BlogLifestyleEdukasi21 Tumbuhan yang Berkembangbiak Secara Vegetatif
0
0

21 Tumbuhan yang Berkembangbiak Secara Vegetatif

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Sep 30, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sama halnya seperti hewan yang memiliki dua perkembangbiakan berbeda, tumbuhan juga seperti itu. Secara umum perkembangbiakan pada tumbuhan terbagi menjadi dua cara, yakni secara vegetatif dan generatif. Vegetatif adalah perkembangbiakan tanpa melalui proses perkawinan (penyerbukan), sedangkan Generatif adalah perkembangbiakan melalui proses perkambangbiakan (penyerbukan).

Tanaman vegetatif tak jarang menghiasi halaman Rumah Ekslusif. Gunakan aplikasi Pinhome untuk menemukan perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa atau rumah bekas di Bogor yang memiliki halaman luas untuk bercocok tanam.

Apa Itu Tumbuhan Vegetatif?

Source : Wikipedia

Jika kita menengok tumbuhan di sekitar pekarangan, ternyata masing-masing tumbuhan memiliki alat perkembangbiakan yang berbeda-beda. Tanaman vegetatif sendiri merupakan tumbuhan yang berkembangbiaknya tidak melalui pembiakan perkawinan. Lalu bagaimana tanaman ini dikembangbiakan? Kamu cukup menanam bagian tubuh induknya untuk memperbanyak tanamannya.

Pins bisa menanam bagian tumbuhan seperti akar tinggal, umbi, batang, geragih, tunas maupun daun untuk proses perkembangbiakan. Kemudahan dalam budidaya tanaman vegetatif sering membuatnya menjadi salah satu tanaman yang ditanam di area sekitar rumah. Perkembangbiakan vegetatif sendiri terbagi menjadi dua kategori yakni vegetatif alam dan vegetatif buatan.

Baca juga: Ini Dia 10 Jenis Tumbuhan yang Berkembangbiak dengan Cara Spora

Macam-macam Vegetatif Alami

Source : Pxfuel

Perkembangbiakan tanaman vegetatif alami dilakukan oleh tumbuhan itu sendiri. Tidak ada campur tangan makhluk lain dalam memperbanyak tumbuhan tersebut. Macam-macam vegetatif alami yakni umbi yang terbagi umbi lapis, umbi batang dan umbi akar.

Adapun jenis perkembangan vegetatif alami lainnya yakni tunas, akar tinggal, geragih, rimpang, spora, membelah diri. Selain itu terdapat jenis stolon yang menyerupai rimpang namun batangnya tumbuh secara horizontal dan mengarah ke atas tanah.

Macam-macam Vegetatif Buatan

Source : UMSU

Perkembangbiakan tumbuhan dengan vegetatif buatan memanfaatkan bantuan manusia. Tujuan dari rekayasa ini adalah agar memperoleh hasil lebih baik. Beberapa caranya antara lain dengan stek, okulasi, cangkok dan enten. Cangkok dengan menumbuhkan akar tumbuh dari batang tanaman yang dicangkokkan.

Stek merupakan metode dengan memotong tubuh tanaman bisa berupa akar, daun maupun batang untuk ditanam kembali. Sementara okulasi ialah menghasilkan tanaman baru dengan menempelkan tunas muda ke batang tanaman induk. Enten atau mengenten merupakan perkembangbiakan tak kawin dimana dua jenis tanaman berbeda digabungkan menjadi satu dengan bagian bawah yang berasal dari tanaman yang sama.

Tumbuhan dengan Perkembangan Vegetatif

Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan umumnya terjadi dengan menggunakan bagian-bagian pohon lain seperti batang, cabang, ranting, pucuk, umbi dan akar untuk menghasilkan tanaman baru. Lebih jauh, perkembangan vegetatif juga masih dibagi kembali menjadi dua cara, yakni secara alami dan buatan dengan bantuan manusia. Berikut ini beberapa contoh tumbuhan yang mengalami perkembangbiakan secara vegetatif : 

1. Bambu

Source : Pexels

Bambu merupakan salah satu tanaman vegetatif yang berkembang biak dengan menggunakan tunas. Contoh tumbuhan vegetatif ini tumbuh di bawah tanaman induk dan muncul di atas permukaan tanah. Tunas yang muncul biasanya berasal dari batang, daun muda, buah atau bunga yang jatuh ke tanah.

