BlogHome ServiceOtomotifTowing Mobil: Pengertian, Jenis dan Perbedaan
0
0

Towing Mobil: Pengertian, Jenis dan Perbedaan

Dipublikasikan oleh  

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Towing mobil tidaklah sama dengan detailing mobil, towing ini adalah solusi yang dapat kamu pakai saat ingin memindahkan kendaraan Pins. Sementara detailing untuk meningkatkan estetika mobil sehingga biaya detailing mobil dan towing berbeda. Teknik towing ini diaplikasikan pada kendaraan yang tidak bisa bergerak. 

Baca juga: Simak Definisi, Plus Minus & Cara Remap ECU Mobil

Pengertian Towing Mobil

Towing adalah proses menarik atau membawa kendaraan dengan menggunakan traktor, truk, atau kendaraan lain yang memiliki kemampuan menarik yang lebih besar.

Aplikasi towing mobil biasanya dilakukan ketika kendaraan tersebut tidak dapat bergerak sendiri, misalnya karena kerusakan mesin atau kecelakaan.

Baca juga: Kapasitas Mobil Hiace

Jenis Towing Mobil

towing mobil
Source : moladin

Ada beberapa jenis towing mobil yang dapat dilakukan, di antaranya adalah:

Towing dengan Tali

Towing dengan tali merupakan cara paling sederhana untuk menarik kendaraan yang tidak dapat bergerak. Proses ini dilakukan dengan menggunakan tali yang kuat untuk menghubungkan kendaraan yang ingin ditarik dengan kendaraan pendorong.

Towing dengan Bar

Proses ini dilakukan dengan menggunakan bar yang terbuat dari baja atau aluminium yang dilengkapi dengan roda dan rem. Towing dengan bar merupakan cara yang lebih aman daripada towing dengan tali. Bar terhubung ke kendaraan pendorong dengan menggunakan tali atau rantai.

Towing dengan Trailer

Towing dengan trailer merupakan cara yang paling umum dilakukan untuk menarik kendaraan yang tidak dapat bergerak. Proses ini dilakukan dengan menggunakan trailer yang terhubung ke kendaraan pendorong dengan menggunakan tali atau rantai.

Trailer ini bisa berupa trailer kecil yang hanya bisa menampung satu kendaraan, atau trailer besar yang bisa menampung lebih dari satu kendaraan. Towing mobil harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan kecelakaan atau kerusakan pada kendaraan yang ditarik.

Pastikan bahwa tali atau bar yang digunakan terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah putus. Kemudian memastikan bahwa kendaraan pendorong memiliki kemampuan menarik yang cukup untuk mengangkut kendaraan yang ditarik.

Jika tidak yakin dengan kemampuan Pins dalam melakukan towing mobil, sebaiknya serahkan tugas ini kepada profesional.

Baca juga: 10 Jenis Mobil Suzuki di Indonesia

Perbedaan Towing Mobil dan Mobil Derek

towing mobil
Source : duitpintar

Towing mobil dan mobil derek adalah dua cara yang digunakan untuk menarik atau membawa kendaraan yang tidak dapat bergerak. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara kedua cara tersebut. 

Perbedaan pertama adalah dari segi mekanisme yang digunakan. Towing mobil biasanya dilakukan dengan menggunakan tali, bar, atau trailer yang terhubung ke kendaraan pendorong. 

Sementara itu, mobil derek biasanya dilengkapi dengan alat yang disebut dengan derek. Derek yang terdiri dari tongkat panjang yang dilengkapi dengan roda dan bisa dioperasikan secara manual atau otomatis. 

Derek ini bisa digunakan untuk mengangkat dan memindahkan kendaraan yang tidak dapat bergerak ke tempat yang diinginkan. Perbedaan kedua adalah dari segi kemampuan menarik. 

Towing mobil biasanya hanya bisa menarik kendaraan dengan berat yang lebih kecil dibandingkan dengan kendaraan pendorong. Sementara itu, mobil derek bisa mengangkat dan memindahkan kendaraan dengan berat yang lebih besar, bahkan hingga beberapa ton. 

Hal ini membuat mobil derek lebih cocok digunakan untuk menarik kendaraan yang rusak parah atau terbalik. Perbedaan ketiga adalah dari segi keamanan. 

Towing mobil biasanya memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil derek, terutama jika prosesnya tidak dilakukan dengan hati-hati. 

Sebagai contoh, tali yang digunakan untuk towing mobil bisa putus atau terlepas selama proses, sehingga menimbulkan risiko kecelakaan. 

Sedangkan mobil derek lebih aman karena dilengkapi dengan alat yang bisa digunakan untuk mengangkat kendaraan dengan aman. 

Jadi, towing mobil dan mobil derek merupakan dua cara yang bisa digunakan untuk menarik atau membawa kendaraan yang tidak dapat bergerak. Namun, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara kedua cara tersebut. 

Perbedaan ini seperti mekanisme yang digunakan, kemampuan menarik, dan tingkat keamanan. Sebagai pengguna kendaraan, penting untuk memahami perbedaan antara kedua cara tersebut agar bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang dihadapi.

Baca juga: Fungsi Wax Mobil & Ragam Jenisnya

Kelebihan Towing Mobil

Towing mobil merupakan cara yang banyak digunakan untuk menarik atau membawa kendaraan yang tidak dapat bergerak, misalnya karena kerusakan mesin atau kecelakaan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari towing mobil:

Biaya yang Relatif Lebih Murah

Dibandingkan dengan menggunakan mobil derek atau layanan angkutan kendaraan, towing mobil biasanya lebih murah. Hal ini terutama tergantung pada jarak tempuh dan berat kendaraan yang ditarik.

Mudah dilakukan

Proses towing mobil relatif mudah dilakukan, terutama jika menggunakan bar atau trailer. kamu hanya perlu menghubungkan tali atau bar ke kendaraan pendorong, kemudian menarik kendaraan yang ingin ditarik dengan menggunakan kendaraan pendorong.

Kemampuan Menarik yang Cukup Besar

Tergantung pada kapasitas kendaraan pendorong, towing mobil bisa menarik kendaraan dengan berat yang cukup besar. 

Hal ini membuat towing mobil cocok untuk menarik kendaraan dengan kerusakan yang tidak terlalu parah atau kendaraan yang masih bisa dipindahkan dengan mudah.

Fleksibilitas

Towing mobil bisa dilakukan dengan berbagai macam kendaraan pendorong, seperti mobil, truk, atau SUV. Hal ini membuat kamu lebih fleksibel dalam memilih kendaraan pendorong yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang dihadapi.

Tidak Memerlukan Alat Khusus

Untuk melakukan towing mobil, kamu tidak perlu membeli alat khusus seperti yang diperlukan untuk mobil derek. 

kamu hanya perlu menyediakan tali atau bar yang kuat dan tidak mudah putus, serta memastikan bahwa kendaraan pendorong memiliki kemampuan menarik yang cukup.

Namun, perlu diingat bahwa towing mobil harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan kecelakaan atau kerusakan pada kendaraan yang ditarik.

Baca juga: 14 Tips Cara Membeli Mobil Bekas, Agar Tidak Salah Langkah!

Featured Image Source: autoride


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download