BlogLifestyleEdukasiMengenal 7 Makna dan Mitos Tentang Bunga Kemuning
0
0

Mengenal 7 Makna dan Mitos Tentang Bunga Kemuning

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 12, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bunga Kemuning bagi masyarakat Jawa sering dikeramatkan. Pins bisa menemukan bunga ini pada tradisi adat Jawa. Baunya harum namun ada wejangan dari orang tua dulu untuk tidak menanamnya di halaman rumah.

Rumah Ekslusif memang jarang memiliki tanaman ini di depan rumah seperti Tamaruma yakni salah satu rumah di Depok. Pins bisa menjadikan bunga ini sebagai inspirasi lukisan untuk mempercantik hunian impianmu.

Makna dan Mitos Bunga Kemuning

Arti bunga kemuning ternyata sangat mendalam walaupun disakralkan. Temukan filosofi bunga kemuning serta mitos dan fakta menariknya di bawah ini!

1. Lambang Kebaikan 

bunga kemuning saat mekar
Source : Wikimedia Commons

Nama latin bunga ini adalah Muraya Paniculata yang batangnya sering dijadikan bahan kerajinan tangan. Arti bunga kemuning salah satunya adalah lambang kebaikan. Masyarakat Yogyakarta menggunakannya sebagai salah satu komponen untuk upacara adat.

Bunganya memiliki bau yang sangat harum apalagi ketika mekar. Umumnya bunga kemuning ditemukan di tempat yang jauh dari kehidupan manusia sehingga dikeramatkan. Ia simbol kebaikan di tengah hutan belantara atau tempat yang sepi karena aromanya yang khas. Bagi masyarakat Yogyakarta bunga ini sebagai pengingat untuk selalu berbuat baik.

2. Bermakna Kesucian

Filosofi bunga kemuning lainnya adalah sebagai penjaga kesucian. Tak heran saat pernikahan khususnya dalam adat Jawa bisa ditemukan bunga ini sebagai dekorasi maupun aksesoris pernikahan.

Warna bunganya yang putih bersih dikombinasikan bagian putik dengan warna kuning. Bentuk bunganya kecil-kecil dengan 5 kelopak dan merupakan salah satu warisan budaya Indonesia.

Baca juga: 13 Manfaat Mahkota Dewa untuk Kesehatan Tubuh

3. Pengundang Makhluk Halus

Source : Wikimedia Commons

Ada beberapa mitos bunga kemuning yang muncul khususnya dalam masyarakat Jawa. Sekilas bunga ini mirip dengan bunga melati namun aromanya lebih menyengat. Aromanya yang sangat kuat tak hanya menarik manusia saja melainkan makhluk halus. Kabarnya bunga ini adalah satu dari tujuh bunga yang disukai oleh makhluk halus khususnya pocong.

Bila ditanam di depan rumah kabarnya bisa mengundang pocong dan membuat sarang dimana bunga ini tumbuh. Ada pula yang mengatakan kemuning merupakan sarana untuk memanggil hantu seperti kuntilanak. 

4. Simbol Keberuntungan

Bagi masyarakat Tionghoa, kemuning malah membawa hoki karena aromanya bisa membawa energi positif di sekitar rumah. Bunga ini membuat ketenangan jiwa sekaligus ketentraman di rumah. Bagi masyarakat India, bunga kemuning melambangkan keberuntungan.

Bunga ini kerap hadir saat upacara pernikahan dalam bentuk kalung hingga hiasan ruangan. Filosofi bunga kemuning bisa pula sebagai simbol kebahagiaan, cinta dan gairah. Cocok sebagai tanda dukungan kepada orang yang Pins cintai. 

Baca juga: Mengenal Arti, Fakta dan Semua Tentang Bunga Alamanda

5. Campuran Lulur Pengantin

bunga kemuning untuk lulur
Source : Pexels

Bunga ini sering hadir dalam pernikahan khususnya sebagai lulur pengantin. Sebenarnya bukan hal yang aneh jika bunga kemuning dijadikan lulur karena kandungannya mampu menghaluskan kulit. Dalam mengolahnya sederhana yakni sediakan 30 gram daun kemuning segar kemudian tumbuk hingga halus.

Tambahkan air bersih sebanyak satu liter kemudian aduk hingga merata. Oleskan daun kemuning ini ke permukaan kulit tubuh sebelum tidur lalu esoknya bilas memakai air bersih.

Khasiat lainnya tanaman ini antara lain mampu menurunkan berat badan. Biasanya dicampur dengan segenggam daun mengkudu dan setengah kelingking temu ireng. Minum perasan tumbuhkan ramuan ini setiap pagi hari sebelum makan.

Bagian akarnya juga dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit gigi. Selain itu dapat pula dipakai sebagai obat bisul karena dalam tanaman ini mengandung tanin, eugenol dan coumurayin. Sementara bunganya memiliki kandungan scopoletin yang baik bagi kesehatan tubuh.

6. Tanaman Perindang Jalan

Selain sebagai obat tradisional, bunga kemuning juga sering dijadikan tanaman perindang jalan. Tanaman dapat tumbuh hingga 12 meter dan berbentuk pohon kecil atau semak dengan banyak cabang. Batangnya keras, beralur dan anak daun bertangkai berseling. 

Dalam satu ranting bisa tumbuh 8 bunga sekaligus. Kelopaknya memiliki panjang hingga 12-18 mm. Kelima kelopaknya berbentuk telur sampai lanset dengan panjang hingga 2 mm. Buahnya berdaging, bulat telur dengan warna merah hingga orange berukuran 1 inci didalamnya.

Bagi orang Minangkabau, akarnya digunakan sebagai tangkai pisau atau golok. Urat kemuning memiliki warna yang bagus serta tidak mudah pecah jika digunakan. Kayu kemuning sering pula dipakai untuk sempoa, tangkai kuas hingga tongkat.

Baca juga: Unik! Ini Dia 8 Manfaat dari Bunga Tahi Ayam

7. Terancam Punah

Source : Pexels

Sebenarnya secara geografi bunga kemuning berasal dari India, Asia Selatan. Penamaannya di berbagai daerah berbeda-beda seperti kamuning (Sunda), kamoneng (Madura), kemunieng (Minangkabau), kemuni (Bima), kamuning (Menado, Makassar), kamoni (Bare), eschi (Wetar), fanasa (Aru), kamoni (Ambon, Ulias), kamone (Buru).

Meskipun sudah banyak dikenal di berbagai daerah di Indonesia, kenyataannya jumlah tanaman ini sudah semakin sedikit. Salah satu alasannya selain adanya cerita mistis adalah kepercayaan bahwa bunga ini berpotensi membawa petaka bagi pemilik rumah menurut beberapa orang.

Menurut buku dari Riau berjudul Asal-Usul Bunga Kemuning menceritakan ada putri raja baik hati bernama Putri Kuning. Sayangnya putri ini meninggal karena saudarinya yang jahat dan dikuburkan di sekitar danau tanpa sepengetahuan raja. Tanah makam putri itu tumbuh bunga yang cantik dan harum sekali mengingatkan raja akan putrinya yang tiada.

Itulah kenapa nama bunga ini menjadi Kemuning. Bunga Kemuning sarat akan kebaikan namun bagi beberapa budaya sangat disakralkan bahkan dianggap pengundang makhluk halus.

Feature Image Source: Wikimedia Commons


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download