BlogLifestyleTeknologi18 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Laptop Kamu
0
0

18 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Laptop Kamu

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
aplikasi wajib laptoptop-right-banner

Jika baru saja membeli laptop, tentu hal yang wajib dilakukan adalah menginstal aplikasi di laptop. Ini bertujuan memudahkan Pins dalam menggunakan laptop, terlepas dari tipe dan merk laptop yang digunakan.

Deretan aplikasi yang harus ada di laptop memang banyak, mulai dari pengelola dokumen dan pembukuan, antivirus, hingga pengelola media gambar. Jika Pins bingung harus menginstal software yang mana, simak daftar aplikasi penting ada di laptop di sini, yuk!

Baca juga:

Microsoft Office

aplikasi wajib laptop
Source : Microsoft Support

Aplikasi wajib pertama yang harus ada di laptop adalah Microsoft Office. Microsoft Office biasanya sudah tersedia secara default di setiap sistem operasi Windows, mulai dari versi Windows 10, 8, hingga 7.

Software ini berisi berbagai macam aplikasi dari Microsoft yang berguna untuk membantu pekerjaan kantor, mahasiswa, dan pelajar. Berikut jenis-jenis aplikasi dari Microsoft Office yang paling sering digunakan banyak orang.

  • Microsoft Word – aplikasi pengolah kata yang difungsikan untuk mengedit dokumen, pembuatan surat, label dan sebagainya.
  • Microsoft Excel – aplikasi untuk menghitung laporan, membuat pembukuan, hingga membuat berbagai macam grafik sistematis.
  • Microsoft PowerPoint – aplikasi untuk membuat presentasi dengan berbagai fitur, seperti template menarik dan tambahan animasi.

Sebenarnya, masih ada banyak lagi aplikasi yang disediakan di dalam package Microsoft Office, seperti Publisher, Access, One Note dan lainnya. Namun, aplikasi yang paling sering digunakan adalah ketiga aplikasi itu tadi.

Baca juga:

Google Drive

Source : inet.detik.com

Khawatir memori penuh dan tidak ingin kehilangan file penting? Tidak perlu khawatir! Pins bisa menginstal Google Drive sebagai media penyimpanan yang tersedia secara daring dan real time.

Salah satu software yang harus ada di laptop ini menawarkan penyimpanan gratis hingga 15GB yang dibagikan ke seluruh akun Google, baik Google Foto maupun Gmail. Google Drive merupakan aplikasi yang memudahkan Pins membawa file ke mana saja.

Selain menyinkronkan data di folder Google Drive khusus, aplikasi desktop ini memudahkan Pins membuat folder cadangan di komputer dan perangkat eksternal kamu, lho. Berbagi file dengan orang lain pun sangat mudah dengan layanan ini. Tidak heran bila Google Drive masuk dalam aplikasi apa saja yang harus ada di laptop, terutama di Windows 10 dan versi terdahulunya.

Pins juga bisa mendapatkan ruang penyimpanan dan memisahkan data sesuai kebutuhan jika dipasangkan dengan OneDrive atau software penyimpanan cloud gratis lainnya. Wah, tidak perlu cemas data penting hilang karena kepenuhan memori lagi, nih!

Baca juga:

Video Player

Source : Microsoft Apps

Jika ingin menonton video atau film, aplikasi video player tentu wajib dipasang di laptop, bukan? Nah, ada begitu banyak aplikasi video player yang tersedia, tetapi beberapa software di bawah ini menjadi rekomendasi banyak orang. Selain karena gratis, fitur yang ditawarkan sangat berguna untuk Pins.

  • VLC Media Player – aplikasi pemutar video yang mendukung format MP4, AVI, MKV, FLV, dan RMVB dengan tampilan sederhana.
  • Windows Media Player – aplikasi yang sudah tersedia secara default pada sistem operasi Windows.

Music Player

Source : Spotify

Berkat teknologi saat ini, sudah banyak aplikasi pemutar musik yang bisa memutar lagu secara online maupun offline melalui media penyimpanan. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi Music Player yang penting ada di laptop.

