BlogLifestyleHobiAyam Kate
0
0

Ayam Kate

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Siapa yang tidak mengenal unggas. Jenis hewan ternak satu ini merupakan kelompok burung yang dapat dimanfaatkan baik dari daging, telur, atau bahkan bulunya. Unggas sendiri merupakan bagian dari ordo galliformes (ayam dan kalkun) serta anseriformes (bebek).

Dan saat ini unggas telah banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan yang juga diternakkan untuk menghasilkan keuntungan. Salah satunya ialah ayam kate.

Ayam katai atau ayam kate merupakan jenis ayam dengan ukuran kecil atau kerdil dalam pertumbuhannya. Meskipun dalam jenis ayam, kate diternakkan bukan dijadikan sebagai ayam pedaging dan petelur, melainkan digunakan sebagai ayam hias.

Ciri Ciri Ayam Kate

Ayam yang ditemukan pada tahun 1700-an ini umumnya memiliki ciri khas badan yang kecil, dengan ukuran tumbuh ayam dewasa hanya sebesar 500 gr keatas.

Ayam Kate

Memiliki postur badan yang tegap tidak seperti ayam pada umumnya. memiliki dada yang membusung, serta memiliki ekor yang mengembang atau mekar berbeda dengan ayam kampung biasa dengan ekor yang menutup.

Baca juga: 10 Gambar Ayam Bangkok Berkelas dan Paling Banyak Dipelihara

Perbedaan Ayam Kate dan Ayam Serama

Banyak orang awam masih bingung dalam membedakan ayam kate dan ayam serama. Pada dasarnya kate dan serama adalah satu jenis yaitu masuk jenis kate. Yang menjadi pembeda diantara keduanya adalah postur. Ayam serama termasuk kate terkecl di dunia.

perbedaan ayam kate dan serama

Konon berasal dari Negeri Jiran Malaysia memiliki postur ynag tegak hampir 90 derajat dengan dada yang membusung, dengan badan yang kecil sebesar kepalan tangan orang dewasa. Dengan bobot 350 gr, dan dapat hidup hingga umur 15 tahun.

Berbeda dengan kate biasa, yang memiliki postur biasa dengan dada lurus, badan lebih besar dengan berat sekitar 500 ke atas.

Membedakan Ayam Kate Jantan Dan Betina

Untuk dapat membedakan bentuk ayam kate jantan dan betina terdapat beberapa poin perbedaan yang dapat anda perhatikan.

Pertama dari bentuk jengger yang lebih menonjol atau sudah mulai muncul sejak kecil kendatai bentuknya masih tumpul untuk jantan, dan bentuknya lebih landai serta lambat tumbuh untuk betina.

Ayam Kate Betina

Kedua, warna jengger yang lebih kemerahan atau lebih cerah untuk jenis jantan, dan betina memiliki warna yang kusam atau tidak kemerahan.

Jenis Ayam Kate

1. Ayam kate serama

Jenis kate pertama yakni kate serama. Ayam yang dijuluki ayam sombong ini, banyak diminati masyarakat sebagai ayam hias. Dengan postur dada yang membusung, serama sering dijadikan sebagai ayam pertunjukkan yang juga dipertandingkan.

Jika anda merawat dengan baik ayam serama, anda dapat mengikutsertakan perlombaan. Semakin banyak

2. Ayam kate jepang

Kate Jepang memiliki bulu berwarna kuning keemasan degan tambahan aksen warna putih pada ujung ekor dengan jengger serta pialnya yang memiliki ukuran besar dan berwarna merah, serta memiliki kaki yang lebih pendek berwarna kuning campur jingga. Kate ini berasal dari Negara Sakura loh, sesuai dengan namanya.

3. Ayam kate batik

Sesuai dengan namanya, jenis kate ini memiliki bulu dengan corak warna layaknya batik. Pada ujung-ujung bulunya memiliki corak yang mirip dengan batik.

ayam kate batik

Memiliki bentuk garis hitam layaknya lukisan malam (lilin) pada warna bulu putih polos, membuat masyarakat menyebut kate ini sebagai kate batik.

