BlogLifestyleEdukasi7 Contoh Teks Persuasi Beserta Pengertian dan Strukturnya!
0
0

7 Contoh Teks Persuasi Beserta Pengertian dan Strukturnya!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 16, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Contoh Teks persuasi atau persuasif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki dua arti. Kata persuasi diartikan sebagai ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkannya atau bujukan halus.

Selain itu persuasi juga diartikan sebagai karangan yang bertujuan membuktikan pendapat. Jadi, contoh teks editorial ini dapat dimaknai sebagai kumpulan paragraf yang inti dari bacaan yang disuguhkan adalah untuk mengajak, membujuk, atau menyuruh.

Nah, bagi Pins yang juga ingin pasang iklan jual rumah dengan teks persuasi bisa mengunduh aplikasi Pinhome. Melalui aplikasi ini ada banyak contoh teks persuasi singkat seputar rumah bekas di Bogor seperti Pesona Ciputih maupun perumahan baru di Kabupaten Bekasi.

Pengertian Teks Persuasi

Source : thoughtco

Teks persuasi merupakan bacaan yang terdiri atas kumpulan paragraf berisi bujukan atau ajakan untuk pembacanya. Penulis membuat teks ini untuk meyakinkan pembaca agar terpengaruh bacaan sehingga memiliki pemikiran yang sama, dengan harapan agar pembaca akan mengikuti dan melakukan apa yang sudah dituliskan oleh penulis dalam teks tersebut.

Ringkasnya, teks persuasi adalah bacaan atau teks yg isinya berupa ajakan atau bujukan kepada pembacanya agar melakukan atau mengikuti isi dalam teks yang telah dibuat. Isi tulisan pada teks bersifat subjektif. Isi bacaan dibuat dari sudut pandang pribadi penulisnya. Untuk meyakinkan pembaca, bisanya di dalam bacaan juga disertakan data-data pendukung lain.

Hal ini dimaksudkan untuk lebih meyakinkan pembaca akan kebenaran isi tulisan yang dibuat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat teks persuasi, seperti hal berikut ini.

  • Pemilihan kata: kata-kata yang digunakan untuk menyusun kalimat dalam teks persuasi haruslah menarik. Kalimat yang disusun dengan menarik akan meninggalkan kesan yang baik untuk pembacanya dan tentu akan mudah dipahami sehingga apa yang ingin disampaikan penulis dapat tersampaikan.
  • Kemampuan mengolah emosi: Rangkaian kata untuk menyusun teks sebaiknya dibuat dengan baik sehingga emosi dapat tersampaikan kepada pembaca.
  • Sertakan data, bukti, dan fakta: Menambahkan bukti-bukti atau fakta untuk memperkuat gagasan yang akan ditulis dalam teks persuasi.

Baca juga: 10 Contoh Paragraf Induktif Paling Lengkap

Struktur Teks Persuasi

Source : Pxhere

Struktur teks persuasi terbagi atas alinea pembuka yang merupakan pengenalan isu dilanjutkan dengan argumen. Setelah itu pada bagian alinea penjelas berupa pernyataan ajakan lalu ditutup dengan penegasan kembali. Lebih jelasnya bisa mengecek poin yang ada di bawah ini!

1. Pengenalan Isu

Struktur awal ini memberikan pengantar terkait masalah yang ingin dibahas. Tujuannya memberikan gambaran singkat kepada pembaca mengenai topik yang kamu bahas.

2. Pemaparan Argumen

Tambahkan argumen yang berhubungan dengan isu tersebut. Tujuannya untuk menyakinkan kepada para pembaca diperkuat dengan dukungan data dan fakta.

3. Pernyataan Ajakan

Dari kedua hal tersebut pada akhirnya bisa dikaitkan dengan kalimat ajakan yang menjadi tujuanmu membuat teks tersebut. Kalimat ajakan merupakan inti dari teks persuasi. Pernyataan ajakan bisa disampaikan secara kalimat langsung maupun tak langsung. Penulis akan memakai kata yang dianggap mampu mempengaruhi pembaca mengikuti ajakan tersebut.

