BlogLifestyleHobiMengenal Ayam Aseel | Ciri, Jenis, dan Harganya
0
0

Mengenal Ayam Aseel | Ciri, Jenis, dan Harganya

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 2, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
ayam aseeltop-right-banner

Ayam adalah salah satu bintang yang paling umum dikonsumsi. Akan tetapi, perlu kamu tahu bahwa ada juga beberapa ayam yang memiliki harga yang sangat mahal hingga jutaan, yaitu adalah ayam Aseel. Apa yang menarik dari ayam Aseel dan kenapa harganya sangat mahal? Berikut penjelasan lengkapnya.

Mengenal Ayam Aseel

Ayam Aseel merupakan ayam yang unik. Ayam ini sangat populer di seluruh dunia sebagai ayam aduan paling kuat. Ayam ini disebut sebagai ayam aduan paling kuat karena struktur tulangnya yang besar. Bahkan ketika di adu, ayam ini bisa bertarung dalam waktu 2 jam tanpa berhenti. Hal ini disebabkan karena ia juga memiliki stamina yang sangat kuat.

Pendahuluan Mengenai Ayam Aseel

Ayam ini saat ini merupakan ayam yang sangat jarang ditemukan di Indonesia. hal ini disebabkan karena ayam ini sangat sulit untuk di import ke Indonesia. satu hal yang menyebabkan ayam ini sulit untuk masuk ke Indonesia adalah karena ayam ini termasuk sebagai ayam yang langka.

Saat ini ayam Aseel tidak hanya digunakan sebagai ayam aduan, akan tetapi ada juga ayam Aseel yang digunakan sebagai ayam untuk peliharaan yaitu sebagai hiasan. Hingga saat ini ayam Aseel masih sangat populer meski keberadaannya sangat jarang di Indonesia.

Salah satu negara yang masih memproduksi ayam Aseel paling banyak adalah negara Pakistan dan juga India. Kedua negara ini juga merupakan negara yang diperkirakan menjadi asal mula dari ayam Aseel ini.

Baca juga:

Ciri Ayam Aseel Parrot

Lalu bagaimana ciri dari ayam Aseel ini? untuk cirinya, ayam Aseel memiliki ciri utama berupa sifat yang sangat agresif. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ayam Aseel merupakan ayam yang dikenal sebagai ayam laga. Oleh karena itu, ayam ini dikenal dengan sifat yang mudah menyerang dan juga memiliki penampilan yang mengintimidasi.

Aseel Parrot (1)

Selain itu ciri lain dari ayam Aseel adalah mengenai postur tubuhnya yang besar dan kuat. Tulang dari ayam Aseel ini memang sangat kuat dan besar hal ini membuat postur tubuh dari ayam ini juga menjadi sangat besar dan gagah.

Untuk bobotnya, ayam Aseel jantan dewasa bisa memiliki bobot dari 3 kilogram hingga 7 kilogram. Sedangkan untuk ayam Aseel betina bisa memiliki bobot dari 2 kg hingga 5 atau 6 kg. Salah satu varian dari ayam Aseel yang paling kecil adalah ayam Aseel bantan yang bisa mencapai bobot 1 kg saja.

Ciri lain dari ayam Aseel ini adalah wajahnya yang merah, dan warna bulu yang sangat beragam. beberapa warna bulu dari ayam Aseel ini adalah warna merah muda, merah tua, merak cerah, warna putih, warna emas, warna biru dan juga warna abu-abu.

Sebelumnya, kita sudah membahas bahwa ayam Aseel merupakan ayam yang sangat langka. Hal ini disebabkan karena ayam Aseel betina terkadang hanya akan bertelur sebanyak 6 telur setiap tahunnya. Akan tetapi ada juga beberapa jenis ayam Aseel yang bisa memproduksi telur sebanyak 40 setiap tahunnya.

Baca juga: 11 Gambar Ayam Bangkok Berkelas (Paling Dicari Pecinta Unggas)

Jenis Ayam Aseel

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis dari ayam Aseel yang bisa ditemukan. Beberapa jenis ayam Aseel ini antara lain adalah:

Madras Aseel

Madras Aseel (1)

Jenis dari ayam Aseel yang pertama adalah ayam Aseel Madras, jenis ayam Aseel ini merupakan ayam Aseel yang berasal dari Selatan Tamil Nadu. Ayam Aseel ini memiliki ekor yang sangat panjang. panjangnya bulu dari ayam Aseel ini bisa mencapai 80 cm.

