BlogHome ServiceOtomotifCara Menentukan Ukuran Roof Rack Mobil dengan Tepat
0
0

Cara Menentukan Ukuran Roof Rack Mobil dengan Tepat

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Roof Rack merupakan sebuah alat yang diletakkan pada atap mobil. Biasanya alat ini dipasang untuk menyediakan ruang untuk menyimpan muatan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menentukan ukuran roof rack mobil dengan tepat.

Pins dapat menjumpai roof rack pada jenis mobil hatchback yang memiliki muatan kecil, atau mobil MPV yang bermuatan besar. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan ruang dalam kendaraan pastinya.

Namun, tidak boleh sembarangan dalam memasang roof rack. Seperti apa kriteria kendaraan yang boleh menggunakan roof rack? Berikut adalah cara menentukan roof rack mobil dengan tepat.

Baca juga:

Cara Menentukan Ukuran Roof Rack Mobil dengan Tepat

Inilah beberapa cara menentukan ukuran roof rack mobil dengan tepat.

Perhatikan Ukuran Atap Mobil

Source : Research Gate

Ukuran roof rack dengan mobil hendaknya ideal dan serasi. 

Ketahui terlebih dahulu dimensi mobil yang akan dipasang roof rack karena tidak semua mobil cocok untuk dipasangi alat yang satu ini.

Mengetahui ukuran juga berperan dalam keseimbangan mobil. Roof rack yang ukurannya terlalu besar akan mempengaruhi faktor aerodinamis mobil. 

Semakin besar roof rack akan menambah beban angin saat mobil melaju, sehingga dibutuhkan tenaga lebih yang berimbas pada borosnya bahan bakar.

Perhatikan juga ketersediaan roof rail pada bagian atas mobil. Roof rack hanya dapat dan boleh dipasang jika ada roof rail.

Jika Pins ketahuan memasang roof rack sembarangan, bisa terkena tilang di jalan, lho!

Baca Juga:

Memahami Beban Muatan

Source : Arnold Clark

Tentunya Pins perlu merencanakan dengan sangat matang sebelum membeli roof rack

Kilas balik terkait pengalaman perjalanan, rutinitas, dan muatan-muatan yang sekiranya sering dibawa. Setiap roof rack juga memiliki batasan tersendiri dalam menahan muatan.

Seringkali banyak yang tidak memperhitungkan hal ini dan alhasil muatan terlalu berat dan berimbas pada penyoknya atap mobil.

Mobil sendiri memiliki batasan maksimum terhadap beban yang dapat dipikulnya. Menurut Technical Support Manager dari PT. Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, beban sebaiknya tidak boleh melebihi 75 kg.

Selain itu, jika muatan terlalu berat dapat mempengaruhi stabilitas mobil. Hal ini akan terasa ketika Pins sedang menyusuri jalan dengan tikungan. 

Memahami Jenis Muatan

Source : StartRescue

Beda muatan tentu beda penanganan. Roof rack ternyata ada banyak jenisnya lho, Pins!

Memasang roof rack dibutuhkan usaha dan tenaga yang cukup besar sedangkan Pins pastinya tidak ingin sering melepas atau memasangnya terus, bukan?

Beberapa jenis roof rack yang dapat dipilih:

Cargo Box

Bentuk yang satu ini sudah sangat lazim ditemukan. Bentuknya seperti peti dengan material plastik. 

Cargo Bags

Source : Roof Rack World

Roof rack satu ini memiliki bentuk menyerupai tas dan berbahan kain tahan air. Sifatnya lebih fleksibel dan dapat mengakomodasi muatan dengan bentuk yang beragam.

Pemasangannya lebih mudah dan dapat dilipat ketika tidak digunakan.

Bike Rack

Source : APM Musicales

Seperti namanya, roof rack ini digunakan untuk membawa sepeda diatasnya. Namun, tidak semua kendaraan cocok dengan tipe yang satu ini sehingga lebih banyak yang meletakkan sepeda pada bagian belakang mobil.

Baca Juga:

Cargo Basket

Source : Ubuy

Tipe basket cocok digunakan untuk benda-benda yang perlu diikat. Biasanya untuk benda yang lebih besar karena tidak muat di kargo atau boks.

Memilih Material yang Baik

Salah satu faktor krusial yang diharapkan dari roof rack adalah ketahanannya akan air. Ini dikarenakan roof rack diletakkan pada bagian atas mobil yang selalu terkena dampak cuaca.

Disarankan Pins memilih roof rack dengan material plastik ABS (Acrylonitrile butadiene styrene). 

Selain itu, bahannya pun ringan hanya berkisar antara 10 hingga 15 kg.

Kemudian ada juga roof rack dengan material baja. Memang lebih berat daripada yang lain, namun dijamin dapat menopang beban yang lebih banyak pula.

Hati-hati ketika mempertimbangkan untuk membeli roof rack baja. Jika mobil tidak mampu menopang berat roof rack maka akan berakibat pada kondisi fisik mobil tersebut.

Mobil yang cocok menggunakan roof rack ini antara lain berjenis jip atau SUV dengan atap yang biasanya cenderung lebih keras.

Baca Juga:

Memilih Lapisan Cat pada Roof Rack

Desain roof rack dapat membuat kendaraan semakin keren dan modis.

Tetapi, alangkah baiknya Pins juga mencermati lapisan cat pada roof rack. Terlalu sering terkena dampak cuaca dapat mengakibatkan roof rack berkarat atau menurun kualitasnya.

Konsultasikan hal ini pada merchant pilihan kamu, Pins. Pilih roof rack yang memiliki lapisan pelindung ultra violet agar meminimalisir kejadian seperti ini dan roof rack bisa awet.

Perhatikan Kemudahan Pemasangan

Roof rack harus segera dilepas ketika tidak digunakan. Sejatinya, roof rack sendiri bukanlah aksesoris bagi mobil yang boleh sering digunakan.

Terdapat dua metode dalam pemasangan roof rack. Ada yang menggunakan bor dan ada yang menjepit roof rail. Pikirkan dan lihat kebutuhan mana yang paling dan cocok dengan kendaraan yang dimiliki.

Kemudahan pemasangan berperan disini. Saat menggunakan roof rack, atap pada mobil akan lebih sulit untuk dibersihkan. 

Penting untuk melepaskan roof rack agar kebersihan mobil tetap terjaga, dan roof rack menjadi lebih awet.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Pins lakukan jika sedang mempertimbangkan untuk membeli roof rack. Bertamasya atau bepergian jauh tidak perlu khawatir lagi jika membawa muatan yang lebih banyak. 

Namun, tetap hati-hati dalam berkendara ya, Pins! Agar selamat sampai tujuan.

Agar kendaraan tetap nyaman, pastinya harus selalu dibersihkan. Salah satunya dengan mencuci mobil. Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca juga:

Featured Image Source:

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download