4. Penegasan Kembali

Setelah itu baru ditutup dengan kalimat penegas memakai pilihan kata khusus. Misalnya memakai kata dengan demikian, demikianlah, oleh karena itu dan lainnya. Kalimat argumen penegasan kembali mampu memberikan arahan atau memperkuat ajakan yang kamu buat.

Baca juga: Contoh Teks Editorial

Langkah-Langkah Membuat Teks Persuasi

Sebenarnya membuat teks persuasi tidaklah sulit jika memahami strukturnya. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat teks persuasi:

Menentukan Topik
Topik dapat membuat fokus penulis agar tidak terpecah memikirkan hal-hal lain.
Tentukan Tujuan
Secara umum, teks persuasi memiliki tujuan utama untuk meyakinkan pembaca. Hal ini terlalu luas, sehingga tujuan bacaan perlu dikerucutkan lagi sesuai dengan topik bacaan yang akan diangkat.
Membuat Kerangka Paragraf
Kerangka paragraf untuk teks persuasi terdiri atas sebab – akibat. Paragraf bagian sebab berada di awal yang kemudian diikuti akibat. Membuat kerangka paragraf bertujuan agar paragraf lebih sistematis dan logis.
Mengumpulkan Data
Data yang tepat dan akurat dapat menambah kepercayaan pembaca akan informasi yang disampaikan penulis.
Menyusun Paragraf
Menyusun paragraf berdasarkan kerangka paragraf yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Ciri-ciri Teks Persuasi

Source : Pxhere

Terdapat ciri khusus yang membedakan teks persuasi dengan jenis teks lain, seperti teks deskripsi misalnya. Hal umum yang sering dikenali dari teks ini adalah adanya kalimat bujukan, pengaruh, atau himbauan dalam paragraf yang disusun.

Dalam paragraf persuasi terdapat kata yang sering muncul di dalamnya. Contoh kata yang sering digunakan untuk
menyusun paragraf persuasi adalah ayo, mari, lakukanlah, dan sebagainya. Kata tersebut mengindikasikan ajakan untuk mengikuti apa yang tercantum dalam bacaan.

Selain beberapa ciri-ciri umum yang telah diulas sedikit pada dua paragraf di atas, setidaknya ada 5 ciri yang dapat digunakan untuk menggolongkan sebuah bacaan ke dalam teks persuasi.

  • Adanya bujukan, pengaruh, atau himbauan kepada pembaca
  • Isi paragraph digunakan untuk meyakinkan pembaca atau menumbuhkan kepercayaan pembaca tentang apa yang ditulis
  • Paragraf disusun oleh kalimat yang menyertakan alas an kuat disertai data dan fakta
  • Banyak menggunakan kata-kata ajakan
  • Biasanya menghindari konflik agar kepercayaan pembaca tidak hilang

Baca juga: 7+ Contoh Teks Editorial Lengkap Analisis dan Struktur

Jenis-jenis Paragraf Persuasi

Ternyata teks persuasi ada banyak golongan tergantung tema ajakannya. Adapun jenis-jenisnya bisa kamu simak sebagai berikut:

1. Paragraf Persuasi Politik

Source : Pixabay

Paragraf persuasi politik adalah paragraf yang isinya berintikan ajakan atau bujukan kepada pembaca agar terjun ke dunia politik. Selain itu, yang paling menonjol dari paragraf ini biasanya isinya akan mengandung bujukan agar pembaca setuju dengan apa yang tertulis dalam paragraf tersebut.

Penulis paragraf persuasi politik ini biasanya adalah mereka yang sudah berkecimpung lama di dunia politik dan dibuat dengan tujuan mencapai kepentingan partai maupun kepentingan Negara.

