BlogLifestyleEdukasiIni Cara Pasang MCB Pengganti Sekring dengan Aman
0
0

Ini Cara Pasang MCB Pengganti Sekring dengan Aman

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 21, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara pasang mcb pengganti sekringtop-right-banner

Mengetahui cara pasang MCB pengganti sekring dengan aman sangat penting bagi siapa saja, tanpa pandang gender. Dengan mengetahui caranya, maka Pins tidak akan bingung ketika harus mengganti sekring dengan MCB untuk mencegah listrik di rumah bermasalah. 

Sebagai informasi, Miniature Circuit Breaker (MCB) adalah salah satu alat listrik yang mempunyai fungsi membuka dan menutup kontak aliran listrik yang dialirkan pada hunian. 

Sebelum lanjut kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue untuk mengetahui estimasi harga rumah di Bekasi. Kamu yang ingin menjual rumah second di Kota Bandung juga bisa memanfaatkan titip jual rumah di Pinhome

Baca juga: 6 Penyebab Arus Listrik Lemah dan Cara Mengatasinya

Mengenal MCB

Cara Pasang MCB Pengganti Sekring
Source : Pixabay

MCB adalah komponen vital dalam sistem listrik modern yang membantu melindungi peralatan dan memastikan keselamatan listrik di rumah, industri, dan tempat lain yang memerlukan pengamanan terhadap kelebihan arus listrik.

Alat listrik ini merupakan perangkat proteksi yang digunakan dalam sistem listrik untuk melindungi sirkuit dari kelebihan arus dan potensi bahaya seperti korsleting listrik atau kebakaran yang dapat disebabkan oleh beban listrik yang berlebihan.

Fungsi utama MCB adalah untuk memutus aliran listrik jika ada arus yang lebih besar dari kapasitas yang diizinkan melalui sirkuit. Ini bertujuan untuk melindungi peralatan listrik dan menghindari bahaya kebakaran yang bisa terjadi karena arus berlebihan.

Dalam praktiknya, prinsip kerja MCB terbagi menjadi dua, yaitu pada kondisi normal dan pada saat terjadi lonjakan beban yang berlebihan. Berikut rinciannya:

  • Dalam kondisi norma, MCB berfungsi sebagai saklar manual yang akan menghubungkan dan memutuskan arus listrik;
  • Pada saat terjadi beban berlebih atau hubungan singkat, MCB akan bekerja secara otomatis untuk memutus arus yang melewatinya. 

MCB dipasang pada panel listrik atau kotak distribusi dan ditempatkan di sepanjang sirkuit listrik. Selain itu, MCB sering digunakan sebagai pengganti sekring konvensional karena memiliki kemampuan untuk di-reset setelah memutus aliran listrik akibat arus berlebihan.

Ada beberapa jenis MCB yang diklasifikasikan berdasarkan karakternya, yaitu: 

  • MCB Tipe B, akan trip ketika arus beban lebih besar 3-5 kali dari arus nominal;
  • MCB Tipe C, akan trip saat arus beban lebih besar 5-10 kali arus nominal;
  • MCB Tipe D, akan trip saat arus beban lebih besar 8-12 kali dari arus nominal MCB. 

Baca juga: Tips Saat Mati Lampu di Rumah

Beda MCB dengan Sekring

Cara Pasang MCB Pengganti Sekring
Source : Pixabay

Sekring (fuse) dan Miniature Circuit Breaker (MCB) adalah dua perangkat yang digunakan untuk melindungi sistem listrik dari kelebihan arus. Namun keduanya memiliki beberapa perbedaan seperti berikut:

1. Prinsip Kerja

Sekring listrik rumah adalah perangkat proteksi listrik yang menggunakan kawat peleleh yang akan meleleh jika arus melampaui ambang batasnya. 

Sementara MCB adalah perangkat proteksi listrik yang menggunakan elektromagnetik untuk mendeteksi arus lebih tinggi dari kapasitasnya. Ketika arus melampaui ambang batas, MCB secara otomatis akan membuka kontaknya dan memutus aliran listrik.

2. Resettable

Sekring adalah perangkat yang tidak dapat di-reset setelah terpicu. Setelah kawat meleleh, sekring harus diganti dengan yang baru. Ini berbeda dengan MCB yang bisa di-reset setelah terpicu. Setelah masalah diselesaikan, MCB dapat dikembalikan ke posisi “ON” untuk menghidupkan kembali aliran listrik.

3. Kemudahan Menggunakan

Mengganti sekring yang meleleh bisa sedikit merepotkan, terutama jika terjadi secara teratur. Sebaliknya, MCB lebih mudah digunakan karena cukup memulai ulang dengan mengembalikan saklar ke posisi “ON” setelah terpicu.

4. Kecepatan Reaksi

Reaksi sekring tergantung pada seberapa cepat kawat meleleh saat arus berlebihan. Reaksi ini mungkin tidak secepat MCB. Pasalnya, MCB memiliki reaksi yang lebih cepat dalam memutus aliran listrik saat mendeteksi arus lebih tinggi dari kapasitasnya.

5. Umur Pakai

Sekring memiliki umur pakai yang terbatas dan perlu diganti setiap kali meleleh. Sedangkan MCB memiliki umur pakai yang lebih panjang karena dapat di-reset dan digunakan kembali setelah terpicu.

Baca juga: Tips Hemat Listrik Saat WFH

Cara Pasang MCB Pengganti Sekring

Cara Pasang MCB Pengganti Sekring
Source : Pixabay

Dengan perbedaan-perbedaan tersebut, maka MCB dinilai sebagai alat yang lebih menguntungkan dan unggul. Untuk itu, kamu perlu memikirkan untuk mengganti sekring di rumah dengan MCB. 

Namun demikian, proses penggantian sekring dengan MCB harus dilakukan dengan benar dan hati-hati. Pasalnya jika salah memasang MCB maka dampaknya akan ke seluruh aliran listrik di rumah bisa padam sehingga memerlukan bantuan profesional. 

Berikut adalah cara pasang MCB pengganti sekring dengan benar dan aman. Dalam pemasangan ini, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. 

Siapkan Peralatan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memasang MCB pengganti sekring adalah menyiapkan alat dan komponen yang diperlukan. Adapun alat yang diperlukan antara lain obeng, tang, kabel listrik, MCB yang sesuai dengan kebutuhan, dan kabel penyalur listrik.

Padamkan Sumber Listrik Utama

Berikutnya, kamu perlu mematikan sumber listrik utama sebelum memulai pemasangan MCB. Hal ini penting agar kamu terhindar dari risiko kejut saat memasang MCB. Selain itu, gunakan alat pelindung diri yang memadai. 

Lepas Sekring dan Pasang MCB

Selanjutnya, lepas sekring yang lama dengan hati-hati saat menarik sekring. Hal ini penting agar proses pelepasan sekring tidak merusak kontak listrik. Setelah sekring lepas, pasang MCB tepat di soket yang sama. Pastikan MCB terpasang dengan kokoh dan aman.

Sambungkan Kabel

Berikutnya, sambungkan kabel listrik ke MCB yang baru dipasang. Pastikan kabel terpasang dengan kencang dan terhubung dengan benar. Setelah dirasa cukup, lakukan uji coba dengan menghidupkan sumber listrik utama untuk memastikan MCB sudah berfungsi dengan benar atau tidak. 

Demikian beberapa tahap dan cara pasang MCB pengganti sekring yang aman. Jika ragu, kamu bisa meminta bantuan profesional untuk memasang MCB ini.  

Baca Juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Panorama Bekasi Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download