BlogPemilik PropertiEdukasi17 Nama Alat Listrik Lengkap dengan Fungsi dan Bentuknya
0
0

17 Nama Alat Listrik Lengkap dengan Fungsi dan Bentuknya

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 10, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Batas Waktu Pengisian Token Listriktop-right-banner

Alat listrik merupakan perlengkapan yang penting dan harus ada di sebuah rumah. Dengan alat-alat ini, rangkaian listrik bisa bekerja dengan baik sehingga peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik bisa berfungsi.

Mengetahui ragam jenis alat listrik sangat penting bagi kamu yang punya rumah di Bekasi seperti Kota Harapan Indah atau Golden City Bekasi. Tujuannya agar kamu bisa menyesuaikan peralatan rumah tangga yang dengan dayanya.

Selain itu, kamu yang ingin beli rumah bekas di Jakarta Timur juga harus mengetahui alat-alat listrik yang terpasang. 

Baca juga: Sejarah penemuan Listrik oleh Michael Faraday

Rangkaian Listrik

alat listrik
Pixabay

Sebelum membahas tentang alat listrik beserta fungsinya, kamu harus tahu terlebih dulu tentang rangkaian listrik. Inilah yang memungkinkan aliran listrik tersalurkan dengan baik sehingga perlengkapan rumah bisa berfungsi. 

Rangkaian listrik adalah interkoneksi beberapa komponen listrik sehingga muatan listrik dibuat berpindah melalui jalur tertutup (rangkaian), biasanya digunakan untuk melakukan tujuan tertentu.

Komponen dalam rangkaian listrik meliputi berbagai elemen seperti resistor, kapasitor, saklar, transformator dan elektronika. 

Rangkaian listrik terdiri dari komponen aktif. Namun komponen listrik paling sederhana adalah komponen-komponen pasif dan linear: ketika mereka dapat menyimpan energi sementara, mereka tidak punya sumbernya, dan akan memperlihatkan respon linear jika diberi stimulus.

Berbicara tentang rangkaian listrik, maka akan berhubungan dengan elektronika. Ini adalah rangkaian listrik yang berisi komponen aktif seperti tabung vakum, transistor, dioda dan sirkuit terintegrasi. 

Elektronika secara luas digunakan pada pemrosesan informasi, telekomunikasi, dan pemrosesan sinyal. Kemampuan peralatan elektronik untuk menjadi saklar memungkinkan pemrosesan informasi digital. 

Ditambah teknologi papan rangkaian, pengemasan elektronik, dan berbagai bentuk rangkaian infrastruktur komunikasi, mengubah komponen yang terpisah-pisah menjadi satu sistem kesatuan kerja.

Baca juga: 7+ Cara Menghitung Pemakaian Listrik Bulanan & Trik Penghematannya

Alat Listrik Beserta Fungsinya

Ada banyak sekali alat kelistrikan yang ada di sekitar kita. Namun terkadang kita tidak mengetahui nama-nama alat tersebut dan apa saja fungsinya. Berikut penjelasannya.

1. Saklar (Switch)

alat listrik
iStock Photo

Alat listrik pertama yang sering digunakan di rumah adalah saklar. Fungsinya saklar adalah untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik pada suatu rangkaian, seperti lampu atau peralatan elektronik.

2. Stop Kontak (Outlet)

alat listrik
Pixabay

Berikutnya adalah stop kontak atau yang di beberapa daerah disebut dengan istilah terminal. Ini adalah alat untuk menyambungkan kabel listrik dari peralatan elektronik agar dapat menerima aliran listrik.

3. Kabel Listrik

alat listrik
Pixabay

Alat yang satu ini tentu tidak asing, bahkan sangat populer. Kamu yang bukan orang listrik saja pasti tahu apa itu kabel dan apa fungsinya. Ya, kabel listrik berfungsi mengalirkan arus listrik dari sumber daya ke peralatan atau perangkat.

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak? Ini 11 Cara Menghemat Listrik di Rumah!

4. Transformer

alat listrik
Pinterest

Transformer ini sering juga disebut dengan istilah trafo. Fungsinya mengubah tegangan listrik dari tinggi ke rendah atau sebaliknya untuk distribusi dan penggunaan yang aman.

5. Alat Pengukur Listrik (Multimeter)

alat listrik
Pixabay

Multimeter berbentuk kotak hitam dengan ada diagram di dalamnya dan dua colokan dengan dua kabel berwarna merah dan hitam. Fungsinya untuk mengukur tegangan, arus, dan resistansi dalam suatu rangkaian listrik.

6. Panel Listrik

alat listrik
Pixabay

Fungsi panel listrik rumah adalah untuk menempatkan komponen listrik sebagai pendukung dari mesin listrik supaya mampu beroperasi dengan prinsip kerja dari mesin tersebut.

7. Ground Fault Circuit Interrupter (GFCI)

alat listrik
Wikimedia Commons

Fungsi alat listrik satu ini adalah untuk melindungi dari kejutan listrik dengan secara otomatis memutus aliran listrik jika terdeteksi arus bocor ke tanah.

8. Circuit Breaker 

alat listrik
Pixabay

Alat listrik ini berfungsi melindungi peralatan dan kabel listrik dari arus berlebih atau hubungan pendek dengan memutus aliran listrik jika terjadi gangguan.

Baca juga: 16 Penyebab Listrik Padam yang Umum Terjadi, Wajib Tahu!

9. Inverter

alat listrik
Pixaba

Berfungsi mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC), digunakan misalnya untuk mengoperasikan peralatan listrik pada kendaraan.

10. Fuse

alat listrik
Pixabay

Melindungi peralatan dengan memutus aliran listrik saat arus berlebih, mencegah terjadinya korsleting atau kebakaran.

11. Regulator Tegangan (Voltage Regulator)

alat listrik
Pinterest

Alat ini berfungsi untuk memastikan tegangan listrik tetap stabil dan sesuai, menghindari kerusakan pada peralatan.

12. Battery Charger 

alat listrik
Pixabay

Ini mungkin termasuk alat listrik yang paling sering kamu bawa bepergian. Fungsinya juga sudah kamu ketahui, yaitu untuk mengisi daya baterai dari berbagai perangkat seperti ponsel, laptop, atau kendaraan listrik.

Baca juga: Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Bulan Januari 2021

13. Timer

Sama seperti namanya, alat ini berfungsi mengatur waktu pengoperasian peralatan, seperti lampu atau alat elektronik, secara otomatis.

14. Dimmer 

Fungsi alat ini untuk mengatur intensitas cahaya pada lampu atau perangkat lain, memungkinkan pengaturan pencahayaan yang disesuaikan.

15. Relay

Berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk mengontrol peralatan atau rangkaian yang lebih besar.

16. Capacitor

alat listrik
iStock Photo

Alat ini biasanya berbentuk seperti tabung kecil dan tidak hanya satu saat digunakan. Fungsinya untuk menyimpan muatan listrik dan mempengaruhi kinerja rangkaian listrik tertentu.

17. Motor Listrik

Pinterest

Ini berbeda dengan motor listrik kendaraan. Alat ini dikenal juga dengan dinamo. Fungsinya mengubah energi listrik menjadi energi mekanis, digunakan dalam berbagai peralatan seperti kipas, pompa air, atau mesin cuci.

Itulah 17 alat listrik beserta fungsi dan gambar yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Pesona Ciputih dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download