BlogLifestyleEdukasi7 Makna dari Bunga Peony Lengkap dengan Fakta dan Filosofinya
0
0

7 Makna dari Bunga Peony Lengkap dengan Fakta dan Filosofinya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 12, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bunga peony memiliki karakter dan kharismanya sendiri daripada bunga lainnya. Nama latinnya adalah Paeonia yang sering digunakan dalam buket bunga. Cirinya adalah kelopak bunganya cukup banyak dengan bentuk menyerupai mangkok.

Tak heran keindahannya menarik banyak penghuni Rumah Ekslusif sering membudidayakannya. Bahkan untuk rumah di Jakarta Selatan seperti Vasa Jagakarsa sebagai tanaman penghias halaman.

Makna, Filosofi dan Fakta Bunga Peony

Makna bunga peony juga sangat mendalam dan memiliki beragam arti dari berbagai negara. Yuk simak dulu filosofinya serta fakta menarik seputar bunga ini!

1. Tiap Warnanya Miliki Makna Berbeda

makna bunga peony
Source : Pxhere

Arti bunga peony menurut feng shui adalah melambangkan cinta, keindahan dan kemakmuran. Setiap warna bunganya mempunyai makna yang berbeda-beda. Misalnya warna pink memiliki makna kebahagiaan sehingga sering digunakan dalam pernikahan atau ulang tahun.

Warna putih berarti pengampunan dan sering digunakan ketika akan meminta maaf. Merah bermakna romantisme digunakan ketika menyatakan perasaan maupun melamar. Kuning berarti permulaan baik digunakan untuk memulai keluarga baru, memiliki rumah hingga pekerjaan baru.

Filosofinya sendiri bisa melambangkan keistimewaan kepribadian seseorang. Ada pula yang melambangkan bunga ini sebagai simbol kedamaian dan kesejahteraan. Masyarakat Cina sering memasang lukisan dengan bunga ini karena diharapkan membawa keberuntungan dan kesuksesan.

2. Berasal Dari Cina

Dalam masyarakat Cina, bunga ini memiliki julukan The King of Flowers atau raja di setiap bunga di Cina. bunganya melambangkan kasih sayang, keabadian dan keberuntungan sehingga sangat populer di negeri tirai bambu tersebut. Dulunya bunga ini juga merupakan lambang kehormatan dan kemuliaan sehingga dibudidayakan dalam istana kekaisaran.

Dalam mitos Cina, dulunya ada kaisar Wu yang menginginkan Putri Tai Ping. Ia mengirim surat kepada dewa bunga agar membuat semua bunga mekar walaupun musim dingin tiba. Setuju dengan permintaan kaisar Wu maka dewa bunga membuat semua bunga mekar.

Sayangnya hanya bunga peony sendiri saja yang tidak mekar. Kaisar Wu marah dan membuang bunga tersebut ke kota Luoyang. Faktanya bunga ini justru tumbuh subur di kota tersebut. 

Baca juga: Mengenal Arti, Fakta dan Semua Tentang Bunga Alamanda

3. Disebutkan Dalam Mitos Yunani

Source : Wikimedia Commons

Bunga ini juga pernah disebutkan dalam mitos Yunani kuno. Diceritakan Paeon, murid Asclepius yakni dewa penyembuhan berhasil menyembuhkan Hades, dewa bawah tanah. Acslepius yang cemburu hendak mencelakakan Paeon namun Zeus mengubahnya sebagai bunga peony untuk melindunginya.

Ada juga cerita dimana Paeonia, bidadari yang memikat perhatian Apollo, dewa musik, tersipu malu dan wajahnya berubah merah. Aphrodite sebagai dewa kecantikan yang tidak suka dengan hal itu merubah bidadari tersebut menjadi bunga peony merah. Banyak orang beranggapan inilah asal usul makna kasih sayang dari peony.

4. Dapat Bertahan Hingga 100 Tahun

Durabilitas tinggi sehingga bunga ini mampu bertahan sampai 100 tahun. Selain memiliki arti bunga peony menurut feng shui baik juga tahan lama. Apabila mendapatkan perawatan yang tepat setelah dipotongpun masih bertahan hingga satu minggu.

Bunga ini tergolong sebagai tanaman rempah sehingga kelopaknya sering dijadikan salad. Ada pula yang menggunakannya sebagai pemanis minuman atau menambah sedikit citarasa makanan.

Keindahannya yang tak perlu diragukan lagi sering menjadikannya objek seni para seniman. Selain sebagai lukisan, digunakan sebagai perhiasan hingga ukiran. Ratu Victoria memakai bunga ini sebagai wallpaper pada kamar tidur selama masa pemerintahanya. Kala itu makna bunga peony dikenal sebagai seseorang yang pemalu.

Baca juga: Unik! Ini Dia 8 Manfaat dari Bunga Tahi Ayam

5. Hanya Mekar 10 Hari

mekarnya bunga peony
Source : Pixabay

Bunga ini tumbuh dalam daerah beriklim sedang tepatnya mulai dari akhir musim semi hingga awal musim panas. Bunga peony tumbuh mulai akhir Mei sampai awal bulan Juni. Kira-kira mekarnya bunga ini bisa sampai 10 hari kemudian menunggu setahun lagi untuk melihatnya mekar penuh.

Sekilas bunga ini mirip dengan bunga mawar karena bentuk dan warnanya yang serupa. Untuk membedakannya biasanya dilihat dari ukuran peony yang jauh lebih besar daripada bunga mawar.

6. Dibantu Semut Dalam Pemekarannya

Ketika belum mekar, bunga ini akan mempunyai bentuk seperti bola. Saat bunganya mekar akan mirip seperti mangkuk. Dalam proses pemekarannya dibantu oleh serangga khususnya semut. Nektar yang disimpan dalam kuncup bunganya akan membuat semut membuka bunga. Dengan begitu bunga akan mekar dengan sempurna.

Pilihan warna bunga ini beragam dan ketika terjemur sinar matahari akan mempunyai warna lebih gelap. Semakin terang warna bunganya akan mempunyai aroma yang lebih wangi.

Baca juga: Mengenal 7 Makna dan Mitos Tentang Bunga Kemuning

7. Menawarkan Banyak Manfaat Kesehatan

manfaat bunga peony untuk kesehatan
Source : Pexels

Bunga ini tak kalah bermanfaatnya bagi kesehatan. Misalnya saja untuk mencegah pembekuan darah, epilepsi atau kejang-kejang. Kandungan dalam bunga ini memiliki antioksidan yang tinggi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Essence dari bunga ini baik untuk kesehatan kulit. Khasiatnya mencerahkan kulit, mengatasi peradangan dan melembabkan kulit. Hasilnya akan berbeda-beda pada setiap orang tergantung jenis kulit yang dimiliki.

Aroma bunganya sangat harum dengan bentuk kelopak yang menyerupai mangkok. Warnanya beragam ada kuning, merah, putih, dan pink. Cocok sebagai hiasan rumah atau buket pernikahan.

Bunga peony memiliki simbol keberuntungan dan kedamaian. Selain itu juga berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bunganya bisa bertahan hingga ratusan tahun dan pemekarannya dibantu oleh semut.

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Nismara Harapan Indah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download