BlogHome ServiceRelaksasiResep MasakanLakukan Titik Refleksi Pinggang Kecetit dengan Benar Seperti Ini!
0
0

Lakukan Titik Refleksi Pinggang Kecetit dengan Benar Seperti Ini!

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Istilah pinggang kecetit biasanya mengacu pada keluhan rasa nyeri di persendian area pinggang. Salah satu cara meredakan rasa nyeri ini adalah dengan melakukan titik refleksi pinggang kecetit.

Secara medis, rasa nyeri pada bagian pinggang atau lower back pain dapat diredakan dengan obat pereda nyeri. Umumnya obat pereda nyeri dapat membantu menghilangkan keluhan sakit pinggang dalam waktu singkat.

Namun, buat kamu yang ingin mengurangi konsumsi obat-obatan, pijat refleksi pinggang kecetit bisa jadi alternatif yang patut dicoba.

Baca juga:

Redakan Nyeri Dengan Titik Refleksi Pinggang Kecetit

titik refleksi pinggang kecetit
Source : Freepik

Kendati belum ada studi ilmiah tentang efek titik refleksi pinggang kecetit, sudah banyak yang membuktikan keampuhan pijat. Bukan hanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia, pijat juga diterapkan oleh berbagai negara lain, mulai dari Thailand, China, hingga Swedia.

Pijat refleksi sendiri didasarkan pada pengobatan tradisional China, begitu juga pijat akupresur. Baik pijat refleksi maupun akupresur memiliki landasan bahwa titik-titik tertentu terhubung dengan organ tubuh lainnya.

Karenanya, melakukan pijatan dapat menstimulasi organ-organ yang bermasalah sehingga dapat meredakan keluhan yang dirasakan.

Begitu pula dengan pinggang kecetit, melakukan pijatan pada titik refleksi pinggang kecetit dapat membantu otot-otot terasa lebih rileks. Alhasil, peredaran darah menjadi lancar, tubuh menjadi relaks, dan rasa nyeri pun berkurang.

Namun, pijatan titik refleksi pinggang kecetit harus dilakukan dengan benar agar dapat meredakan nyeri. Pasalnya, pijatan yang sembarangan justru bisa berisiko memperparah kondisi sakit pinggang.

Lantas, bagaimana cara pijat pinggang kecetit yang benar?

Baca Juga:

Cara Memijat Titik Refleksi Pinggang Kecetit

Source : Freepik

Ketika merasakan nyeri persendian pada bagian tubuh mana pun, refleks kita adalah menyentuh area tersebut. Terkadang tanpa pikir panjang, kita pun memijat area tersebut untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman.

Nah, memahami cara pijat titik refleksi pinggang kecetit yang benar dapat membantumu untuk memberikan hasil yang lebih baik. Di samping itu, teknik pijat yang benar juga mengurangi risiko memperparah pinggang kecetit.

Persiapan Pijat Pinggang Kecetit

titik refleksi pinggang kecetit
Source : Freepik

Saat melakukan pijat titik refleksi pinggang kecetit, kamu harus sabar dan melakukannya secara konsisten. Pasalnya, pengobatan alternatif memang tidak dapat memberikan dampak instan layaknya obat pereda nyeri.

Saat hendak melakukan pijat titik refleksi pinggang kecetit, lakukan persiapan sebagai berikut:

  • Luangkan waktu beberapa menit di antara kesibukanmu. Pastikan kamu tidak terganggu pada saat melakukan pijatan. Kalau perlu, matikan gadget untuk meminimalkan distraksi.
  • Posisikan diri senyaman mungkin. Kamu bisa duduk ataupun berbaring di posisi yang membuatmu relaks. Pilihlah tempat yang memiliki privasi agar kamu tidak perlu cemas akan gangguan eksternal.
  • Tenangkan diri dan tarik napas dalam-dalam. Bila perlu, gunakan essential oil diffuser atau aromaterapi untuk membantumu relaks. Kamu juga bisa menyalakan musik yang menenangkan seperti rekaman suara gemercik air atau deburan ombak.
  • Siapkan minyak pilihan sebagai pelumas saat memijat. Kamu bisa menggunakan minyak urut beraroma khas, minyak kayu putih, minyak zaitun, ataupun VCO (virgin coconut oil). Alternatifnya, kamu bisa menggunakan lotion, jadi kamu bisa memijat sekaligus merawat kesehatan kulit, deh!

