BlogLifestyleKetahui Macam Ukuran X Banner yang Sering Digunakan Untuk Promosi
0
0

Ketahui Macam Ukuran X Banner yang Sering Digunakan Untuk Promosi

Dipublikasikan oleh Kartika Laksita

Apr 10, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sebelum masuk ke pembahasan, saya mau tanya dulu. Pasti yang membaca artikel ini sudah mengenal yang namanya x banner? Jika sudah mengenal x banner, sekarang apakah sudah tahu ukuran x banner itu sendiri?

Jika belum, disini akan menjelaskan tentang beberapa ukuran x banner yang sering digunakan dalam percetakan dan juga untuk media promosi.

Mau tahu kelanjutannya? Ikuti artikel ini dengan seksama.

Pengertian dan Fungsi Banner

pengertian dan fungsi banner
youtube.com

Dimulai dari pengertian dan fungsi banner. Banner atau juga spanduk merupakan salah satu media iklan produk barang atau jasa, informasi dan lainnya.

Pada umumnya, banner atau spanduk berisi kata-kata menarik dan juga dilengkapi dengan gambar yang bisa memberikan informasi pada banner tersebut.

Sudah dijelaskan di atas tadi, bahwa fungsi dari banner yaitu untuk menyampaikan informasi maupun daya tarik kepada orang yang melihatnya.

Banner ini biasanya dipasang pada bagian depan perusahaan, toko atau tempat yang perlu pengenalan agar orang tertarik. Tidak hanya tertarik saja, bahkan kalau bisa orang tersebut mendatangi tempat yang sudah disampaikan di dalam banner tersebut.

Ukuran X Banner

Banyak macam banner yang sering digunakan oleh masyarakat untuk mempromosikan produk. Tapi ada hal yang menarik di sini, yaitu banner berdiri atau bisa disebut dengan x banner.

Mengapa dinamakan x banner? Karena bentuk penyangga atau penompang banner ini dipasang menyilang dan membentuk huruf X. Bahan tersebut terbuat dari pipa kecil atau besi kecil yang dipasang serupa dengan huruf X.

Nah, hal ini yang membuat banner tersebut berdiri tegak dan tidak mudah jatuh. Bahan yang digunakan dalam pembuatan x banner cukup ringan, ini juga memudahkan x banner bisa dibawa dan bisa dipindah untuk ditempatkan di posisi yang strategis.

Untuk ukurannya sendiri pada umumnya yaitu 60 x 160 cm. Dilihat dari ukuran dan bahan yang ringan, banner ini kebanyakan digunakan di dalam ruangan agar tidak mudah tertiup angin.

Nah, adapun ukuran x banner sebagai berikut.

Ukuran X Banner Indoor

ukuran x banner indoor
solusiprinting.com

Ukuran x banner yang pertama yaitu banner indoor, yang pada umumnya memiliki ukuran 60 x 160 cm. Tapi ada juga yang berukuran 120 x 160 cm yang tidak umum untuk digunakan.

Bahan dari x banner indoor ini pastinya ada banyak dengan kelebihan dan kekurangan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing.

Ukuran Banner Outdoor

ukuran banner outdoor
rapidprinting.ca

Sedangkan, untuk banner outdoor ini merupakan banner yang dipasang di luar ruangan. Mengapa banner ini dipasang di luar ruangan? Karena ukuran dari banner ini sangat besar.

Dalam penggunaannya, banner ini sering digunakan pada acara kunjungan yang nantinya akan menjadi background orang untuk berfoto. Tidak hanya itu saja, banner ini juga sering diletakkan di pohon pinggir jalan atau papan khusus pemasangan banner. Ukuran dari banner ini berkisar antara 1 x 2 meter, 2 x 4 meter bahkan sampai 3 x 7 meter.

Ukuran X Banner Mini

ukuran x banner mini
indiamart.com

Bisa dibilang x banner mini ini merupakan media promosi yang tidak sulit atau mudah. Namanya juga mini pasti memiliki ukuran yang kecil, yaitu 26 x 38 cm dan ukuran standarnya 25 x 40 cm.

Mini x banner ini jika dilihat dari segi bahannya terbagi menjadi 2 macam, yaitu mini x banner yang dilapisi dan mini x banner tanpa lapisan.

