BlogLifestyleEdukasi8 Tips Rumah Agar Anti Maling dan Aman
0
0

8 Tips Rumah Agar Anti Maling dan Aman

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Nov 6, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi maling rumah.top-right-banner

Tips rumah anti maling merupakan informasi yang sangat penting bagi setiap pemilik rumah. Semua orang ingin merasa aman dan nyaman di rumah, dan untuk itu, menjaga rumah dari potensi ancaman seperti pencurian adalah langkah yang sangat bijak.

Keamanan rumah bukan hanya tentang memiliki sistem keamanan yang canggih, tetapi juga tentang menerapkan tindakan pencegahan sederhana yang dapat membuat rumahmu kurang menarik bagi para maling. Dalam artikel ini, ada berbagai tips rumah agar anti maling dan aman, yang dapat membantumu melindungi properti dan orang yang dicintai. Penasaran apa saja?

Sebelum melanjutkan pembahasan yang satu ini, bagi yang ingin mencari informasi tentang KPR rumah dapat melalui fitur PinValue. Dengan fitur dari Pinhome tersebut, Kamu juga dapat mencari informasi tentang Vasa Jagakarsa sebagai properti ekslusif.

Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkan alternatif seperti harga rumah di Jakarta Timur. Bahkan fitur dari Pinhome yang satu ini bisa mencari berbagai informasi terkait rumah bekas di Jakarta Selatan.

Baca juga: Pertimbangan Sebelum Pasang CCTV Di Rumah Untuk Keamanan

Apa yang Perlu Dilakukan Jika Rumah Kemalingan?

Memahami tips rumah anti maling.
Source : Freepik

Dalam kondisi yang tidak diinginkan, siapa pun bisa jadi korban rumah kemalingan, terutama jika memiliki ciri-ciri rumah rawan pencurian. Dan jika hal ini terjadi, maka perlu melakukan beberapa langkah diantaranya:

1. Hubungi Polisi

Segera hubungi pihak kepolisian setempat begitu Kamu mengetahui atau menduga bahwa rumahmu telah kemalingan. Berikan informasi sejelas mungkin tentang apa yang terjadi, termasuk detail tentang orang atau kendaraan yang mungkin terlibat.

2. Jangan Sentuh Apapun

Setelah Kamu menyadari bahwa rumahmu telah dibobol atau dicuri, hindari menyentuh atau mengganggu potensi bukti kejahatan. Dalam banyak kasus, pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan forensik untuk mengumpulkan jejak dan petunjuk yang mungkin ditinggalkan oleh pelaku.

3. Buat Daftar Barang yang Hilang atau Rusak

Lakukan inventarisasi barang-barang yang hilang atau rusak akibat pencurian. Hal ini akan membantumu dalam proses klaim asuransi dan juga dalam menggantikan barang-barang yang hilang.

4. Lindungi Akun-akun Penting dan Data Pribadi

Segera ganti semua kata sandi (password) akun-akun penting, seperti rekening bank, media sosial, dan email, untuk menghindari akses yang tidak sah. Juga, pastikan bahwa data pribadi yang sensitif, seperti dokumen identitas, tidak ikut dicuri.

5. Minta Surat Laporan Kemalingan dari Polisi

Setelah Kamu melaporkan pencurian kepada polisi, mintalah salinan surat laporan kejadian tersebut. Surat laporan ini akan diperlukan untuk proses klaim asuransi atau untuk keperluan hukum lainnya.

6. Hubungi Pihak Asuransi

Jika Kamu memiliki asuransi rumah tinggal, hubungi perusahaan asuransimu secepat mungkin untuk melaporkan kerugian dan memulai proses klaim. Sediakan semua informasi yang diperlukan, termasuk daftar barang yang hilang, bukti laporan polisi, dan dokumentasi lainnya yang diperlukan.

Baca juga: 15 Film Perampokan Terbaik, Ada Yang Berdasarkan Kisah Nyata

8 Tips Rumah Anti Maling

Pasang CCTV sebagai salah satu tips rumah anti maling.
Source : Freepik

Agar rumah tetap aman dalam kondisi apa pun, perlu tips rumah anti maling. Diantaranya adalah:

1. Pemasangan Sistem Keamanan

Cara aman agar rumah terhindar dari maling yang pertama adalah menggunakan sistem keamanan. Sistem ini bisa mencakup kamera pengawas, alarm, dan sensor gerak. Sistem keamanan ini dapat memberikan peringatan dini jika ada aktivitas mencurigakan di sekitar rumah dan memberi tahu,i atau pihak berwenang segera jika ada masalah.

2. Pintu dan Jendela yang Kuat

Pintu dan jendela yang kuat adalah pertahanan fisik pertama melawan maling. Pastikan pintu-pintu utama dan jendela-jendela dilengkapi dengan kunci dan engsel yang kuat. Juga, pastikan keduanya terbuat dari bahan yang tahan terhadap usaha pemasukan paksa yang semakin bagus jika ditambahkan pagar anti maling.

3. Pemasangan Penutup Jendela

Pemasangan penutup jendela, seperti tirai atau penutup tirai, dapat membantu menjaga privasi rumah. Ini juga menghalangi potensi maling dari melihat barang berharga yang mungkin ada di dalam rumah serta tambahkan model teralis jendela yang aman.

4. Perawatan dan Pemeliharaan Tampilan Rumah

Tampaknya perawatan rumah yang baik dapat memberikan kesan bahwa rumah dijaga dengan baik dan dihuni secara aktif. Ini dapat menjadi deteren untuk maling yang mencari rumah yang tampak ditinggalkan atau kurang terawat.

5. Pencahayaan Eksterior

Pencahayaan eksterior yang baik di sekitar rumah adalah cara yang efektif untuk mencegah maling. Pilih pencahayaan yang mencakup area pintu masuk, jalan masuk, dan sudut-sudut gelap di sekitar rumah. Pencahayaan ini akan membuat rumah tampak lebih aman dan juga membuat maling merasa tidak nyaman jika mereka berusaha mendekat.

6. Jangan Biarkan Rumah Tampak Kosong

Ketika bepergian, pastikan rumah tidak tampak kosong. Kamu dapat meminta tetangga atau teman untuk menjaga tampilan rumah dengan menjemput surat, mengganti lampu, atau bahkan parkir mobil di luar. Ini dapat memberikan kesan bahwa rumah dihuni dan menjaga maling menjauh.

7. Jaga Hubungan dengan Tetangga

Berhubungan baik dengan tetangga adalah langkah penting dalam menjaga keamanan rumah. Mereka dapat memberi tahumu jika mereka melihat aktivitas mencurigakan di sekitar rumahmu, dan Kamu dapat melakukan hal yang sama untuk mereka. Membangun komunitas yang saling peduli dan berkoordinasi adalah kunci untuk keamanan yang lebih baik.

8. Simpan Barang Berharga dengan Aman

Simpan barang berharga untuk tips rumah anti maling.
Source : Freepik

Barang berharga seperti perhiasan, uang, dan barang berharga lainnya sebaiknya disimpan dengan aman. Kamu dapat menggunakan brankas atau tempat penyimpanan tersembunyi untuk menyimpan barang-barang berharga ini. Ini akan menjaga mereka dari jangkauan maling jika mereka berhasil masuk ke dalam rumah.

Itulah berbagai tips rumah agar anti maling serta aman. Gunakan kombinasi antara sistem keamanan modern dan pencegahan tradisional. Selamat mencoba!

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download