BlogHome ServiceRelaksasi4 Cara Gerakan Serta Titik Pijat Sakit Tulang Ekor
0
0

4 Cara Gerakan Serta Titik Pijat Sakit Tulang Ekor

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ada banyak penyebab sakit tulang ekor, bisa karena posisi duduk yang salah dalam waktu lama, beraktivitas berlebihan, ataupun dalam kondisi setelah melahirkan. Namun, ada banyak pula cara untuk mengatasinya, salah satunya adalah mengetahui titik pijat sakit tulang ekor.

Rasa sakit tersebut,  jika tidak diatasi segera dengan cara yang benar akan lebih lama untuk disembuhkan dan menimbulkan rasa tidak nyaman berkepanjangan. Berikut Pinhome sajikan penyebab sakit tulang ekor serta gerakan titik pijat yang bisa Pins lakukan di rumah. 

Penyebab Sakit Tulang Ekor

Ada baiknya Kamu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya agar bisa diobati atau diatasi dengan berbagai gerakan maupun titik pijat yang tepat. Penyebab paling sering terjadi adalah karena terjatuh dalam posisi duduk di permukaan keras seperti lantai atau aspal.

Namun, cedera juga bisa terjadi ketika duduk di kursi keras ataupun mengalami benturan yang kencang. Seperti pesepeda, ada baiknya selalu memperhatikan posisi duduk yang tepat karena gesekan berulang saat bersepeda bisa mengakibatkan sakit pada tulang belakang.

Ibu yang baru melahirkan bayi juga rentan mengalaminya, hal tersebut terjadi jika tulang terluka atau retak bahkan patah pada proses melahirkan. Penyebab lainnya yang sebaiknya diperiksa lebih lanjut adalah karena saraf terjepit, infeksi maupun adanya benjolan atau tumor.

Baca Juga: Cara Memesan Jasa Pijat (Massage) di Aplikasi Pinhome

4 Cara Gerakan Atasi Sakit Tulang Ekor

Sebagai perawatan dan penanggulangan sakit, kamu bisa melakukan gerakan sederhana di rumah, Pins. Berikut adalah beberapa gerakannya:

Pose Busur Panah (Bow Pose)

Gerakan ini cukup mudah dilakukan di rumah dan menjadi pose umum di yoga. Meski terlihat sederhana, lakukan perlahan karena cukup intens menggunakan kemampuan mengangkat beberapa bagian tubuh. Gerakan ini juga dianggap mampu memperkuat otot punggung, tendon dan tulang ekor bersamaan.

Cara Bow Pose: 

  • Tengkurap di atas lantai yang telah dilapisi matras. 
  • Tekuk lutut ke arah atas, sementara kedua tangan memegang pergelangan masing-masing kaki 
  • Setelah tangan berhasil menggapai pergelangan kaki, tarik napas sambil gerakkan kaki dan tangan ke arah atas.
  • Tarik ke arah atas setinggi mungkin sampai dada terangkat lebih tinggi
  • Tahan napas hingga 3-5 hitungan, lalu kembali ke posisi tengkurap perlahan.
  • Ulangi gerakan sebanyak 3-5 kali

Pose Berlutut Psoas (Kneeling Psoas Stretch)

Jika Kamu sering duduk dalam waktu yang lama seperti bekerja WFH di depan komputer atau laptop, mengerjakan tugas dan sebagainya, coba lakukan gerakan berlutut yang satu ini. Caranya juga simpel namun bisa membuat otot sekitar pinggul yang dekat dengan tulang ekor menjadi lentur sehingga nyeri pun akan berkurang.

Psoas sendiri adalah salah satu nama otot yang ada di tubuh kita. Psoas ini letaknya sebenarnya jauh di dalam tubuh kita, namun kerap bekerja cukup keras karena untuk mendekatkan paha dengan tubuh terutama ketika duduk dan berjalan.

