BlogHome ServiceKecantikanJenis dan Ciri-ciri Tipe Kulit
0
0

Jenis dan Ciri-ciri Tipe Kulit

Dipublikasikan oleh   dan Diperbarui oleh rahman

Des 11, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tipe kulit adalah salah satu faktor penting dalam memilih produk perawatan kulit. Ada berbagai tipe kulit, seperti kulit kering, berminyak, kombinasi, dan kulit normal to dry. Setiap tipe kulit membutuhkan perawatan yang berbeda agar tetap sehat dan bersinar.

Pemahaman tentang tipe kulit sendiri sangat penting. Pasalnya, jika salah memilih produk perawatan kulit, bisa menyebabkan masalah kulit seperti iritasi, ruam, dan masalah lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tipe kulit dan memilih produk yang sesuai agar kulit tetap sehat dan bersinar. 

Tipe kulit

Struktur dan jenis kulit wajah seseorang sangat dipengaruhi oleh tiga faktor utama. Pertama, kandungan air pada kulit akan memengaruhi elastisitasnya, menjadikannya lebih kenyal atau kering.

Kedua, kandungan minyak pada kulit akan memengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit, membuatnya menjadi berminyak atau kering. Ketiga, tingkat kepekaan kulit terhadap berbagai zat atau bahan tertentu juga memainkan peran penting dalam menentukan jenis kulit.

Berdasarkan kombinasi faktor-faktor ini, jenis kulit wajah dapat dibagi menjadi beberapa kategori yang berbeda. Semua tipe kulit wajah ini tentu membutuhkan perawatan dan perhatian khusus yang berbeda. Berikut penjelasannya!

Baca juga: Ini Dia 6 Rutinitas Sehari-hari Agar Kulit Menjadi Putih

1. Kulit Normal

Kulit normal adalah tipe kulit yang memiliki keseimbangan yang baik antara kelembaban dan minyak. Efisiensi produksi minyak alami kulit membuat kulit terasa lembut dan tidak terlalu kering maupun berminyak.

Keberadaan minyak alami dalam jumlah yang baik memastikan kulit terlihat sehat dan bersinar. Tipe kulit ini sangat jarang mengalami masalah kulit seperti iritasi atau kemerahan. Selain itu, warna kulit yang merata dan pori-pori yang tidak terlalu besar menjadi ciri kulit normal.

Meskipun begitu, ada sedikit kebingungan di kalangan pemilik kulit normal karena reaksi kulit bisa berbeda-beda. Biasanya terhadap faktor-faktor seperti usia, perawatan, dan lingkungan. Ini menunjukkan betapa uniknya tipe kulit normal.

2. Kulit Kering

Tipe kulit kering memiliki beberapa faktor penyebab, termasuk lingkungan yang kering, kebiasaan mandi yang terlalu lama, dan paparan pada bahan kimia pada produk perawatan kulit. Ini juga bisa terjadi pada orang yang mengalami perubahan hormon atau menua.

Kulit kering memiliki beberapa ciri, seperti pori-pori yang sangat kecil, bercak kemerahan, dan penampilan yang kusam. Ia juga terasa ketat, memiliki garis yang lebih jelas, dan mudah gatal dan iritasi.

Ketika sangat kering, kulit bisa menjadi kasar, pecah-pecah, dan bersisik, terutama pada bagian belakang tangan dan kaki. Perawatan yang tidak tepat bisa menyebabkan peradangan dan bahkan berkembang menjadi eksim.

3. Kulit Berminyak

Tipe kulit berminyak diakibatkan oleh produksi minyak alami yang berlebihan, yaitu sebum. Sebum memiliki tugas untuk melindungi dan mempertahankan kelembaban kulit. Tipe kulit ini bisa menjadi lebih parah akibat beberapa faktor, seperti perubahan hormon, usia, dan lingkungan.

Pemilik kulit berminyak sering mengalami masalah seperti pori-pori yang besar, jerawat, komedo, dan masalah lain yang menimbulkan bercak berwarna pada kulit. Banyak area wajah tampak mengkilap karena adanya minyak berlebih.

Pori-pori yang besar tanpa perawatan yang tepat dapat menyebabkan tersumbat dan memicu breakout. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi pemilik kulit berminyak untuk mencuci wajah dua kali sehari.

Kamu juga harus menghindari scrub yang terlalu keras, dan memilih produk perawatan kulit non-komedogenik. Pilihlah varian skincare untuk wajah berminyak.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Wajah Berminyak

4. Kulit Kombinasi

Tipe Kulit Wajah

Kulit yang bertipe kombinasi adalah campuran unik dari tipe kulit yang berbeda. Beberapa area pada kulit tampak berminyak, sementara yang lain normal, kering, atau bahkan sensitif. T-Zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu, merupakan bagian wajah yang biasanya lebih berminyak.

Sementara, area sekitar mata dan mulut sering kering, dan kadar minyak pada pipi bisa bervariasi. Pemilik kulit kombinasi harus menghadapi masalah seperti pori-pori besar dan komedo, serta kulit yang tampak mengkilap.

