Ayam Ganoi

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sabung adu ayam di negara Vietnam merupakan tradisi yang telah sejak lama ada hingga sekarang. Ayam aduan asal Vietnam banyak yang diminati, salah satunya adalah yang namanya Ayam Ganoi.

Ayam laga andalan ini juga telah banyak yang dikirim ke beberapa negara di luar Vietnam, yakni seperti ke negara Indonesia, dan Thailand juga ke Malaysia. Di Indonesia selain ayam Ganoi ada juga ayam asal Vietnam yang juga populer yakni ayam Saigon.

Ada pula yang menyebutkan asalnya dari Madagaskar. Ayam laga asal Vietnam tersebut memiliki ciri khasnya dan juga keunggulan serta kelemahannya masing-masing.

Ciri Ciri Ayam Ganoi Ori

Sebagai salah satu andalan ayam laga dari Vietnam maka ayam Ganoi ori memiliki ciri khas yang unik yakni tidak memiliki bulu sejak dari bagian kepalanya hingga ke batang leher dan juga mata belo atau mata kodoknya. Itulah ciri utamanya.

Ciri Ciri Ayam Ganoi Ori

1. Ayam Ganoi Ori

Begitu banyak peminat dan terkenalnya ayam Ganoi asal Vietnam ini sebagai ayam aduan namun mungkin masih banyak yang belum tahu benar dengan ciri khasnya. Berikut beberapa diantaranya.

2. Mata Kodok

Ayam Ganoi Ori itu memiliki mata belo yang menonjol keluar seperti kodok. Dengan mata yang besar sebenarnya hal ini kurang cocok bagi ayam aduan, karena makin besar risiko matanya menjadi bagian lemah yang akan bisa dilukai lawan, beda dengan mata sipit yang lebih bisa terlindung pada saat berlaga. Namun memang inilah salah satu ciri khas ayam Ganoi ori tersebut.

3. Warna Kaki Hijau

Ciri berikutnya ialah pada warna kakinya yang hijau warnanya. Ayam Ganoi dikenal sebagai petarung tangguh hingga mati yang pantang menyerah serta tak akan mudah kabur dan putus asa dari ayam lawannya.

4. Sisik Zigzag

Ciri khas ayam Ganoi ori berikutnya ialah pada adanya dua baris sisik yang berbentuk zigzag di bagian tengahnya. Jarang ditemui ayam Ganoi dengan 3 atau 4 baris sisik.

5. Badan Yang Besar

Badannya besar berotot, dan agak panjang serta memiliki dada yang tebal.

6. Tulang Yang Besar

Tulangnya juga besar, dan padat serta bobot tulangnya cukup berat, tulangnya cukup besar dan panjang kokoh dan kuat. Jadi tendangannya juga cukup kuat dengan tenaga yang dua kali lipat.

Ayam Ganoi Ori

7. Pahanya Juga Berotot

Pahanya lebih panjang dari kakinya dan berotot.

8. Bobot Cukup Berat

Bobot berat ayam Ganoi itu bisa mencapai hingga sekitar 2,8 kg sampai 5 kg

9. Jarang Bulunya

Bulunya jarang dan tidak banyak, terutama di kepala, dan leher juga pahanya. Bulunya juga kasar dan cukup rapuh

10. Kulit Merah

Kulitnya bisa berubah merah jika terkena sinar cahaya matahari dalam waktu yang lama.

Ayam Ganoi

11. Daging yang Tebal

Dagingnya juga tebal

12. Ekor Tebal Pendek

Ekornya cukup pendek, dan rapat serta agak tebal.

13. Suara Kokok yang Rendah

Suara berkokoknya cenderung dalam dan rendah

Ayam Ganoi Betina

Ayam Ganoi Betina

Guna pengembangbiakannya maka ayam Ganoi betina banyak dipelihara sebagai indukan dan harganya juga sudah cukup mahal.

Ayam Ganoi Super

Ayam petarung andalan yakni ayam Ganoi super memiliki ciri khasnya sendiri yang istimewa yakni antara lain sebagai berikut

Mental Juara Petarung

Mentalnya juga kuat, bermental baja dan tidak mudah menyerah. Cocok sebagai ayam laga yang sering bertarung dengan gagah berani.