2. Paragraf Persuasi Pendidikan

Paragraf Persuasi Pendidikan
Source : kakak pintar

Paragraf persuasi pendidikan adalah paragraf yang biasanya dibuat dan dipublikasikan disekolah. Biasanya, paragraf persuasi pendidikan ini berisikan tentang ajakan, himbauan maupun motivasi.

Penulis paragraf persuasi pendidikan sendiri adalah mereka yang termasuk orang-orang yang berpengaruh dalam dunia pendidikan. Misalnya guru yang membuat paragraf persuasi pendidikan dengan isi himbauan kepada muridnya agar rajin belajar.

Baca juga: Mengenal Teks Anekdot dan Contohnya yang Bisa Bikin Kamu Ketawa!

3. Paragraf Persuasi Advertensi

Paragraf Persuasi Advertensi
Source : KBR

Paragraf persuasi advertensi ini adalah jenis paragraf persuasi yang mungkin paling sering Pins jumpai di berbagai tempat. Ya, dikarenakan jenis paragraf persuasi advertensi ini dibuat dengan tujuan untuk mengiklankan suatu produk ataupun objek, sehingga pempublikasiannya pun harus pada tempat-tempat yang banyak dikunjungi orang.

Isi dari paragraf persuasi advertensi sendiri biasanya tentang ciri-ciri barang/objek, keunggulan serta hal lain yang berkaitan dengan sisi positif barang/objek tersebut. Pembuat paragraf persuasi advertensi sendiri biasanya merupakan pihak yang berkepentingan dengan pemasaran barang/objek tersebut.

4. Paragraf Persuasi Propaganda

Paragraf Persuasi Propaganda
Source : kakak pintar

Paragraf persuasi propaganda yaitu paragraf persuasi yang isinya bertujuan agar para pembaca mempercayai apa yang tertulis dalam paragraf tersebut. Jenis paragraf persuasi yang satu ini sering kali kamu jumpai di media sosial, majalah, surat kabar dan media cetak lainnya.

Bisa dibilang paragraf persuasi propaganda ini merupakan jenis paragraf persuasi yang isinya jauh lebih luas dibanding dengan jenis-jenis sebelumnya. Pasalnya, tidak ada topik khusus untuk bisa menuliskan paragraf persuasi propaganda ini, seperti topik tentang politik, pendidikan maupun suatu produk/objek.

Contoh Teks Persuasi

Source : Pxhere

Berikut contoh teks persuasi berbagai topik, seperti pendidikan dan sosial, lingkungan, serta kesehatan yang dilengkapi dengan struktur.

Marilah Saling Tolong Menolong

Alinea Pembuka:

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Setiap individu membutuhkan individu yang lain dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Tidak ada individu yang mampu melakukan semua kegiatannya sendiri. Hal ini sudah menjadi kondisi alamiah dari setiap individu.

Alinea Penjelas:

Individu ditakdirkan hidup saling berdampingan antara yang satu dengan yang lainnya. Misalnya masyarakat kota yang membutuhkan berbagai kebutuhan pokok dari masyarakat desa. Contoh kebutuhan pokok yang masyarakat kota butuhkan adalah beras dan berbagai jenis bahan makanan.

Begitu juga masyarakat desa yang membutuhkan banyak produk yang dihasilkan masyarakat kota seperti perabot rumah tangga, barang-barang elektronik, dan lain sebagainya.

Alinea Penutup:

Jelas terlihat bahwa antara satu individu akan membutuhkan individu yang lain dalam memenuhi kebutuhan mereka masing-masing. Oleh karena itu, marilah kita saling tolong menolong antar sesama agar tercipta kehidupan yang harmonis.

Baca juga: 9+ Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta strukturnya

Sayangi Tubuh Anda dengan Tidak Merokok!

Alinea Pembuka:

Rokok mengandung zat kimia yang berbahaya bagi sistem pernafasan. Di dalam sebatang rokok terdapat lebih dari 4000 bahan kimia. Di antara bahan kimia yang terkandung dalam sebuah rokok, 200 diantaranya merupakan zat beracun. Contoh zat kimia yang sangat berbahaya dalam sebatang rokok adalah tar dan nikotin.