  • Groove Music – aplikasi pemutar musik offline melalui media penyimpanan dengan tampilan minimalis.
  • Spotify – aplikasi pemutar musik online yang menawarkan jutaan lagu untuk didengarkan secara real time.

Baca juga:

Antivirus

Source : McAfee.com

Aplikasi wajib lainnya yang perlu diinstal di laptop adalah Antivirus. Aplikasi ini mengurangi risiko laptop diserang oleh virus maupun malware yang tentu berbahaya untuk data milik Pins.

Jika menggunakan Windows, Pins cukup memakai Windows Defender untuk mencegah virus masuk ke laptop. Bila ingin perlindungan tambahan, berikut ini beberapa software antivirus yang harus ada di laptop.

  • MCafee – aplikasi antivirus yang melindungi pengguna saat browsing dengan mencegah masuknya virus atau malware dari aplikasi yang diunduh.
  • Kapersky – aplikasi antivirus dengan sistem keamanan level tinggi dan sangat efektif, seperti menyediakan keyboard virtual yang digunakan untuk mencegah peretas dapat mengetahui password atau data kartu kredit.

Google Chrome

Source : Google Blog

Google Chrome memang menjadi salah satu aplikasi browser teratas yang wajib ada di laptop Windows 10, 8, maupun 7. Aplikasi ini tergolong cepat dengan kemudahan untuk mencari langsung gambar di Google Lens.

Selain itu, Google Chrom memiliki beragam aplikasi ekstensi dan bisa disinkronisasi sehingga bisa Pins buka di ponsel maupun sebaliknya. Walau begitu, Google Chrome menghabiskan banyak RAM yang terkadang bisa menyebabkan laptop lemot atau hang.

Untungnya, ada alternatif browser lainnya yang bisa Pins pasang di laptop, seperti Firefox, Opera dan Microsoft Edge yang dibuat dari Chromium.

CCleaner

Source : PC Mag

CCleaner wajib kamu pakai di laptop sebagai software utility. Pasalnya, aplikasi ini bisa membersihkan sampah drive C yang penuh, seperti file cache, temporary, dan lainnya.

Kamu bisa menginstal CCleaner secara gratis maupun berbayar. Jika ingin versi gratis, Pins bisa mengunduh CCleaner via situs resmi dengan fitur-fitur yang memang lebih terbatas dibandingkan aplikasi berbayar.

Baca juga:

PDF Reader

Source : W365.dk

Format PDF merupakan salah satu format yang paling sering dipakai untuk membuat dokumen hingga laporan. Untuk membuka dokumen dengan format ini, Pins perlu menginstal aplikasi PDF Reader di laptop yang digunakan.

Kamu bisa menggunakan Adobe Acrobat Reader DC. Fitur yang disediakan dari software ini cukup lengkap, seperti mengedit hingga melakukan convert PDF ke format lain.

Zip/Winrar

Source : Suara

Pernah menemui file kompress? Tentunya iya, dan sekarang file kompress merupakan format yang sangat umum. Untuk itu, kamu perlu aplikasi dekompress, contohnya seperti Winrar untuk mengekstrak file yang dibutuhkan.

Aplikasi Meeting

Source : Vecteezy

Seiring berjalannya waktu, banyak pembelajaran dan pekerjaan yang dilakukan lewat daring. Tidak heran bila Pins wajib memasang aplikasi meeting di laptop. Selain itu, software ini memudahkan kamu berkomunikasi dengan teman maupun keluarga, kok.

Salah satu aplikasi meeting yang direkomendasikan adalah Zoom. Aplikasi yang cukup ringan digunakan ini menawarkan berbagai macam fitur, seperti mengganti background saat meeting, membuat jadwal meeting, hingga merekam video saat meeting berlangsung.

Selain Zoom, Pins bisa memilih Cisco Webex Meeting sebagai alternatif. Aplikasi yang diproduksi dari perusahaan Cisco ini mempunyai beragam kelebihan lain, misalnya menggunakan perintah suara, baik itu lewat Google Home Hub ataupun Google Assistant, lho.

