BlogLifestyle10 Inspirasi Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Belum Banyak Pesaing
0
0

10 Inspirasi Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Belum Banyak Pesaing

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Markus Yohannes

Jul 4, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
usaha modal keciltop-right-banner

Jika kamu merupakan salah satu pekerja yang ingin beralih memiliki sebuah usaha, kamu bisa memulainya saat kamu masih bekerja. Ini akan sekaligus menambah penghasilan bulanan dan juga menambah relasi dalam bidang berbeda. Memulai usaha modal kecil yang belum banyak pesaing memang tidak mudah, tetapi bila kamu memiliki niat dan kemauan semua pasti bisa terlaksana.

Pinhome – Adanya perkembangan teknologi yang kian canggih juga berdampak bagi tersebarnya kesempatan bekerja untuk siapa saja yang ingin mencari. Tidak adanya keterbatasan ini dapat dijadikan peluang untuk kamu yang ingin mempunyai sebuah usaha baru. Pins bisa memulainya dari modal kecil atau minim dan kemauan. Kini pun sudah banyak contoh usaha modal kecil untung besar yang dapat kamu geluti.

Baca Juga:

10 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

Di bawah ini Pinhome akan menyajikan 10 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang dapat kalian coba sebagai bisnis baru yang menarik.

1. Menjual Foto Hasil Jepretan Sendiri

usaha modal kecil
Source : Sindonews

Kini telah hadir cara mencari uang dengan modal yang tidak besar yaitu menjual foto hasil tangkapan sendiri. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengunjungi ragam situs yang menyediakan jasa tersebut seperti shutterstock, canstockphoto, bigstockphoto dan masih banyak lagi untuk upload foto ke web tersebut dan mendapatkan uang dengan cara transfer.

Kamu akan mendapatkan dollar dari jumlah sedikit hingga besar tergantung foto yang yang kamu ambil. Usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini bisa menjadi alternatif sebagai tambahan penghasilan.

Baca Juga:

2. Dropshipper

Source : Idejualan

Teknik pemasaran dan penjualan satu ini memang layak untuk diperhitungkan. Kamu bisa memiliki online shop sendiri tanpa adanya barang yang menumpuk di rumah. Dengan teknik dropship, kamu hanya perlu menjual barang kepada pembeli, selanjutnya pemasok lah yang akan mengirimkan langsung ke tangan pembeli.

Minim modal dan kepraktisan inilah yang kini menjadikan usaha satu ini menjadi banyak peminatnya. Kunci utama yang diperlukan dropshipper adalah kemampuan dalam promosi di sosial media dan juga perangkat yang mendukung.

3. Catering Sehat

usaha modal kecil
Source : unsplash

Tidak terkecuali catering sehat, usaha modal kecil satu ini juga bisa kamu lakukan dengan keterbatasan dana. Catering sehat dengan mayoritas sayuran, dapat kamu beli dengan harga bersaing dan dapat kamu jual di hari yang sama. Dengan begitu, kamu tidak perlu melakukan stok makanan berlebih. Mulailah menjualnya pada orang terdekat, agar kamu pun mendapatkan feedback yang sejujurnya. Di masa pandemi ini, catering sehat sedang banyak dicari lho!

Baca Juga:

4. Bisnis Aksesoris

Source : unsplash

Nah, bisnis satu ini pun juga mulai tidak terbatas. Aksesoris yang merupakan pelengkap fashion menjadi barang yang selalu diperlukan masyarakat. Walaupun terlihat kecil dan terkadang dianggap remeh oleh sebagian masyarakat, kamu bisa menjadikan bisnis aksesoris menjadi usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Bagaimana caranya? Dengan membaca barang trend saat ini. Seperti halnya tali masker. Dahulu tidak akan ada yang mencarinya, namun kini bisnis pembuatan tali masker menjadi bisnis yang menjanjikan di masa pandemi. 

5. Minuman Sehat

usaha modal kecil
Source : Food Business News

Tidak hanya tali masker yang laku di masa pandemi, beberapa minuman sehat pun kini mulai banyak bermunculan sebagai salah satu cara menambah imun tubuh. Kamu bisa memulainya dari bisnis jus buah dengan kemasan yang menarik, jamu dari bahan-bahan tradisional yang dipercaya mampu membunuh virus maupun minuman lainnya yang dapat menjaga kesehatan tubuh.

Hal yang paling penting, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu dan jangan sekalipun berbohong hanya untuk kepentingan uang semata. Bila produk kamu dipercaya dan berkhasiat baik, pastinya akan banyak pelanggan dengan sendirinya.

Baca Juga:

6. Online Shop

Memiliki toko online bukan lagi hal yang sulit. Tidak hanya bagi yang membuka usaha dari nol, tapi kebanyakan juga yang sudah memiliki toko offline kemudian ingin menambah pelanggan. Tidak harus memiliki produk, cukup bekerja sama dengan pemilik produk yang mau barangnya dipasarkan kamu sudah bisa memulai usaha dengan modal kecil dan terbatas.