Semakin besar isi kandungan tar dan nikotin dalam sebatang rokok, maka semakin besar dampak negatif yang diterima oleh tubuh kita.

Alinea Penjelas:

Dampak buruk merokok tidak hanya akan diterima orang yang menghisap rokok, tetapi juga orang-orang di sekitar yang terpapar asap rokok. Bahkan orang yang terpapar asap rokok, atau yang biasa disebut perokok pasif, memiliki potensi terkena dampak buruk roko lebih tinggi daripada perokok aktif. Contoh bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh rokok adalah penyakit jantung, kanker, impoten, gangguan kehamilan dan janin, dan penyakit bahaya lainnya.

Alinea Penutup:

Banyak perokok yang telah mengalami sakit parah akibat perbuatannya yang sia-sia. Karena dampak negatifnya begitu besar, hindarilah merokok. Dengan menghindari diri dari merokok maka kita sedang menghindarkan diri sendiri dan orang-orang di sekitar dari bahaya.

Mari Peduli Lingkungan!

Alinea Pembuka:

Limbah rumah tangga merupakan salah satu penyebab kerusakan lingkungan. Banyak orang yang belum sadar akan pentingnya

kebersihan lingkungan. Sehingga masih banyak orang-orang dengan seenaknya membuang sampah limbah rumah tangga di sembarang tempat. Jumlah limbah rumah tangga yang jumlahnya selalu bertambah dari hari ke hari membuat kondisi menjadi semakin buruk jika tidak ada penanganan yang tepat.

Banyaknya limbah rumah tangga yang dibuang di sembarang tempat akan menimbulkan masalah serius. Contoh dampak buruk yang bisa ditimbulkan adalah pencemaran lingkungan, timbul berbagai penyakit,banjir, dan lain-lain. Sehingga perlu penanganan mengatasi masalah tersebut.

Kesadaran dari setiap individu mengenai kebersihan lingkungan menjadi faktor penting untuk menjaga lingkungan.

Alinea Penjelas:

Contoh macam-macam limbah rumah tangga yang mengganggu adalah sisa air sabun, sampo, deterjen, sisa-sisa makanan, atau sisa sayuran, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga limbah rumah tangga berupa barang-barang bekas seperti perkakas rumah atau alat-alat elektronik yang sudah rusak atau sudah tidak terpakai.

Limbah-limbah tersebut dapat mencemari lingkungan jika dibuang di sembarang tempat. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Untuk menghindari bahaya limbah rumah tangga yang berasal dari sisa sabun mandi, deterjen, sampo, sabun cuci piring, dan lain-lain dapat dilakukan dengan cara memakai produk yang lebih ramah lingkungan.

Sedangkan untuk limbah yang dapat di daur ulang, dapat dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Misalnyasisa sayuran dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos untuk menyuburkan tanah.

Alinea Penutup:

Dampak buruk limbah dan beberapa upaya menanggulangi telah disampaikan di atas. Upaya tersebut memang bukan cara-cara ajaib yang begitu saja dapat menyelematkan lingkungan. Namun setidaknya dapat meminimalisir dampak buruk dari limbah rumah tangga di lingkungan kita.

Demi kesehatan lingkungan dan kesehatan diri sendiri, mari kita mulai memperhatikan lingkungan dengan memperhatikan sisa limbah rumah tangga yang kita hasilkan sendiri.

Nikmati Susu Sapi Segar Milky

Alinea Pembuka:

Susu ialah minuman yang mempunyai banyak kandungan baik dalam tubuh. Terdapat kalsium dan protein tinggi didalamnya. Manfaatnya untuk memperkuat tulang dan mencegah pengeroposan tulang dan gigi.

