Ayam Arab

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ayam arab adalah salah satu jenis ayam yang cukup umum ditemukan di Indonesia. Ayam ini merupakan hasil persilangan ayam arab betina dengan ayam buras jantan.

Uniknya ayam ini bukan merupakan ayam yang berasal dari arab tapi berasal dari Eropa. Ia disebut dengan ayam arab karena banyak alasan yang berbeda-beda.

Ciri Ayam Arab

Ciri Ayam Arab

Untuk Anda yang ingin tahu mengenai ciri dari ayam arab ini, maka ciri dari ayam ini adalah memiliki bulu putih dengan bintik-bintik berwarna hitam.

Jenis Ayam Arab

Untuk jenisnya, ayam arab ini memiliki 2 variasi jenis yaitu variasi ayam arab silver dan juga ayam arab golden red yang berwarna merah.

Jenis Ayam Arab

Keunggulan Ayam Arab

Untuk kelebihannya, ayam arab memiliki keunggulan yang cukup banyak. Kelebihan dari ayam arab ini antara lain adalah :

  • Memiliki produktivitas telur yang tinggi sehingga cocok untuk peternakan.
  • Cara pemeliharaannya yang murah sehingga biaya operasional tidak banyak.
  • Harganya murah baik telur maupun dagingnya. Hal ini membuat ayam ini menjadi ayam yang sangat populer untuk konsumsi.
  • Kelebihan lain dari telur ayam arab ini adalah telur memiliki kolesterol rendah, cangkang tebal sehingga ia memiliki daya simpan yang lebih lama dan juga memiliki kuning telur lebih besar.

Cara Membedakan Ayam Arab Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Ayam Arab Jantan Dan Betina

Selanjutnya adalah cara membedakan ayam arab jantan dan juga ayam arab betina. Perbedaan antara ayam arab jantan dan betina yang pertama ia dilihat dari kepalanya.

Kepala dari ayam arab betina biasanya lebih halus dan lebih mulus dari ayam arab jantan. Selain itu, ayam betina juga memiliki paruh yang lebih pendek dan lebih kuat.

Untuk ukurannya, ayam arab jantan biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dengan bentuk memanjang sedangkan ayam arab betina biasanya memang memiliki tubuh yang lebih besar.

Beda Telur Kampung Dan Arab

Beda Telur Kampung Dan Arab

Salah satu hal yang membuat ayam arab menarik adalah telurnya yang cukup mirip dengan ayam kampung. Bahkan jika dilihat dari tampilannya ayam arab tidak memiliki perbedaan mendasar dari segi fisik. Hal ini membuat telur ayam arab dengan telur ayam kampung memang sulit untuk dibedakan.

Hal yang paling utama membedakan ayam arab dengan ayam kampung adalah mengenai nutrisi dan harganya. Ayam arab biasanya dipelihara di kandang sehingga kandungan nutrisi yang dimilikinya sudah diatur hal ini membuat ayam kampung memiliki nutrisi yang lebih besar.

Selain perbedaan dari segi nutrisi, perbedaan lain yang mencolok dari kedua jenis telur ini adalah mengenai harganya. Harga dari telur ayam arab tentu lebih murah daripada telur ayam kampung.

Harga

Nah di atas sudah disinggung sedikit mengenai harga. Untuk Anda yang ingin tahu harga dari ayam arab ini lebih detail, maka berikut ini adalah ulasannya.

Ayam Arab

Harga dari ayam arab ini berkisar antara Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu, ini adalah harga ayam betina yang siap bertelur. Sedangkan untuk ayam jantan harganya berkisar antara Rp 65 ribu hingga Rp 70 ribu.

Telur Ayam Arab Hari Ini

Untuk harga telurnya tentu akan berbeda tiap daerah dan juga tiap waktu akan tetapi untuk harga rata-rata telur ayam arab ini biasanya adalah Rp 1.300 hingga Rp 1.600 untuk telur konsumsi. Sedangkan untuk telur tetas berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 2.500

Anak Ayam Arab

Jika Anda ingin memulai ternak ayam arab Anda bisa membeli anakan ayam arab ini dengan harga sekitar Rp 10.000.

