BlogLifestyleEdukasiYuk Mengenal 15 Arsitek Indonesia Top dan Ternama
0
0

Yuk Mengenal 15 Arsitek Indonesia Top dan Ternama

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jul 26, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
arsitek indonesiatop-right-banner

Keindahan dari suatu bangunan, terdapat ‘tangan dingin’ seorang arsitek yang membuatnya. Penting untuk mengetahui kualitas bangunan, setiap arsitek mempunyai ciri khasnya masing-masing dalam membuat bangunan yang ia buat. Bahkan sering kali ketika kita melihat bangunan yang indah, terbesit dalam pikiran kita, siapa arsiteknya?

Di Indonesia terdapat beberapa arsitek yang sudah diakui dunia. Nah, kira-kira siapa saja ya arsitek putra anak bangsa yang sudah mendunia?

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Panorama Bekasi Residence  atau rumah second di Bekasi lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Simak baik-baik ya penjelasan di bawah ini!

Baca juga: 

Beberapa Arsitek Indonesia yang Mendunia

1. Ir. Soekarno

arsitek indonesia
Source : Pinterest

Yang biasa kita kenal sebagai bapak proklamator Indonesia satu ini adalah seorang arsitek andal yang sudah diakui oleh dunia internasional. Soekarno merupakan lulusan dari jurusan teknik sipil di Technische Hoogeschool te Bandoen, atau saat ini dikenal dengan nama ITB.

Buka main-main lho, terdapat beberapa bangunan yang sudah beliau buat mempunyai nama yang populer bahkan ikon bagi kita warga Jakarta. Contohnya seperti, Monumen Nasional atau Monas, Gedung Sarinah, dan juga gedung DPR/MPR.

2. Achmad Noe’man

Achmad Noe’man merupaka laki-laki yang berasal dari Garut dan lahir pada tahun 1924. Terdapat banyak sekali jenis karyanya yang sangat mengagumkan dan berdiri sampai sekarang. Seperti Masjid Islamic Center yang berada di Jakarta.

Ada juga Masjid Amir Hamzah Ismail Marzuki, Masjid Salman ITB yang berada di Bandung dan Masjid At Tin. Tidak hanya di Indonesia saja loh, beliau juga mempunyai karya arsitektur lain yang ada di luar negeri, tepatnya di Cape Town, Afrika Selatan yaitu Masjid Syekh Yusuf.

Karena karya tersebut, tidak perlu bingung jika Achmad Noe’man sangatlah ternama. Tidak hanya itu, beliau juga menjadi salah satu pendiri dari IAI atau Ikatan Arsitek Indonesia.

3. Harjono Sigit

Source : Ayo Rek

Ia merupakan ayah dari Maia Estianty dan juga mantan Rektor ITS yang sekaligus seorang arsitektur yang top. Di dalam dunia arsitektur, nama Harjono Sigit pasti sudah sangat familiar. Sosoknya sebagai akademisi rupanya turun dari sang kakek.

Beberapa bangunan karya Harjono Sigit yaitu Gedung Pusat IKIP Surabaya, Gedung PPS Semen Gresik, Gedung Direksi Perhutani, Balai Kota Samarinda, dan masih banyak lagi.

4. Frederich Silaban

Jika kita berbicara tentang arsitek ternama, tidak boleh lupa akan nama Frederich Silaban. Arsitek yang satu ini tidak pernah menempuh pendidikan sarjana untuk bidang yang ditekuninya, ia bersekolah hanya sampai lulusan STM saja. Walaupun begitu, arsitek berdara Batak ini juga termasuk ke dalam orang-orang yang membuat beberapa proyek nasional ternama.

Beberapa karyanya dia yaitu Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, Stadion Gelora Bung Karno, Kantor Pusat Bank Indonesia, dan Tugu Katulistiwa di Kalimantan.

5. YB Mangunwijaya PR

Source : Goodnews

Arsitek ternama Indonesia selanjutnya yaitu YB Mangunwijaya Pr. Hal ini disebabkan lulusan dari ITB tahun 1959 ini mempunyai sumbangsih dan karya yang sangat melekat pada jiwa banyak orang. Dikenal dengan Bapak Arsitektur Modern Indonesia ini sudah membuat banyak karya baik dari dalam maupun luar negeri.

Salah satu karyanya yang paling ternama yaitu beberapa gereja, Bentara Budaya dan juga kawasan pemukiman Kali Code. Kampung Code yang berada di kota Yogyakarta ini adalah salah satu karya terbaik yang diciptakan oleh YB Mangunwijaya. Bahkan ia sampai mendapatkan penghargaan Internasional yaitu Aga Khan karena karya yang satu ini.

6. Budi Pradono

Arsitek Indonesia yang ternama berikutnya yaitu Budi Pradono. Karya arstitek yang telah dibuat yaitu bangunan Bamboo Tampah sukses hingga kancah internasional. Pendiri dari Budi Pradono Architects atau BPA ini juga adalah sosok yang sudah berhasil menerima penghargaan dalam Arcasia Architecture Award atau AAA pada tahun 2016.

Salah satu karyanya yang berhasil diakui dunia internasional yaitu Dancing Mountain House. Dancing Mountain House merupakan salah satu karya yang dibangun dengan menggunakan rancangan yaitu konsep dari borderless home atau yang dikenal dengan istilah rumah tanpa sekat.