Alinea Penjelas:

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh direkomendasikan konsumsi dua gelas susu sehari. Rutinitas ini bisa dilakukan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Susu sapi segar Milky adalah produk susu terbaik untuk kesehatan tubuh kita. Nutrisi didalamnya mampu memperkuat tubuh dan tulang. Ada banyak varian rasa yang tersedia dan cocok untuk anak usia 7 tahun ke atas.

Alinea Penutup:

Sehatkan tubuhmu dan keluarga dengan susu sapi segar Milky. Rasanya nikmat sekaligus menyehatkan tulangmu

Kenali Calon Pemimpinmu! Suara Kalian Berharga

Alinea Pembuka:

Kasus penetapan UU Cipta Kerja semakin marak dan pembelajaran bagi kita semua. Hak suara kita dalam pemilu membawa dampak pada kebijakan yang dibuat pemerintah. Untuk itu menggunakan suara kita dalam pemilu memiliki peran penting.

Berdasarkan survei Centre for Strategic and International Study (CSIS) pada 15–22 maret 2019–sebulan sebelum pemilu dilaksanakan–hanya 44,8 persen responden mengaku sudah memiliki caleg pilihan mereka, sementara 18,7 persen mengaku masih akan memilih partai politik, dan sisanya 36,5 persen ternyata belum punya pilihan caleg ataupun parpol.

Alinea Penjelas:

Dari data tersebut diketahui masih banyak orang yang belum mengenal semua calon. Padahal calon DPR, DPD dan sebagainya mewakili kita bersuara dan menentukan kebijakan dimana kita juga yang akan menjalaninya. Tentunya penting untuk mencari tahu seperti apa calon pemimpin kita sebelum memilih. 

Alinea Penutup:

Betapa pentingnya suara kita mempengaruhi kebijakan pemerintah. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah kenali calon pemimpinmu dan gunakan hak memilihmu saat pemilu.

Gamelan, Warisan Budaya Asli Indonesia

Alinea Pembuka:

Gamelan dimaknai sebagai alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Menurut mitologi Jawa, alat musik ini diciptakan oleh Sang Hyang Guru pada Era Saka. Dulunya orang menganggap dialah penguasa seluruh Tanah Jawa. Kesan pertama kawula muda saat mendengar gamelan adalah barang yang jadul atau kuno.

Sebaliknya alat musik pentatonis seperti bonang, kendang, gong dianggap modern. Padahal gamelan melatih kepekaan dan rasa solidaritas.

Alinea Penjelas:

Merajut rasa solidaritas dari memainkan gamelan sama dengan mencintai alat musik tersebut. Tak ada salahnya belajar gamelan karena sekaligus melestarikan kebudayaan. Rasa senang menguasai nitasi dan bekerja sama dengan sesama penabuh menciptakan suara pukulan yang harmonis.

Alinea Penutup:

Banggalah menjadi warga negara Indonesia memiliki warisan budaya seperti gamelan. Mulailah menghargai dna menjaga warisan dengan bermain dan belajar gamelan.

Hati-hati Penipuan Sumbangan Berkeliaran

Alinea Pembuka:

Sejak terjadi bencana gemba bumi dan gelombang tsunami sering kali diadakan event untuk menghimpun dana guna membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana tersebut. Sayangnya ada pula kelompok yang tidak bertanggungjawab meminta sumbangan atas korban bencana tersebut yang beroperasi di bus kota, lampu merah atau pinggir jalan mengatasnamakan yayasan ABC.

Alinea Penjelas:

Masyarakat harus berhati-hati oleh ulah oknum tersebut. Kami tidak pernah meminta sumbangan dengan cara tersebut.

Alinea Penutup:

Oleh karena itu, masyarakat harus pandai dan lakukan verifikasi terlebih dulu. Tujuannya agar menghindari penipuan jenis ini yang semakin marak.

Demikian pembahasan mengenai teks persuasi atau persuasif yang meliputi contoh, pengertian, unsur, struktur dan cara membuatnya. Semoga tulisan ini mendatangkan manfaat bagi kita semua.

Baca juga: 9+ Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan

Source feature image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download