BlogHome ServiceRelaksasiEfektif Redakan Sakit dengan Titik Totok Punggung
0
0

Efektif Redakan Sakit dengan Titik Totok Punggung

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Totok punggung atau disingkat topung adalah pengobatan pijat tradisional asal Tiongkok yang telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Pada dasarnya terapi pijat titik totok punggung memiliki prinsip yang sama dengan akupunktur.

Hanya saja dalam praktiknya, akupunktur menggunakan jarum khusus yang ditusukkan ada titik-titik vital. Sementara itu, totok punggung hanya menggunakan pijatan atau tekanan.

Penasaran mengetahui lebih lanjut tentang totok punggung dan efektivitasnya? Yuk, simak uraian berikut.

Baca Juga:

Prinsip Terapi Totok Punggung

Source : twowander

Terapi pijat titik totok punggung juga dikenal dengan sebutan akupresur. Titik-titik yang digunakan sama dengan akupunktur, tetapi terapi akupresur dilakukan hanya dengan mengandalkan tekanan (pressure).

Tidak hanya di punggung, titik-titik akupresur tersebar di seluruh tubuh dan saling terhubung dengan garis yang disebut meridian. Titik-titik ini dikenal dengan sebutan titik totok atau acupoints.

Memberikan pijatan pada titik-titik ini diyakini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan melepaskan ketegangan otot. Hal ini bertujuan mengaktifkan energi vital (qhi) yang berdampak positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Dalam ilmu akupunktur atau akupresur, titik-titik ini terhubung dengan berbagai organ dalam. Maka dari itu, melakukan totok punggung di titik yang tepat dipercaya dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Teknik Terapi Totok Punggung

Source : spineuniverse

Ada dua teknik yang umumnya dilakukan oleh terapis totok punggung. Pertama, terapis akan memusatkan pijatan di sekitar area yang terasa nyeri atau pegal.

Misalnya, kalau kamu sering duduk biasanya rawan mengalami pegal di sekitar pinggang, bahu, dan leher. Terapis akan memfokuskan pijatan di area ini untuk melancarkan peredaran darah dan meredakan keluhan.

Teknik kedua adalah dengan memijat titik totok punggung tertentu yang berhubungan dengan organ bermasalah. Totok dilakukan untuk menstimulasi organ agar kinerjanya membaik.

Teknik ini memerlukan pengetahuan yang lebih mendalam tentang akupresur. Pasalnya, titik akupresur berjumlah ratusan dan tersebar di seluruh tubuh. 

Baca Juga:

Titik Totok Punggung

Source : Spine universe

Titik totok punggung berjumlah 361 titik yang tersebar di seluruh tubuh dan sebagian besar dapat ditemukan di area punggung.

Totok punggung paling mudah dilakukan dengan bantuan terapis. Kamu juga bisa meminta bantuan seorang teman atau anggota keluarga lain. Kendati demikian, ada beberapa titik yang mungkin bisa dipijat sendiri.

Di sepanjang tulang belakang terdapat titik-titik akupuntur yang memanjang dari bagian atas leher ke bagian bawah punggung. Nah, kamu bisa melakukan pijatan sendiri untuk titik-titik yang berada di area dekat leher maupun sekitar pinggang.

Contohnya, titik BL 23 yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri punggung bagian bawah. Titik ini bisa kamu temukan di punggung bagian bawah atau pinggang bagian belakang.

Untuk menemukannya, telusuri garis dari bagian bawah tulang rusuk dan gunakan tekanan ringan dengan telunjuk atau jari tengah di kedua sisi. Titik ini berada sekitar 3 cm di kedua sisi tulang belakang.

Cara Terapi Titik Totok Punggung

Source : Sehatq

Totok punggung sebaiknya dilakukan oleh praktisi yang berkualifikasi. Namun, terapi totok punggung relatif aman untuk dilakukan oleh orang awam sekalipun.

Kamu bisa meminta anggota keluarga di rumah untuk melakukan totok punggung secara bergantian. Berikut adalah beberapa tips tentang cara melakukan totok punggung.

Jika kamu yang akan dipijat, temukan posisi yang nyaman dan tutup mata agar relaks. Tarik napas dalam-dalam dan lemaskan bahumu.

Bila kamu yang akan memijat, gunakan tekanan kuat pada suatu titik. Lakukan gerakan melingkar atau naik-turun selama sekitar 3 menit.

Ulangi pijatan ini seperlunya; tidak ada batasan berapa kali kamu boleh melakukan totok punggung.

Baca Juga:

Manfaat Totok Punggung Untuk Kesehatan

Source : tanyx

Terapi totok punggung masih eksis selama ribuan tahun tentu bukan tanpa alasan. Pengobatan tradisional ini diyakini dapat membantu mengatasi berbagai keluhan kesehatan, meliputi:

  • Insomnia
  • Kram menstruasi
  • Gejala hipertensi
  • Mual atau muntah
  • Pegal dan nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Stres

Totok punggung juga dapat membuat tubuh menjadi relaks, mengurangi stres, serta melancarkan peredaran darah. Dengan kondisi fisik dan mental yang lebih baik, tubuh pun lebih sehat secara menyeluruh dan tidak mudah terserang penyakit.

Efektivitas totok punggung

Source : deccanherald

Keefektifan totok punggung untuk membantu meredakan berbagai keluhan telah dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pain Management Nursing menyebutkan bahwa akupresur efektif untuk meredakan rasa sakit.

Akupresur terbukti efektif untuk menghilangkan berbagai rasa sakit pada pasien yang menderita dismenore, sakit kepala kronis, dan nyeri traumatis lainnya.

Efektivitas totok punggung untuk membantu mengatasi hipertensi telah dibuktikan dalam penelitian ilmiah tahun 2019 silam. Mahasiswa Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Muhammadiyah Semarang melakukan penelitian di Puskesmas Bandarharjo Semarang yang melibatkan 16 orang penderita hipertensi.

Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa pasien memang menunjukkan penurunan tekanan darah setelah menjalani totok punggung.

Kendati demikian, efektivitas totok punggung bergantung pada banyak faktor, termasuk kekuatan tekanan dan rutinitas pengaplikasiannya.

Baca Juga:

Apakah Totok Punggung Berbahaya?

Secara umum, totok punggung aman dilakukan. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika kamu memiliki riwayat penyakit kronis.

Kamu juga tidak disarankan melakukan totok punggung bila sedang:

  • Memiliki gangguan kesehatan di tulang belakang.
  • Menderita rheumatoid arthritis.
  • Hamil, karena dikhawatirkan memicu kontraksi.
  • Menderita kanker di bagian punggung atau tulang.
  • Mengalami pelebaran pembuluh darah vena (varicose veins).

Jika baru pertama kali ingin mencoba totok punggung, sebaiknya Pins berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Pastikan juga kamu memilih terapis totok punggung profesional.

Nah, itu tadi titik totok punggung yang bisa kamu coba untuk meredakan rasa sakit.

Jika tubuh merasa lelah dan butuh relaksasi, Pins bisa pesan layanan Massage dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome. Ada berbagai jenis pijat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan badan Pins, ya. Download aplikasi Pinhome di sini.

Baca Juga:

Featured Image Source: Pinterest

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download