BlogLifestyleEdukasiBambu Petuk: Mitos, Fakta, Manfaat dan Jenisnya
0
0

Bambu Petuk: Mitos, Fakta, Manfaat dan Jenisnya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Agu 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
bambu petuktop-right-banner

Bambu, dengan segala keanggunan dan keunikan alaminya, telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan kehidupan manusia. Salah satu varietas bambu yang mungkin belum begitu familiar di telinga banyak orang adalah “Bambu Petuk”. 

Bukan hanya unik, bambu juga bisa menjadi dekorasi untuk mempercantik rumah agar cantik seperti Intan Residence, perumahan di Tangerang Selatan atau rumah second di Kec Depok. Temukan juga rumah cantik lainnya di Rumah Ekslusif, rumah pilihan dari Pinhome.

Yuk, pelajari manfaat bambu petuk, jenis dan juga mitos faktanya di bawah ini!

Apa Itu Bambu Petuk?

Source : Pexels

Bambu Petuk merupakan jenis bambu yang memiliki khasiat mistis dan kekuatan magis, terutama dalam konteks kepercayaan masyarakat Indonesia, terutama di Tanah Jawa.

Pertemuan ruas pada bambu jenis ini diyakini sebagai tempat bersemayamnya makhluk halus, dan benda ini sering dianggap sebagai pusaka yang memiliki kekuatan untuk mendatangkan kekayaan, pengasihan, keselamatan, dan penglarisan bagi pemiliknya.

Baca juga: 8 Manfaat Mempunyai Bambu Hoki di Rumah

Manfaat dari Bambu Petuk

Source : Pexels

Tidak sama seperti bambu lainnya, bambu petuk memiliki beragam manfaat yang berbeda dari yang biasanya ditemui. Bambu ini dikenal memiliki ribuan manfaat yang sangat menguntungkan bagi siapa saja yang memiliki bambu ini. 

Mulai dari sebagai alat untuk mendatangkan rezeki, meningkatkan daya tarik dalam berjualan, hingga hal-hal yang bisa secara signifikan mempercepat akumulasi kekayaan bagi pemiliknya.

Namun, tidak hanya itu saja, keistimewaan bambu petuk juga diyakini memberikan pemiliknya aura karisma yang luar biasa. Hal ini menciptakan rasa percaya diri yang tinggi di kalangan teman-teman sekitar atau siapa pun yang berinteraksi dengan pemiliknya.

Oleh karena itu, dalam konteks berbisnis atau bernegosiasi, pemilik Bambu jenis ini akan dianggap sangat kompeten dan tidak perlu diragukan lagi, yang pada gilirannya meningkatkan peluang kesuksesan dalam usaha atau negosiasinya. 

Tambahan pula, bambu jenis ini juga dianggap memiliki kemampuan untuk menangkal serta menetralkan berbagai jenis serangan gaib, termasuk santet, pelet, teluh, dan sihir.

Baca juga: 13 Ide Kreatif Desain Gapura dari Bambu yang Unik dan Menarik

Jenis-Jenis Bambu Petuk

Source : Pexels

Terdapat beberapa jenis bambu yang memiliki perbedaan pada cabang batangnya. Berikut adalah beberapa jenis bambu ini yang dapat dijelaskan:

1. Bambu Petuk Senopati

Bambu jenis ini memiliki cabang yang dapat dikendalikan. Ketika cabang-cabang bambu tersebut hampir bertabrakan, cabangnya akan berbelok arah. 

Dipercaya bahwa jenis bambu ini memberikan kekebalan terhadap senjata tajam dan dapat memberikan keuntungan dalam aktivitas bermain judi.

2. Bambu Gelang Petuk

Ciri khas dari bambu jenis ini terletak pada pertumbuhan cabang yang membentuk gelang dan berkeliling satu sama lain. 

Umumnya, Gelang Petuk digunakan untuk menemukan harta seperti emas, perak, dan minyak bumi. Pemilik Bambu jenis ini biasanya mendapatkan petunjuk lokasi barang-barang tersebut melalui mimpi.

3. Bambu Satrio

Bentuk bambu tipe ini mudah dikenali karena cabangnya tumbuh searah dalam dua ruas. Biasanya, jenis bambu ini dimanfaatkan untuk menambah karisma dan mendapatkan penghormatan dari orang lain.

4. Bambu Petuk Gunung

Jenis bambu ini umumnya dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana untuk meningkatkan daya tarik dan daya pikat, serta untuk mendapatkan simpati dari banyak orang. 

Dengan menggunakan jenis bambu ini, seseorang diyakini akan lebih mudah mencapai kesuksesan. Bentuk bambu ini memiliki segitiga ketika dilihat dari samping.

5. Bambu Petuk Tolak

Bambu jenis ini memiliki dua ruas dengan cabang yang tidak berhadapan satu sama lain. Kedua cabang tersebut tidak memiliki titik temu. 

Semakin panjang cabangnya, ujung cabang akan semakin menjauh dari arah lurus. Bambu jenis ini umumnya digunakan untuk menolak bala, menghindari hal-hal buruk, dan menghadapi niat jahat dari orang-orang yang berniat buruk.