Baca juga:

Sticky Notes

Aplikasi yang harus ada di laptop selanjutnya adalah Sticky Notes. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mencatat tugas, aktivitas, project, dan sebagainya secara digital.

Sticky Notes akan selalu muncul di tampilan layar laptop untuk mengingatkan meskipun kamu sudah merestart atau mematikan laptop. Idealnya, Sticky Notes sudah terpasang secara otomatis pada laptop dengan sistem operasi Windows. Bila belum, Pins bisa mengunduh aplikasi ini via situs resminya, ya!

Corel Draw

Source : PCMag

Jika punya pekerjaan di bidang desain, kamu perlu memasang aplikasi Corel Draw di laptop desain grafis yang digunakan. Corel Draw merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vektor. Dari fungsinya ini, Corel Draw sangat cocok digunakan untuk membuat logo, ilustrasi dan sebagainya.

Photoshop

Source : Apple Store

Bagi fotografer, aplikasi Photoshop adalah software penting yang harus ada di laptop. Photoshop merupakan aplikasi pengolah gambar, terutama foto berbasis bitmap. Bila dilihat dari fungsinya, Photoshop bisa digunakan untuk memanipulasi gambar, mempertajam kualitas foto dan sebagainya.

Password Manager

Source : Bitwarden

Umumnya, Pins tidak mungkin membuat kata sandi yang kuat untuk setiap akun dan mengingat semuanya. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan aplikasi pengelola kata sandi, alias Password Manager.

Aplikasi ini tergolong aman untuk menghasilkan kata sandi yang baik dan menguncinya di belakang satu kata sandi utama yang harus Pins ingat. Salah satu aplikasi Password Manager yang direkomendasikan adalah Bitwarden.

Selain aplikasi desktop, Pins bisa menginstal ekstensi Bitwarden di browser pilihan untuk mengisi kata sandi secara otomatis dengan mudah. Kamu perlu mengikuti panduan lengkap untuk mengetahui bagaiman cara menggunakan aplikasi ini dengan aman dan tenang, ya.

Baca juga:

Aplikasi Game

Source : Steam

Tidak hanya untuk bekerja maupun belajar, laptop bisa Pins alihfungsikan sebagai sarana untuk bermain game. Hal ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Aplikasi Game yang wajib ada di laptop kamu adalah Steam.

Steam merupakan platform game yang menjadi toko serba ada untuk sebagian besar game PC. Pins bisa menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi maupun membeli game. Jika beruntung, Pins bisa mendapatkan game-game terbaik saat ini secara gratis, lho.

Nero – CD/DVD Burner

Source : Evergreen Help Wiki

Nero merupakan aplikasi yang menawarkan fitur untuk persoalan CD/DVD, seperti burning file foto dan video ke media optik, seperti CD atau DVD. Aplikasi ini juga bisa Pins gunakan untuk mengkonversi format data, nih. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan, Nero bisa mencadangkan data yang tengah diproses ketika terjadi kesalahan.

SHAREit

Source : Apple Store

Shareit merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk mentransfer file dari perangkat lain. Aplikasi ini akan sangat bermanfaat ketika Pins ingin memindahkan file dalam jumlah besar dengan mudah dan praktis.

Alarm

Terlalu sibuk bekerja menggunakan laptop terkadang dapat membuat kamu lupa dengan agenda atau janji yang sudah dibuat. Oleh sebab itu, Pins perlu memasang aplikasi Alarm di laptop guna memudahkan kamu untuk mengetahui jadwal maupun janji.

Biasanya aplikasi Alarm sudah tersedia secara otomatis di laptop. Jika belum terpasang, kamu dapat mengunduh aplikasi Alarm dengan mencarinya via browser di laptop.

Nah, itu tadi sederet aplikasi yang wajib ada di laptop. Kebanyakan aplikasi di atas disediakan secara gratis dan bisa diunduh di masing-masing situs resminya. Tunggu apa lagi, segera unduh untuk melengkapi kegunaan laptop kamu!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download