BlogLifestyleMengenal Bunga Anyelir dengan 6 Makna, Jenis dan Manfaatnya
0
0

Mengenal Bunga Anyelir dengan 6 Makna, Jenis dan Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Anyelir adalah bunga yang indah.top-right-banner

Di dunia flora yang luas dan beragam, ada satu bunga yang mencuri perhatian dengan keindahannya yang khas. Bunga Anyelir, atau yang dikenal juga dengan nama latin Dianthus, merupakan salah satu bunga yang memiliki pesona tak tertandingi. Keanggunannya yang memukau dan aroma harum yang memikat telah menginspirasi manusia selama berabad-abad.

Bunga Anyelir memiliki sejarah panjang yang melibatkan peran signifikan dalam budaya dan tradisi masyarakat di berbagai belahan dunia. Namun, sebelum pembahasan terkait mengenal bunga Anyelir, jika Kamu ingin menjual rumah yang di wilayah strategis di Jakarta, Kamu bisa menjualnya dan pasang iklan properti gratis melalui Pinhome.

Contoh rumah yang menarik bisa Kamu lihat di perumahan di Depok. Perumahan ini banyak sekali menyediakan rumah eksklusif yang bisa jadi hunian terbaik.

Baca juga: 23 Jenis Bunga Terindah di Dunia yang Mampu Membuatmu Jatuh Cinta

6 Makna Bunga Anyelir

Bunga Anyelir menarik perhatian secara visual.
Source : Freepik

Anyelir melambangkan daya tarik dan cinta. Bunga ini tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias semata, tetapi juga memiliki penggunaan khusus dalam berbagai negara di dunia. Berikut adalah berbagai makna dari tanaman ini:

1. Makna Bunga Anyelir Secara Umum

Di Belanda, Anyelir putih digunakan untuk memperingati para veteran dan perlawanan negara tersebut dalam Perang Dunia II. Sementara itu, di Prancis, Anyelir ungu menjadi bunga pemakaman tradisional.

Di beberapa negara, Anyelir merah dipakai pada ‘Hari Buruh’ untuk melambangkan sosialisme dan gerakan buruh.

2. Anyelir Putih

Anyelir putih melambangkan cinta yang murni, seperti cinta seorang ibu kepada anaknya.

3. Anyelir Merah

Anyelir merah melambangkan cinta dan kasih sayang yang mendalam. Dikatakan bahwa kelopak Anyelir merah tua melambangkan detak jantung yang dipenuhi dengan cinta yang tulus dan mendalam.

4. Anyelir Pink

Anyelir pink sering diberikan sebagai simbol rasa terima kasih yang tulus. Selain itu, bunga ini juga dapat melambangkan cinta dan rasa syukur.

5. Anyelir Ungu

Anyelir ungu yang cerah memiliki beberapa makna. Umumnya, ini melambangkan ketidakteraturan atau ketidakpastian, cocok diberikan kepada orang-orang terkasih yang memiliki semangat petualang dan jiwa bebas.

 Anyelir ungu juga melambangkan kesuksesan dan kekayaan.

6. Anyelir Kuning

Berbeda dengan warna Anyelir lainnya, Anyelir kuning mengungkapkan perasaan sedih serta penolakan atau kekecewaan terhadap seseorang.

Baca juga: Cara Budidaya Bunga Anggrek dengan Mudah dan Sederhana

Jenis-Jenis Bunga Anyelir

Ada banyak manfaat dari bunga Anyelir.
Source : Freepik

Anyelir seolah-olah mengungkapkan keindahan alami dan kekayaan warisan alam. Dan berikut adalah jenis-jenisnya:

1. Anyelir Biasa (Dianthus caryophyllus)

Anyelir biasa adalah varietas anyelir yang paling umum ditemui. Tanaman ini memiliki bunga dengan kelopak yang padat dan sering kali memiliki aroma yang menyenangkan.

Varietas ini hadir dalam berbagai warna seperti merah, putih, merah muda, oranye, kuning, dan ungu. Anyelir biasa biasanya tumbuh dalam kelompok besar yang indah, membuat taman menjadi lebih hidup dengan warna-warni cerahnya.

2. Anyelir Sembilan (Dianthus deltoides)

Anyelir sembilan, juga dikenal sebagai Anyelir Alpen, adalah tanaman rendah yang berasal dari pegunungan Eropa. Mereka memiliki bunga yang lebih kecil dengan kelopak berlekuk-lekuk yang indah.

