BlogLifestyleHewan PeliharaanKambing Etawa
0
0

Kambing Etawa

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kambing etawa merupakan jenis kambing yang khas di Indonesia. Sebab, kambing ini diperoleh dari hasil persilangan kambing Jamnapari dari India dan kambing lokal Indonesia. Kambing ini banyak diternakkan untuk susu dan dagingnya.

Berikut adalah beberapa tips beternak kambing etawa untuk pemula.

Ciri Kambing Etawa Super

Kambing etawa super adalah salah satu jenis kambing etawa. Seperti namanya, kambing etawa super memiliki ciri khas yaitu badan yang lebih besar dibandingkan kambing lokal.

Posturnya tinggi dengan dada yang lebar dan tulang yang besar. Telinganya juga lebih panjang. Biasanya mereka memiliki bulu berwarna putih.

Kambing Etawa Super Dewasa

Kambing etawa banyak dipelihara untuk susunya, walaupun kadang-kadang diambil dagingnya. Susu kambing Etawa dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari maag, masalah pernapasan, osteoporosis, bahkan diabetes dan kanker.

Jenis-jenis Kambing Etawa

Ada beberapa jenis kambing etawa. Contohnya adalah kambing etawa Kaligesing dan kambing etawa super. Berikut perbedaan keduanya.

1. Kaligesing

Kambing etawa Kaligesing adalah hasil persilangan antara kambing etawa super dan kambing kacang yang merupakan kambing asli Indonesia.

Kambing etawa Kaligesing

Kambing etawa Kaligesing memiliki postur berukuran sedang. Tinggi kambing jantan 90 sampai 100 cm dan beratnya mencapai 90 kg. Kambing betina memiliki tinggi 80 cm dan bobot 60 kg.

2. Super

Kambing etawa super memiliki tubuh yang jauh lebih besar daripada kambing lokal pada umumnya. Tingginya mencapai 100 sampai 120 cm. Bahkan kambing etawa super jantan bisa mencapai bobot 97 kg.

Beternak kambing etawa bisa dibilang cukup menguntungkan karena dapat menghasilkan untung yang besar. Bahkan Anda dapat memulainya dengan modal mulai dari Rp 15 juta. Harga kambing etawa dewasa bisa mencapai Rp 4-6 juta per ekor. Apalagi jika dijual saat Hari Raya Idul Adha.

Sebelum beternak, Anda membutuhkan kandang kambing, biaya sewa lahan (jika menyewa), pakan rumput, dan bibit kambing usia 3 sampai 5 bulan.

Selain itu, siapkan juga biaya untuk membersihkan kandang dan memberikan vitamin untuk kambing etawa. Harga bibit kambing etawa antara Rp 1 sampai 2 juta per kambing.

Cara Ternak Kambing Etawa Pemula

Beternak kambing membutuhkan ketelitian dan kerja keras. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam beternak kambing etawa.

1. Lahan

Kambing etawa cocok dipiara di jenis lahan apa saja. Namun sebaiknya lahan tempat kandang kambing mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, tidak tergenang air, dan terlindung dari angin langsung. Lokasi juga sebaiknya jauh dari pemukiman.

2. Membuat kandang dengan sistem kandang terkoleksi

Sebaiknya Anda menggunakan kandang dengan sistem kandang terkoleksi atau kandang dengan area tinggal hewan yang terpisah dari tempat penampungan kotoran (feses) dan urin kambing. Sistem kandang ini mempunyai beberapa keuntungan.

Keuntungan utama adalah kandang tidak berbau dan lebih bersih. Hal ini meminimalisir risiko kambing etawa terkena penyakit sehingga angka kematian kambing berkurang. Sistem ini juga sangat mudah diterapkan dan dikelola. Kandang dapat dibersihkan dengan lebih cepat.

3. Pemilihan bibit kambing

Bibit kambing etawa yang bermutu harus mempunyai badan yang besar dan kuat. Kambing tidak boleh memiliki cacat satu pun dan tubuhnya harus benar-benar sehat. Bulu kambing juga bersih dan mengkilap.

bibit kambing etawa super

Dalam memilih kambing untuk indukan, pilih kambing betina usia paling tidak 5 sampai 6 bulan. Kambing jantan sebaiknya berusia 5 sampai 8 bulan. Alat kelamin kambing juga harus berfungsi dengan baik.

