BlogLifestyleHobiBenarkah Tokek Rumah Bisa Membawa Kekayaan dan Rezeki?
0
0

Benarkah Tokek Rumah Bisa Membawa Kekayaan dan Rezeki?

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Apr 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tokek merupakan binatang reptil yang sering ditemukan di dalam rumah selain cicak. Ciri khas kehadiran tokek seringkali muncul tiba-tiba di dalam rumah dan mengeluarkan suara yang cukup nyaring. Karena kemunculannya di rumah yang secara tiba-tiba, timbul banyak mitos mengenai tokek rumah bisa membawa kekayaan.

Pinhome – Tokek sering juga disebut sebagai cicak besar karena tokek adalah hewan reptil yang masih dalam famili yang sama dengan cicak yaitu famili Gekkonidae. Mitos yang berkembang mengenai tokek rumah bisa membawa kekayaan, membuat hewan tokek ini menjadi objek perburuan yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Sebelum kamu mempercayai mitos mengenai tokek rumah bisa membawa kekayaan, kenali lebih jauh dulu yuk seperti apa hewan cicak besar ini sesungguhnya. 

Ciri-ciri Umum Tokek

tokek rumah bisa membawa kekayaan
Source : Unsplash/andreytikhonovski

Perbedaan tokek dengan anggota famili Gekkonidae lainnya seperti cicak ataupun kadal sangat signifikan sehingga karakteristik tokek secara umum mudah dikenali. Dari segi ukuran tubuh, tokek memiliki tubuh dengan panjang sekitar 17 – 35 cm yang mana ukuran ini lebih besar dan lebih panjang daripada ukuran tubuh cicak. Selain itu, kulit tokek berwarna corak beragam mulai dari kebiruan hingga abu kecoklatan, dan juga tekstur kulitnya yang kasar dan bersisik samar (granular). 

Ciri khas lain yang paling terlihat dari tubuhnya adalah kulitnya yang penuh bintik-bintik besar dan menonjol. Perbedaan lainnya dari tokek adalah gigitannya yang sangat menyakitkan dan tergolong sangat dalam. Dikarenakan gigitannya inilah timbul mitos yang populer bahwa gigitan tokek tidak akan lepas kecuali ketika ada petir.

Walaupun memiliki banyak perbedaan dengan cicak, tokek dan cicak juga memiliki persamaan, yaitu bagian kakinya. Keduanya memiliki bantalan pelekat (scansor) yang membuat mereka bisa berjalan di berbagai jenis permukaan. Selain itu ekor tokek juga bisa putus dan tumbuh sendiri (autotomi) yang digunakan untuk menghadapi musuhnya.

Baca Juga: Cara Mengusir Cicak yang Mengganggu Rumah

Mengenal Tokek Rumah

Terdapat banyak spesies Gekko yang telah ditemukan para ilmuwan di seluruh dunia, jumlah spesiesnya diperkirakan mencapai lebih dari 2.000 spesies dan diperkirakan masih banyak spesies lainnya yang belum teridentifikasi oleh para ilmuwan. Famili Gekkonidae ini hidup tersebar di belahan dunia tidak terkecuali pula di Indonesia.

Jenis Gekko yang sering dijumpai di lingkungan manusia, terutama di dalam rumah adalah jenis spesies Tokay Gecko. Tokay Gecko atau juga disebut Gekko Gecko adalah hewan yang sering tinggal di permukiman atau hinggap di tembok rumah, sehingga tokek termasuk hewan rumahan.

Tokek rumah ini paling populer di kalangan masyarakat karena memiliki banyak mitos yang beredar. Tokek diyakini bisa menyembuhkan penyakit, sehingga tokek rumah banyak diburu warga hingga diperjualbelikan dengan harga sangat tinggi.

Mitos Tokek Rumah

tokek rumah bisa membawa kekayaan
Source : Shutter Stock

Selain mitos tokek rumah bisa membawa kekayaan, hewan tokek rumah ini juga menimbulkan banyak mitos lain. Namun yang paling sering dipercaya adalah mitos mengenai tokek rumah bisa membawa kekayaan ini.

Mitos Suara Tokek

tokek rumah bisa membawa kekayaan
Source : Indozone

Untuk sebagian orang mungkin suara tokek sangat menakutkan karena adanya mitos mengenai suara tokek yang beredar. Mitos ini berasal dari kepercayaan zaman dahulu, yang mempercayai bahwa tokek berhubungan dengan ilmu sihir karena merupakan binatang jelmaan dari jin atau setan. Suara tokek dipercaya merupakan pertanda kehadiran makhluk halus dan dikatakan bisa meramal masa depan.

Selain itu suara tokek juga dipercaya membawa kabar buruk apabila tokek mengeluarkan bunyi suara dalam jumlah genap. Namun sebaliknya, jika suara tokek berbunyi dan dalam jumlah akhir suara ganjil, dikatakan sebagai pertanda bahwa kita akan mengalami hal-hal baik. Namun mitos mengenai suara tokek tidak hanya buruk saja, konon semakin nyaring suara tokek semakin besar juga rezeki yang akan datang kepada kita.

Mitos Sebagai Obat

Sempat beredar mitos pula bahwa daging tokek yang diolah dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit berat mulai dari asma hingga HIV/AIDS. Namun, di Asia pula tokek dipercaya sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit diabetes dan kanker.

Namun, mitos tersebut dibantahkan oleh National Geographic yang menyatakan bahwa tidak ada penelitian yang membuktikan tokek berkhasiat untuk hal-hal kesehatan. Mitos ini bahkan juga disangkal oleh pihak World Health Organization (WHO).

Mitos Pembawa Kekayaan

tokek rumah bisa membawa kekayaan
Source : Unsplash/andyholmes

Karena mitos mengenai khasiatnya akan kesehatan, tokek sempat diburu banyak orang hingga diekspor ke mancanegara. Sehingga harga tokek sempat mencapai jutaan bahkan miliaran rupiah. Semakin besar tokek dan semakin unik corak tubuhnya semakin mahal harga tokek tersebut. Dari mitos khasiat, corak tubuh, serta juga tingkat kesulitan dalam penangkapannya, membuat tokek rumah memiliki faktor dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Sebagian orang menganggap tokek memiliki kekuatan untuk menolak bala, sehingga tokek rumah dianggap membawa keberuntungan bagi pemilik rumah itu sendiri. Bahkan feng shui mempercayai bahwa tokek rumah bisa membawa kekayaan bagi pemilik rumah tersebut.

Gimana Pins, setelah mengetahui fakta dari mitos tokek rumah apakah membuat kamu berminat untuk memelihara tokek di rumah? Kembali lagi pada kepercayaan kamu masing-masing ya Pins, karena belum tentu semua kepercayaan menganggap tokek adalah binatang yang baik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 3 Cara Mengusir Tokek di Rumah yang Ampuh dan Mudah


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download