Banner ini biasanya digunakan di meja makan restoran sebagai alat untuk mempromosikan menu restoran tersebut.

Ukuran X Banner Standar

ukuran x banner standar
surasm.blogspot.com

Selanjutnya ukuran x banner standar yang bisa dikenal dengan sebutan stand banner atau juga standing banner yang mempunyai banyak macam dan ukuran.

Banyak yang menggunakan ukuran x banner ini, karena bisa dimanfaatkan sebagai media promosi yang dianggap bagus dan mudah dibawa saja sesuai kebutuhan.

Selain itu, penyangga berbentuk X yang ada pada bagian rangka banner bisa dimanfaatkan kembali. Jadi hanya perlu mencetak x banner pada media bahan dan ukuran tanpa harus membeli penyangganya lagi. Ini termasuk cara untuk menghemat budget belanja promosi.

Bahkan penyangga yang berbentuk X bisa disetel ulang ukurannya dan bisa menyesuaikan pada media bannernya. Untuk ukuran x banner sendiri ada beberapa macam yang biasanya digunakan masyarakat.

  • 25 x 40 cm
  • 60 x 120 cm
  • 60 x 160 cm
  • 80 x180 cm

Ukuran Y Banner atau Spanduk X

ukuran y banner standar
fastdigitalprinting.blogspot.com

Seperti halnya dengan x banner, tapi yang membedakan terletak dari penyangga yang berbentuk huruf Y. Model penyangga tersebut bisa dipisahkan dari rangkanya.

Banner jenis ini biasanya memiliki alas pada bagian bawahnya, bertujuan untuk memperkuat penyannga. Ukuran dari banner Y ini biasanya 60 x 160 cm.

Tapi, ada ukuran lain yang masih jarang ditemui di pasaran, ukuran tersebut yaitu 80 x 180 cm.

Ukuran Roll Up Banner

ukuran roll up banner
uprint.id

Jika dilihat dari namanya, bahan ini memiliki keunikan sendiri dibandingkan dari banner yang lainnya. Banner ini bisa digulung jika sudah selesai dipakai dan penggunaanya juga lebih praktis.

Secara fungsional, roll up banner ini bisa membangun brand suatu perusahaan atau produk sebagaimana x banner pada umumnya. Ukuran yang sering digunakan dalam pembuatan roll up banner ini adalah:

  • 60 x 160 cm
  • 80 x 200 cm
  • 85 x 200 cm
  • 120 x 200 cm
  • 150 x 200 cm

Banner ini biasanya dipakai pada pameran, etalase toko dan juga ruang penjualan. Harga yang murah, menjadikan banner jenis ini mampu menampilkan produk secara keseluruhan.

Ukuran Standar Banner Spanduk

ukuran standar banner spanduk
kompasiana.com

Sedangkan, untuk ukuran standar banner spanduk ini sebenarnya sama saja dalam pemanfaatannya. Hanya saja, banner ini lebih sering digunakan untuk spanduk partai, ucapan selamat datang, spanduk untuk warnet dan juga spanduk untuk perumahan.

Nah, untuk warna sendiri biasanya menyesuaikan dengan pesanan, baik itu full color atau polos. Sama halnya dengan pembuatan spanduk partai, hanya ada warna tertentu sebagai simbol atau lambang partai.

Ada beberapa ukuran banner spanduk ini yang banyak digunakan saat membuat media promosi dan juga publikasi dari bahan kain ini. Berikut ukuran tersebut ada di tabel bawah ini.

Nomor VariasiUkuran Spanduk
17 x 1,15 meter
27 x 0,9 meter
35 x 1,5 meter
45 x 0,9 meter
54,5 x 2 meter
64 x 0,8 meter
73 x 1 meter
83 x 0,8 meter
92 x 1,5 meter

Penutup

Nah, itulah penjelasan singkat tentang ukuran x banner yang sering digunakan dalam dunia percetakan. Jika ada salah kata atau kurang kata bisa langsung komentar di bawah.

Satu lagi yang tidak kalah penting, tentang bahan spanduk yang juga harus diketahui sebelum mencetaknya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download