BlogLifestyleEdukasi7 Daftar Biaya Tinggal di Apartemen yang Harus Kamu Siapkan
0
0

7 Daftar Biaya Tinggal di Apartemen yang Harus Kamu Siapkan

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Sep 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi apartemen.top-right-banner

Bukan hanya rumah yang bisa menjadi tempat tinggal, melainkan apartemen. Namun yang sering jadi pertanyaan adalah berapa biaya tinggal di apartemen sebenarnya?

Hal itu tak lepas dari citra tinggal di apartemen membutuhkan biaya tinggi dan menjadi bagian gaya hidup mewah. Karena itu, kebanyakan orang lebih memilih tinggal di rumah dengan segala pertimbangan.

Namun, sebelum pembahasan lebih lanjut, perlu diketahui bahwa salah satu tempat tinggal terbaik adalah Intan Residence. Hunian yang satu ini termasuk kategori Rumah Ekslusif yang direkomendasikan.

Dan perlu diketahui juga, bagi Kamu yang sedang mencari rumah second di Tangerang Selatan dan perumahan di Jakarta Timur, Kamu dapat mengunjungi PinValue agar mengetahui harga estimasi sebuah rumah tanpa harus bertanya ke developer atau pemilik rumah secara langsung.

Baca juga: Apartemen atau Rusun, Pilih yang Mana?

Biaya Tinggal di Apartemen

Tinggal dan biaya tinggal di apartemen.
Source : Freepik

Biaya tinggal di apartemen bisa bervariasi tergantung pada banyak faktor, seperti lokasi, ukuran apartemen, fasilitas yang disediakan, dan kualitas gedung. Berikut adalah 7 biaya tinggal di apartemen yang perlu Kamu ketahui:

1. Biaya IPL atau Maintenance Fee

Biaya IPL (Iuran Pengelolaan Lingkungan) atau Maintenance Fee adalah biaya bulanan yang harus dibayar oleh semua pemilik unit apartemen. Angka-angka yang satu ini digunakan untuk menjaga dan merawat fasilitas umum di gedung apartemen, seperti lift, koridor, area parkir, keamanan, taman, kolam renang, dan fasilitas lainnya.

IPL juga mencakup biaya untuk petugas kebersihan dan teknisi yang bertugas merawat dan memperbaiki berbagai komponen gedung. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa lingkungan di dalam gedung tetap bersih, aman, dan dalam kondisi baik.

2. Sinking Fund

Sinking Fund adalah dana yang dikumpulkan dari pemilik unit apartemen dengan tujuan jangka panjang. Dana ini digunakan untuk pemeliharaan dan perbaikan besar, seperti perbaikan struktural, peremajaan gedung, dan proyek besar lainnya.

Pemilik unit akan membayar kontribusi tahunan ke dalam Sinking Fund, dan dana ini akan digunakan ketika ada kebutuhan untuk memperbaiki atau mengganti komponen penting dalam gedung. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa gedung tetap dalam kondisi yang baik selama bertahun-tahun tanpa perlu menaikkan IPL (Maintenance Fee) secara drastis ketika ada pemeliharaan besar.

3. Biaya Parkir

Biaya parkir adalah biaya tambahan yang harus dibayar oleh pemilik atau penyewa unit yang memiliki kendaraan pribadi, seperti mobil atau sepeda motor. Yang dibayarkan ini digunakan untuk menyediakan dan memelihara area parkir di gedung apartemen.

Biaya parkir dapat bervariasi tergantung pada lokasi parkir (misalnya, parkir dalam gedung atau di area terbuka), jumlah kendaraan yang dimiliki, dan kebijakan gedung terkait parkir.

4. Biaya Listrik

Listrik jadi salah satu biaya tinggal di apartemen.
Source : Freepik

Biaya listrik adalah biaya bulanan yang harus dibayar oleh pemilik atau penyewa unit untuk penggunaan listrik di dalam apartemen. Ini mencakup pencahayaan, alat elektronik, sistem pendingin, dan perangkat lain yang memerlukan daya listrik.

Besarnya biaya listrik akan bervariasi tergantung pada pemakaian energimu, tingkat tarif listrik di daerahmu, dan efisiensi energi peralatan di apartemen.

5. Biaya Air

Biaya air adalah biaya bulanan atau periodik yang harus dibayar untuk penggunaan air di dalam apartemen. Ini mencakup air untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, mencuci, dan memasak.

Biaya air biasanya dihitung berdasarkan konsumsi air, dan tarifnya bisa berbeda di setiap daerah.

6. Biaya Renovasi dan Dekorasi

Biaya ini adalah biaya tambahan yang mungkin Kamu hadapi jika ingin merenovasi atau mendekorasi unit apartemen. Ini mencakup biaya untuk bahan bangunan, tenaga kerja, perizinan, dan berbagai peralatan atau furnitur tambahan yang mungkin Kamu beli untuk mempercantik atau memodernisasi ruangan.

7. Laundry

Biaya laundry adalah biaya yang terkait dengan mencuci dan mengeringkan pakaian dan linen di dalam gedung apartemen. Beberapa gedung menyediakan fasilitas laundry bersama, sementara yang lain mungkin tidak memiliki fasilitas ini, sehingga Kamu perlu menggunakan laundry mandiri atau jasa laundry luar.

Biaya laundry bisa bervariasi tergantung pada apakah Kamu mencuci sendiri atau menggunakan layanan laundry yang disediakan oleh gedung atau pihak ketiga. Atau jika memungkinkan, Kamu bisa membuka usaha laundry kiloan modal kecil.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Apartemen Dibandingkan dengan Rumah

Simulasi Biaya Bulanan Tinggal di Apartemen

Pindah setelah tahu biaya tinggal di apartemen.
Source : Freepik

Setelah mengetahui besarnya pengeluaran bulanan saat tinggal di sebuah apartemen, sekarang saatnya melakukan simulasi total biaya apartemen. Sebagai contoh, jika Kamu tinggal di salah satu apartemen di Jakarta Barat, berikut ini adalah simulasi biaya apartemen yang harus Kamu bayarkan setiap bulannya:

  • Biaya IPL dan Sinking Fund (Biaya pemeliharaan yang mencakup perawatan gedung, termasuk lift dan area bersama, kebersihan, serta keamanan) sebesar Rp800.000.
  • Biaya pemakaian listrik sesuai dengan pemakaian sebesar Rp300.000.
  • Biaya air sebesar Rp200.000.
  • Total biaya bulanan untuk tinggal di apartemen ini adalah Rp1.300.000,-.

Sebagai informasi tambahan, perlu diketahui bahwa maksud dari sinking fund dapat bervariasi di setiap lokasi apartemen. Ada yang digunakan untuk perpanjangan izin gedung, sementara yang lainnya dialokasikan untuk perawatan fasilitas dan perbaikan gedung.

Berdasarkan simulasi di atas, Kamu akan perlu membayar biaya tinggal di apartemen sekitar Rp1.300.000 setiap bulannya.

Itulah berbagai biaya tinggal di apartemen yang perlu Kamu pertimbangkan sebelum tinggal di sana. Tentunya hal ini akan membantumu mengelola keuangan dengan lebih baik dan memastikan bahwa Kamu siap mengatasi semua biaya yang terkait dengan kehidupan apartemen.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download