7. Camilan Ringan

usaha modal kecil
Source : Food Business News

Walaupun memang bisnis satu ini sudah banyak pesaing, namun kamu bisa memulainya dari camilan yang belum ada di pasaran. Contoh usaha modal kecil untung besar ini juga bisa menjadi ladang kreativitasmu apalagi untuk kamu yang senang dengan pengolahan makanan. Kini sayuran pun dapat dijadikan camilan lho, tinggal bagaimana kamu mempelajarinya. Modalnya pun terbatas, tetapi bila dibeli secara rutin maupun dalam jumlah besar, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit.

Baca Juga:

8. Kerajinan Tangan Unik

Source : Native Keeps

Semua hal yang mengandalkan kreativitas memang tidak akan pernah ada habisnya. Ragam hal baru maupun barang baru akan selalu bermunculan. Dari hal kecil yang kamu buat, kamu pun dapat memasarkannya untuk mendapatkan pundi-pundi yang tidak sedikit. Contoh-contoh yang sudah ada seperti barang dekorasi aesthetic yang sedang naik daun, mulai dari tanaman kering yang dihias, karpet, kain, tas dengan gambar tangan dan masih banyak lagi. Ini menjadi salah satu ide usaha dengan modal kecil yang mengandalkan keahlian. 

9. Produk Ramah Lingkungan

usaha modal kecil
Source : unsplash

Banyaknya kejadian dan kasus yang merusak lingkungan, membuat dunia lebih sadar akan menjaga lingkungan tempat kita hidup. Bagaimana tidak, bila manusia tetap tidak mengubah gaya hidup yang kebanyakan tidak mempedulikan lingkungan maka dunia akan rusak. 

Dengan adanya informasi mengenai hal tersebut yang terus menerus, membuat produk ramah lingkungan mulai banyak dibuat. Kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk menjual sebuah produk menarik yang baik bagi lingkungan. Usaha modal kecil ini masih sedikit terlihat lho Pins! Namun, bila kamu dapat dengan pintar mengambil peluang, kamu akan menjadi pebisnis terbaik dalam bidang ini.

Baca Juga:

10. Penawaran Jasa

Source : unsplash

Contoh usaha modal kecil untung besar dalam bidang penawaran jasa memang sudah ada sejak dahulu. Namun, kini jasa yang ditawarkan kian beragam dan menarik. Selain menjadi penulis lepas, jasa ketik, penerjemah, kamu pun dapat menjadi guru spesialis mengajar baca tulis, jasa titip barang-barang yang sulit didapatkan, sampai jasa antri tiket nonton dan masih banyak lagi. Semua dapat dilakukan dengan mudah dan minim modal. 

Usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di atas memang dapat dijadikan pilihan kamu dalam memulai sebuah usaha. Namun, bila kamu mempunyai ide kreatif lainnya yang belum ada di pasaran, hal tersebut dapat menjadi nilai tambah tersendiri bagi bisnis mu. Jangan pernah lelah mencoba dan mencari ide baru yang segar ya!

Tips Memulai Usaha Meski dengan Modal Kecil

Sebelum memulai usaha, harus memaksimalkan dulu segala sesuatunya. Tidak hanya dari persiapan modal tapi juga mental. Banyak yang harus berakhir gulung tikar hanya karena persiapan yang tidak matang. Berikut ini tips sederhana memulai usaha dengan modal kecil dan terbatas:

1. Cari Bidang Berdasarkan Minat

Membuka usaha tidak sekedar sesuai dengan kondisi lingkungan atau yang sedang trend. Tapi juga kenali diri sendiri terlebih dahulu, apakah sesuai dengan kesenangan atau minat yang dimiliki. Jika harus mempelajari dari nol sedangkan usaha yang dilakukan telah berjalan hanya akan membuat kewalahan.

Jadi, sebisa mungkin mendirikan usaha dengan modal kecil yang sesuai dengan bakat dan minat, minimal mengetahui seluk-beluknya. Cara ini akan lebih efektif, apalagi jika menjalankannya secara konsisten. Sesuatu yang dikerjakan sesuai minat akan memberikan hasil yang berbeda dibanding pekerjaan yang dituntut oleh hal tertentu.

2. Memulai Dari Skala Sederhana

Memulai usaha dari skala sederhana cenderung lebih cepat dikerjakan tanpa menunda karena tidak terlalu memikirkan banyak beban. Tapi perlu diingat bahwa memulai dari skala sederhana, maka penjualan pun akan terbatas. Usaha modal kecil Anda dapat dikembangkan secara bertahap sambil menyusun strategi yang tepat untuk berkembang.

3. Mulai Dari Pasar Yang Mudah Dijangkau

Memulai bisnis tidak harus meluas dan langsung menyebar ke banyak orang yang tidak dikenal. Cukup perkenalkan usaha yang dirintis kepada orang-orang terdekat lebih dulu, hal ini lebih bisa membantu berkembang karena mendapatkan konsumen yang terpercaya. Jadi, dahulukan memasarkannya kepada keluarga atau siapapun yang lebih mudah dijangkau.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Raudhatul Jannah Residence di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Last Edited: Voni Sri Wijayanti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download