Cara Beternak Ayam Arab Sistem Umbaran Skala Kecil

Untuk Anda yang beternak ayam arab dengan skala kecil, maka berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kandang Ayam Arab Umbaran

Kandang Ayam Arab

Jika Anda ingin memelihara ayam untuk peternakan dengan skala kecil, maka sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan mengenai kandang dari ayam yang akan Anda pelihara. Untuk ukuran dari kandang ayam ini tentu harus disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan Anda pelihara.

Yang perlu diperhatikan dari kandang ayam arab Anda adalah kondisi dari kandang yang harus selalu bersih. Selain itu, hindari membuat kandang di lahan yang miring dan berbukit.

Jika Anda bisa usahakan suhu kandang berkisar antara 32,20C hingga 350C. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan mengenai kelembaban udara yang mencapai 60-70%.

Kandang Ayam Arab 1

Jarak antara kandang dengan pemukiman adalah sekitar 10 meter untuk kenyamanan warga dan tentunya untuk menghindarkan ayam arab merasa stres. Jika bisa posisikan kandang ke arah timur agar ayam bisa mendapatkan sinar matahari secara maksimal. Hindari arah angin dan pastikan ventilasi cukup.

Bibit Ayam Arab

Selain itu, pastikan Anda memilih bibit ayam arab yang baik. Bibit ayam arab yang baik adalah anakan ayam yang aktif bergerak, pastikan anakan juga tidak memiliki tubuh yang cacat. Bulunya juga harus cerah dan tidak kusam serta anusnya yang bersih.

Bibit Ayam Arab

Pakan Ayam Arab

Hal lain yang perlu diperhatikan saat akan memulai bisnis ternak ayam arab adalah mengenai pakan yang harus dipenuhi. Ayam arab biasanya akan membutuhkan nutrisi yang cukup.

Nutrisi yang cukup ini akan membantu memaksimalkan produktivitas telur dari ayam arab yang akan Anda pelihara. Jika nutrisi yang diberikan pada ayam arab kurang, maka produktivitas ini bisa menurun.

Makanan Ayam Arab

Untuk pakan ayam, pakan ini disesuaikan dengan usia dari ayam arab yang akan Anda pelihara. Biasanya pakan ini dibedakan menjadi 3 yaitu pakan starter, pakan grower dan yang terakhir adalah pakan berupa konsentrat layer.

Pakan Alternatif Ayam Arab Petelur

Selain itu, Anda juga bisa memberikan pakan alternatif berupa jagung, kedelai, tepung ikan. Sorgum, singkong atau umbi-umbian lainnya, dedak padi dan tepung keong mas.

Pakan Ayam Arab Umur 1 Bulan

Untuk anakan ayam arab yang berusia 1 bulan, maka jenis pakan yang diberikan adalah pakan starter. Pakan ini digunakan untuk ayam arab berusia 0 minggu hingga 8 minggu.

Biasanya untuk anak ayam arab yang membutuhkan apakah starter ini akan difokuskan pada kebutuhan protein sekitar 23% untuk anakan 0 minggu hingga 2 minggu dan 21% untuk usia 2 minggu hingga 8 minggu.

Cara Menetaskan Telur Ayam Arab

Cara Menetaskan Telur Ayam Arab

Untuk menetaskan telur ayam arab yang akan digunakan untuk petelur, maka Anda akan membutuhkan mesin pentas. Untuk menggunakan mesin penetas ini tentu disesuaikan dengan arahan yang diberikan oleh mesin ini.

Cara Memelihara Ayam Arab

Kunci sukses dari memelihara ayam arab adalah mengenai nutrisinya yang tercukupi dan juga mengenai kebersihan kandangnya. Hal ini cukup untuk menjaga kesehatan dan juga menjaga produktivitas dari ayam arab yang akan Anda pelihara.

Sesungguhnya ayam arab merupakan ayam yang paling kuat dari segi daya tahannya. Akan tetapi jika Anda ingin memastikan ayam arab Anda sehat, memberikan vaksinasi juga bisa dilakukan.

Manfaat Telur Ayam Arab

Telur ayam arab biasanya sangat cocok untuk anak-anak karena dapat meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Ia juga dapat menghindarkan konsumennya dari penyakit jantung dan stroke serta mengurangi potensi penyakit anemia.

Baca juga mengenai : Ayam Shamo

Khasiat Telur Ayam Arab Untuk Pria

Meski dikenal sebagai ayam yang memiliki birahi yang tinggi, manfaat dari telur ayam arab untuk pria hingga kini belum ditemukan.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download