BlogHome ServiceElektronik7 Kebiasaan yang Membuat Kulkas Cepat Rusak
0
0

7 Kebiasaan yang Membuat Kulkas Cepat Rusak

Dipublikasikan oleh  

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sudah tidak bisa ditampik bahwa kulkas kini menjadi benda elektronik yang sangat dibutuhkan di rumah. Kulkas menjadi tempat penyimpanan bahan makanan dan minuman yang membuatnya tetap awet dan segar meski disimpan dalam waktu yang lama. Memiliki kulkas juga memudahkan Pins untuk membuat es batu, menaruh bahan makanan seperti daging, buah dan sayuran. Sudah tahu ada beberapa kebiasaan yang membuat kulkas cepat rusak?

Namun semakin lama digunakan biasanya kulkas mengalami penurunan fungsi. Terlebih jika Pins tidak memerhatikan cara menggunakan kulkas yang benar malah kulkas bisa jadi cepat rusak. Selain membuat kulkas cepat rusak, penggunaan kulkas yang salah bisa membuat tagihan listrik menjadi tinggi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui hal-hal yang bisa membuat kulkas cepat rusak. Simak kebiasaan buruk yang membuat kulkas cepat rusak di bawah ini.

Memasukkan Makanan Panas ke Kulkas

(Canva)

Kebiasaan yang membuat kulkas cepat rusak pertama adalah memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Seringkali kita tidak sabar menunggu makanan dingin, contohnya seperti pudding. Hal ini bisa membuat kulkas bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhunya agar tetap dingin. 

Jika kebiasaan ini sering dilakukan, tentu Pins akan membuat kulkas tidak bertahan lama dan menjadi cepat rusak. Sebaiknya saat Pins membuat sebuah makanan, alangkah baiknya sebelum masuk ke dalam kulkas makan tersebut didinginkan dengan suhu ruangan. Setelah beberapa saat, barulah makanan dimasukkan ke dalam kulkas.

Baca Juga:

Tidak Menutup Kulkas dengan Rapat

(Canva)

Kebiasaan yang membuat kulkas cepat rusak lainnya namun terlihat sepele yaitu menutup kulkas tidak rapat. Hal ini akan membuat kulkas bekerja lebih keras mempertahankan suhu di dalamnya. Semakin sering kulkas bekerja dengan keras maka akan semakin mudah kulkas untuk rusak. 

Guna menghindarinya, Pins perlu memastikan dengan teliti saat menutup pintu kulkas. Jika karet pintu kulkas sudah tidak berfungsi dengan baik, cobalah untuk mengganti karet kulkas dengan yang baru.

Selain itu, kebiasaan sering membuka tutup pintu kulkas membuat masuknya udara dari luar ke dalam kulkas. Hal ini membuat udara dingin di dalam kulkas akan bercampur dengan suhu ruangan. Setiap pintu kulkas ditutup kembali, mesin pun akan bekerja keras untuk menyesuaikan kembali suhu agar kembali dingin. Oleh karena itu, sebelum Pins membuka kulkas lebih baik pikirkan terlebih dahulu makanan atau minuman apa yang akan diambil.

Baca juga:

Membiarkan Bunga Es Menumpuk di Freezer

(Canva)

Bunga es muncul di dalam kulkas karena adanya udara yang masuk dan karena heater tidak bekerja sehingga kipas dalam kulkas tidak bisa berputar. Ini yang menyebabkan bunga es menumpuk di dalam freezer. Jika begitu, sirkulasi udara dingin dan bunga es yang menumpuk  bisa membuat kulkas tidak dingin dan berujung cepat rusak. 

Bahkan makanan atau minuman yang Pins letakkan di dalam freezer tidak bisa terambil. Namun Pins bisa rutin membersihkan kulkas termasuk freezer agar tidak terjadi penumpukkan bunga es. Supaya bunga es tidak menumpuk di dalam freezer, kamu perlu membersihkannya secara teratur, minimal satu minggu sekali.

Tidak Menyesuaikan Temperatur

(Canva)

Banyak sekali orang yang tidak memperhatikan temperatur pada kulkas. Saat memasangnya di level tertentu kemudian temperatur akan dibiarkan begitu terus. Ternyata penting sekali untuk menyesuaikan temperatur dengan banyaknya isi kulkas. 

Seperti contohnya saat kulkas kosong dibiarkan saja dengan suhu tinggi, tetapi saat kulkas sedang terisi penuh maka turunkan temperatur agar kulkas tidak bekerja terlalu keras untuk mempertahankan suhu dinginnya.

Tidak Membersihkan Bagian Kulkas

(Canva)

Apakah Pins pernah mendengar kulkas mampet? Atau mungkin Pins mengalami sendiri kulkas mampet. Ini salah satu jenis kerusakan yang sering terjadi pada kulkas. Keadaan ini dapat terjadi karena pelumas kompresor naik ke jalur instalasi. 

Selain itu, hal ini juga bisa terjadi karena kotoran yang menempel di salurannya. Guna menghindari kulkas mampet, Pins perlu rajin untuk membersihkan bagian luar kulkas. Selain bagian luar yang di bersihkan, bagian dalam kulkas juga dibersihkan secara rutin. 

Menempatkan Benda Panas di Dekat Kulkas

(Canva)

Menempatkan kulkas di sebelah benda panas seperti kompor, oven, atau benda lainnya yang ada di dapur bisa membuat kulkas menjadi lebih cepat rusak. Karena panas yang dihasilkan dari benda yang panas dapat membuat kulkas untuk bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhunya. Selain itu, membuat tagihan listrik menjadi lebih tinggi yang memicu kerusakan kulkas. 

Jarang Membersihkan Kulkas

Sudah pasti jika kita jarang membersihkan suatu barang akan membuat barang tersebut cepat rusak. Begitu juga dengan kulkas, adanya kipas pada kulkas yang menjadi sumber tenaga pada bagian belakang kulkas. Kipas tersebut rawan sekali kotor karena debu yang bisa membuat kerja mesin tidak optimal. Dengan membersihkan kulkas di bagian dalam atau luar kulkas sangat penting agar kulkas bisa lebih awet. Selain itu membersihkan kulkas secara rutin juga bisa membuatnya tetap sehat bagi bahan makanan yang kamu simpan di dalamnya.

Dengan menghindari kebiasaan buruk di atas, bisa menjadi cara menghemat listrik kulkas lho! Ya, karena dengan menghindari kebiasaan di atas kulkas jadi tidak terlalu sering bekerja keras untuk membuat suhu di dalamnya tetap dingin.

Baca juga:

Nah, itulah tujuh kebiasaan yang membuat kulkas cepat rusak yang harus dihindari. Selain kulkas yang harus dirawat agar tidak rusak, ada AC juga yang harus dirawat dengan baik dan menggunakannya dengan bijak. Supaya AC yang sudah dibeli tahan lama dan tetap dingin, lakukan servis AC secara berkala. Bila AC tidak bekerja maksimal, pesan jasa perbaikan AC oleh teknisi dari Pinhome Home Service. Dengan biaya yang sesuai standar, Pins bisa mendatangkan teknisi AC profesional sesuai dengan keluhan yang dihadapi melalui layanan Perbaikan AC di aplikasi Pinhome. Download aplikasi Pinhome di sini.

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pulsa paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download