Biasanya berwarna merah muda, merah, atau putih. Anyelir sembilan tumbuh subur di area berbatu, lereng, atau batu-batuan di taman alpin.

3. Anyelir Telanjang (Dianthus barbatus)

Anyelir telanjang, juga dikenal sebagai Anyelir Sweet William, adalah varietas yang populer di banyak negara. Tanaman ini memiliki kelopak bunga yang padat dan tumbuh dalam bentuk malai yang indah.

Anyelir telanjang hadir dalam berbagai warna seperti merah, putih, merah muda, ungu, dan kombinasi warna lainnya. Tanaman ini mengeluarkan aroma yang manis dan menawan.

Bunga ini sangat populer dalam aransemen bunga potong dan sering digunakan dalam kebun cottage tradisional.

4. Anyelir China (Dianthus chinensis)

Anyelir China adalah jenis Anyelir yang berasal dari Asia Timur. Mereka memiliki bunga berukuran sedang hingga kecil dengan kelopak bunga yang lebar dan berlekuk.

Anyelir China hadir dalam berbagai warna yang cerah dan menarik, seperti merah, merah muda, putih, dan ungu. Tanaman ini sering ditemukan di kebun-kebun berbunga dan sangat digemari karena keindahan dan daya tahan mereka.

5. Anyelir Jepang (Dianthus superbus)

Anyelir Jepang adalah tanaman hias yang indah dengan bunga berwarna merah muda atau ungu pucat. Mereka memiliki kelopak bunga yang lebar dan berlekuk.

Anyelir Jepang tumbuh subur di tanah yang lembab dan merupakan tambahan yang menarik untuk taman bergaya alami.

Baca juga: Daftar Nama-nama Bunga yang Tumbuh dengan Mudah di Taman Rumah

Manfaat Bunga Anyelir

Bunga Anyelir menjadi salah satu tanaman favorit.
Source : Freepik

Tidak hanya memberikan pesona visual semata, bunga ini juga menawarkan sejumlah manfaat yang luar biasa dalam berbagai bidang seperti berikut:

1. Memberikan Efek Relaksasi

Anyelir telah lama dikenal karena efek relaksasinya yang menyenangkan. Aroma harum yang dipancarkan oleh bunga ini dapat membantu meredakan stres dan ketegangan.

Banyak orang menggunakan minyak esensial dari bunga ini untuk aromaterapi, menghirupnya atau menggunakannya dalam pijatan untuk mencapai ketenangan pikiran dan relaksasi yang mendalam.

2. Sebagai Obat Herbal

Selain keindahannya, Anyelir juga memiliki sifat-sifat herbal yang bermanfaat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga ini mengandung senyawa-senyawa aktif yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba.

Dari yang disebutkan, tanaman ini membuatnya dapat digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan berbagai masalah kesehatan, termasuk nyeri sendi, peradangan, infeksi, dan gangguan pencernaan.

3. Diolah Menjadi Teh

Anyelir dapat diolah menjadi teh yang lezat dan menyegarkan. Teh bunga ini terkenal karena rasanya yang lembut dan harum.

Minuman ini dapat memberikan efek menenangkan dan dapat diminum untuk meredakan kecemasan atau sekadar menikmati momen relaksasi di tengah kesibukan sehari-hari. Teh bunga ini juga mengandung senyawa-senyawa bermanfaat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

4. Pelengkap Salad dan Penambah Rasa Minuman

Bunga Anyelir berwarna pink.
Source : Freepik

Anyelir juga dapat digunakan sebagai pelengkap cantik dalam salad atau hidangan lainnya. Bunga-bunga segar yang dipetik dari tanaman Anyelir dapat menambahkan sentuhan warna dan keindahan visual pada hidangan.

Selain itu, kelopak bunga ini juga dapat digunakan sebagai tambahan untuk minuman seperti koktail atau infused water, memberikan rasa yang menyegarkan dan penampilan yang menarik.

Bunga Anyelir tidak hanya mengundang mata dengan kecantikan dan keragaman warna dan bentuknya, tetapi juga menyajikan manfaat yang luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan. Jadi, jangan ragu menanam bunga yang satu ini.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Icon Acropolis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download