Gaya Bertanding

Gaya tandingnya agresif menyerang. Pukulannya juga keras, dan jarang bertahan, dengan stamina yang cukup kuat dan tahan lama.

Kepala

Kepala dan bagian lehernya botak tanpa bulu.

Perbedaan Ayam Ganoi Dan Saigon

Selain ayam Ganoi juga ada ayam Saigon yang sama-sama ayam lagi berasal dari Vietnam. Berikut ini beberapa perbedaannya.

Ayam Ganoi

Cukup mirip sebenarnya ciri fisiknya sehingga akan agak sulit dibedakan bagi awam. Ayam Ganoi juga dikenal dengan bulu yang jarang dan sedikit tumbuh pada bagian kepala serta lehernya.

Ciri khas Ayam Ganoi yang utama lainnya ialah memiliki mata belo atau bentuk mata yang mencolok dan besar seperti mata kodok. Selain itu ayam Ganoi juga memiliki sisik kaki yang berwarna hijau agak kehitaman.

Lalu pada umumnya ayam Ganoi dalam gaya bertarungnya akan lebih sering kali melancarkan serangan dengan menggunakan bagian kaki serta bagian tajinya sebagai senjata utamanya.

Juga mental bertarungnya yang kualitas juara sehingga akan lebih berani berlaga di arena sabung ayam. Sifat ayam Ganoi lebih agresif jika dibandingkan dengan ayam Saigon. Juga lebih lincah pula. Sementara ayam Saigon lebih cepat lelah.

Perbedaan Ayam Ganoi Dan Saigon

Ayam Saigon

Postur tubuhnya besar dan juga kekar, dengan struktur tulangnya yang juga cukup besar dan bulat padat. Oleh karenanya dikenal dengan tendangan mautnya yang mematikannya juga dengan kemampuannya untuk menahan dan menangkis berbagai serangan dagingnya juga cukup tebal.

Hanya saja staminanya tidak bertahan lama, karena cukup besar dan sulit untuk bergerak, serta kurang cepat menghalau lawan dan akan sering sekali mendapat serangan lawan.

Harga Ayam Ganoi

Ayam petarung atau ayam laga yang istimewa yakni ayam Ganoi Ori harganya bisa mencapai jutaan Rupiah kisarannya mulai dari 1 juta Rupiah hingga 2,5 juta Rupiah.

Sedangkan harga ayam Ganoi betina sebagai ayam indukannya ialah di kisaran 300 ribu Rupiah hingga 500 ribu Rupiah. Ayam Ganoi import memang lebih mahal harganya karena dijamin ori, selisihnya bisa mencapai hingga ratusan ribu Rupiah.

Baca juga mengenai : Ayam Cochin

Cara Merawat Ayam Mangon Yang Benar

Agar ayam laga aduan bisa tumbuh kuat dan bermental juara serta siap tanding maka perlu dirawat dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

Kandang Umbaran

Beri kandang yang cukup luas dan sediakan tenggeran dengan tinggi sekitar 100 cm hingga 120 cm dari lantai.

Kandang Umbaran Ayam

Pakan yang diberikan dengan letak di dekat tenggeran sebaiknya sering dipindah-pindahkan posisinya, yakni seperti sehari di kanan, lalu sehari di kiri, agar leher ayam tidak mati sebelah.

Mandi

Cara memandikan ayam laga hanya perlu di lap dengan air saja dengan menggunakan handuk yang dicelup pada sedikit air. Lakukan pada dua kali kondisi.

Sehabis Latihan

Beberapa saat setelah latihan biarkan ayam laga beristirahat lalu mengatur nafasnya hingga normal lalu baru dimandikan. Namun sebelum cukup beri minum saja ayam laga dan tak perlu dimandikan dulu.

Sebelum Makan Sore

Lalu mandikan juga ayam laga di sore hari yakni sebelum makan sore. Maksimal 2 hari sekali saja sudah cukup dan idealnya adalah dua kali sepekan.

Juga berikan berbagai latihan untuk melatih reflek dan kewaspadaan serta mental tanding serta kesiapan ayam laga, bisa dengan jaring tabrak dan kliter atau cermin juga box lompat dan lain sebagainya.

Selain itu tentunya juga penting untuk dipenuhi gizi makanannya dan kurung ayam laga tanpa tenggeran dan perlu hentikan segala bentuk latihannya selama sepekan sebelum bertarung.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download