BlogLifestyleEdukasiUkuran Kertas A4 Dalam Satuan CM, Inci, MM dan Pixel
0
0

Ukuran Kertas A4 Dalam Satuan CM, Inci, MM dan Pixel

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 11, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins pastinya sudah sering kan menggunakan berbagai jenis kertas untuk berbagai kebutuhan. Selain memiliki tempat tinggal yang nyaman seperti Rumah Ekslusif dari Pinhome Tamaruma sebagai perumahan di Kota Depok, teknologi yang canggih dan memahami berbagai ukuran kertas juga penting. Ukuran Kertas A4 merupakan salah satu ukuran kertas seri A yang berstandar Internasional berdasarkan ISO 216 (International Organization for Standardization) dalam satuan milimeter yang dapat juga dikonversi menjadi satuan centimeter maupun inci.

Ukuran Kertas Seri A memiliki 11 jenis ukuran kertas A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10 dan A4 merupakan ukuran yang sering digunakan diantara ukuran kertas seria lainnya di Indonesia. Kertas A4 biasanya digunakan dalam ukuran dokumen tulisan, seperti surat, makalah skripsi, majalah, buku gambar, dan lain sebagainya. Berikut informasi ukuran selengkapnya dalam berbagai konversi.

Tabel Ukuran Kertas A4 dalam MM, CM, Inci atau Pixel

Source : Citra Kencana Abadi

Kertas A4 berdasarkan standar ISO 216 adalah ukuran kertas seri A yang paling populer digunakan di Indonesia. Biasanya, beberapa surat resmi bahkan makalah atau penelitian akan dibuat dalam kertas berukuran A4 ini. Berikut penjelasan Ukuran Kertas A4 dalam milimeter, centimeter, inci, pixel secara berturut turut:

Baca juga: 6 Contoh Surat Take Over Rumah yang Benar

Dalam Satuan Milimeter

Satuan kertas A4 bisa dikonversi ke dalam berbagai ukuran, salah satunya adalah milimeter. Pins tentunya perlu mengkonversi beberapa hitungan untuk dikalikan agar menemukan satuan yang tepat. Untuk Menghitung berapa ukurannya kedalam satuan mm (millimeter), maka Lebar dan Panjang kertas A4 dalam mm sebagai berikut:

  • Kertas A4 dalam Milimeter adalah 210 x 297 mm

Dalam Satuan Centimeter

Menghitung satuan termudah adalah dalam ukuran centimeter. Beberapa instansi atau tempat percetakan terkadang menentukan ukuran kertas berdasarkan satuan kali baik dalam cm, mm, ataupun inci. Untuk Menghitung berapa satuan kertas A4 kedalam cm, maka Lebar dan Panjang kertas A4 dalam centimeter sebagai berikut:

  • Kertas A4 dalam Centimeter adalah 21.0 x 29.7 cm

Dalam Satuan Inci

Selain cm, satuan hitungan inci juga merupakan salah satu hitungan yang masih sering digunakan saat ini. Untuk Menghitung kertas A4 kedalam satuan inci, maka Lebar dan Panjang kertas A4 dalam Inci sebagai berikut:

  • Kertas A4 dalam inchi adalah 8.27 x 11.69 in

Dalam Satuan Pixel

Sementara untuk kertas A4 dalam satuan pixel yang disesuaikan dengan konfigurasi jumlah titik warna setiap inchi atau yang disebut DPI (dots per in). Dots dalam ilmu grafis komputer yaitu titik warna yang disebut sebagai pixel. Berikuti ini Ukuran selengkapnya dalam pixel :

  • Pixel 72 DPI adalah 595 x 842 pixel.
  • Pixel 96 DPI adalah 794 x 1123 pixel.
  • Pixel 150 DPI adalah 1240 x 1754 pixel.
  • Pixel 300 DPI adalah 2480 x 3508 pixel.

Mengapa Kertas A4 Paling Sering Digunakan?

Source : Kumparan

Kertas A4 merupakan salah satu ukuran kertas yang paling ideal untuk membuat suatu dokumen di berbagai instansi. Bahkan, jika Pins saat ini sedang mengerjakan suatu bentuk karya ilmiah, biasanya akan menggunakan kertas A4. Pins pasti sering menemukan suatu makalah, skripsi, ataupun penelitian lainnya yang tentunya ditulis dalam ukuran kertas tersebut.

Berbagai instansi perusahaan juga biasanya akan menuliskan suatu dokumen penting baik itu untuk atasan, bawahan, ataupun kerjasama dalam ukuran kertas ini. Hal ini yang membuat kertas A4 lebih sering atau populer digunakan dibandingkan ukuran lainnya.

Itulah satuan kertas A4 dalam berbagai ukuran yang sering digunakan saat ini berdasarkan satuan mm, cm, inci, dan pixel. Pins sekarang sudah tidak bingung lagi kan untuk menemukan ukuran kertas yang tepat?

Baca juga: 7 Contoh Surat Permohonan Pindah Tugas Lengkap dengan Penjelasannya

Featured image source: Technowizah.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download