunnya dan membentuknya sesuai keinginan.

3. Philodendron

Philodendron adalah tanaman perdu yang memiliki daun berbentuk hati dan berwarna hijau tua. Tanaman ini dapat menjadi hiasan yang indah di berbagai lingkungan rumah.

Philodendron memiliki dua varietas, yaitu varietas menjalar yang sangat populer dan varietas tegak yang memiliki daun yang lebih besar dan tumbuh lebih lambat.

4. Mirten

Mirten adalah tanaman yang sering digunakan sebagai tanaman bonsai. Batangnya kecil tapi keras, dengan ranting kecil yang menjulur dan memanjang. Daunnya tumbuh dengan padat dan rimbun, berukuran kecil dengan bentuk yang bergelombang.

Warna daunnya umumnya hijau, baik hijau tua maupun hijau muda, dan umumnya bergerigi. Tanaman ini mudah dirawat dan dapat tumbuh dengan baik di dalam pot tanpa perlakuan khusus.

Baca juga: Tanaman Hias yang Cocok untuk Dirawat Oleh Pemula, Apa Saja?

5. Bunga Soka

Bunga Soka memiliki warna yang mencolok dengan ciri khas warna merah menyala. Meskipun bentuk bunganya kecil, namun sangat indah.

Bunga ini cocok digunakan sebagai hiasan di halaman. Bunga Soka tahan terhadap sinar matahari yang kuat, sehingga semakin banyak orang yang memilih untuk merawat bunga ini sebagai tanaman hias di rumah mereka.

6. Bromelia

Bromelia memiliki gradien warna yang unik dan indah, terdiri dari warna hijau dan merah. Bunga Bromelia menjulur panjang dalam bentuknya.

Selain digunakan sebagai tanaman hias di rumah, Bromelia juga sering digunakan sebagai hiasan di tempat-tempat wisata. Kecantikan warna dan bentuknya membuat tanaman perdu Bromelia semakin diminati dan dibudidayakan.

7. Bunga Kembang Sepatu

Kembang Sepatu termasuk jenis tanaman perdu yang sangat populer karena mudah tumbuh. Bunga Kembang Sepatu memiliki keindahan dengan berbagai warna yang dapat dihasilkan, seperti merah, putih, kuning, pink, atau orange.

Bunga ini juga dikenal dengan sebutan “wora-wari“. Bentuknya yang indah dengan warna merah yang mencolok membuatnya cocok sebagai hiasan. Di balik keindahannya, ternyata bunga Kembang Sepatu juga memiliki khasiat sebagai obat.

8. Lili Paris

Meskipun memiliki embel-embel “Paris” dalam namanya, Lili Paris sebenarnya berasal dari Afrika Selatan. Bunga ini umumnya berwarna pink dengan gradasi putih dan memiliki kelopak yang memanjang.

Selain dapat ditanam di tanah, bunga indah ini juga cocok digunakan sebagai tanaman pot gantung. Menanam Lili Paris tidaklah sulit.

Baca juga: Rekomendasi Model Rak Bunga Kayu Sederhana untuk Menyimpan Tanaman Kesayanganmu

9. Bunga Bougenville

Bunga Bougenville jadi tanaman perdu favorit.
Source : Freepik

Bunga Bougenville juga dikenal sebagai “bunga kertas”. Tanaman ini sering dipilih sebagai penghias taman karena perawatannya yang mudah. Bunga Bougenville sangat cocok untuk tumbuh di iklim tropis.

10. Ekor Tupai

Seperti namanya, bunga Ekor Tupai memiliki bentuk yang unik menyerupai ekor tupai yang memanjang. Secara umum, bunga ini memiliki warna hijau yang segar.

Bunga ini sedikit rapuh karena batangnya yang tidak kuat, namun dengan perawatan yang baik, tanaman perdu Ekor Tupai dapat tumbuh hingga tinggi sekitar 1 meter.

11. Melati Putih

Melati Putih adalah salah satu jenis tanaman melati yang umumnya memiliki aroma yang harum dan manis. Sebagian besar tanaman melati ditemukan di daerah beriklim tropis hingga subtropis, meskipun beberapa juga dapat tumbuh di daerah beriklim sedang. Perawatannya membutuhkan sedikit usaha, tetapi hasilnya sepadan.

12. Sutra Bombai

Sutra Bombai adalah tanaman perdu dengan bunga-bunga berwarna cerah seperti pink dan putih, yang berukuran kecil-kecil. Bunga ini tumbuh menjalar sehingga cocok untuk ditanam di pot gantung atau ditanam secara langsung di tanah seperti rumput.

13. Kamelia

Bunga Kamelia menjadi salah satu favorit untuk tanaman perdu.
Source : Pexels

Kamelia memiliki daun hijau mengkilap dan bunganya yang besar dan berwarna-warni. Bunga-bunganya sering kali berbentuk seperti mangkuk dengan kelopak yang teratur dan terletak di atas tangkai yang kuat.

Warna bunga Kamelia bervariasi, mulai dari putih, merah muda, merah, hingga ungu. Beberapa varietas Kamelia juga memiliki aroma yang harum.

Tanaman Kamelia biasanya tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki iklim sejuk hingga sedang. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup, tetapi juga perlu dilindungi dari sinar matahari langsung pada siang hari. Tanah yang subur dengan drainase yang baik sangat penting untuk pertumbuhan yang optimal.

Itulah 13 jenis tanaman perdu yang cocok untuk di depan rumah. Kamu bisa mencarinya di berbagai tempat penjual tanaman dan sesuaikan dengan warna tembok, tipe hingga lingkungan rumah.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download