Aseel Parrot

harga ayam aseel Parrot (1)

Jenis kedua adalah ayam Aseel parrot. Sesuai dengan namanya, ayam Aseel parrot ini memiliki bentuk atau tampilan yang mirip dengan burung beo. Jenis ini ada jenis asli dan jenis turunan. Bedanya bisa dilihat dari harga kedua unggas ini.

Aseel India

Aseel India (1)

Ayam Aseel India adalah ayam Aseel yang berasal dari India. Pada umumnya ayam Aseel memang berasal dari India akan tetapi ada juga yang berasal dari Malaysia.

Aseel Ori

harga ayam Aseel Ori (1)

Ayam Aseel original adalah ayam Aseel pure atau original breeding. Ayam Aseel ini memiliki harga yang paling mahal.

Ayam Aseel parrot beak merupakan ayam Aseel yang berasal dari Tamil Nadu. Jenis ayam Aseel ini bisa ditemukan dengan mudah di area Thailand dan Malaysia.

Parrot Beak

harga ayam aseel

Ciri lain dari burung ini adalah ekornya yang mekar, kaku dan juga kering. Ia juga memiliki jengger yang besar dan biasanya digunakan untuk dipelihara.

Perbedaan Ayam Aseel dan Shamo

Perbedaan Ayam Aseel dan Shamo

Ayam Aseel ini memiliki perbedaan yang besar dengan ayam Shamo. Ayam Shamo sendiri sesungguhnya merupakan ayam Aseel yang disilangkan dengan ayam Thailand. Hal membentuk spesies baru yang disebut dengan ayam Shamo.

Untuk fisiknya, ayam Shamo ini lebih banyak mewarisi bentuk fisik dari ayam Thailand. Hal ini membuat ukuran ayam Shamo ini menjadi sangat besar. biasanya jika akan dimasukkan dalam kompetisi, maka ayam Shamo ini harus disilangkan lebih dahulu.

Baca juga: Ternak Ayam Shamo

Kelebihan Ayam Aseel

Untuk kelebihannya, ayam Aseel ini memiliki kelebihan dari tulang keras dan tebal yang membuatnya menjadi ayam petarung yang kuat. Bukan hanya itu, ayam Aseel ini juga ada yang memiliki tampilan yang sangat menarik seperti ayam Aseel parrot beak sehingga cocok digunakan untuk ayam hiasan rumah.

Biasanya ayam Aseel yang memiliki tujuan petarung akan memiliki pukulan yang keras sehingga membuat lawannya lebih mudah untuk dikalahkan. Ayam Aseel juga memiliki kecerdasan dan insting yang tinggi sehingga ia bisa menghindari serangan lawan. Dengan kualitas dan kelebihan seperti ini, maka ayam Aseel bisa dijadikan prospek bisnis yang cukup menarik.

Baca juga: Ayam Arab

Harga Ayam Aseel

Nah sekarang kita lihat mengenai harga dari ayam Aseel ini. harga dari ayam Aseel ini tergantung dengan jenis ayam Aseel yang akan kamu beli dan juga ukurannya. Untuk tahu lebih banyak berikut ini ulasannya:

1. Harga Ayam Madras Aseel

Ayam Aseel Madras adalah ayam Aseel yang cukup mahal untuk ayam Aseel madras dengan usia 1 hingga 3 bulan biasanya akan dihargai Rp 5 juta hingga Rp 6 juta.

2. Harga Ayam Aseel Parrot

Untuk ayam Aseel parrot yang asli biasanya harganya mencapai Rp 1 juta hingga Rp 4 juta untuk anakan dengan usia 1 bulan.

3. Harga Ayam Aseel Ori

Untuk ayam Aseel original biasanya dihargai dengan Rp 1 juta hingga Rp 15 juta

4. Harga Ayam Aseel India

Untuk ayam Aseel India Punjab biasanya akan dihargai sebanyak Rp 15 juta. harga ini adalah harga yang akan dikenakan jika kamu akan membeli ayam Aseel yang sudah pernah menang.

5. Harga Ayam Parrot Beak

Untuk ayam Aseel parrot beak biasanya harganya mencapai Rp 1 juta hingga 4 juta untuk usia 1 bulan

6. Harga Anakan Ayam Aseel

Nah bagi Pins yang merasa harga ayam Aseel ini terlalu mahal, Pins bisa mencoba membeli ayam Aseel anakan. Biasanya harga anakan ayam Aseel ini berkisar Rp 10 ribu untuk tiap ekornya. Biaya harga ini adalah harga anakan di India belum termasuk biaya untuk pengiriman.

Demikianlah pengertian tentang apa itu ayam Aseel, beserta ciri dan harganya. Semoga artikel ini ermanfaat ya Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah seperti pada Villa Kebun Raya Cibinong dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download