BlogLifestyleEdukasiTentang Renaisans masa Yunani-Romawi
0
0

Tentang Renaisans masa Yunani-Romawi

Dipublikasikan oleh Eka Mandala dan Diperbarui oleh Febrina Putri

Mei 2, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Renaisans berarti “kelahiran kembali” peradaban Yunani-Romawi. Pada abad ke-14 dan ke-15 di Eropa terdapat suatu gerakan cendekiawan dan ilmuwan untuk mengkaji kembali ilmu pengetahuan, seni, sastra, arsitektur dan filsafat Yunani-Romawi dengan penafsiran baru. Tujuannya untuk memperteguh ajaran Kristiani dan mengubah pandangan hidup abad pertengahan yang bersifat dogmatik menjadi pandangan yang berdasarkan akal.

Sejak Renaisans, tulisan-tulisan mengenai kesusastraan tidak lagi ditulis oleh orang-orang gereja, tetapi juga ditulis oleh orang biasa dengan menggunakan bahasa ibu penulis. Dante Alighieri, seorang Italia menulis dalam bahasa Italia, La Divina Commedia (Komedi Suci).

Fransesco Petrarch dan Giovanni Boccacio mengumpulkan dan mengkaji tulisan-tulisan Yunani dan Latin, lalu ditulis kembali dalam bahasa Italia. Di bidang seni lukis pada akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16 muncul nama-nama seperti Botticelli, Titian Raphael, Leonardo da Vinci dan Michelangelo.

Tentang Renaisans masa Yunani-Romawi
Giovanni Boccaccio Tokoh Renaisans

Pertentangan Ilmu Pengetahuan

Selain sebagai seniman lukis, Michelangelo juga seorang ahli pahat. Dengan cara demikian, masyarakat umum dapat mengetahui pikiran-pikiran yang hidup pada masa Yunani dan Romawi termasuk kebebasan menyatakan pikiran-pikiran itu di muka umum.

Pada masa itu, terjadi pertentangan terhadap berbagai teori ilmu pengetahuan yang pada masa sebelumnya dianut oleh Gereja. Salah satu diantaranya ialah pengetahuan tentang alam semesta.

Baca juga: Sekilas tentang humanisme

Copernicus (1473-1593) seorang Polandia mengemukakan teori heliosentri. Menurut teori ini matahari adalah pusat alam, dan bumi berputar mengelilingi matahari. Teori ini bertentangan dengan teori yang dianut gereja yang menyatakan bahwa matahari berputar mengelilingi bumi.

Tersebarnya ilmu pengetahuan adalah berkat jasa Gutenberg, seorang Jerman yang menemukan mesin cetak pada tahun 1410. Dengan ditemukannya mesin cetak, dimungkinkan ditulisnya buku dalam jumlah yang lebih banyak dengan biaya yang relatif murah.


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Citra Sentul Raya di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download