Baca Juga:

Titik Refleksi di Pinggang

Source : Pikiran Rakyat

Ada beberapa titik refleksi untuk meredakan pinggang kecetit, dan salah satunya berada di pinggang bagian belakang. Kamu bisa menemukan titik ini dengan cara meletakkan tangan di kedua sisi pinggang dengan posisi jempol di bagian belakang.

Cara memijatnya adalah dengan melakukan gerakan secara memutar. Pijatnya area ini selama lima detik, kemudian ulangi sampai tiga kali atau lebih.

Saat melakukan pijatan, awali dengan pijatan lembut terlebih dahulu. Lambat laun kamu bisa menambah kekuatan tekanan saat memijat asalkan tidak menimbulkan rasa sakit berlebihan.

Baca Juga:

Titik Refleksi di Tangan

titik refleksi pinggang kecetit
Source : Freepik

Titik refleksi pinggang kecetit yang kedua bisa kamu temukan di telapak tangan, tepatnya di antara jari telunjuk dan ibu jari. Saat melakukan pijatan pada titik ini, ada baiknya kamu berbaring untuk mendapatkan efek yang optimal.

Cara memijatnya adalah dengan mencubit titik ini menggunakan ibu jari dan jari telunjuk pada tangan lainnya. Lakukan pijatan selama beberapa detik, kemudian lepaskan dan ulangi 4 hingga 5 kali.

Lakukan pijatan yang sama pada telapak tangan lainnya.

Titik Refleksi di Kaki

Source : Freepik

Titik refleksi pinggang kecetit selanjutnya ada di telapak kaki. Titik ini terletak sekitar 2 jari di atas lekukan antara jempol kaki dan jari kaki kedua.

Saat berbaring, tekuk lutut pada salah satu kakimu kemudian lakukan pijatan dengan ibu jari atau jari telunjuk. Lakukan selama beberapa menit, kemudian ulangi pada kaki yang lain.

Pijatan ini bisa kamu lakukan beberapa kali dalam sehari. Yang perlu diingat, kamu mungkin tidak akan merasakan nyeri pinggang langsung hilang setelah dipijat. Namun, melakukan pijat dengan teratur dapat membantu mengurangi nyeri.

Baca Juga:

Kapan Harus Periksa Ke Dokter?

titik refleksi pinggang kecetit
Source : Freepik

Pinggang kecetit umumnya disebabkan oleh otot tegang, kurang gerak, ataupun aktivitas yang terlalu berat.  Dengan melakukan pijatan sederhana, kamu bisa meredakan ketegangan otot sedikit demi sedikit. Alhasil, otot menjadi lebih relaks dan rasa nyeri berangsur-angsur mereda.

Kendati demikian, pinggang kecetit juga kerap dihubungkan dengan saraf kejepit dan masalah kesehatan lainnya. Karenanya, tidak semua kasus pinggang kecetit bisa diatasi dengan pijat.

Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat jika kamu mengalami keluhan seperti ini:

  • Rasa sakit tidak mereda setelah melakukan pijat refleksi pinggang kecetit berkali-kali
  • Pinggang kecetit disertai dengan kesemutan dan mati rasa
  • Pinggang kecetit sering kambuh sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari
  • Pinggang kecetit disertai dengan gangguan kandung kemih sehingga kesulitan mengontrol buang air
  • Pinggang kecetit disertai sulit menggerakkan kaki
  • Mudah menjatuhkan barang atau sulit menggenggam.

Dokter akan melakukan diagnosis serta melakukan rangkaian pengobatan sesuai penyakit yang diderita.

Namun, sebagai langkah awal pijat refleksi pinggang kecetit cukup efektif meredakan nyeri pada sakit ringan. Selain itu, Pins juga disarankan untuk melakukan istirahat yang cukup. Semoga lekas sembuh, ya.

Nah, itu tadi titik pijat yang bisa kamu stimulasi saat pinggang kecetit. Jika tubuh merasa lelah dan butuh relaksasi, Pins bisa pesan layanan Massage dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome.

Ada berbagai jenis pijat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan badan Pins, ya. Download aplikasi Pinhome di sini.

Baca Juga:

Featured Image Source: Pewarta-Indonesia.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download