BlogHome ServiceRelaksasi6 Titik Refleksi Sakit Panggul yang Perlu Kamu Ketahui
0
0

6 Titik Refleksi Sakit Panggul yang Perlu Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Nyeri panggul bisa dialami oleh pria maupun wanita dan umumnya risiko sakit pinggul meningkat seiring usia. Jika kamu mulai merasakan gejalanya, melakukan pijatan pada titik refleksi sakit panggul bisa membantu meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan.

Pijat refleksi sakit panggul tergolong aman dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, kamu harus tahu dulu titik refleksi yang tepat agar merasakan dampak yang maksimal.

Baca Juga:

Penyebab Nyeri Panggul

Source : Alodokter

Nyeri pinggul bisa dirasakan di berbagai area, seperti bagian luar pinggul, dalam sendi pinggul, ataupun di dekat bokong. Rasa nyeri ini bisa disebabkan oleh gangguan pada jalur syaraf panggul yang terbentang sampai belakang kaki.

Namun, tidak menutup kemungkinan nyeri panggul disebabkan oleh faktor lain. Beberapa penyebab sakit pinggul antara lain:

Persendian Menekan Syaraf Panggul

Sendi yang menonjol dan menekan syaraf panggul akan menimbulkan rasa nyeri. Hal ini bisa disebabkan oleh pergeseran piringan sendi maupun pertumbuhan tulang yang tak wajar.

Penyempitan Jalur Syaraf

Jalur syaraf yang menyempit juga bisa menimbulkan rasa nyeri, terutama syaraf pada tulang belakang bagian bawah.

Bursitis (Radang Kandung Lendir)

Peradangan pada kantung berisi cairan yang mengelilingi sendi panggul dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri.

Tendinitis

Penderita tendinitis sendi panggul sering merasa nyeri panggul dan nyeri di pantat.

Radang Sendi (Arthritis)

Osteo arthritis dan rheumatoid arthritis juga dapat menyebabkan nyeri panggul. Osteo arthritis terjadi akibat kerusakan pada tulang rawan di sekitar sendi pinggul. Adapun rheumatoid arthritis meliputi rasa nyeri, kemerahan, panas, dan pembengkakan pada sendi pinggul.

Cedera

Sebanyak 99% cedera pada area pinggul disebabkan oleh jatuh sehingga menimbulkan cedera pada cincin tulang rawan yang mengelilingi sendi panggul. Keseleo dan ketegangan otot juga dapat menyebabkan nyeri pinggul.

Baca Juga:

Pijat Refleksi Untuk Mengurangi Rasa Nyeri

Source : Dreamstime.com

Pijat refleksi atau pijat akupresur merupakan teknik pengobatan tradisional Tiongkok yang sudah dikenal selama ribuan tahun. Manfaatnya telah dirasakan oleh banyak orang dan efisiensinya dibuktikan dalam penelitian ilmiah.

Salah satunya yaitu sebuah kajian studi tahun 2011 yang dipublikasikan pada Journal of Pain and Symptom Management.

Dari analisis terhadap empat puluh tiga studi, diketahui bahwa metode akupresur efektif untuk membantu meredakan berbagai keluhan. Sebut saja gejala mual dan muntah selama kehamilan maupun kemoterapi.

Akupresur juga diketahui efektif untuk membantu meredakan nyeri pada pasien yang menderita dismenore, nyeri persalinan, dan nyeri setelah cedera.

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa akupresur efektif untuk membantu memulihkan rasa lelah dan mengurangi insomnia.

Sementara itu, efektivitas pijat refleksi atau akupresur untuk nyeri panggul didukung oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam International Journal of Nursing Education 2017.

Menurut penelitian tersebut, akupresur diketahui sangat efektif dalam mengurangi nyeri sendi lutut dan pinggul pada kelompok usia tua.

