BlogLifestyleEdukasiTangga Nada Gitar dan Penjelasannya
0
0

Tangga Nada Gitar dan Penjelasannya

Dipublikasikan oleh Aulia Ramadhanti dan Diperbarui oleh Febrina Putri

Apr 13, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
tangga nada gitartop-right-banner

Sudah kenalkah dengan tangga nada gitar? Mendengar tangga nada bagi mereka yang telah lama berkecimpung di dunia musik tentu biasa. Lalu bagaimana dengan kalian yang baru belajar?

Pinhome – Mengetahui tangga nada menjadi sebuah kelebihan, dimana apabila kalian sudah mengenal tangga nada akan mudah untuk membuat atau melakukan aransemen sebuah lagu. Bagi kalian yang ingin mengenal atau mengetahui tangga nada gitar, cakhasan dalam kesempatan ini akan memberikan informasi mengenai hal tersebut.

Baca Juga:

Sekilas Tentang Gitar

tangga nada gitar
Source : Pikiranrakyat

Gitar merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari maupun plektrum. Gitar adalah alat jenis musik berdawai dengan bentuk fisik memiliki badan dan leher serta tendapat senar sejumlah enam buah.

Gitar tradisional pada umumnya terbuat dari kayu serta senar dari nillon atau baja, sedangkan gitar modern menggunakan bahan polycarbonate.

Secara umum gitar terbagi ke dalam dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Untuk membedakan kedua gitar ini cukup mudah, dimana gitar acoustic tidak memerlukan listrik sedangkan elektrik sebaliknya.

Berikut masing-masing penjelasan singkat mengenai gitar akustik dan gitar elektrik.

  • Gitar akustik, memiliki bentuk fisik dibagian tubuh yang berlubang, jenis gitar ini telah digunakan beberapa puluh ribu tahun lalu.
  • Gitar elektik dikenalkan pada tahun 1930-an dengan body berlubang, akan tetapi seiring perkembangannya jenis gitar ini dirasa cocok tidak memiliki lubang dibagian body nya.

Baca Juga:

Pengertian Tangga Nada

Source : Eventkampus

Secara umum tangga nada dapat diartikan sebagai susunan nada yang dibangun menggunakan rumus interval.

Perlu diketahui rumus interval adalah jarak antara nada satu ke nada berikutnya atau ke nada lainnya atau dalam sebuah matematika dapat dilihat perhitungannya.

Jarak sebuah nada memiliki ukuran atau hitungan sebagai berikut.

  • 1/2 (Setengah).
  • 1 (Satu).
  • 1 1/2 (Satu setengah).
  • 2 (Dua).

Jarak tangga nada ini menentukan suara yang dihasilkan dari sebuah nada, sehingga dengan adanya jarak ini sebuah nada memiliki bunyi yang bervariasi.

Tangga nada yang paling populer adalah tangga nada diatonis, tangga nada pentatonis dan tangga nada kromatis. Ketiga jenis nada ini akan kita bahas pada bagian berikutnya.

Baca Juga:

Jenis Tangga Nada

tangga nada gitar
Source : Bukalapak

Seperti yang telah disinggung pada bagian sebelumnya, tangga nada memiliki 3 jenis, diantaranya diatonis, pentatonis dan kromatis.

Berikut masing-masing penjelasan dari ke-3 jenis tangga nada tersebut.

1. Tangga Nada Diatonis

Tangga nada diatonis ialah tangga nada dengan 7 nada serta 2 macam interval. Dalam hal ini interval yang digunakan yaitu 1 (satu) dan 1 1/2 (satu setengah).

Tangga nada diatonis memiliki dua turunan, yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor. Kira-kira apa perbedaan dari kedua tangga nada turunan dari diatonis ini? Berikut penjelasannya.

  • Tangga nada mayor adalah tangga nada yang sangat sering digunakan dalam genre musik seperti pop, ska dan lagu-lagu lain yang sifatnya ceria.
  • Tangga nada minor terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu tangga nada minor asli, tangga minor harmonis dan tangga minor melodis.

Tangga nada minor

  • Tangga nada minor asli adalah tangga nada pokok tanpa adanya nada sisipan di dalamnya.
  • Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada yang saat mengalami naik turun tetap sama, berada diposisi nada tangga ke-7 serta dinaikan 1/2 nada.
  • Tangga nada minor melodis adalah  tangga nada yang mana tangga nada ke-6 dan ke-7 nya dinaikan 1/2 nada pada saat naik, kemudian diturunkan 1/2 nada pada saat turun.

Baca Juga:

2. Tangga Nada Pentatonis

Sesuai dengan namnya tangga nada pentatonis adalah tangga nada lima (penta). Jadi artinya nada ini hanya memiliki 5 nada pokok.

Setiap jenis tangga nada memiliki kegunaan dan identik dengan jenis musik tertentu, dalam hal ini tangga nada pentatonis populer dengan musik-musik pop, blues dan rock n roll.

Tangga nada pentatonis terbagi ke dalam 2 jenis.

  • Nada slendro memiliki susunan nada 1-2-3-5-6
  • Nada pelog memiliki susunan nada 1-3-4-5-7

3. Tangga Nada Kromatis

Jenis tangga nada yang terakhir adalah tangga nada kromatis, dimana tangga nada ini menggunakan 12 nada dengan interval 1/2 (setengah). Tangga nada kromatis sendiri ditandai dengan tanda kromatis yaitu tanda # (kruis) dan tanda b (moll).