4. Pakan

Kambing etawa merupakan pemakan hijauan seperti daun lamtoro dan daun nangka. Namun, mereka juga bisa makan limbah sayuran dan limbah pertanian seperti ampas tahu, ampas kedelai, sisa sayuran pasar, rumput dan daun nangka, daun mangga.

Dosis pemberian pakan idealnya adalah 3% berat badan kambing jika pakan dalam keadaan kering. Sedangkan untuk pakan basah 10% sampai 15% dari berat tubuh.

Pakan Kambing

Kambing etawa juga membutuhkan air minum sebanyak 1,5 sampai 2,5 liter setiap harinya. Pastikan bahwa air selalu tersedia dalam tempat air di kandang.

Jangan lupa untuk menambahkan air jika sudah habis dan ganti setiap hari supaya kebersihan air dan kandang terjaga.

5. Tanpa ngarit

Biasanya kebanyakan peternak menggunakan sistem ngangon dan ngarit. Ngangon artinya membawa kambing merumput di ladang. Sedangkan ngarit artinya mengarit rumput untuk pakan kambing.

Akan tetapi, cara ini tidak praktis untuk peternak pemula dengan modal yang terbatas atau peternak dengan jumlah kambing mencapai ratusan. Selain rumput hasil ngarit, ada berbagai pilihan pakan lain yang dapat Anda berikan untuk kambing. Contohnya pakan hijauan untuk kambing.

6. Perawatan

Kambing etawa perlu dirawat agar kesehatannya tetap terjaga. Selain diberi makan dan minum, kambing juga perlu diberi vitamin dan obat cacing secara teratur. Di samping itu, kambing perlu diberikan vaksin supaya tidak terkena penyakit.

Jangan lupa untuk membersihkan kandang secara teratur. Alas kandang kambing perlu disapu satu sampai dua kali seminggu. Setiap bulan, Anda juga perlu membersihkan kandang menggunakan desinfektan.

7. Pengembangbiakkan

Usia yang baik bagi kambing etawa betina untuk dikawinkan adalah 9 bulan. Biasanya kambing betina mulai birahi umur 6 bulan dan birahi selama 1 minggu setiap bulan. Namun pada usia 9 bulan resiko kehamilan dan kelahiran lebih kecil karena alat reproduksi kambing betina sudah sempurna.

Sedangkan kambing etawa jantan mulai birahi umur 6 sampai 8 bulan. Akan tetapi sebaiknya kambing jantan mulai dikawinkan umur 18 bulan.

Kambing betina mengandung selama 5 bulan. Setelah itu, ia menyusui dan menyapih anaknya selama 3 bulan. 3 bulan setelah melahirkan, betina bisa dikawinkan lagi.

Kandang Kambing Etawa Modern

Sebelum menghitung biaya pembuatan kandang, Anda perlu memikirkan seperti apa kandang dan berapa ukurannya. Kandang betina biasanya berukuran sedikit lebih kecil daripada kandang kambing jantan. Sebab kambing jantan lebih besar.

Desain Kandang Kambing

Contoh material yang biasa digunakan untuk membangun kandang kambing adalah baja ringan. Setelah menentukan ukuran kandang, kalikan dimensi kandang dengan harga per meter bahan kandang. Dari sini Anda dapat menghitung biaya pembuatan kandang.

Harga Kambing Etawa Super

Kambing etawa super adalah jenis unggulan yang cukup mahal harganya. Usia dan ukuran kambing etawa super menentukan harganya.

Harga anak kambing (cempe) etawa super dalam kisaran antara Rp 1,5-2 juta. Sedangkan bibit kambing yang siap dikawinkan biasa dijual pada harga Rp 2,5 juta sampai 3 juta.

Kambing dewasa adalah yang paling mahal, bisa mencapai harga di atas Rp 4 juta sampai 8 juta.

Baca juga : Ternak Kambing Gibas

Kesimpulan

Demikianlah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh para pemula yang ingin mulai beternak kambing etawa super. Kambing ini dapat dijual dengan harga yang mahal.

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari susu dan dagingnya. Semoga berhasil dalam usaha ternak kambing Anda.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download