Baca juga: 8 Manfaat Air Bambu untuk Kesehatan Tubuh

2. Pohon Tebu

Source : Pixabay

Sama seperti bambu, tebu juga berkembang biak secara vegetatif yakni dengan tunas batang (perkembangbiakan alami) dan stek tunas (perkembangbiakan buatan). Salah satu ciri tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas biasanya tumbuh bergerombol dan saling berdekatan satu sama lain.

3. Tumbuhan Paku

Source : Unsplash

Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan paku tergolong unit karena menggunakan spora. Spora merupakan satu atau beberapa sel yang terbungkus oleh lapisan pelindung. Mengingat jenis tumbuhan paku cukup banyak, jenis spora untuk masing-masing jenis paku juga beragam mulai dari bentuk, tekstur, warna hingga ukurannya.

4. Bawang

Source : Pixabay

Bawang merah maupun bawang putih memiliki alat perkembangbiakan berupa umbi lapis, yakni organ reproduksi yang dihasilkan dari sekelompok daun tebal berlapis dengan susunan seperti roset. Cara perkembangbiakannya cukup mudah, potong batang menjadi beberapa bagian lalu menancapkannya di tanah. Tunggu beberapa hari, tunas baru akan tumbuh dengan sendirinya.

5. Kentang

Source : Pexels

Kentang memiliki alat reproduksi berupa umbi batang, alat perkembangbiakan berupa batang atau modifikasi struktur batang yang ada dalam tanah. Umbi batang juga berguna untuk menyimpan cadangan makanan bagi tanaman itu sendiri.

6. Wortel

Source : Pexels

Wortel memiliki alat perkembangbiakan dengan umbi akar. Contoh tumbuhan vegetatif ini melakukan perkembangbiakan secara vegetatif alami dengan memanfaatkan akar. Akar pada wortel juga berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan bagi tanaman itu sendiri.

Baca juga: 5 Panduan Cara Menanam Wortel Sederhana dan Mudah

7. Jahe, Lengkuas, Kunyit, dan Temulawak

Source : Freepik

Jahe, lengkuas, kunyit, dan temulawak merupakan perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dengan menggunakan akar tinggal, atau biasa disebut rimpang. Rimpang merupakan modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar di bawah permukaan tanah seperti akar. Rimpang inilah yang akan menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya.

8. Stroberi

Source : Pixabay

Stroberi memiliki alat reproduksi berupa geragih. Geragih merupakan proses perkembangbiakan dengan cara memodifikasi batang yang tumbuh di samping. Batang tersebut nantinya akan muncul ruas-ruas yang tumbuh menjadi tanaman baru. 

9. Rumput Teki

Source : Tribun Jambi

Sekilas rumput teki memiliki bentuk seperti bawang dengan daun yang berlapis. Namun sebenarnya rumput teki termasuk contoh tumbuhan vegetatif alami yang melakukan perkembangbiakan dengan stolon atau geragih. Stolon atau geragih umumnya akan tumbuh menyamping dan pada setiap ruasnya akan tumbuh tumbuhan baru.

10. Cocor Bebek

Source : Unsplash

Cocor bebek termasuk tanaman vegetatif yang melakukan perkembangbiakan dengan cara yang unik, yakni dengan tunas daun. Cara perkembangbiakan ini juga bisa disebut tunas adventif, yakni dengan cara menumbuhkan tunas liar di luar bagian batang atau pada tepi daun.