Baca Juga:

Jenis Tangga Nada Gitar

Source : Teahub

Seperti yang telah dijelaskan dalam bermain gitar baiknya memahami tangga nada gitar, dalam hal ini disebut juga sebagai scale nada.

Gitar sendiri memiliki tangga nada yang sangat bervariasi, mulai dari tangga yang dasar, standar hingga nada-nada yang tergolong rumit atau jelimet, bahkan barangkali terdapat tangga-tangga nada yang sangat sulit untuk dipahami.

Tangga nada memiliki jenis yang banyak, bahkan kita dapat mengembangkan tangga nada sendiri. Biasanya orang-orang musik atau profesional terbiasa mengembangkan dapat mengembangkan nada-nada ini.

Berikut adalah tangga nada dasar gitar yang paling umum, kalian sendiri dapat mengembangkan tangga nada ini menjadi lebih bervariasi lagi.

NoJenis Tangga Nada Gitar
1Tangga nada mayor (major scale)
2Tangga nada blues mayor (blues major scale)
3Tangga nada pentatonic mayor (pentatonic mayor scale)
4Tangga nada minor (minor scale)
5Tangga nada blues minor (blues minor scale)
6Tangga nada harmonic minor (harmonic minor scale)
7Tangga nada pentatonic minor (pentatonic minor scale)
8Tangga nada melodic minor (melodic minor scale)
9Tangga nada javanese (javanese scale)
10Tangga nada chromatic (chromatic scale)

Pada bagian ini kita hanya akan membahas 10 tangga nada gitar, hal ini telah lebih dari cukup untuk menambah wawasan kalian soal tangga nada. Berikut masing-masing penjelasannya dari ke-10 tangga nada di atas.

Baca Juga:

1. Tangga Nada Mayor (Major Scale)

Tangga nada mayor atau major scale mrupakan tangga nada yang menggunakan interval 1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1. Sebagai contohnya adalah tangga nada C mayor C – D – E – F – G – A – B.

2. Tangga Nada Blues Mayor (Blues Mayor Scale)

Tangga nada blues mayor atau blues mayor sale memiliki interval 1 ½ – 1 – ½ – ½ –1. Sebagai contohnya terdapat pada tangga nada C blue mayor C – D# – F – F# – G – A.

3. Tangga Nada Pentatonic Mayor (Pentatonic Mayor Scale)

Tangga nada pentatonic mayor atau pentatonic mayor scale adalah tangga nada yang menggunakan iterval 1 –1 – 1½ –1. Sebagainya contohnya adalah tangga nada C pentatonic mayor C – D – E – G – A.

4. Tangga Minor (Minor Scale)

Tangga nada minor atau minor scale adalah tangga nada yang menggunakan interval 1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1. Contohnya adalah tangga nada C minor C – D – D# – F – G – A – A#.

Baca Juga:

5. Tangga Nada Blues Minor (Blues Minor Scale)

Tangga nada blue minor atau blues minor scale adalah tangga nada dengan jarak atau interval 1 ½ – 1 – ½ – ½ –1 ½. Sebagai contohnya tangga nada C blues minor C – D# – F – F# – G – A#.

6. Tangga Nada Harmonic Minor (Harmonic Minor Scale)

Tangga nada harmonic minor atau harmonic minor blue merupakan tangga nada yang menggunakan interval 1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1½.

Sebagai contohnya dari tangga nada harmonic minor yaitu tangga nada C harmonic minor yang tersusun seperti ini C – D – D# – F – G – G# – B.

7. Tangga Nada Pentatonic Minor (Pentatonic Minor Scale)

Tangga nada pentatonic minor adalah sebuah tangga nada dengan interval 1½ – 1 – 1 – 1½. Sedangkan untuk contoh dari tangga ini adalah tangga nada C pentonic minor C – D# – F – G – A#.

8. Tangga Nada Melodic Minor (Melodic Minor Scale)

Tangga nada melodic minor adalah sebuah tangga nada yang menggunakan jarak atau interval 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – 1. Untuk contoh dari tangga nada ini adalah tangga nada C dari melodic minor C – D – D# – F – G – A – B.

9. Tangga Nada Javanese (Javanese Scale)

Tangga nada jevanese merupakan tangga nada yang menggunakan interval atau jarak ½ – 1 –1 – 1– 1 – ½. Contoh dari tangga nada ini adalah tangga nada C javanese C – C# – D#– F – G – A– A#.

10. Tangga Nada Chromatic (Chromatic Scale)

Tangga nada chromatic adalah tangga nada yang menggunakan jarak atau interval ½ – ½ – ½ – ½ – ½ – ½ – ½ – ½ – ½ – ½ – ½. Contoh dari tangga nada ini adalah dari tangga nada C C – C#– D – D# – E – F – F# – G – G# – A – A# – B.

Penutup

Dari tulisan di atas dengan pembahasan \\\”Tangga Nada Gitar\\\” kita dapat simpulkan bahwa tangga nada gitar ini sangat bervariasi, bahkan seorang yang profesional dapat mengembangkan tangga nada gitar yang sudah ada.

Baca Juga:

Cover Image Source: Beginnerguitarhq.com


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Andalusia Residence di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Ediot: Daisy

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download