Titik Refleksi Sakit Panggul

titik refleksi sakit panggul
Source : Pixabay

Kalau kamu mengalami sakit pinggul, ini dia beberapa titik refleksi yang bisa kamu pijat untuk membantu meredakan nyeri:

  • Bagian tengah punggung
  • Belakang betis
  • Lekukan dengkul kaki bagian belakang
  • Punggung kaki, di depan tumit
  • Samping bokong kanan dan kiri
  • Samping kaki, di bawah tumit

Sebagian besar titik refleksi sakit panggul di atas mudah dijangkau dengan tangan sendiri. Jadi, kamu bisa melakukan terapi pijat sendiri.

Meski begitu, tidak ada salahnya meminta bantuan terapis ataupun anggota keluarga lain untuk membantu memijat. Yang penting, lakukan pijatan dengan teknik yang benar agar tidak memperparah cedera atau rasa nyeri.

Baca Juga:

Teknik Pijat Titik Refleksi Sakit Panggul

Source : Unsplash

Setelah mengetahui titik refleksi untuk sakit panggul, kini saatnya mempraktikkan pijat refleksi yang benar. Ini dia beberapa tipsnya.

Posisikan Diri Senyaman Mungkin

Pijat titik refleksi bisa kamu lakukan di mana saja, baik di rumah, di kantor, maupun di klinik terapi. Sebelum memulai pijatan, posisikan diri senyaman mungkin agar kamu relaks.

Bila memungkinkan, gunakan essential oil atau aroma terapi guna menciptakan nuansa yang menenangkan. Adapun untuk memijat, kamu bisa menggunakan minyak pijat khusus ataupun lotion pilihan.

Pijat Dengan Gerakan Memutar

Setelah memosisikan diri dengan nyaman, temukan titik refleksi untuk sakit panggul kemudian gunakan jari untuk memijat. Lakukan pijatan minimal 1 menit dengan tekanan yang sedang dan gerakan memutar.

Lakukan Tiga Kali Sehari

Tidak ada patokan waktu khusus untuk melakukan pijat titik refleksi. Kamu bisa melakukannya kapan saja kamu ada waktu.Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal, pijat refleksi idealnya dilakukan tiga hari sekali pada tahap awal.

Lakukan pijatan secara rutin selama 3 hari berturut-turut. Selanjutnya, kamu bisa mengurangi intensitas pijat menjadi 1 kali dalam sehari.

Baca Juga:

Cara Meredakan Nyeri Lebih Cepat

titik refleksi sakit panggul
Source : Freepik

Selain melakukan pijat titik refleksi sakit panggul, kamu juga bisa membarengi perawatan dengan cara-cara berikut ini.

Kompres Dengan Es

Simpel, kamu bisa mempercepat pemulihan nyeri pinggul dengan menempelkan es pada area yang sakit selama sekitar 15 menit.

Lakukan Streching (Peregangan)

Melakukan peregangan secara rutin dapat melatih elastisitas persendian. Di samping itu, stretching juga dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas sendi.

Istirahat dan Hindari Aktivitas Berat

Untuk mempercepat proses penyembuhan, kamu disarankan untuk beristirahat setidaknya 24 hingga 48 jam.

Jika memang tidak memungkinkan untuk beristirahat total, kamu harus berhati-hari saat beraktivitas. Usahakan untuk menghindari aktivitas berat yang bisa memicu rasa sakit.

Nah, itulah beberapa titik refleksi sakit panggul  serta tips meredakan nyeri pinggul lebih cepat. Jika rasa sakit tidak kunjung berkurang atau justru semakin parah, jangan ragu untuk mengunjungi dokter ya.

Jika tubuh merasa lelah dan butuh relaksasi, Pins bisa pesan layanan Massage dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome. Ada berbagai jenis pijat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan badan Pins. Download aplikasi Pinhome di sini.

Baca Juga:

Featured Image Source: Tuanpijat.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Temukan juga berbagai penawaran properti rumah di Kota Tangerang dengan fasilitas dan harga yang menarik.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download