7. Ridwan Kamil

Source : Pinterest

Mochamad Ridwan Kamil merupakan salah satu arsitek ternama di Indonesia sebelum dirinya terjun ke dunia politik. Selama karirnya di dunia arsitektur, Ridwan kami sudah membuat berbagai gedung legendaris di Indonesia.

Pada tahun 2013, Ridwan Kamil menerima penghargaan Urban Leadership Award dari University of Pennsylvania. Ridwan kami merupakan satu-satunya orang di Indonesia yang telah menerima penghargaan tersebut.

Beberapa karya Ridwan Kamil yaitu, Marina Bay Waterfront Master Plan, Beijing Finance Street, Rumah Botol, Museum Tsunami Aceh, dan Masjid Syaikh ‘Ajlin.

7. Liem Bwan Tjie

Liem Bwan Tjie merupakan salah satu pionir arsitektur modern di Indonesia, arsitek yang satu ini menempuh pendidikan di Belanda. Pada saat di Belanda, Liem Bwan Tjie telah bekerja di beberapa biro arsitek ternama, seperti Gulden en Geldmaker, Michel de Klerk, dan Eduard Cuypers.

Terdapat beberapa karya Liem Bwan Tjie seperti Kantor pusat Oei Tiong Ham Concern, Stadion Renag (Gemeente Zwembad), Stadion Teladan, Villa Tan Liok Tiauw, dan Kantor Dinas Departemen Pertahanan.

8. Soejodedi Wirjoatmodjo

Soejoedi merupakan sosok arsitek dibalik Gedung Sekretariat ASEAN. Lahir di kota Surakarta, dan dia menempuh pendidikan di Institur Teknologi Bandung jurusan Arsitektur.

Beberapa karya Soejoedi yaitu Gedung DPR/MPR Indonesia, Gedung KBRI di Kuala Lumpur, Gedung Konsulat Indonesia di Beograd, Gedung Kedubes Perancis di Jakarta.

9. Slamet Wirasonjaya

Source : @RidwanKamil Twitter

Slamet Wirasonjaya menempuh pendidikan sarjananya di ITB, kemudian melanjutkan pendidikan di Harvard University, menekuni arsitektur lanskap, sesuai dengan passionnya.

Terdapat beberapa karya beliau seperti Gedung Conefo, Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Monumen Yogya Kembali, Sasana Budaya Ganesha dan Perpustakaan Pusat ITB.

10. Han Awal

Han Hoo Tjwan atau bisa dikenal Han Awal merupakan seorang arsitek kelahiran Malang, Jawa Timur yang memiliki banyak sekali prestasi.

Salah satu prestasinya yang diterima yaitu penghargaan International Award of Excellence UNESCO Asia Pacifiv untuk bangunan Gedung Museum Arsip Nasional.

11. Andra Matin

Andra Matin merupakan seorang arsitek Indonesia yang saat ini sedang naik daun. Dikenal dengan desainnya yang modern dan bersih. Beberapa karya ternama Andra Matin yaitu The Potato Head Beach Club, Masjid Apung Ancol, GBK Aquatic Center, Masjid Tubaba, dan Bandara Blimbingsari Banyuwangi.

12. Daliana Suryawinata

Dalian Suryawinata merupakan salah satu arsitek perempuan yang berpengaruh di Indonesia. Namanya masuk ke dalam daftar “100 Women to Watch in Architecture” pada penghargaan Architizer A+Awards.

Beberapa karya dari Daliana Suryawinata yaitu Microlibrary Warak Kayu, Alun-alun Kejaksaan Cirebon, Taman Film, Alun-alun Cicendo, Kampung Vertikal Muara Angke.

13. Tamara Wibowo

Source : Arch Daily

Arsitek perempuan yang satu ini menempuh pendidikan sarjananya di University of Minnesota, Amerika Serikat. Pada tahun 2015, Tamara mendirikan Tamara Wibowo Architects di Semarang. Salah satu ciri khas karya arsitek perempuan kelahiran Semarang ini yaitu arsitektur hijau.

Beberapa karya dari Tamara yaitu Porous House, Bukit Kopi Residence, dan The Duplex, S12A House, ES House, semua di Semarang.

14. Yori Antar

Yori antar adalah salah satu desainer rancangan bangunan yang menjadi andalan pemerintah. Hal tersebut dapat terjadi karena beliau dapat melestarikan rumah adat yang ada di Indonesia dari kepunahan. Salah satunya yaitu Rumah Adat Mbaru Niang atau yang biasa disebut dengan Rumah Adat Wae Rebo berasal dari NTT.

15. Nabila Larasati Pranoto

Nabila merupakan seorang arsitek yang berhasil mendapatkan penghargaan arsitek di bidang arsitektur lingkungan oleh Jacques Rougerie Foundation, Prancis. Tidak hanya itu, ia juga berhasil mendapatkan penghargaan Coup de Coeur Award kategori “Architecture and Sea Level Rise”.

Karyanya yang paling terkenal yaitu A Living Organism yang terinspirasi dari keprihatinan atas Global Warming.

Itu dia beberapa arsitek ternama yang berasal dari Indonesia. Semoga kedepannya akan selalu ada penerus-penerus mereka dari bangsa ini. Semoga Bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download