6. Bambu Petuk Singkir

Pohon bambu jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan pring petuk tolak, namun cabangnya melengkung ke samping dari batang utama. 

Bambu jenis singkir ini diyakini memiliki kemampuan untuk melawan unsur alam dan memberikan perlindungan terhadap pemiliknya dari bencana.

7. Bambu Pekik Langkah

Bentuk bambu ini unik karena dua ruasnya tidak bertemu secara langsung. Sebaliknya, kedua ruas tersebut saling melangkah satu ruas sebelum akhirnya bertemu. 

Bambu jenis ini dipercaya memiliki khasiat untuk memperkuat olah kanuragan, bahkan membuat pemiliknya memiliki ketahanan fisik.

8. Bambu Pring Petuk Wali

Pring petuk wali adalah jenis bambu yang banyak dicari masyarakat karena dianggap sebagai penguasa di antara semua jenis bambu, memiliki keistimewaan. Menyimpan bambu ini diyakini dapat mengatasi atau mengatasi pengaruh buruk dari jenis bambu lainnya.

9. Bambu Petuk Tali Rogo

Jenis bambu ini sering dimanfaatkan untuk menjinakkan hewan buas dan kebanyakan digunakan oleh para pawang hewan buas. Bambu ini memiliki ciri khas dua cabang yang saling bertabrakan di setiap ruasnya.

10. Bambu Pikat Petuk

Orang menggunakan bambu tipe ini untuk tujuan pengasihan. Bambu ini banyak digunakan untuk mendapatkan perhatian lawan jenis, mendapat simpati dari atasan, dan meraih kesenangan dari pelanggan.

11. Bambu Badar Petuk

Tidak seperti jenis bambu lainnya, jenis ini memiliki pangkal cabang yang tumbuh lurus dan searah, memberikan kesan cabang yang panjang dan tidak berbenturan. 

Bambu ini sering dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan keberuntungan dan dipercaya membantu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi pemiliknya.

Baca juga: 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Mitos Bambu Petuk

bambu petuk
Source : Pexels

Terdapat beberapa mitos terkait bambu petuk yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia:

1. Tempat Tinggal Makhluk Gaib

Bambu memiliki cabang atau ranting yang saling bertemu atau berhadapan satu sama lain. Di balik keunikan ini, bambu ini dianggap sebagai tempat bersemayamnya makhluk gaib. 

Beberapa masyarakat percaya bahwa jenis bambu ini bisa menjadi tempat tinggal bagi entitas gaib. Ini menambah aura misteri dan keistimewaan bambu jenis ini dalam pandangan mereka.

2.Punya Kekuatan Supranatural

Bambu ini juga memiliki kaitan dengan hal-hal supranatural. Beberapa orang percaya bahwa bambu ini memiliki khasiat yang beragam, seperti melindungi rumah dari pencuri, menolak bala, dan bahkan memiliki daya magis. 

Bambu ini juga dianggap sebagai tanaman dengan kekuatan mistis oleh beberapa masyarakat adat.

3. Hutan Bambu sebagai Sarang Jin

Hutan bambu, terutama hutan dengan pepohonan bambu yang rimbun, dianggap sebagai tempat tinggal jin dari jenis tertentu. Kepercayaan ini terkait dengan suasana mistis dan sering kali dianggap sebagai ciri bahwa makhluk gaib dapat berada di sana.

4. Tidak Boleh Menghindari Melangkahi Bambu

Ada mitos yang mengatakan bahwa melangkahi batang bambu yang melintang di jalan dapat membawa sial atau mengundang makhluk halus. Beberapa orang percaya bahwa tindakan ini terkait dengan makhluk gaib atau keberuntungan dalam pandangan mereka.

Namun, perlu diingat bahwa mitos-mitos tersebut merupakan bagian dari kepercayaan dan budaya masyarakat tertentu. Pandangan ini tidak memiliki dasar ilmiah dan bervariasi dari satu wilayah atau komunitas ke komunitas lainnya.

Baca juga: 9 Rekomendasi Kombinasi Warna Cat untuk Rumah Kayu

Fakta Bambu Petuk

Berikut ini adalah fakta bambu petuk yang harus Pins ketahui:

1. Penggunaan dalam Praktik Supranatural

Bambu petuk juga sering digunakan dalam praktik-praktik supranatural, seperti ajian atau jimat untuk mendapatkan kekayaan atau membangun usaha. 

Beberapa orang percaya bahwa bambu jenis ini memiliki kekuatan khusus yang dapat membantu pemiliknya dalam mencapai kesuksesan finansial.

2. Punya Pertumbuhan yang Unik

Bambu petuk memiliki fenomena pertumbuhan yang unik, di mana tunasnya tumbuh ke arah yang berlawanan dan saling berhadapan dengan tunas lain. Hal ini menjadikan bambu jenis ini dianggap berenergi kuat dan kaya akan simbolisme mistis.

Itu tadi informasi seputar bambu petuk yang bisa Pins ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Intan Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download