BlogLifestyleEdukasi8 Jenis Alat Penjernih Air Serta Contoh dan Harganya
0
0

8 Jenis Alat Penjernih Air Serta Contoh dan Harganya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Sep 3, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
alat penjernih airtop-right-banner

Alat penjernih air mungkin sudah dianggap sebagai salah satu kebutuhan rumah tangga yang harus dipunyai untuk masalah air bersih di rumah. Karena, pasalnya tidak semua rumah mempunyai sumber air yang bersih. Apaagi jika masih menggunakan air sumur dengan pompa air sebagai sumber air utama. Pastinya kehadiran alat penjernih air dapat sangat membantu untuk memastikan kualitas air terjaga dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Jika alat penjernih air tidak ada, mungkin saja orang-orang yang memiliki sumber air kurang bersih akan mengonsumsi air langsung dengan zat-zat kotor dan juga kuman yang ada di dalamnya. Hal ini tentu saja sangat membahayakan bagi kesehatan apalagi jika dilakukan dengan jangan waktu yang lama. Agar hal ini tidak terjadi, Kamu dapat atasi masalah air di rumah dan perbaiki kualitas air dengan memasang penjernih air yang tepat. Kamu juga bisa memilih tandon air yang tepat, beserta merk tandon air yang bagus.

Pada artikel kali ini Pinhome akan membahas jenis alat penjernih air serta contoh dan harganya. Buat Kamu yang sumber air dirumahnya masih kurang bersih, pastikan simak baik-baik ya artikel ini ya.

Jika kamu membeli rumah eksklusif dari Pinhome seperti pada perumahan di BSD atau perumahan di Bekasi, kamu akan mendapatkan kualitas keramik lantai yang paling baik. Sementara keramik pada rumah second di Kab Bandung bisa jadi perlu diganti dengan yang baru. 

Baca juga10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Jenis Alat Penjernih Air

alat penjernih air
Source : Penguin

Sangat penting sekali bagi Kamu untuk mempunyai air bersih di rumah. Saat ini telah ada beberapa macam atau tupe alat jernih air yang mempunyai fungsi yang sama akan tetapi cara yang digunakan untuk membersihkan air berbeda. Di bawah ini merupakan beberapa jenis alat penjernih air yang perlu Kamu ketahui.

1. Filtrasi Karbon Aktif

Jenis alat penjernih air yang pertama yaitu yang mempunyai filtrasi karbon aktif. Karbon aktif yang dapat digunakan sebagai filter merupakan yang terdiri dari bubuk karbon dengan ukuran yang kecil dan saling terikat dengan menggunakan bahan-bahan pengikat.

Filtrasi karbon aktif juga sangat lah efektif untuk menghilangkan bau klorin yang kurang sedang dan juga bisa digunakan untuk menghilangkan kandungan timbal pada air.

2. Filtrasi Karbon Aktif Granular

Filtrasi karbon aktif granular agak sedikit berbeda dengan filtrasi karbon aktif yang biasa. Ukuran dari karbon aktif granular biasanya akan lebih besar dan dapat dimanfaatkan untuk menjadi penyaring air pada tahap awal sebelum dimasukkan kedalam saringan yang lainnya. Tidak hanya itu, harga dari jenis ini terbilang sangatlah murah dan tidak sulit untuk ditemukan di pasaran.

3. Filtrasi Reverse Osmosis

Mesin penyaring air yang memakai sistem filtrasi reverse osmosis biasanya mempunyai kemampuan menyaring air yang sangat baik dan dapat untuk menghilangkan kandungan kimiawi dengan tingkat yang tinggi. Selain itu, kandungan bakteri yang ada di dalam air juga dapat tersaring dengan sempurna dan menjadikan air aman untuk diminum.

Walaupun dapat memberikan penyaringan yang baik, alat penyaring jenis ini mempunyai harga yang cukup mahal dan membutuhkan perawatan yang teratur agar kualitas air yang dikeluarkannya dapat selalu bersih dan aman.

Baca juga8 Ukuran Kamar Mandi Minimalis yang Pas

alat penjernih air
Source : Pixabay

4. Ionisasi

Ionisasi adalah salah satu metode penjernihan air yang juga termasuk telah cukup lama digunakan oleh banyak orang. Alat penyaringan air dengan metode ini menggunakan filter elektrolit untuk bisa menghilangkan kandungan kimiawi yang terkandung pada air.

Kemudia air juga melewati lembaran yang mengandung elektroda positif dan negatif yang dapat menarik kandungan besi berbahaya dan mengeluarkannya dari dalam air.

5. Filtrasi Ultar Violet

Jenis alat penjernih air berikutnya menggunakan metode filtrasi ultraviolet. Teknologi ultraviolet sudah terbukti sangat efektif untuk menghilangkan berbagai mikroorganisme yang ada pada kandungan air. Walaupun demikian penjernih air yang mempunyai sistem ultraviolet tetap membutuhkan alat penyaring air lainnya sampai air benar-benar aman untuk digunakan.

6. Filtrasi Air Suling

Berikutnya terdapat jenis yang menggunakan metode air suling, jenis alat yang satu ini juga telah lama dan bahkan termasuk ke dalam salah satu kategori penyaringan yang paling sederhan yang dapat Kamu gunakan. Metode air suling yang satu ini bekerja dengan cara mendidihkan air yang akan disaring dan uap airnya dapat dimanfaatkan sebagai air suling yang telah bersih. Harus diperhatikan bahwa metode filtrasi air suling tidak sepenuhnya layak untuk dikonsumsi.

Source : Pixabay

7. Filtrasi Sedimen

Jenis alat penjernih air berikutnya yaitu alat mempunyai sistem filtrasi sedimen. Jenis alat yang satu ini sangatlah popular untuk digunakan karena caranya yang terbilang sangat praktis dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit.

Alat dengan sistem filtrasi sedimen bekerja dengan cara air yang mengalir melalui filter dapat tersaring ke dalam pori sedimen yang mempunyai ukuran 5 mikron. Walaupun sistem dari alat ini terbilang ringkas dan mudah untuk dipasang. Akan tetapi, Kamu masih tetap membutuhkan filter lainnya agar air tersebut dapat menjadi aman untuk diminum.

8. Filter Alumina Aktif

Alat yang menggunakan teknologi filtrasi alumina aktif memanfaatkan alumina oksida dan dirancang secara khusus untuk menyaring kandungan zat besi berbahaya yang ada pada air keran di rumah. Sistem penyaringan seperti ini juga sangat efektif untuk menyerapa kandungan fluorida pada air dan menjadikannya lebih bersih untuk digunakan.

Contoh Alat Penjernih Serta Harganya

Source : Waterplus+
  • Reverse Osmosis plus Uv Water Filter, harga dari alat ini adalah Rp. 1.850.000
  • Unilever Pure It Marvella Drink Water Filter, harga dari alat ini adalah Rp. 2.835.000
  • Kangaroo Water Purifier Reverse Osmosis, harga dari alat ini adalah Rp. 2.600.000
  • Advance ZiproPlus RO Alkali Filter, harga dari alat ini adalah Rp. 5.498.000
  • Konka Ceramic Filter Water Purifier, harga dari alat ini adalah Rp. 299.000
  • Eugen Watertech Filter Sedimen dan CTO Alkaline Water Purifier, harga dari alat ini adalah Rp. 180.000

Itu dia beberapa jenis, contoh, dan harga dari alat penjernih air yang dapat kamu aplikasikan pada rumah Kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Dewe Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download