BlogLifestyleKebersihan Rumah8 Cara Mengusir Tokek dari Rumah dengan Ampuh
0
0

8 Cara Mengusir Tokek dari Rumah dengan Ampuh

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jun 18, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Menggunakan bahan-bahan dapur untuk mengusir tokek dari rumah secara alami. Tokek dapat menjadi hama di rumah, meskipun mereka memangsa serangga dan laba-laba. Jadi, ada saat-saat ketika perlu melakukan beberapa hal untuk menghilangkan tokek dari rumah. Mengusir tokek tidak mengeluarkan bunyi cicak karena tubuhnya yang besar dan tidak gesit. Berikut Pinhome akan jabarkan mengenai cara mengusir tokek dari rumah!

Tokek dapat tinggal di satu tempat selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan jika mereka merasa nyaman di sana. Tokek di rumah membuat suara yang keras. Selain itu, jika kotoran tokek mengotori rumah. Karena bahan-bahannya mudah ditemukan, metode alami untuk mengusir tokek tokek secara langsung dari rumah ini mudah digunakan.

Cara Mengusir Tokek dari Rumah dengan Ampuh

Berikut ini adalah cara mengusir tokek dari rumah, selain tokek kamu juga harus basmi cacing di rumah Kamu!

1. Menggunakan Kulit Telur

Source : Pixabay

Cara pertama untuk menghilangkan tokek dari rumah secara alami adalah dengan menambahkan beberapa kulit telur. Ini adalah metode menakut-nakuti tokek yang sangat efektif dan murah. 

    Ketika tokek melihat kulit telur, mereka akan mengira itu adalah predator. Tempatkan dua pecahan kulit telur di sekitar rumah, seperti di depan pintu atau di dapur. Cukup satu pasang di setiap pintu. Ketika tokek melihat kulit telur, dia akan lari. Kulit telur harus tetap dua bagian, tidak hancur. Ganti kulit telur setiap tiga hingga empat minggu untuk menghilangkan baunya.

    2. Menggunakan Tembakau dan Kopi

    Cara lain untuk mengeluarkan tokek dari rumah berikutnya adalah dengan membuat bola-bola kecil dari bubuk kopi dan tembakau. Campurkan keduanya dan tancapkan di ujung tusuk gigi. Bola ini harus ditempatkan di tempat tokek bersarang atau di mana pun yang sering dikunjungi oleh mereka, seperti di jalan masuk rumah. Tokek akan memakan sebagian bola dan akhirnya mati.

    3. Menggunakan Bawang Putih

    Bau bawang putih yang tajam tidak disukai oleh tokek; jadi, letakkan siung bawang putih di sekitar pintu agar tokek tidak bisa masuk.

    4. Dengan Bawang Merah

    Source : Pixabay

    Alat alami lain untuk cara mengusir tokek adalah irisan bawang. Potong bawang merah menjadi dua bagian dan letakkan di tempat tokek biasa bersembunyi, seperti di dekat pintu masuk atau di tempat yang hangat dan nyaman bagi tokek. Aroma bawang merah yang diiris akan mengganggu tokek.

    5. Menggunakan Semprotan Merica di Sekitar Rumah

    Semprotan merica dapat mengusir tokek dari rumah berikutnya. Iritasi yang dirasakan manusia saat terkena semprotan merica sama dengan yang dirasakan tokek. Menggabungkan merica dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan larutan ini di dinding, belakang sofa, atau bawah kulkas.

    Singkatnya, di mana pun pernah melihat tokek ditempat yang hangat. Bubuk cabai atau saus tabasco dapat digunakan sebagai pengganti merica. Jika menyemprotnya terlalu banyak, harus berhati-hati dengan efek iritasinya.

    6. Dengan Kapur Barus

    Source : Pixabay

    Kapar barus adalah bahan rumah tangga yang sangat ampuh dan efektif untuk mengusir semut, lalat, kecoak, lalat. Kapur barus atau kamper juga tidak disukai oleh tokek, aroma kapur barus akan membuat tokek lari. Untuk menghilangkan tokek, letakkan kapur barus di bawah kompor, kulkas, atau wastafel.

    7. Dimasukkannya Perangkap Lem

    Tokek memakan banyak serangga yang tertarik dengan cahaya, sehingga mereka sering berada di dekat sumber cahaya, juga dapat menangkap tokek sendiri dengan memasang kertas perangkap lalat di dekat sumber cahaya.

    Bagian dalam kap atau tudung lampu adalah tempat yang bagus untuk menempatkan kertas perangkap lalat. Selain itu, dapat menempatkan papan lem (glue board) atau kartu perekat (sticky card) di dekat jendela atau pintu.

    8. Daun Pepaya

    Tempelkan beberapa helai daun pepaya di dinding atau di tempat lain yang sering dilewati tokek. Tokek tidak menyukai bau dan getaran daun pepaya, sehingga mereka dapat mengusirnya.

    Penyebab Tokek Betah Di Rumah

    Source : Pixabay

    Terlepas dari apakah mitos-mitos tokek benar atau tidak, ada alasan mengapa tokek suka tinggal di rumah. Berikut diantaranya, merangkum berbagai sumber.

    1. Banyak Serangga di Rumah

    Tokek adalah pengusir hama yang baik karena mereka menyukai berbagai macam serangga, seperti nyamuk dan lalat.

    2. Banyak Barang di Rumah

    Salah satu alasan tokek betah berada di rumah adalah banyaknya barang yang mereka miliki. Tokek, seperti cicak, suka bersembunyi di tempat tertentu. Tumpukan barang di rumah dapat menarik tokek. Tumpukan barang adalah tempat yang nyaman bagi tokek untuk bersembunyi.

    3. Kondisi Lembap

    Tokek selalu menyukai tempat yang hangat dan lembap, dan kondisi ini dapat ditemukan di dalam rumah, terutama selama musim penghujan saat ini. Binatang ini mencari tempat yang tepat untuk berlindung atau berkembang biak selama musim hujan. Tokek akan mendekat karena kelembapan di dalam rumah.

    Itulah dia cara mengusir tokek dari rumah, semoga bermanfaat!

    Baca juga:

    Feature Source Image: Pixabay


    Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

    Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

    Copied to clipboard
    bottom-sidebar-banner

    Properti Rekomendasi

      Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
      Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
        Rp 181 Juta
        Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
          Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
          Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

          Properti Eksklusif: Green Paradise City

          Parung Panjang, Kab. Bogor
            Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
            Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

            Properti Eksklusif: The Agathis

            Pancoran Mas, Kota Depok
            sticky banner
            sticky banner

            © lifestyle.pinhome.id

            Pinhome App

            Coba Aplikasi Pinhome

            Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
            Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

            iOS PCA DownloadAndroid PCA Download