BlogLifestyleEdukasi10 Cara Mencegah Tanah Longsor dan Juga Penyebabnya
0
0

10 Cara Mencegah Tanah Longsor dan Juga Penyebabnya

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 1, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara mencegah tanah longsortop-right-banner

Mengetahui cara mencegah tanah longsor penting untuk melakukan pencegahan terutama bagi yang tinggal di daerah yang rawan dengan tingkat risiko tanah longsor yang tinggi. Pasalnya, tanah longsor seringkali terjadi begitu saja tanpa ada peringatan sebelumnya. 

Meski kamu tinggal di daerah aman seperti rumah eksklusif dari Pinhome, perumahan di BSD atau rumah bekas di Kec Tangerang, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara mencegah tanah longsor. 

Pasalnya, tanah longsor bukan semata-mata sebagai bencana alam yang terjadi karena adanya hujan di daerah bertebing. Namun longsor juga bisa terjadi karena adanya beban yang berat di bagian atap sehingga bagian bawah yang menyangga tidak kuat. 

Baca juga: 2 Pengertian Tanah Longsor Menurut Para Ahli

Penyebab Tanah Longsor

cara mencegah tanah longsor
Source : iStock Photo

Longsor adalah pergerakan batu, tanah, atau puing-puing menuruni bidang tanah yang miring. Tanah longsor disebabkan oleh hujan, gempa bumi, gunung berapi, atau faktor lain yang menyebabkan ketidakstabilan lereng. 

Ahli geologi terkadang menggambarkan tanah longsor sebagai salah satu jenis pemborosan massal. Pembuangan massal (mass wasting) adalah setiap gerakan ke bawah yang menyebabkan permukaan bumi terkikis. 

Jenis pemborosan massal lainnya termasuk runtuhan batu dan aliran endapan pantai yang disebut alluvium. Di dekat daerah berpenduduk padat, tanah longsor menimbulkan bahaya besar bagi manusia dan harta benda. 

Ada tiga penyebab utama tanah longsor, yaitu geologi, morfologi, dan aktivitas manusia. 

1. Geologi

Geologi mengacu pada karakteristik material itu sendiri. Tanah atau batuan mungkin lemah dan retak, sehingga mengalami pergeseran saat terkena air hujan yang deras. 

Kondisi ini akan semakin parah ketika terjadi pada daerah tebing dengan pepohonan yang mengalami penggundulan. Dengan demikian, curah hujan yang tinggi akan langsung mengenai tanah dan mengakibatkan longsor. 

2. Morfologi

Morfologi mengacu pada struktur tanah. Misalnya, lereng yang kehilangan vegetasinya karena kebakaran atau kekeringan akan lebih rentan terhadap tanah longsor. 

Vegetasi atau pepohonan menahan tanah agar tetap pada tempatnya, dan tanpa sistem akar pohon, semak, dan tanaman lainnya, tanah akan lebih mudah longsor. Penyebab morfologi tanah longsor adalah erosi, atau lemahnya bumi akibat guyuran air. 

3. Aktivitas Manusia

Aktivitas manusia turut menjadi penyebab kerusakan atau bencana alam, termasuk tanah longsor. Beberapa aktivitas seperti penebangan hutan, kegiatan konstruksi, dan sebagainya menjadi beberapa penyebab terjadinya tanah longsor. 

Baca juga: Fenomena Alam Yang Menakjubkan

Cara Mencegah Tanah Longsor

Tanah longsor dapat terjadi dengan skala kecil atau bencana besar yang mengakibatkan kerusakan properti secara total dan menghilangkan nyawa manusia. 

Ada sejumlah cara untuk mencegah tanah longsor yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko kerusakan, terutama yang tinggal di daerah rawan. Berikut beberapa cara tersebut. 

1. Singkirkan Material Berat dari Bagian Atas

cara mencegah tanah longsor
Source : iStock Photo

Bebatuan, pohon tumbang, dan puing-puing lainnya di lereng bukit bisa membuat kerusakan saat longsor terjadi. Sebisa mungkin singkirkan material berat tersebut dari area atas agar ketika longsor terjadi kerusakan bisa diminimalisir. 