4. Ayam kate putih

Sesuai dengan namanya jenis kate ini memiliki warna bulu putih bersih dengan tampilan warna cengger yang lebih terang atau cerah.

ayam kate putih

Kontras dengan warna bulunya, dengan tambahan corak warna hitam di bagian ujung ekornya.

5. Ayam kate ceper

ayam kate ceper

Ayam kate ceper memiliki postur kaki yang lebih pendek dibanding ayam kate biasanya. Jadi bentuknya terlihat lebih mungil.

6. Ayam kate kampong

Merupakan jenis kate biasa yang umumnya dipelihara oleh masyarakat. Bentuknya biasa dan belum disilangkan dengan ayam jenis lain. yang artinya ras asli ayam kate biasa.

7. Ayam kate Kanada

Ayam kate kanada

Jenis kate Kanada tidak berbeda jauh dengan ayam kate batik, dimana memiliki corak bulu seperti batik atau coraknya rapi dan membentuk pola dengan warna dasar bulunya perpaduan hitam dan keemasan

8. Ayam kate walik

ayam kate walik

Jenis ayam satu ini merupakan hasil persilangan antara ayam kate biasa yang dikawinkan dengan ayam walik. Persilangan tersebut menghasilkan ayam kate dengan bulu yang terbalik.

9. Ayam kate emas

Sesuai dengan namanya, kate emas memiliki warna bulu keemasan. Warnanya bulunya cenderung berkilau dan cerah.

ayam kate emas

Kate ini sering di ikutkan pertunjukan atau lomba, karena keindahan bulunya.

10. Ayam kate kapas

Ayam hias satu ini, memiliki bulu yang indah mengembang dengan folikel pada bulu yang melekat satu dengan lainnya, sehingga nampak seperti kapas.

Warna bulunya umumnya cokelat, hitam, putih. Ayam yang berasal dari China ini memiliki warna yang gelap cenderung hitam pada kulit hingga ke daging dan juga tulang.

Jenis Ayam Kate Yang Bagus

Kate dengan jenis bagus serta berkualitas yakni adalah ayam kate berbulu (jenis brahma, Conchins, dan Sultan), ayam kate tanpa bulu kaki (Yokohama, polandia, araucanas, Sisilia buttercups, dan Buck eyes), ayam kate dengan jambul mekar dan bulu kaki (jenis sebright dan rosecombs), ayam kate jambul tanpa bulu kaki (jenis leghoms, australorps, dan islans reds), dan kate pertunjukkan dengan postur badan ramping dan kaki panjang.

Cara Memelihara Dan Berternak Ayam Kate

Bagi anda yang tertarik memelihara bahkan tertarik untuk beternak, terdapat beberapa hal yang harus anda penuhi, agar ayam kate yang anda ternak dapat tumbuh dengan baik dan sehat serta mampu menghasilkan telur secara maksimal dan berkualitas

1. Harga ayam kate sepasang

Untuk bisa memelihara ayam kate, pastinya anda harus memiliki ayamnya terlebih dahulu. harga dari ayam kate sendiri berkisar dari 100 ribu hingga jutaan sepasangnya.

Tergantung dengan kualitas indukan, corak warna, serta umur ayam kate sendiri.

2. Makanan ayam kate

Faktor yang penting adalah anda menyiapkan makanan yang tepat untuk ayam kate anda. makanan untuk kate sendiri bisa berupa gabah atau padi, dedak, bekatul, dan juga berbagai jenis kacang-kacangan.

Nah, untuk anak ayam kate anda bisa memberikan campuran voer dengan irisan sayur seperti bayam, kangkung, sawi dan jenis liannya untuk membantu pertumbuhan anakan kate memperoleh protein.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan pakan sekaligus kebersihan air minumnya agar ayam anda tidak
mudah terserang penyakit

3. Pakan ayam kate

Pakan yang diberikan tidaklah berbeda jauh dengan jenis ayam pada umumnya, namun pemberian pakan pada ayam kate memiliki porsi yang lebih kecil atau sedikit.

Untuk takaran yang diberikan anda tidak perlu khawatir terlalu banyak memberikan pakan. Sebab, ayam kate akan makan jika lapar.

