BlogHome ServiceOtomotifJangan Salah! Inilah Ukuran Roller Mio Agar Tarikan Enteng
0
0

Jangan Salah! Inilah Ukuran Roller Mio Agar Tarikan Enteng

Dipublikasikan oleh Putra 

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mio adalah salah satu jenis motor Yamaha matic yang diproduksi oleh Yamaha. Motor ini dikenal dengan desain yang sporty dan modern. Serta dilengkapi dengan teknologi canggih yang membuatnya lebih menghemat BBM dan mudah digunakan. Selain itu, ukuran roller mio juga harus diperhatikan agar tarikan motornya enteng.

Salah satu fitur unggulan dari Mio adalah mesinnya yang berkapasitas 125cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,2 kW (15,1 PS) pada 8.000 rpm. Torsi maksimal hingga 11,4 Nm pada 6.000 rpm. 

Fitur ini membuat Mio cocok untuk digunakan sebagai kendaraan sehari-hari, baik untuk bepergian ke kantor atau sekolah, maupun untuk beraktivitas lain.

Selain mesin, Mio juga dilengkapi dengan sistem pendingin udara yang membuat suhu mesin tetap stabil selama digunakan. Fitur ini menjamin kestabilan performa mesin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Desain Mio yang sporty dan modern juga menjadi salah satu keunggulannya. Motor ini dilengkapi dengan merk lampu depan LED yang mampu memberikan penerangan yang lebih baik.Serta desain bodi yang aerodinamis yang membuatnya terlihat lebih ramping dan modern.

Baca juga: Fungsi Roller pada Motor Matic

Ukuran Roller Mio Agar Tarikan Enteng

Source : okezoneotomotif

Ukuran roller motor Mio yang tepat sangat penting untuk meningkatkan performa mesin dan tarikan enteng. Roller adalah bagian dari variator yang berfungsi untuk mengatur transmisi dari mesin motor. 

Ukuran roller yang tepat akan membuat mesin lebih responsif dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Untuk Mio, ukuran roller yang disarankan adalah 14 gram untuk roller depan dan 16 gram untuk roller belakang. Ini akan memberikan keseimbangan yang tepat antara tarikan enteng dan efisiensi bahan bakar.

Selain itu, juga disarankan untuk menggunakan busi yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Busi yang tepat akan membuat mesin lebih responsif dan meningkatkan performa mesin.

Perlu diingat, bahwa ukuran roller yang disarankan hanyalah sebagai referensi dan dapat berbeda sesuai dengan kondisi kendaraan dan preferensi pengendara. 

Namun, sangat dianjurkan untuk mengikuti ukuran standar yang diberikan oleh pabrikan untuk menjaga keselamatan dan kestabilan kendaraan.

Dalam mengubah ukuran roller, disarankan untuk mengunjungi bengkel yang berpengalaman dan memiliki peralatan yang sesuai. Hal ini penting untuk memastikan bahwa perubahan ukuran roller dilakukan dengan benar dan tidak merusak komponen lain dari mesin.

Secara keseluruhan, ukuran roller yang tepat sangat penting untuk meningkatkan performa mesin dan tarikan enteng pada motor Mio. Dengan mengikuti ukuran yang disarankan dan melakukan perubahan dengan benar. Kamu akan dapat merasakan perbedaan yang signifikan dalam kinerja kendaraan kamu.

Baca juga: Ukuran Roller Standar Beat Fi dan Harganya

Tips Memilih Roller yang Tepat Untuk Mio

Source : moladin

Memilih roller yang tepat sangat penting untuk meningkatkan performa mesin dan tarikan enteng pada motor Mio. Roller adalah bagian dari variator yang berfungsi untuk mengatur transmisi dari mesin. 

Baca juga: Jalur Kiprok Mio

Memilih roller yang tepat akan membuat mesin lebih responsif dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Berikut beberapa tips memilih roller yang tepat untuk Mio:

Ukuran Roller

Ukuran roller yang disarankan untuk Mio adalah 14 gram untuk roller depan dan 16 gram untuk roller belakang. Ini akan memberikan keseimbangan yang tepat antara tarikan enteng dan efisiensi bahan bakar.

Merek Roller

Pilih roller yang dibuat oleh pabrikan yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Jangan tergiur dengan harga yang murah tetapi kualitasnya tidak bagus.

Material Roller

Pilih roller yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama. Seperti delrin atau bahan lain yang dapat menahan gesekan yang berlebihan dan tidak mudah rusak.

Perhatikan Kondisi Mesin

Sebelum memilih roller, pastikan untuk memeriksa kondisi mesin kendaraan kamu. Jika mesin kamu sudah rusak atau memiliki masalah, lebih baik untuk memperbaikinya terlebih dahulu sebelum mengubah ukuran roller.

Konsultasikan dengan Mekanik

Sebelum membuat keputusan untuk mengganti roller, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik yang berpengalaman dan memiliki peralatan yang sesuai. 

Mereka akan dapat memberikan saran yang tepat sesuai dengan kondisi kendaraan dan preferensi kamu.

Pertimbangkan Budget

Pilihlah roller yang sesuai dengan budget anda namun tetap memperhatikan kualitasnya.

Secara keseluruhan, memilih roller yang tepat sangat penting untuk meningkatkan performa mesin dan tarikan enteng pada motor Mio. 

Dengan mengikuti tips-tips di atas dan melakukan perubahan dengan benar, kamu akan dapat merasakan perbedaan yang signifikan dalam kinerja kendaraan kamu.

Baca juga: Beberapa Kelemahan Mio Sporty Lengkap!

Cara Merawat Roller Mio

Merawat roller pada motor Mio sangat penting untuk memastikan kinerja mesin yang optimal dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

Berikut beberapa cara merawat roller pada Mio:

  • Bersihkan roller secara teratur: Pastikan untuk membersihkan roller secara teratur dengan menggunakan pelumas yang sesuai dan menghilangkan debu atau kotoran yang menempel.
  • Gunakan pelumas yang sesuai: Gunakan pelumas yang sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pabrikan untuk menjaga kondisi roller dan melindungi dari kerusakan.
  • Periksa kondisi roller secara berkala: Periksa kondisi roller secara berkala untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau keausan yang signifikan. Jika terdapat kerusakan atau keausan, segera ganti roller dengan yang baru.
  • Periksa kondisi variator: Pastikan untuk memeriksa kondisi variator secara berkala. Karena kerusakan pada variator dapat menyebabkan kerusakan pada roller.
  • Periksa kondisi busi: Selalu periksa kondisi busi dan pastikan busi memiliki jarak yang sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pabrikan.
  • Pertahankan kondisi mesin yang baik: Pastikan untuk memelihara kondisi mesin yang baik dengan melakukan perawatan rutin dan memperbaiki masalah yang ada segera.

Secara keseluruhan, merawat roller pada motor Mio sangat penting untuk memastikan kinerja mesin yang optimal dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

Dengan melakukan langkah perawatan motor yang tepat dan mengikuti saran dari pabrikan. Kamu dapat memastikan kondisi roller yang baik dan menjaga kestabilan kendaraan.

Baca juga: Cara Menyalakan Motor Matic Semua Tipe Motor: Vario, Beat, Mio, Nmax, Scopy

Featured Image Source: fungsi


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download