Kamu mungkin memerlukan tenaga profesional dengan alat berat untuk menghilangkan batu dan tanah yang berat. Konsultasikan dengan kontraktor tentang pengangkutan material berat seperti ini.

2. Bersihkan Sampah dari Atas Bukit

Jika kamu tinggal di bawah tebing, pastikan bagian atas tebing bersih dari sampah atau puing-puing lainnya. Pasalnya, barang-barang ini akan terjun bebas ketika longsor terjadi.

Selain itu, kamu juga bisa membuat penghalang dengan menggunakan tumpukan kayu di tepi lereng. Tujuannya agar material longsor tertampung di penghalang itu dan tidak langsung menerjang properti milikmu. 

3. Tidak Memotong Tebing Secara Curam

Jika terpaksa menebang tebing untuk dijadikan area hunian, pastikan pemotongan tebing dibuat landai dan tidak curam. Hal ini berguna agar aliran air atau longsoran tanah tidak membahayakan. Selain itu, tebing yang landai juga memudahkan dalam memastikan semuanya terkendali. 

Baca juga: 8 Cara Mencegah Pencemaran Lingkungan | Dampak, Penyebab Beserta Pengertian Pencemaran Lingkungan

4. Perbaiki Saluran Air

Tanah longsor terjadi ketika volume air tidak tersalurkan melalui saluran atau drainase dengan baik. Untuk itu, kamu perlu memperbaiki saluran air di area tebing sehingga ketika curah hujan tinggi, air tidak menyebabkan tanah longsor yang membahayakan. 

5. Jaga Vegetasi

cara mencegah tanah longsor
Source : iStock Photo

Penebangan pohon secara brutal akan membuat risiko tanah longsor semakin tinggi. Salah satu cara mencegah tanah longsor adalah dengan menjaga vegetasi atau pepohonan di area tebing tetap terjaga. 

Jika terpaksa untuk menebang demi kepentingan tertentu, pastikan kamu menanam kembali pohon lain sebagai gantinya. Dengan adanya vegetasi, maka volume air akan terkendali dan tidak menyebabkan longsor. 

6. Membangun Dinding Penahan

Untuk mencegah tanah longsor, kamu bisa membangun dinding penahan di bagian tebing. Dinding ini bertujuan sebagai penahan tanah agar tidak bergeser ketika diguyur air dengan volume yang besar. Material dinding penahan biasanya menggunakan batu kali dan semen. 

7. Pagar Hidup

Selain membangun dinding, penahan agar tanah tidak bergeser ini juga bisa dilakukan dengan membangun pagar hidup. Tanami bagian bawah tebing dengan pohon yang besar, yang nantinya bisa menahan material yang terbawa longsoran tanah jika memang terjadi. 

Baca juga: Pengertian Pencemaran Air, Penyebab, hingga Dampak dan Cara Menanggulanginya Lengkap!

8. Menggunakan Materi Penyerap Air

cara mencegah tanah longsor
Source : Pixabay

Penanaman kembali lereng dengan pepohonan memerlukan waktu yang cukup lama agar pohon tumbuh dan mampu menahan longsor. Untuk itu, kamu perlu menggunakan materi penyerap air sebagai penguat. Beberapa materi seperti jerami dan hamparan rumput bisa menyerap kelebihan air dan mencegah longsor. 

9. Edukasi Masyarakat

Salah satu cara mencegah tanah longsor adalah memberikan edukasi kepada masyarakat. Edukasi yang diberikan bisa berupa bahaya tanah longsor atau agar masyarakat tidak menebang pohon sembarangan. Selain itu, edukasi tentang mitigasi yang diperlukan saat tanah longsor terjadi juga bisa dilakukan. 

10. Tidak Mendirikan Properti di Daerah Tebing

Cara mencegah dampak tanah longsor paling penting adalah menghindari area dengan risiko tanah longsor yang tinggi. Jangan jadikan area tebing atau tepian tebing sebagai daerah hunian yang akan membahayakan saat longsor terjadi. 

Itulah ulasan singkat tentang penyebab tanah longsor dan beberapa cara mencegah tanah longsor. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download