4. Makanan ayam kate biar cepat bertelur

Tidak ada makanan khusus untuk membuat ayam kate cepat bertelur. Anda cukup memastikan kualitas pakan baik, kondisi pakan layak atau tidak, tanggal kadaluwarsa pakan, jenis pakan yang dibutuhkan, dan pakan dengan kandungan gizi yang baik.

5. Vitamin ayam kate

Banyak sekali jenis vitamin yang dapat anda beli di toko pakan ayam atau pakan hewan seperti aminolyn, kaitong, vita chicks dan banyak lagi. Namun, beberapa sumber menyebutkan jika ayam lebih sehat jika memperoleh vitamin dari alam langsung seperti dari dedaunan, biji-bijian, serta hewan kecil. tambahan suplemen dapat anda beli di tok, seperti pakan dengan kandungan seperti BR

6. Berapa lama telur ayam kate menetas

Serupa dengan ayam jenis lainnya, ayam kate juga memiliki masa pengeraman yang membutuhkan waktu berkisar 21 hari atau 3 minggu hingga dapat menetas.

Kandang ayam kate

1. Model kandang ayam kate

Hal penting yang juga perlu disiapkan saat anda memelihara ayam kate adalah pembutaan kandang. Kandang ini difungsikan sebagai tempat tinggal nyaman yang mesti dibuat dengan baik dan juga senyaman mungkin.

Kandang Ayam Kalkun

Desain dari kandangnya sendiri beragam, anda dapat membuat kandang dengan desain seperti rumah atau juga dapat anda desain layaknya kandang ternak ayam pada umumnya.

2. Harga

Harga kandang untuk ayam kate sendiri sangatlah beragam. Tergantung dengan bahan baku pembuatan, ukuran kandang, serta desain kandang itu sendiri. Berkisar dari ratusan ribu hingga puluhan juta.

3. Ukuran kandang ayam kate

Agar lebih leluasa dalam bergerak, anda dapat membuatkan kandang dengan ukuran 80 x 100 cm. Jika anda memiliki lahan yang luas anda dapat membuatnya lebih lebar lagi atau lebih panjang.

4. Cara membuat sarang ayam kate

Untuk mempersiapkan ayam kate bertelur dan menetas, anda bisa menyiapkan sarang dengan menggunakan jerami yang dibentuk bulat yang disesuaikan dengan ukuran ayam.

5. Kandang ayam kate dari kayu

Kandang Umbaran Ayam

Kandang ayam kate satu ini umum digunakan. Berbahan dasar kayu, anda dapat memilih jenis kayu yang kuat sebagai tempat tinggal ayam kate anda

6. Kandang ayam kate sederhana

Anda bisa membuat kandang dengan bentuk layaknya kandang ayam pada umunya, seperti membentuk rumah, atau membentuk kotak biasanya.

Anda dapat membuatnya satu ruangan saja atau juga dapat membuatnya bertingkat untuk jumlah ayam dengan jumlah banyak.

7. Kandang ayam kate dari kawat

Anda juga dapat menggunakan kawat sebagai dinding kandang dan dipadukan dengan kayu atau bambu sebagai penahan kawat agar tidak lepas dan kuat.

Sistem Umbaran

Pastikan ujung-ujung dari kawat tertutup agar tidak membahayakan kondisi ayam.

8. Kandang ayam kate minimalis

Kadang minimalis memiliki bentuk yang lebih sederhana dan dapat disimpan pada space ruangan yang kecil.

Kandang Ayam Bangkok Lahan Sempit

Sehingga tidak membutuhkan banyak tempat dan pastinya lebih hemat ruangan dan mudah untuk dipindahkan.

9. Kandang ayam kate dari bamboo

Kandang ayam kate dapat menggunakan bambu sebagai pengganti kayu, jika kayu dirasa lebih mahal. Anda dapat membelah bambu menjadi beberapa bagian untuk dijadikan sebagai dinding kandang

10. Kandang ayam kate dari besi

Kandang ini memiliki bahan pembuat yang lebih kuat. Bahkan ayam memperoleh cahaya yang lebih cukup. Dan mudah untuk dipindahkan ke berbagai tempat bahkan saat anda memandikan ayam atau menjemurnya.

Baca Juga : Ternak Ayam Potong

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download