BlogLifestyleHobiKenali 5 Jenis Tanaman Tanduk Rusa dan Cara Merawatnya
0
0

Kenali 5 Jenis Tanaman Tanduk Rusa dan Cara Merawatnya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Jul 22, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
tanduk rusatop-right-banner

Tanaman tanduk rusa, atau dalam istilah lainnya disebut Simbar Menjangan, merupakan jenis tanaman paku yang memiliki bentuk daun yang unik dan menyerupai tanduk rusa.

Selain menarik, tanaman ini juga termasuk mudah dirawat, sehingga cocok bagi Pins yang ingin mencoba memiliki tanaman hias yang menawan di rumahnya.

Dengan menanam tanaman ini rumah Pins akan makin cantik seperti Mutiara Gading City atau rumah dijual di Tangerang Selatan yang punya desain estetik. Banyak juga rumah cantik lainnya yang bisa Pins jadikan hunian impian di Rumah Ekslusif dari Pinhome.

Jenis Tanaman Tanduk Rusa

Berikut ini beberapa jenis tamanan tanduk rusa yang penting Pins ketahui:

1. Platycerium Willinckii

tanduk rusa
Source : Etsy

Jenis tanaman tanduk rusa pertama yang akan kita bahas adalah Platycerium Willinckii. Tanaman ini merupakan tanaman endemik asli Indonesia, tepatnya berasal dari pulau Jawa.

Keunikan dari tanaman ini terletak pada daunnya yang terbagi menjadi daun steril dan daun fertil yang besar. Daun steril berbentuk panjang dan membuka atau melebar ke arah bawah, sementara daun fertilnya berukuran lebih besar dan panjang. 

Penempatan tanaman ini bisa menjadi pilihan menarik untuk menghias dinding kosong di dalam rumah Pins sebagai tanaman penyejuk ruangan.

2. Platycerium Wandae

Selanjutnya, ada Platycerium Wandae, jenis tanaman tanduk rusa yang berasal dari pulau Papua. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanduk rusa terbesar di antara tanaman-tanaman sejenisnya. 

Ukurannya yang besar membuatnya membutuhkan pot khusus untuk ditanam di dalam rumah. Keunikan dari tanaman ini adalah daun sterilnya yang tumbuh tegak ke atas, serta adanya rumbai-rumbai pada bagian pusat pangkal daun yang memberikan penampilan yang sangat berbeda dengan jenis lainnya.

Platycerium Wandae menjadi pilihan tepat bagi Pins yang mencari tanaman hias yang mencuri perhatian.

Baca juga: Sehat Selalu dengan 11 Manfaat Bunga Kecombrang Bagi Tubuh

3. Platycerium Ridleyi

tanduk rusa
Source : Nusaplant

Berasal dari pulau Kalimantan dan daerah Serawak, tanduk rusa Platycerium Ridleyi memiliki penampilan yang sangat indah. 

Daunnya berwarna hijau yang menarik, dan ketika jadi tanaman penghias di halaman rumah, tanaman ini mampu memberikan sentuhan segar dan menawan. 

Daunnya yang panjang akan tumbuh terbuka, memberikan penampilan yang berbeda dan unik dibandingkan dengan tanaman-tanaman lainnya. Platycerium Ridleyi cocok untuk Pins yang menginginkan tanaman hias dengan pesona yang memikat.

4. Platycerium Superbum

Satu lagi varietas tanaman tanduk rusa yang menarik perhatian adalah Platycerium Superbum. Tanaman ini memiliki daun steril yang tumbuh menyerupai tanduk rusa dengan ujung yang meruncing. 

Selain itu, tanaman ini juga memiliki daun fertil yang berkembang di sekitar bagian bawah, memberikan tampilan yang elegan dan menawan. 

Kelebihan dari Platycerium Superbum adalah daya tahan yang baik dan tumbuh dengan cepat, sehingga cocok untuk pemula yang ingin melihat pertumbuhan tanaman dengan hasil yang memuaskan.

5. Platycerium Bifurcatum

tanduk rusa
Source : Pixabay

Terakhir, ada Platycerium Bifurcatum, yang juga dikenal sebagai Elkhorn Fern. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang berbeda dengan tanduk rusa lainnya, dengan daun yang lebih lebar dan berlekuk seperti tanduk rusa yang sedang bercabang dua. 

Tanaman ini sangat cocok untuk ditempatkan di pot besar atau diikat pada dahan pohon, sehingga bisa menjadi fokus perhatian di halaman atau teras rumah Pins.

Baca juga: Kenalan dengan Bunga Wijaya Kusuma Manfaat, Fakta dan Mitos

Cara Merawat Tanaman Tanduk Rusa

Source : Depositphotos

Tahukah Pins bahwa merawat tanaman tanduk rusa tidaklah sulit? Dengan beberapa tips berikut, Pins dapat menjaga tanaman-tanaman ini tetap sehat dan cantik di rumah Pins:

1. Pilih Pencahayaan yang Baik

Tempatkan tanaman tanduk rusa di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Terlalu banyak sinar matahari dapat membuat daun mudah terbakar dan menguning.

2. Cari Media Tanam yang Cocok

Pada saat masih muda, tanaman dapat ditanam di campuran tanah biasa dan diletakkan di pot. Namun, setelah cukup dewasa, lebih baik menggantung tanaman pada dinding atau dahan pohon dengan menggunakan segumpal gambut, kompos, lumut, dan bahan organik lainnya.

Baca juga: Catat! 8 Fakta Menarik dan Makna Bunga Daisy

3. Pastikan Kebutuhan Air Baik

Tanaman ini membutuhkan penyiraman yang rutin agar tetap subur. Cara praktis menyiram tanaman tanduk rusa adalah dengan merendamnya pada bak cuci selama 10-20 menit hingga akar menyerap cukup air. Pastikan tanaman mengering sebelum digantung kembali.

4. Pastikan Suhu dan Kelembapan Tepat

Tanaman tanduk rusa menyukai tempat yang hangat dan lembap. Pastikan tanaman berada di suhu di atas 10 derajat Celcius dan di bawah 37 derajat Celcius. Jika memungkinkan, letakkan tanaman di ruangan yang lembap untuk menjaga kelembapannya.

Tanaman tanduk rusa adalah pilihan tanaman hias yang menarik dan mudah dirawat. Dengan beragam jenisnya, Pins bisa memilih yang paling sesuai dengan selera dan kondisi di rumah Pins. 

Semua jenis tersebut memiliki daya tarik dan pesona yang unik. Jangan ragu untuk mencoba merawat tanaman ini di rumah Pins dan hadirkan keindahan alam dalam suasana rumah Pins.

Selamat bercocok tanam, Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Wikimedia Commons


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download