11. Jamur

Source : Unsplash

Jamur memiliki dua alat reproduksi yang berbeda, yakni hifa dan spora. Hifa adalah filamen yang membentuk miselium dan digunakan untuk melakukan reproduksi seksual. Sedangkan spora digunakan untuk melakukan reproduksi aseksual. Contoh tumbuhan vegetatif alami ini mudah ditemukan di sekitar kita asal mempunyai kelembaban tinggi.

Baca juga: Mengenal si Cantik Tanaman Lili Paris yang Bertengger di Taman Rumah

12. Pohon Cemara

Source : Pexels

Tumbuhan cemara melakukan reproduksi secara vegetatif melalui tunas adventif yang terlihat pada bagian akar muda. Tanaman vegetatif ini memiliki bentuk yang unik dan membuat daerah sekitarnya menjadi lebih sejuk.

13. Pohon Sukun

Source : Pexels

Sukun salah satu tanaman vegetatif yang juga memanfaatkan tunas sebagai alat perkembangbiakan. Tunas adventif adalah tunas yang muncul selain dari ketiak akar. Tunas adventif pada pohon sukun terlihat dari kondisi akar yang menjalar ke permukaan tanah.

14. Bunga Tulip

Source : Pexels

Bunga Tulip termasuk tumbuhan unik karena dapat melakukan perkembangbiakan dengan dua cara, yakni dengan umbi lapis serta penyerbukan. Umbi lapis dengan memanfaatkan batang, sedangkan penyerbukan melalui putik dan benang sari yang terdapat pada tengah bunga.

15. Bunga Bakung

Source : Pexels

Sama seperti bunga Tulip, Bunga Bakung juga melakukan reproduksi dengan dua cara yakni menggunakan penyerbukan dan umbi lapis. Proses perkembangbiakan dengan umbi lapis sama persis seperti pada bawang merah yakni menggunakan daun tebal berlapis dengan susunan seperti roset. Oleh karena itu bunga Bakung sering dikategorikan sebagai tanaman umbi.

16. Volvox

Source : Wikipedia

Contoh tumbuhan vegetatif alami adalah volvox yakni sejenis ganggang. Tanaman ini berkembang biak secara vegetatif alami yakni membelah diri. Tumbuhan ini membelah dirinya dengan cara memutuskan salah satu bagian tubuhnya. Bagian yang terbelah akan tumbuh menjadi tunas baru.

17. Dahlia

Source : Wikipedia

Tahukah kamu bahwa bunga dahlia juga berkembang biak secara vegetatif. Ia berkembang biak dengan umbi akarnya agar tumbuh tunas baru.

18. Pisang

Source : Pixabay

Contoh tumbuhan vegetatif selanjutnya adalah pohon pisang. Pisang bisa tumbuh dengan menanam tunas yang muncul pada bagian batang tanaman induk. Tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi misalnya 1300 mdpl.

19. Rambutan

Source : Pexels

Salah satu pohon buah-buahan yang bisa dikembangkan secara vegetatif buatan adalah rambutan. Kamu bisa menanamnya dengan cara dicangkok.

20. Singkong

Source : Pxhere

Tanaman singkong mudah sekali dikembangbiakan dengan cara stek batang. Cukup mengambil bagian batang singkong dan menancapkan ke tanah agar tumbuh tunas baru.

Baca juga: 11 Manfaat Singkong yang Kaya Akan Nutrisi untuk Tubuh

21. Kopi

Source : Pixabay

Tanaman kopi melalui proses menyambung atau enten agar bisa dikembangkan di perkebunan. Cukup menyambung bagian pohon ke dahan yang lain tanaman sejenis agar memperoleh kopi berkualitas.

Meski perkembangbiakan tumbuhan berbeda-beda, pada akhirnya semuanya dapat memberikan manfaat bagi kita, entah bagian bunga, daun, pohon, biji, atau lainnya. Terlebih dengan mengetahui perkembangbiakan tumbuhan vegetatif maupun generatif, Pins bisa lebih paham cara budidaya tanaman disekitar pekarangan. Jika sudah memiliki rencana seperti itu, pastikan untuk memiliki hunian dengan pekarangan luas.

Feature Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami The Agathis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download