BlogHome ServiceRelaksasiIkuti 3 Titik Refleksi untuk Atasi Vertigo
0
0

Ikuti 3 Titik Refleksi untuk Atasi Vertigo

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jika Pins sering merasa pusing berputar-putar secara tiba-tiba, bisa jadi ini tanda vertigo. Penyakit ini mampu membuatmu kehilangan keseimbangan bahkan hingga terjatuh. Salah satu solusinya adalah dengan pijat titik refleksi vertigo.

Pijat titik refleksi sakit kepala vertigo bisa dilakukan secara mandiri maupun bertemu dengan terapis. Durasi pemijatan tidak lama hanya sekitar beberapa menit saja.

Walaupun demikian dampak dari pijat refleksi ini sangat besar. Paling tidak mengurangi gejala vertigo khususnya sakit kepala. Yuk simak informasi selengkapnya terkait titik refleksi sakit kepala vertigo dibawah ini!

Penyebab Vertigo

titik refleksi sakit kepala vertigo
Source : Pexels

Sebelum memahami titik refleksi sakit kepala vertigo, baiknya ketahui dulu penyebab penyakit ini. Selain itu, vertigo melibatkan ketidakseimbangan pada telinga bagian dalam. 

Menurut Medical News Today, vertigo disebabkan oleh 6 faktor. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Labirinitis

Istilah ini digunakan untuk gangguan infeksi yang terjadi pada radang labirin tengah bagian dalam. Terdapat saraf vestibulocochlear yang berguna mengirimkan informasi ke otak terkait gerakan kepala, suara dan posisi.

Kolesteatoma

Vertigo dapat disebabkan oleh pertumbuhan kulit non kanker yang ada di telinga tengah. Umumnya dikarenakan infeksi berulang. 

Ketika tumbuh di area belakang gendang telinga mampu merusak struktur tulang telinga tengah. Hal ini menyebabkan pusing berputar dan gangguan pendengaran.

Neuritis Vestibular

Infeksi ini terjadi akibat peradangan saraf vestibular. Sarafnya mirip sekali dengan labirin namun tidak mempengaruhi pendengaran seseorang. Walaupun demikian mampu membuat penglihatan kabur. 

BPPV

BPPV adalah singkatan untuk Benign paroxysmal positional vertigo. Umumnya terjadi sensasi pergerakan sejenak karena pergerakan kepala yang tiba-tiba.

Pada penderita BPPV, periode vertigo berlangsung selama satu menit. Diawali dengan mual. Pada BPPV akan ada kristal terlepas dan jatuh ke saluran setengah lingkaran.

Di tempat ini kristal akan menyentuh sel-sel rambut sensorik pada kupula kanalis selama gerakan. Kristal ini sendiri terbentuk dari telinga bagian tengah.

Meniere

Pada usia 40-60 tahun kondisi medis cenderung menurun dan rentan terkena penyakit meniere. Meniere sendiri disebabkan oleh penumpukan cairan di telinga bagian dalam.

Faktor Lain

Vertigo dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain. Misalnya adanya penyakit dalam yang diderita. Contohnya tumor otak, otosklerosis, sipilis, penyakit serebelar atau stroke.

Selain itu gangguan kecemasan, migrain, operasi telinga dan cedera kepala juga turut menyebabkan vertigo.

Baca Juga : 5 Trik Pijat Refleksi untuk Segala Penyakit

Gejala Vertigo

Gejala vertigo mudah sekali dikenali. Diantaranya bisa Pins simak dibawah ini :

  • Mudah berkeringat
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Pusing hingga membuat lingkungan sekeliling terus berputar-putar
  • Tubuh menjadi tidak seimbang bahkan membuat Pins jatuh
  • Telinga mulai berdengung
  • Telinga terasa bergemuruh atau penuh
  • Bola mata bergerak tanpa terkendali

Gejala setiap pasien tak jarang lebih dari diatas tergantung dengan tingkat keparahan kondisinya. Selain itu penyebab dasar penyakit juga mempengaruhi gejala vertigo yang dialami.

Titik Refleksi Sakit Kepala Vertigo

titik refleksi sakit kepala vertigo
Source : Pexels

Ada titik refleksi vertigo yang bisa Pins coba untuk mengatasi vertigo. Titik ini dilansir oleh sebuah studi pada American Journal of Public Health.

Feng Chi

Teknik Feng Chi dikenal pula dengan GB20. Posisinya berada di bagian belakang kepala. Tepat di bawah dasar tengkorak yakni cekungan antara dua otot leher. 

Pins bisa menekan titik ini beberapa menit. Memijat posisi ini juga mampu mengatasi masalah kelelahan dan insomnia.

Third Eye

Titik pijatan selanjutnya adalah third eye atau dikenal pula dengan GV 24.5 atau Yin Tang. Letaknya diantara kedua alis dimana tempat bertemu pangkal hidung dengan dahi.

Pijat area ini dengan gerakan atas bawah beberapa menit. Sakit kepala yang dialami bisa langsung hilang setelahnya.

Union Valley

Titik pijat terakhir adalah union valley atau dikenal dengan He Gu (LI4). Posisinya berada diantara jempol dan jari telunjuk tangan.

Selain mengatasi sakit kepala juga mampu meredakan rasa nyeri di bagian wajah. Contohnya saja nyeri leher dan sakit gigi.

Baca Juga : 10 Titik Refleksi Kaki Kanan dan Kiri yang Mampu Atasi Masalah Kesehatan

Cara Mencegah Vertigo

titik refleksi sakit kepala vertigo
Source : Pexels

Vertigo bisa sembuh dengan sendirinya dengan perubahan gaya hidup. Bila tidak dirawat dengan baik, vertigo bisa berulang. Intensitasnya tergantung dari kesehatan dan tingkat keparahan penyakit yang dialami.

Ada beberapa cara sederhana untuk mencegah vertigo kambuh. Pins bisa menyimak ulasannya dibawah ini!

Kurangi Asupan Garam

Bagi mereka yang mengidap penyakit meniere dapat mengurangi asupan garam. Tiga gejala dari penyakit ini adalah telinga berdengung, gangguan pendengaran dan vertigo.

Asupan garam tinggi mampu menambah tekanan endolimfatik. Hal ini mampu memperparah serangan meniere.

Aktif Bergerak

Bagi penderita BPPV khususnya bagi orang tua dapat aktif bergerak. Aktivitas fisik yang tinggi menunjukan menurunkan resiko vertigo terulang bagi  wanita.

Hindari Posisi Pemicu Vertigo

Bagi penderita BPPV kurangi menempatkan kepala pada posisi yang memicu vertigo. Jangan menggerakan kepala secara tiba-tiba.

Kontrol Kolesterol dan Tekanan Darah

Kurangi makanan kolesterol atau menaikan tekanan darah. Hal ini juga mampu mengurangi resiko terkena stroke. Hindari minum alkohol dan berhenti merokok.

Jalani Gaya Hidup Sehat

Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Rutin berolahraga dan tidur yang cukup. Kurangi junk food dan konsumsi makanan sehat dan seimbang.

Bagaimana mudah bukan pijat  pijat titik refleksi vertigo diatas?

Baca Juga : 13 Titik Refleksi Ketika Haid Tidak Teratur

Nah, itu tadi titik pijat yang bisa kamu stimulasi saat merasa vertigo. Jika tubuh merasa lelah dan butuh relaksasi, Pins bisa pesan layanan Massage dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome. 

Ada berbagai jenis pijat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan badan Pins, ya. Download aplikasi Pinhome di sini.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download