Walaupun begitu, masalah jerawat mungkin tidak separah pada tipe kulit berminyak. Itulah sebabnya, sangat penting bagi mereka untuk memilih produk perawatan kulit yang sesuai untuk membantu mengatasi masalah kulit mereka.

5. Kulit sensitif

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang lebih rentan terhadap iritasi, kemerahan, atau reaksi alergi dibandingkan dengan kulit yang tidak sensitif. Orang dengan jenis kulit sensitif seringkali merasa gatal, terbakar, atau berubah warna ketika terpapar oleh bahan-bahan tertentu seperti produk perawatan kulit atau cuaca ekstrem.

Alhasil, orang dengan tipe kulit wajah ini memerlukan perhatian ekstra dalam memilih produk perawatan yang cocok dan menjaga kulit tetap sehat.

Tips Merawat Kulit Berdasarkan Tipe Kulit Wajah

Setelah melihat beberapa tipe kulit di atas, Pins mungkin sudah menyadari jenis kulit apa yang dimiliki. Untuk memudahkan kamu dalam menemukan perawatan yang tepat, berikut beberapa tips yang bisa diandalkan!

Baca juga: 15 Cara Perawatan Kulit Kusam

1. Kulit Normal

Pada dasarnya perawatan jenis kulit normal cenderung lebih mudah dibandingkan lainnya. Namun, tetap saja kamu harus menjaga kebersihan agar bisa terawat dengan baik dengan mengikuti beberapa tips ini:

  • Membersihkan wajah secara lembut dengan pembersih sesuai dengan jenis kulit.
  • Menghindari produk yang terlalu keras atau mengandung bahan kimia yang kuat.
  • Gunakan pelembap ringan yang cocok untuk kulit normal.
  • Lindungi kulit dari sinar matahari dengan penggunaan tabir surya setiap hari.
  • Jaga pola makan sehat, cukup tidur, dan minum air putih yang cukup
  • Hindari merokok dan mengonsumsi alkohol berlebihan.

2. Kulit kering

Tipe Kulit Wajah

Berbeda dengan jenis kulit normal, perawatan untuk pemilk kulit kering cenderung lebih khusus, seperti:

  • Pilih produk pembersih yang lembut dengan kandungan pelembap, seperti emolien.
  • Hindari produk dengan alkohol atau pewangi yang bisa membuat kulit makin kering.
  • Gunakan pelembap khusus untuk kulit kering setelah membersihkan wajah.
  • Usahakan tidak mandi terlalu lama atau cuci muka dengan air hangat yang bisa mengurangi kelembapan kulit.

3. Kulit Berminyak

Bila tipe kulit wajah yang kering tidak boleh cuci muka sering-sering dengan pilihan produk tertentu, tidak dengan kulit berminyak. Ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan ketika punya kulit berminyak, seperti:

  • Cuci muka dua kali sehari dengan sabun cuci muka yang mengandung gliserin.
  • Gunakan astringent atau toner yang mengandung bahan aktif seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan asam glikolat.
  • Pilih produk kosmetik berlabel noncomedogenic untuk menghindari penyumbatan pori-pori.
  • Pakai kertas minyak atau masker wajah khusus kulit berminyak untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah.
  • Sediakan masker alami dengan bahan seperti madu, lidah buaya, tomat, atau minyak jojoba.
  • Hindari makanan tidak sehat seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan tinggi gula

Baca juga: 20 Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

4. Kulit Kombinasi

Bagi pemilik kulit kombinasi mungkin bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan kulit wajah yang terawat:

  • Pakai produk pembersih dan pelembap yang dirancang khusus untuk kulit kombinasi, untuk mengatasi kadar minyak di zona T dan melembapkan area pipi.
  • Rutin membersihkan wajah 2 kali sehari
  • Hindari produk pembersih yang mengandung alkohol, asam salisilat, atau benzoil peroksida yang bisa membuat kulit kering.
  • Gunakan produk pembersih untuk kulit kering di area pipi dan produk khusus kulit berminyak di zona T.
  • Selalu gunakan sunblock untuk melindungi kulit dari sinar UV.
  • Pastikan selalu membersihkan make up sebelum tidur

5. Kulit sensitif

Jika Pins punya kulit sensitif dan bingung harus mulai dari mana, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu.

  • Kenali pemicu yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit.
  • Gunakan sabun wajah berbahan lembut dan membersihkannya dengan air hangat, menghindari penggosokan terlalu keras.
  • Hindari produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, asam, dan pewangi, karena dapat menyebabkan iritasi.
  • Pilih produk perawatan wajah yang mengandung bahan menenangkan seperti lidah buaya, chamomile, teh hijau, dan gandum.

Nah, itu tadi sederet tipe kulit yang wajib Pins ketahui agar kamu bisa merawat kulit wajah dengan baik. Jika masih bingung, Pins bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Baca juga: 12 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download