Cara Kneeling Psoas Stretch:

  • Berlutut tetapi badan tetap tegak
  • Satu kaki yang berlutut lurus ke arah depan, sementara kaki yang ke belakang juga diluruskan sambil ujung kaki diluruskan pula seperti kaki balerina
  • Posisi tubuh harus benar-benar tegak dan tulang belakang juga dalam posisi lurus. Jika dilakukan dengan benar, Kamu bisa merasakan adanya tarikan otot di bagian tulang belakang bagian bawah dan pada bagian paha depan.
  • Taruh tangan di pinggul untuk menjaga keseimbangan
  • Jika dirasa kurang nyaman terutama di bagian lutut yang menempel di lantai, selipkan handuk atau bantal tipis di bawahnya.
  • Tahan posisi ini selama 20-30 detik.
  • Ulangi posisi untuk kaki satunya lagi.

Baca Juga: Pelajari 8 Titik Refleksi Tangan untuk Meredakan Beragam Penyakit

Pose Segitiga (Triangle Pose)

Posisi segitiga akan cukup menantang tetapi memiliki banyak manfaat karena banyak peregangan dan membuat otot-otot di tubuh bekerja sehingga lebih lentur. Salah satu pose favorit dalam beryoga ini menguatkan tulang pinggul dan paha belakang sehingga tulang ekor akan lebih stabil.

Cara Triangle Pose:

  • Buka kaki selebar mungkin, jaga tetap lurus dan tidak menekuk di bagian lutut.
  • Tegakkan posisi tubuh, rentangkan tangan ke samping sejajar bahu.
  • Perlahan miringkan tubuh, misal ke arah kanan sambil kaki kanan lurus ke depan sekarang.
  • Miringkan tubuh ke arah kanan sambil tangan kanan memegang pergelangan kaki kanan dengan memegangnya dari depan, bukan dari belakang pergelangan kaki.
  • Jika tidak mampu menggapai pergelangan kaki, raihlah bagian kaki semampunya namun jaga kaki tetap lurus dan tidak menekuk.
  • Tahan posisi ini selama 5-7 kali napas
  • Ulangi untuk sisi satunya.

Peluk Satu Lutut (Single Knee Hug)

Selain otot psoas, ada dua otot lain yang sering bermasalah di daerah tulang ekor, yaitu otot piriformis dan iliopsoas. Namun, sakit pada bagian ini bisa diatasi dengan gerakan super mudah.

Cara Single Knee Hug:

  • Berbaring di lantai atau matras tipis.
  • Tekuk satu lutut ke arah dada sambil dipegang oleh tangan, sementara kaki satu tetap lurus atau boleh menekuk di bagian lutut.
  • Pegang lutut yang tertekuk dan tarik sedalam mungkin ke arah dada.
  • Tahan pose ini selama 30 detik, dan lakukan untuk kaki satunya.

Titik Pijat Sakit Tulang Ekor

Selain gerakan-gerakan di atas, ada pula cara mengurangi sakit tulang ekor dengan mengetahui titik pijat yang dilakukan melalui pijat refleksi atau akupresur (acupressure). Metode satu ini sering jadi alternatif favorit mengatasi sakit tulang ekor karena dianggap berisiko rendah dan paling aman meredakan rasa sakit.

Berikut adalah titik-titik untuk meredakan sakitnya:

  • Lambung (stomach) 36: Letaknya ada di jarak 4 jari di bawah tempurung lutut. Titik ini juga mampu mengurangi stres dan kelelahan.
  • Kantung empedu (gallbladder) 21: Letak titik ini ada di antara bagian atas leher dan bahu.
  • Limpa (spleen) 6: Terletak di kaki bagian dalam, lebih tepatnya di atas pergelangan kaki.
  • Pericardium 6: Letaknya selebar tiga jari di bagian dalam pergelangan tangan. Selain sakit tulang ekor, pijatan di titik ini bisa meredakan sakit kepala.
  • Usus besar (large intestine) 6: Temukan otot penyambung ibu jari dan telunjuk tangan bergabung dan lakukan pijatan di otot ini
  • Usus besar (large intestine) 10: Letaknya di sisi depan siku. Tekan-tekan berulang pada titik ini.

Demikian cara gerakan serta titik pijat sakit tulang ekor, semoga dapat membantu kamu agar lebih sehat dan nyaman ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

Sumber Featured Images: chirocareflorida

Baca Juga: Coba Titik Refleksi Kaki untuk Asam Lambung Ini


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome


Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download